tirto.id - Contoh materi pengenalan Kurikulum Merdeka perlu diketahui oleh peserta didik baru sebelum memulai kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS. Materinya dapat dicermati dengan cara mengakses link unduh PPT.
MPLS adalah kegiatan awal yang diikuti oleh peserta didik baru setiap jenjang sekolah, mulai dari SD, SMP, hingga SMA/SMK. Kegiatan ini dilaksanakan pada awal tahun pelajaran baru, usai liburan sekolah.
Kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak sekolah ini memuat sejumlah rangkaian acara meliputi pengenalan tata tertib, kurikulum, daftar ekstrakurikuler, guru, kakak kelas, dan teman sekelas.
Tahun ini, MPLS secara khusus akan memperkenalkan Kurikulum Merdeka sebagai pedoman pembelajaran untuk peserta didik.
Isi Materi Pengenalan Kurikulum Merdeka SD, SMP & SMA/SMK untuk MPLS
Merangkum informasi dari laman resmi Kemendikbud, Kurikulum Merdeka menekankan pengoptimalan agar peserta didik mampu mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.
Pada kurikulum ini, guru memiliki keleluasaan untuk memilih dan menggunakan perangkat ajar, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan minat peserta didik.
Karakteristik Kurikulum Merdeka dibagi menjadi tiga yaitu pengembangan soft skills dan karakter, fokus pada materi esensial, dan pembelajaran yang fleksibel.
Pengenalan Kurikulum Merdeka yang akan menjadi isi materi MPLS untuk SD, SMP, dan SMA/SMK mencakup tiga tipe penting kegiatan pembelajaran yakni pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Pembelajaran intrakurikuler adalah pembelajaran yang dilakukan secara terdiferensiasi sehingga peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.
Intrakurikuler juga akan memberikan keleluasaan bagi guru untuk memilih perangkat ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didiknya.
Kemudian, pembelajaran kokurikuler yang berfokus pada projek penguatan profil pelajar Pancasila. Tipe pembelajaran ini memiliki prinsip interdisipliner yang berorientasi pada pengembangan karakter dan kompetensi umum.
Selanjutnya, pembelajaran ekstrakurikuler dalam Kurikulum Merdeka akan dilaksanakan sesuai dengan minat peserta didik dan sumber daya satuan pendidik.
Pembelajaran Kurikulum Merdeka dilaksanakan dalam tiga tahapan, meliputi:
1. Asesmen Diagnostik
Guru melakukan asesmen awal untuk mengenali potensi, karakteristik, kebutuhan, tahap perkembangan, dan tahap pencapaian pembelajaran peserta didik. Asesmen umumnya dilaksanakan pada awal tahun pembelajaran, sehingga hasilnya dapat digunakan untuk melakukan perencanaan lebih lanjut terkait metode pembelajaran yang sebaiknya digunakan.2. Perencanaan
Guru menyusun proses pembelajaran sesuai dengan hasil asesmen diagnostik, serta melakukan pengelompokan peserta didik berdasarkan tingkat kemampuan.3. Pembelajaran
Selama proses pembelajaran, guru akan mengadakan asesmen formatif secara berkala, untuk mengetahui progres pembelajaran peserta didik dan melakukan penyesuaian metode pembelajaran, jika diperlukan. Pada akhir proses pembelajaran, guru juga bisa melakukan asesmen sumatif sebagai proses evaluasi ketercapaian tujuan pembelajaran.Link Unduh PPT Materi Pengenalan Kurikulum Merdeka MPLS
Untuk lebih memahami Kurikulum Merdeka yang akan diperkenalkan pada peserta didik dalam kegiatan MPLS, peserta didik bisa mencermati materinya secara langsung. Materi tersebut dapat diakses melalui link unduh file PPT berikut ini:
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Beni Jo & Iswara N Raditya