Menuju konten utama

Contoh Soal PTS Matematika Kelas 8 Semester 1 & Jawaban

Contoh Soal PTS Kelas 8 Semester 1 mata pelajaran Matematika beserta jawabannya dalam artikel ini bisa digunakan untuk belajar di rumah.

Contoh Soal PTS Matematika Kelas 8 Semester 1 & Jawaban
Ilustrasi Matematika. foto/Istockphoto

tirto.id - Siswa tingkat SD, SMP, hingga SMA tengah melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS) bulan ini. Contoh Soal PTS Kelas 8 Semester 1 mata pelajaran Matematika beserta jawabannya dalam artikel ini bisa digunakan untuk belajar di rumah.

Matematika merupakan mata pelajaran wajib yang dipelajari mulai dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Mata pelajaran Matematika untuk siswa kelas 8 akan memadukan seluruh keterampilan berhitung dengan pengetahuan dasar mulai dari angka, persamaan, bidang koordinat, dan penalaran spasial sehingga siswa dapat memecahkan persoalan untuk tingkat lebih tinggi.

Kisi-Kisi Materi PTS Matematika Kelas 8 Semester 1

Kisi-kisi materi PTS Matematika Kelas 8 Semester 1 menguji kemampuan siswa dalam memahami konsep Bilangan Berpangkat dan Teorema Pythagoras.

Materi tersebut dibagi menjadi dua bab dengan masing-masing bab memiliki sub bab yang membahas lebih dalam. Berikut merupakan kisi-kisi materi PTS Matematika Kelas 8 Semester 1:

Bab I Bilangan Berpangkat

Bilangan Berpangkat mencakup sifat dan operasi bilangan, bentuk akar hingga penulisan bentuk baku bilangan itu sendiri.

• Bilangan berpangkat bulat

• Bilangan bentuk akar

• Penulisan bentuk baku

Bab II Teorema Pythagoras

Teorema Pythagoras mencakup konsep phytagoras hingga penerapan teorema phytagoras. Berikut merupakan sub bab yang akan dipelajari dalam bab ini:

• Menemukan konsep pythagoras

• Tripel pythagoras

• Segitiga Istimewa

• Penerapan teorema phytagoras

• Rumus Jarak.

Contoh Soal PTS Matematika Kelas 8 Semester 1 & Jawaban

Berikut merupakan contoh latihan soal untuk menghadapi Penilaian Tengah Semester (PTS) Matematika Kelas 8 Semester 1 beserta jawabannya.

1. Tiga suku berikutnya dari 2, 3, 5, 8 adalah ….

A. 13, 21, 34

B. 12, 17, 23

C. 9, 11, 15

D. 11, 14, 17

Jawaban: B

2. Dua suku yang tidak diketahui dari pola 2, -1, 3, 4, 1, 5, 6, 3, 7 adalah ….

A. 11, 8

B. 10, 7

C. 9, 6

D. 8, 5

Jawaban: D

3. Aksara yang hilang dari pola A, B, D, …, G, J, J, M, N adalah ….

A. E

B. F

C. G

D. H

Jawaban: B

4. Tiga contoh selanjutnya dari 1, 3, 4, 7, 9, 11, 16 adalah ….

A. 15, 25, 19

B. 18, 23, 26

C. 20, 16, 28

D. 20, 25, 26

Jawaban: A

5. Tiga contoh selanjutnya dari 5, 4, 9, 8, 13, 12, 17 adalah ….

A. 18, 23, 22

B. 17, 22, 21

C. 16, 21, 20

D. 15, 20, 19

Jawaban: C

6. Dua contoh selanjutnya dari 1, 3, 4, 7, 9, 13, 16, 21 adalah ….

A. 27, 31

B. 25, 31

C. 25, 30

D. 25, 29

Jawaban: B

7. Perhatikan contoh bilangan berikut.

(2, 6), (3, 11), (5, 19)

Pernyataan yang sempurna untuk mendapat bilangan kedua dari bilangan pertama pada contoh tersebut adalah ….

