tirto.id - Contoh asesmen diagnostik adalah hal penting yang perlu diketahui guru sebelum melakukan penilaian untuk mengetahui kelemahan peserta didik dalam pembelajaran. Lantas, seperti apa contoh asesmen diagnostik? Bagaimana contoh penerapan asesmen dalam Kurikulum Merdeka yang tepat?
Berdasarkan waktu pelaksanaan, asesmen dibagi dua jenis yaitu asesmen formatif dan sumatif. Asesmen formatif bisa dilakukan di awal maupun selama proses pembelajaran. Tujuan utamanya adalah menentukan capaian pembelajaran. Oleh karena itu, perlu dilakukan salah satu jenis asesmen yang disebut asesmen diagnostik.
Apa Itu Asesmen Diagnostik, Jenis, dan Tujuannya
Dilansir laman SMAN 9 Batam, asesmen diagnostik adalah penilaian yang dilakukan untuk mengetahui kelemahan-kelemahan peserta didik dalam menguasai materi tertentu. Harapannya, dengan asesmen ini, guru bisa mencari tahu apa penyebab kelemahan-kelemahan tersebut.
Setelah dilakukan asesmen diagnostik, langkah selanjutnya adalah menggunakan hasil diagnostik tersebut sebagai dasar untuk memberikan tindak lanjut yang berupa perlakuan yang tepat sesuai dengan kelemahan peserta didik.
Asesmen diagnostik secara umum bertujuan mendiagnosis kemampuan dasar dan kondisi awal siswa ketika memulai masa pembelajaran.
Asesmen diagnostik dibagi lagi menjadi dua yaitu asesmen diagnostik non-kognitif dan kognitif. Berikut adalah masing-masing penjelasannya.
Tujuan Asesmen Diagnostik Non-kognitif
Asesmen diagnostik non-kognitif adalah penilaian guna mengetahui kondisi psikologis, emosi, dan sosial siswa. Berikut ini beberapa tujuan asesmen diagnostik non-kognitif:- Mengetahui kesejahteraan psikologi dan sosial emosi siswa
- Mengetahui aktivitas selama belajar di rumah
- Mengetahui kondisi keluarga siswa
- Mengetahui latar belakang pergaulan siswa
- Mengetahui gaya belajar, karakter serta minat siswa
Contoh Penerapan Asesmen Diagnostik Non-kognitif
Asesmen diagnostik non-kognitif dapat dilakukan dengan meminta siswa mengekspresikan perasaannya selama belajar di rumah dan menjelaskan aktivitasnya lewat bercerita, menulis, atau menggambar.Setelah itu, lakukan tindakan lanjutan dengan mengidentifikasi siswa dengan ekspresi emosi negatif yang ditemukan, mengomunikasikan dengan siswa serta orang tua bila perlu. Ulangi penerapan asesmen non-kognitif ini pada awal pembelajaran.
Tujuan Asesmen Diagnostik Kognitif
Asesmen diagnostik kognitif adalah penilaian untuk mendiagnosis kemampuan dasar siswa terhadap sebuah topik atau mata pelajaran.Guru melakukan asesmen ini untuk menyesuaikan tingkat pembelajaran dengan kemampuan siswa, bukan untuk mengejar target kurikulum. Asesmen ini dapat dilakukan secara rutin atau berkala. Berikut ini beberapa tujuan asesmen diagnostik kognitif:
- Mengidentifikasi capaian kompetensi siswa
- Menyesuaikan pembelajaran di kelas dengan kompetensi rata-rata siswa
- Memberikan kelas remedial atau pelajaran tambahan kepada siswa yang kompetensinya di bawah rata-rata
Contoh Penerapan Asesmen Diagnostik Kognitif
Asesmen diagnostik kognitif dapat dilakukan dengan memberikan beberapa pertanyaan sesuai dengan topik pembelajaran. Namun, sebelum itu lakukan penyederhanaan kompetensi dasar yang disediakan Kemendikbud.Kemudian, susun pertanyaan sederhana, seperti:
- 2 pertanyaan sesuai kelasnya dengan topik capaian pembelajaran baru
- 6 pertanyaan dengan topik satu kelas di bawah
- 2 pertanyaan dengan topik dua kelas di bawah
- Contoh soal asesmen diagnostik kognitif dapat dilihat DI SINI.
Kelompok siswa dengan nilai rata-rata akan mengikuti pelajaran sesuai dengan fasenya. Kelompok siswa di bawah rata-rata akan mengikuti pembelajaran serta pendampingan pada kompetensi yang belum terpenuhi. Kemudian kelompok siswa di atas rata-rata akan mengikuti pembelajaran disertai dengan pengayaan.
Proses diagnostik kognitif ini akan diulangi dalam waktu berkala agar bisa menyesuaikan kondisi kognitif murid dari waktu ke waktu.
Manfaat dari Asesmen Diagnostik
Asesmen diagnostik memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan siswa sehingga guru dalam merancang pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.
Di sisi lain, pemanfaatan hasil asesmen diagnostik dapat dilakukan untuk banyak tujuan sebagai berikut:
- Sebagai bahan guru merancang pembelajaran sesuai karakteristik peserta didik.
- Sebagai bahan guru mengelompokan siswa sesuai level kemampuan, sehingga model pembelajaran yang tepat dan materi berbeda dapat diberikan.
- Sebagai bahan guru mengetahui kelebihan, kelemahan, hingga masalah peserta didik dalam belajar.
Penulis: Muhammad Iqbal Iskandar
Editor: Fadli Nasrudin
Penyelaras: Syamsul Dwi Maarif