tirto.id - Contoh soal PTS mata pelajaran PKN kelas 8 semester 1 Kurikulum Merdeka yang disajikan beserta jawabannya berikut ini bisa dijadikan referensi bagi peserta didik sebagai bahan latihan sebelum menghadapi Penilaian Tengah Semester (PTS) atau Ujian Tengah Semester (UTS) yang akan datang.
Penilaian Tengah Semester atau PTS merupakan ujian yang diselenggarakan bagi peserta didik di berbagai jenjang pendidikan pada pertengahan semester ganjil maupun genap untuk mengevaluasi pembelajaran yang telah dilakukan.
Dalam pelaksanaan PTS kelas 8 semester 1 Kurikulum Merdeka, ada beberapa mata pelajaran yang akan diujikan salah satunya yaitu mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan atau PKN.
Mengerjakan berbagai contoh soal PTS PKN kelas 8 semester 1 Kurikulum Merdeka menjadi cara yang efektif sebagai upaya pematangan materi untuk mempersiapkan diri sebelum ujian Penilaian Tengah Semester (PTS) digelar.
Contoh Soal PTS PKN Kelas 8 Semester 1 dan Jawaban
Berikut ini beberapa contoh soal PTS mata pelajaran PKN kelas 8 semester 1 Kurikulum Merdeka lengkap beserta jawabannya yang tersaji dalam bentuk soal pilihan ganda dan esai (isian jawaban).
Contoh Soal Pilihan Ganda
1. Pancasila mengandung aspek nilai-nilai moral yang sangat tinggi dan perlu dihayati dan diamalkan oleh bangsa Indonesia. Aspek nilai- nilai moral tersebut meliputi ....
A. sikap, perilaku, dan konsep moral
B. perilaku, konsep, dan sikap moral
C. konsep, perilaku, dan sikap moral
D. konsep, sikap, dan perilaku moral
Jawaban: D
2. Pancasila dapat dikatakan sebagai dasar negara, pandangan hidup, ideologi negara dan ligatur dalam peri kehidupan kebangsaan dan kenegaraan Indonesia. Kata ligatur berarti ....
A. pemersatu
B. mengatur
C. penting
D. landasan
Jawaban: A
3. Pancasila telah disepakati bersama oleh para pendiri negara (founding father). Oleh karenanya Pancasila menjadi dasar kehidupan berbangsa dan bernegara sehingga rakyat sepakat untuk ...
A. mempelajari, menghafalkan dan melaksanakan
B. menghafalkan, memahami dan melaksanakan
C. melaksanakan, memelihara dan melestarikannya
D. memelihara, mendokumentasikan dan melestarikannya
Jawaban: C
4. Pendiri negara (founding father) yang berperan menyampaikan pidato mengenai dasar negara atau landasan dalam kehidupan kenegaraan dengan istilah Pancasila dalam sidang BPUPKI adalah ....
A. Ir. Sukarno
B. Mr. Soepomo
C. Moh. Yamin
D. Moh. Hatta
Jawaban: A
5. Fungsi dan kedudukan Pancasila antara lain sebagai alat pemersatu bangsa yang multietnis, multiideologis, dan multireligius sehingga menjadi bangsa yang berkepribadian dan percaya diri. Pernyataan ini menunjukkan fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai ....
A. moral pembangunan
B. sumber hukum
C. ideologi persatuan
D. pandangan hidup
Jawaban: C
6. Secara luas dapat diterjemahkan bahwa Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia memiliki arti yang sangat penting bagi bangsa Indonesia yaitu sebagai ….
A. penuntun dan penunjuk arah bagi bangsa Indonesia
B. penuntun dan penunjuk arah bagi para pemimpin
C. panduan pemerintah di dalam melaksanakan pembangunan
D. penuntun perilaku masyarakat Indonesia
Jawaban: A
7. Istilah Pancasila telah dikenal sejak zaman Majapahit pada abad ke-14, yaitu terdapat dalam buku Negara Kertagama karangan Empu Prapanca, dan dalam buku Sutasoma karangan Empu Tantular. Kata Pancasila berasal dari Bahasa Sansekerta, panca berarti lima, sila berarti berbatu sendi, alas, prinsip atau dasar. Pancasila juga berarti "Pelaksanaan kesusilaan yang lima (Pancasila krama), yaitu ....