A. ditambah 4

B. dikalikan 3

C. dikalikan 2 kemudian ditambah 3

D. dikalikan 2 kemudian dikurangi 1

Jawaban: D

8. Titik-titik yang ada di kuadran III adalah ….

A. (6, 5)

B. (-6, 5)

C. (6, -5)

D. (-6, -5)

Jawaban: D

9. Koordinat titik A yaitu (-5, 3). Jarak titik A dari sumbu Y adalah ….

A. 5 satuan

B. 3 satuan

C. -3 satuan

D. -5 satuan

Jawaban: D

10. Koordinat titik berikut yang berjarak 7 satuan dari sumbu X dan 4 satuan dari sumbu Y adalah ….

A. (7, 4)

B. (-7, 4)

C. (4, 3)

D. (-4, -7)

Jawaban: D

11. Garis k melalui (-3, 5) dan (0, 5), sedangkan garis m melalui (-3, 3) dan (-1, 3). Posisi garis k dan m adalah ….

A. sejajar sumbu X

B. sejajar sumbu Y

C. tegak lurus sumbu X

D. berpotongan dengan sumbu X

Jawaban: A

12. Dika sedang latihan baris-berbaris. Mula-mula Dika berjalan ke timur 4 langkah, kemudian 3 langkah ke Utara. Jika titik awal Dika berjalan, yaitu titik (1, 1), maka koordinat Dika sekarang adalah ….

A. (0, 3)

B. (4, 0)

C. (5, 4)

D. (4, 3)

Jawaban: C

13. Sebuah berdiri mempunyai koordinat A(1, 3), B(1, 1), C(5, 1), dan D(3, 3). Bangun yang dibuat oleh titik-titik tersebut adalah ….

A. trapesium

B. persegi panjang

C. jajargenjang

D. persegi

Jawaban: A

14. Diketahui titik A(0, 0), B(6, 0), dan D(2, 3). Maka koordinat titik C supaya ABCD menjadi trapesium sama kaki adalah ….

A. (3, 4)

B. (4, 3)

C. (0, 6)

D. (3, 2)

Jawaban: B

15. Diketahui A = {x | 1 ≤ x < 4, x ∊ A}, B = {2, 3, 5, 7}.

Banyaknya fungsi dari A ke B adalah ….

A. 7

B. 12

C. 64

D. 81

Jawaban: C

16. Suatu fungsi f(x) = mx + n. Jika f(-2) = -9 dan f(3) = 11, nilai m dan n adalah…..

A. -4 dan 1

B. 4 dan 1

C. -4 dan -1

D. 4 dan -1

Jawaban: D

17. Suatu fungsi dengan rumus f(x) = 4 – 2x², f(-5) adalah ….

A. -46

B. 54

C. 46

D. 104

Jawaban:

18. Diketahui g : x → x² – 5x + 4 dengan domain {-2, -1, 0, 1, 2}, maka daerah hasilnya adalah ….

A. {-2. 0, 6, 10, 15}

B. {-2, 0, 4, 8, 10}

C. {-2, 0, 4, 10, 18}

D. {-2, 0, 6, 8, 18}

Jawaban: C

19. Jika f(x) = x² + 2 dan g(x) = 2x + 5 dan f(x) = g(x), maka x adalah ….

A. 3 atau 1

B. -3 atau 1

C. 3 atau -1

D. -3 atau -1

Jawaban: C

20. Himpunan berikut yang merupakan fungsi adalah ….

A. {(1, 1),(1, 2), (1, 3), (1, 4), (1, 5)}

B. {(1, 2),(2, 3), (3, 4), (4, 5), (5, 6)}

C. {(4, 2),(4, 3), (3, 1), (3, 2), (1, 1)}

D. {(4, 2),(3, 2), (2, 2), (2, 3), (1, 2)}

Jawaban: B

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL PTS atau tulisan lainnya dari Robiatul Kamelia

tirto.id - Edusains
Kontributor: Robiatul Kamelia
Penulis: Robiatul Kamelia
Editor: Yulaika Ramadhani