Pendidikan Agama Islam

6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam yang Wajib Diketahui Umat Muslim

Kontributor: Nurul Azizah, tirto.id - 27 Des 2022 11:35 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Dalam agama Islam terdapat 6 rukun iman dan 5 rukun Islam yang sebaiknya kita pahami. Berikut penjelasannya.
tirto.id - Dalam agama Islam terdapat 6 rukun iman dan 5 rukun Islam yang sebaiknya kita pahami.

Iman dan Islam merupakan dua hal mendasar yang wajib diketahui oleh umat muslim. Keduanya terangkai dalam kerangka rukum iman dan rukun Islam. Hal ini berdasarkan Hadis berikut:

Imam Muslim dalam Kitab Matan Arba'in Nawawi menulis, "Anda beriman kepada Allah, para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para rasul-Nya, hari Akhir, dan Anda beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk.”

Adapun pemahaman mengenai rukun Islam telah dijelaskan oleh Rasul melalui HR. Bukhari & Muslim:

“Islam dibangun di atas lima perkara, yaitu syahadat laa ilaaha illallah dan Muhammad dan Rasulullah, menegakkan salat, menunaikan zakat, haji dan puasa Ramadhan.”



6 Rukun Iman dalam Islam

Rukun iman berisi pokok-pokok keyakinan yang harus ada dalam hati setiap muslim. Rukun iman terdiri atas enam perkara meliputi:

1. Iman kepada Allah

Iman kepada Allah adalah meyakini Allah sebagai satu-satunya Tuhan yang disembah, tak ada Tuhan selain-Nya. Eksistensi Allah telah banyak dijelaskan dalam Al-Qur’an, seperti dalam QS. Al-A'raf: 54, QS. Al-Qashash: 30, dan QS. Al-Anbiya: 22.

Mengimani Allah tidak hanya diungkapkan dengan kata-kata semata, tetapi juga harus ada wujud dan bentuknya, yakni melalui tindakan dengan menaati seluruh perintah Allah dan menjauhi semua larangan-Nya.

2. Iman kepada Malaikat


Malaikat merupakan makhluk gaib yang Allah ciptakan dari cahaya. Malaikat senantiasa menjalankan perintah Allah sehingga disebut sebagai makhluk yang paling taat dan patuh kepada Allah.

Umat Islam diperintahkan untuk mengimani keberadaan malaikat. Ayat yang menjelaskan hakikat malaikat, antara lain: QS. Asy-Syu'ara: 193-194, QS. Qaaf: 18, dan QS. As-Sajdah: 11.

3. Iman kepada Kitab-Kitab Allah

Umat Islam diperintahkan untuk mengimani kitab-kitab Allah. Kitab-kitab Allah berisi perintah dan larangan (syari'at), janji baik dan buruk, serta nasihat dan petunjuk cara hidup dan beribadah.

Kitab-kitab tidaklah dibuat oleh makhluk atau Nabi sendiri, tetapi langsung diturunkan oleh Allah sebagaimana dijelaskan dalam QS. Al-Baqarah: 285.

"Rasul itu telah percaya akan apa yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, dan segala orang mukmin pun percaya pula, masing-masing percaya kepada Allah, Malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya dan Utusan-utusan-Nya.”

4. Iman kepada Rasul Allah


Umat Islam harus meyakini bahwa Allah telah menurunkan rasul-rasulNya untuk menyampaikan ajaran tauhid kepada manusia. Jumlah nabi dan rasul sangatlah banyak, tetapi tidak semua nabi dan rasul diceritakan Allah kepada umat-Nya. Dalam QS. Al-Mu’min: 78 telah ditegaskan bahwa ada beberapa nabi dan rasul yang diceritakan dan ada pula yang tidak.

“Dan sesungguhnya telah Kami utus beberapa orang rasul sebelum kamu, di antara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan di antara mereka ada (pula) yang tidak Kami ceritakan kepadamu...”

5. Iman kepada Hari Kiamat

Hari kiamat merupakan hari ketika alam semesta binasa dan semua makhluk dimusnahkan. Mengimani hari kiamat artinya juga mengimani kehidupan abadi setelah kehancuran dunia.

Usai dibangkitkan, manusia akan diperiksa amalnya dan diberi balasan berupa surga atau neraka. Banyak ayat Al-Qur'an yang menjelaskan tentang hal ini di antaranya QS. Al-Hajj: 6-7 dan QS- Az-Zumar: 68.

6. Iman kepada Qada & Qadar

Umat Islam wajib meyakini segala sesuatu yang telah dan akan terjadi berdasarkan ketentuan dan ketetapan Allah.

Segala sesuatu terjadi dengan Qudrat dan Iradat-Nya, yang sesuai dengan qada dan qadar-Nya sehingga berdasarkan hakikatnya istilah ‘kebetulan’ itu tidak ada. Banyak ayat Al-Qur’an yang menyatakan qada & qadar, seperti QS. Al-Hadid: 22, QS. Ar-Rad: 8, QS. At-Taubah: 51, dan QS. Al-A'la: 3.


5 Rukun Islam yang Sebaiknya Kita Pahami

Rukun Islam merupakan pondasi utama dari seseorang yang mengaku berislam. Rukun Islam didasarkan atas lima perkara mencakup:

1. Syahadat

Dilansir dari E-Modul PAI, syahadat tauhid merupakan pernyataan bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, hanya Allah Swt. yang wajib disembah. Pernyataan ini diwujudkan dengan mengucapkan dua kalimat syahadat.أشهد أن لااله الاالله واشهد ان محمدا رسول الله"Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah."

2. Salat

Salat merupakan perintah ibadah dalam Islam yang tidak boleh ditinggalkan selama hidup. Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa perbedaan orang Islam dan orang kafir adalah salat.

Mengutip dari laman NU Online, menurut Imam Syafi’i sabda ini berarti bahwa perjanjian yang membedakan antara orang Islam dan orang kafir ialah sembahyang (salat). Menurut Imam Hambali bahwa orang yang sengaja meninggalkan salat, niscaya ia menjadi kafir.

3. Berpuasa

Berpuasa merupakan perintah ibadah dalam Islam yang sifatnya wajib dan telah ditegaskan dalam QS. Al-Baqarah: 183. Ayat itu menyebutkan bahwa puasa merupakan ibadah yang juga telah diperintahkan sebelum umat Islam dengan tujuan takwa.

4. Berzakat

Berzakat merupakan ibadah dengan menyisihkan sebagian harta dan hukumnya wajib. Zakat terdiri dari berbagai jenis, seperti zakat fitrah, zakat penghasilan, zakat tanaman, zakat emas dan perak, zakat hewan ternak (mawasyi), dan sebagainya.

5. Haji
Haji merupakan ibadah yang dilaksanakan sekali seumur hidup dan sangat ditekankan pada umat Islam yang mampu, baik mampu fisik maupun mampu harta. Perintah berhaji terdapat dalam QS. Al-Hajj: 27.

“Dan serulah manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, atau mengendarai setiap unta yang kurus, mereka datang dari segenap penjuru yang jauh.”


Baca juga artikel terkait EDUKASI DAN AGAMA atau tulisan menarik lainnya Nurul Azizah
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Nurul Azizah
Penulis: Nurul Azizah
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight