Metodologi Periksa Data dan Riset Mandiri

Periksa Data
 

Periksa Data merupakan produk Tirto.id yang terdiri atas dua format. Format pertama, live fact-check, merupakan komparasi langsung antara pernyataan narasumber dengan data resmi. Pada format ini, periksa data dilakukan langsung pada acara tertentu, misalnya debat Calon Pemimpin Daerah dan pidato Presiden.

Format kedua dalam Periksa Data adalah analisis atas isu yang berkembang di masyarakat. Dari isu tersebut, tim riset akan melakukan verifikasi menggunakan data resmi dan dituliskan dalam bentuk laporan singkat (mild-report). Sejak Januari 2017, hasil analisisnya diterbitkan dua kali seminggu dalam bentuk artikel.

Dalam hal sumber yang digunakan dalam Periksa Data, Tirto.id memiliki tingkatan yang dijadikan pedoman untuk melakukan verifikasi. Tingkatan pertama, sumber data berasal dari Badan Statistik Negara/Daerah, Pemerintah Pusat/Daerah, Bursa Efek serta laporan perusahaan. Sumber data pada tingkatan kedua berasal dari badan dunia, seperti PBB, Bank Dunia, IMF, ASEAN, OECD dan lainnya. Sedangkan, untuk tingkatan ketiga, sumber data berasal dari jurnal ilmiah terverifikasi, seperti MIS Quarterly dan The Quarterly Journal of Economics, serta konsultan besar, seperti Nielsen, BCG dan Mckinsey.

Sumber dari data yang digunakan dalam Periksa Data ini ditampilkan pada infografik. Selain itu, link dari data yang digunakan ditautkan pada tulisan dalam bentuk hyperlink.

Riset Mandiri
 
Riset Mandiri merupakan survei yang langsung dilakukan oleh tim riset Tirto.id. Metodologi survei yang digunakan bervariasi, disesuaikan dengan tujuan penelitian serta tipe respondennya. Pada setiap hasil survei, metodologi, karakteristik dan jumlah responden, wilayah penelitian serta waktu pelaksanaan akan dipublikasikan bersamaan dengan laporan nya.

Bila pembaca memiliki saran, ide maupun tanggapan untuk Periksa Data dan Riset Mandiri dapat dikirimkan ke [email protected]