A. dilarang membunuh
dilarang melakukan kekerasan
dilarang berbohong
dilarang berjiwa dengki
dilarang bermusuhan
B. dilarang melakukan kekerasan
dilarang mencuri
dilarang berjiwa dengki
dilarang berbohong
dilarang mabuk / minuman keras
C. dilarang melakukan kekerasan
dilarang berjiwa dengki dilarang mabuk / minuman keras
dilarang membunuh
dilarang mabuk
D. dilarang mabuk / minuman keras
dilarang berjiwa dengki
dilarang berbohong
dilarang melakukan kekerasan
dilarang membenci orang
Jawaban: B
8. Pernyataan berikut ini yang sesuai dengan fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai kepribadian bangsa adalah ....
A. membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lain
B. mempersatukan bangsa Indonesia yang beragam
C. membimbing dan mengarahkan bangsa Indonesia
D. digunakan sebagai pedoman dalam memecahkan permasalahan
Jawaban: A
9. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan pemerintahan negara
2) Pedoman dalam bertindak dan bertingkah laku
3) Menjadi landasan bagi pembentukan peraturan
4) Memberi ciri khas yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lain
5) Mengatur penyelenggaraan pemerintahan
Dari pernyataan di atas yang menunjukkan fungsi Pancasila sebagai dasar negara adalah ....
A. 1, 2, 3
B. 1, 3, 5
C. 2, 3, 4
D. 3, 4, 5
Jawaban: B
10. Nilai-nilai Pancasila bersifat objektif dan subjektif, bersifat objektif artinya hakikat nilai-nilai Pancasila adalah bersifat universal (berlaku dimanapun), sehingga dimungkinkan dapat diterapkan pada negara lain. Sedangkan nilai-nilai Pancasila bersifat subjektif, terkandung maksud bahwa .... A. ada kemungkinan untuk dijadikan falsafah hidup negara lain yang membutuhkan
B. nilai Pancasila akan tetap ada sepanjang masa dalam kehidupan bangsa Indonesia
C. nilai-nilai Pancasila itu bergantung atau terlekat pada bangsa Indonesia sendiri
D. rumusan dari sila-sila Pancasila itu sendiri memiliki makna yang terdalam
Jawaban: C
11. Pengukuhan dari proklamasi yang luhur, didorong dari motivasi spiritual, kehidupan yang seimbang antara material dan spiritual, di dunia dan di akhirat, ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berkat rida Tuhan Yang Maha Esa, bangsa Indonesia mencapai kemerdekaan. Makna ini terkandung dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 alinea ke ....
A. satu
B. dua
C. tiga
D. empat
Jawaban: C
12. UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 merupakan hukum dasar dan muaranya adalah Pancasila sebagai ....
A. sumber dari segala sumber hukum negara
B. sumber dari segala peraturan yang bersifat resmi
C. landasan dalam penyusunan hukum pidana
D. penentu di dalam mengatasi masalah hukum
Jawaban: A
13. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
(1) Memajukan kesejahteraan umum
(2) Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia
(3) Mencerdaskan kehidupan bangsa
(4) Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdam aian abadi, dan keadilan sosial
Urutan tujuan negara dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 yang benar adalah ....
A. 1 - 2 - 3 – 4
B. 2 - 1 - 3 – 4
C. 3 - 4 - 1 – 2
D. 4 - 3 - 2 - 1
Jawaban: B
14. Hubungan antara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan Pembukaan UUD 1945 dapat dijelaskan dengan pernyataan sebagai berikut, kecuali ....
A. alinea 1 sampai 3 Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 merupakan uraian terperinci dari kalimat pertama Proklamasi Kemerdekaan
B. alinea keempat memberikan arah pertanggungjawaban terhadap pelaksanaan Proklamasi Kemerdekaan
C. Pembukaan UUD 1945 pada hakikatnya merupakan suatu pernyataan yang lebih terperinci dari adanya cita-cita luhur yang menjadi semangat pendorong ditetapkannya kemerdekaan Indonesia
D. Pembukaan UUD 1945 ditetapkan pada tanggal 18 Agustus 1945 oleh PPKI sebagai satu-satunya lembaga yang memiliki kewenangan kenegaraan pada saat itu
Jawaban: B
15. Indonesia adalah negara yang menganut sistem konstitusional dan menganut prinsip bahwa konvensi tidak dibenarkan apabila ….
A. tidak mendapat dukungan dari mayoritas rakyat
B. bertentangan dengan UUD NRI Tahun 1945
C. merugikan kepentingan rakyat
D. kurang relevan dengan hukum yang berlaku
Jawaban: B
16. Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 yang memiliki kedudukan yang lebih tinggi dari pasal-pasal karena Pembukaan merupakan pokok kaidah negara yang fundamental (Staat funda- mentalnorm) bagi Negara Republik Indonesia. Berikut ini adalah isi Staatsfundamentalnorm, kecuali ....
