tirto.id - Contoh ATP Kurikulum Merdeka Fase E dalam bBahasa Indonesia & Inggris perlu dipahami oleh guru.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) merupakan bagian dalam perencanaan pembelajaran di sekolah. Tenaga pendidik pun perlu mengetahui contoh ATP Kurikulum Merdeka Fase E untuk Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
Dalam Kurikulum Merdeka, tenaga pendidik perlu membuat perencanaan pembelajaran dengan beberapa elemen seperti Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).
ATP merupakan rangkaian dari TP yang disusun secara sistematis dan logis dalam satu fase pembelajaran secara utuh atau dari awal hingga akhir agar siswa dapat mencapai CP.
ATP juga dikenal sebagai silabus pada kurikulum sebelumnya. Jadi, ATP juga dapat didefinisikan sebagai perencanaan dan pengaturan pembelajaran serta asesmen secara garis besar untuk jangka waktu satu fase pembelajaran.
Dalam proses penyusunannya, ATP harus mengikuti sejumlah prinsip berikut:
- Tujuan pembelajaran adalah tujuan yang lebih umum, bukan harian.
- ATP harus tuntas satu fase dan tidak terpotong di tengah jalan
- ATP dikembangkan secara kolaboratif
- ATP dikembangkan sesuai karakteristik dan kompetensi pada setiap mata pelajaran.
- Penyusunan ATP tidak perlu lintas fase (kecuali pendidikan khusus)
- ATP harus logis dan disusun dari kemampuan yang sederhana ke yang rumit
- ATP disajikan secara sederhana dan langsung ke intinya
- ATP dapat memakai nomor atau huruf untuk menunjukkan urutan dan tuntas penyelesaiannya dalam satu fase
- ATP menjelaskan 1 alur tujuan pembelajaran dan tidak bercabang (tidak meminta guru untuk memilih).
- ATP fokus pada pencapaian CP
Komponen ATP Kurikulum Merdeka
Sesuai prinsipnya, ATP harus disajikan dalam bentuk dokumen yang sederhana dan langsung ke intinya. Meski demikian, ATP setidaknya memuat beberapa komponen di bawah ini:
- Elemen
- Kompetensi yang dituju
- Hasil telaah capaian pembelajaran
- Tujuan pembelajaran
- Alur tujuan pembelajaran
- Materi
- Asesmen
- Alokasi waktu
- Sumber belajar
Contoh ATP Kurikulum Merdeka Fase E
Fase E mengacu pada kelas 10 SMA/MA/Program Paket C. Pada akhir Fase E, khususnya untuk Bahasa Indonesia, siswa diharapkan memiliki kemampuan berikut:
- Kemampuan berbahasa, komunikasi, dan bernalar.
- Mampu memahami, mengolah, dan mengevaluasi berbagai tipe teks serta topik yang beragam.
- Mampu mensintesis gagasan dan pendapat dari berbagai sumber.
- Mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi/debat.
- Mampu menulis berbagai teks untuk mempresentasikan/menyampaikan pendapat
- Mampu menanggapi informasi secara kritis dan etis
- Berkomunikasi menggunakan teks lisan, tulisan, dan visual dalam bahasa Inggris
- Menggunakan Bahasa Inggris untuk menyampaikan keinginan/perasaan
- Berdiskusi dengan Bahasa Inggris mengenai topik yang dekat dengan keseharian siswa atau isu tertentu.
1. ATP Bahasa Indonesia Fase E Kurikulum Merdeka
ATP Bahasa Indonesia setidaknya memiliki empat elemen yang terdiri dari menyimak, membaca, menulis, dan berbicara/mempresentasikan. Adapun materi Bahasa Indonesia pada Fase E berkaitan dengan berbagai macam teks, yakni:- Teks Laporan Hasil Observasi
- Teks Anekdot
- Teks Eksposisi
- Teks Hikayat
- Teks Cerpen
- Teks Negosiasi
- Teks Biografi
- Teks Rekon
- Teks Puisi
- Teks Diskusi
ATP Bahasa Indonesia Fase E Kurikulum Merdeka
2. ATP Bahasa Inggris Fase E Kurikulum Merdeka
Bahasa Inggris untuk Fase E juga akan mempelajari beberapa jenis teks seperti berikut:- Recount
- Narrative
- Descriptive
- Procedure
ATP Bahasa Inggris Fase E Kurikulum Merdeka
Penulis: Erika Erilia
Editor: Yulaika Ramadhani