Menuju konten utama

Contoh CP, TP, ATP Kurikulum Merdeka dan Penjelasannya

CP, TP dan ATP harus dipahami dalam penerapan Kurikulum Merdeka. Berikut ini pengertian, perbedaan, hingga contoh CP, TP, dan ATP Kurikulum Merdeka.

Contoh CP, TP, ATP Kurikulum Merdeka dan Penjelasannya
Ilustrasi Guru dan Siswa. FOTO/iStockphoto

tirto.id - CP, TP dan ATP adalah tiga hal yang harus dipahami dalam penerapan Kurikulum Merdeka. Berikut ini pengertian, perbedaan, hingga contoh CP, TP, dan ATP Kurikulum Merdeka yang harus dipahami guru dan peserta didik.

Dalam penerapan Kurikulum Merdeka, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) menetapkan Capaian Pembelajaran (CP) sebagai kompetensi yang ditarget. Namun, dalam praktiknya, CP tidak terlalu konkret untuk memandu kegiatan pembelajaran sehari-hari.

Oleh sebab itu, diperlukan uraian CP menjadi tujuan-tujuan pembelajaran yang lebih operasional dan konkret sehingga mampu memandu peserta didik mencapai akhir fase. Dalam proses penguraian CP ini, kemudian dikenal dua istilah penting yaitu Tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Apa yang Dimaksud CP, TP, dan ATP?

Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, dan Alur Tujuan Pembelajaran memiliki pengertian, tujuan, penerapan, hingga langkah-langkah penyusunan masing-masing. Berikut ini penjelasan mengenai CP, TP, dan ATP Kurikulum Merdeka:

Apa Itu Capaian Pembelajaran atau CP dalam Kurikulum Merdeka?

CP adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai murid pada setiap fase perkembangan, yang dimulai dari fase Fondasi pada PAUD.

Sebagaimana dikutip dari laman Kemdikbud, Capaian Pembelajaran memuat sekumpulan kompetensi dan lingkup materi yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi. Berikut ini 4 langkah memahami CP dari isinya:

  • Memahami kompetensi dalam CP. Kompetensi yang ingin dicapai ditulis dalam paragraf yang memadukan pengetahuan, keterampilan, dan sikap belajar.
  • Memahami bahwa CP dirancang dengan merujuk banyak teori belajar Konstruktivisme.
  • Memahami bahwa Taksonomi Bloom digunakan untuk menerjemahkan CP ke tujuan pembelajaran yang lebih konkrit.
  • Mmahami susunan naskah CP yang terdiri atas rasional, tujuan, karakteristik, dan capaian per fase.

Apa Itu Tujuan Pembelajaran atau TP dalam Kurikulum Merdeka?

TP adalah deskripsi pencapaian tiga aspek kompetensi, yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap, yang diperoleh murid dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran.

TP disusun dengan memperhatikan eviden atau bukti yang dapat diamati dan diukur pada murid, sehingga murid dapat dinyatakan mencapai suatu tujuan pembelajaran.

Penulisan tujuan pembelajaran sebaiknya memuat 2 komponen utama, yaitu kompetensi dan lingkup materi.

Apa Itu Alur Tujuan Pembelajaran atau ATP dalam Kurikulum Merdeka?

ATP adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase pembelajaran. Alur menjadi panduan guru dan murid untuk mencapai Capaian Pembelajaran di akhir suatu fase. Berikut ini 7 langkah penyusunan ATP:

  • Melakukan Analisis Capaian Pembelajaran
  • Merumuskan Tujuan Pembelajaran
  • Melakukan pengurutan Tujuan Pembelajaran
  • Menentukan indikator pencapaian kompetensi
  • Memilih materi dan kegiatan pembelajaran yang tepat
  • Merancang asesmen atau ujian untuk mengukur hasil kegiatan pembelajaran
  • Menyusun dokumen ATP.

Contoh CP, TP, ATP Kurikulum Merdeka

Berikut adalah file contoh CP, TP, dan ATP yang bisa dijadikan panduan:

LINK CONTOH CAPAIAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA

LINK CONTOH TUJUAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA

LINK CONTOH ATP KURIKULUM MERDEKA

Apa Perbedaan antara TP dan ATP?

Tujuan pembelajaran adalah deskripsi yang membantu guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran bukan harian. Sedangkan, Alur Tujuan Pembelajaran disusun secara logis dan sistematis sebagai panduan guru dan murid untuk mencapai Capaian Pembelajaran di akhir fase.

Tujuan Pembelajaran dibuat dengan tujuan lebih umum. Di sisi lain, Alur Tujuan Pembelajaran merupakan rangkaian Tujuan Pembelajaran yang disusun dengan logis guna mencapai tujuannya.

Baca juga artikel terkait KURIKULUM MERDEKA atau tulisan lainnya dari Yulaika Ramadhani

tirto.id - Pendidikan
Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Addi M Idhom
Penyelaras: Syamsul Dwi Maarif