A. falsafah negara (Pancasila)
B. tugas-tugas Presiden
C. asas politik negara (kedaulatan rakyat)
D. tujuan negara.
Jawaban: B
17. Apabila dikaji secara mendalam, Pembukaan UUD 1945 mengandung 4 pokok pikiran yang sebenarnya merupakan sila-sila dari Pancasila. Pokok pikiran yang terkandung dalam alinea keempat memiliki keterkaitan dengan sila ....
A. Kesatuan
B. Keadilan sosial
C. Kerakyatan/demokrasi
D. Ketuhanan yang Maha Esa menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab
Jawaban: D
18. Tujuan negara Indonesia yang termaktub di dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945 alinea keempat antara lain membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang ....
A. melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia
B. melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh penduduk darah Indonesia
C. menghilangkan segala bentuk penjajahan yang ada di Indonesia
D. menentukan nasibnya sendiri agar tidak tergantung kepada bangsa lain
Jawaban: A
19. Sesudah mengalami amandemen memiliki makna bahwa yang dimaksud dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah keseluruhan naskah yang terdiri atas….
A. Pembukaan dan Aturan Tambahan
B. Batang Tubuh dan Aturan Peralihan
C. Pembukaan dan Pasal-Pasal (Pasal II Aturan Tambahan)
D. Batang Tubuh dan Aturan Tambahan
Jawaban: C
20. UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 juga berperan sebagai pengatur bagaimana kekuasaan negara disusun, dibagi, dan dilaksanakan. Dalam kedudukan yang demikian, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 memiliki fungsi sebagai ....
A. alat kontrol
B. penentu
C. pengatur
D. pembatas
Jawaban: C
Contoh Soal Esai
1. Pembukaan UUD 1945 mengandung 4 pokok pikiran yang sebenarnya merupakan sila-sila dari Pancasila. Sebutkan 4 pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD NRI tahun 1945 !
Jawaban:
1. Kesatuan
2. Keadilan sosial
3. Kerakyatan/demokrasi
2. Pancasila memiliki peranan yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Sebutkan 4 fungsi dan peranan Pancasila bagi bangsa Indonesia!
Jawaban:
a. Pancasila sebagai Jiwa Bangsa Indonesia
b. Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia
c. Pancasila sebagai Cita-cita dan Tujuan Bangsa Indonesia
d. Pancasila sebagai Moral Pembangunan
e. Pancasila sebagai dasar negara
f. Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa
g. Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sumber tertib hukum
h. Pancasila sebagai Perjanjian luhur Bangsa
i. Pancasila sebagai Ideologi negara
j. Pancasila sebagai Ideologi persatuan
(Menyebutkan 4 di antara jawaban tersebut)
3. Seluruh makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia mendapatkan penegasan dan pertanggungjawaban dalam Pembukaan UUD 1945.Jelaskan hubungan antara Proklamasi kemerdekaan RI dengan Pembukaan UUD NRI tahun 1945!
Jawaban:
a. Kalimat pertama makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia mendapatkan penegasan dan penjelasan pada alinea pertama sampai dengan alinea ketiga Pembukaan UUD 1945.
b. Kalimat kedua makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia berupa tindakan yang segera harus dilaksanakan berkaitan dengan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yaitu suatu pembentukan negara Republik Indonesia yang berdasar Pancasila, sebagaimana termuat dalam Pembukaan UUD 1945 alenia 4.
4. Nilai-nilai Pancasila harus diterapkan di dalam berbagai kehidupan. Sebutkan 4 arti penting membiasakan perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila di dalam kehidupan sekolah!
Jawaban:
a. Dapat meningkatkan keamanan dan ketertiban sekolah
b. Dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan warga sekolah
c. Dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada seluruh anggota warga sekolah
d. Meningkatkan rasa kebersamaan dan kegotong-royongan
e. Meningkatkan rasa kasih sayang di antara sesama warga sekolah
(atau jawaban lain yang relevan)
5. Pancasila yang resmi ditetapkan sebagai dasar negara adalah rumusan Pancasila yang termaktub di dalam Pembukaan UUD 1945 dipertegas dengan Dekrit Presiden 5 Juli 1959, Instruksi Presiden No. 12 Tahun 1968, Ketetapan MPR No. XVIII/MPR/1998 dan dipertegas di dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011. Sebutkan rumusan Pancasila sebagaimana yang diatur dalam peraturan tersebut!
Jawaban:
PANCASILA
1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan
5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
Penulis: Ririn Margiyanti
Editor: Yulaika Ramadhani