Menuju konten utama

Isi Serat Wulangreh Pupuh Dhandhanggula 1-8 dan Artinya

Serat Wulangreh Pupuh Dhandhanggula merupakan salah satu karya dari Ingkang Sinuhun Paku Buwana IV. Berikut ini isi dan terjemahan seratnya.

Isi Serat Wulangreh Pupuh Dhandhanggula 1-8 dan Artinya
Ilustrasi tulisan. Adapun terjemahan tulisan serat Wulangreh Pupuh Dhandhanggula kini menjadi salah satu tembang macapat yang berasal dari Jawa. foto/IStockphoto

tirto.id - Serat Wulangreh Pupuh Dhandhanggula merupakan salah satu karya sastra tembang macapat yang berasal dari Jawa. Lantas, bagaimana isi serat Wulangreh Pupuh Dhandhanggula?

Dalam adat Jawa, dikenal istilah tembang macapat yang mengandung nilai estetis karena teks disertai ke dalam cengkok tembang. Biasanya, tembang juga menyuratkan nilai historis dan pesan tertentu.

Dikutip dari Interpretasi Syair Tembang Macapat Dhandhanggula dalam Seni Grafis (2020) tulisan Mega Wahyu Maulana Putra, tembang diklaim bisa mempengaruhi hati yang susah. Begitu pula terhadap rasa sedih dan tegang, sehingga suasana yang dirasakan jadi lebih tenang.

Pengertian Serat Wulangreh dan Sejarahnya

Serat Wulangreh Pupuh Dhandhanggula bisa kita pantau pengertiannya dari penggunaan kata “wulangreh”. Kata “wulang” bermakna ajaran, sementara “reh” yang berasal dari bahasa Jawa Kuno berarti laku untuk mencapai tuntunan.

Menurut Setiyadi, serat Wulangreh ini mengajarkan perihal budi pekerti dan etika bermasyarakat. Adapun orang yang menciptakan serat Wulangreh adalah Ingkang Sinuhun Paku Buwana IV.

Dia adalah Raja Kasunanan Surakarta pada 1788-1820 silam. Melalui karya sastra hasil tulisannya, ia berusaha memperkenalkan pendidikan moral kepada masyarakat Jawa yang sudah berwawasan Islam.

Dinukil dari "Nilai-Nilai Moral Islami dalam Serat Wulang Reh" (Endang Nurhayati, Jurnal Millah, Vol. 10, 2010), diungkapkan bahwa ada kandungan nilai Islam di dalam serat ini. Faktanya, pencipta tembang merupakan keturunan Sultan Demak, yakni kerajaan Nusantara yang telah menganut Islam terlebih dahulu.

Adapun penelitian juga menyebutkan serat ini digubah dalam bentuk tembang macapat. Isinya mencakup tiga belas pupuh, yaitu Dhandhanggula, Kinanthi, Gambuh, Pangkur, Maskumambang, Megatruh, Durma, Wirangrong, Pucung, Mijil, Asmarandana, Sinom, dan Girisa.

Apa yang Dimaksud Pupuh Dhandhanggula?

Setiap pupuh dalam serat Wulangreh berisi tuntunan yang harus dilaksanakan oleh umat manusia agar hidupnya selamat. Namun demikian, pada pembahasan kali ini hanya menjelaskan tentang serat Wulangreh Pupuh Dhandhanggula.

Dikutip dari Sarining Kasusastraan Jawa (1968), Subalidinata menjelaskan bahwa Pupuh Dhandhanggula memiliki watak mempesona. Disampaikan pula bersifat luwes, sejuk, dan cocok untuk menyampaikan sejumlah wulang.

Serat Wulangreh Pupuh Dhandhanggula diklaim mengandung pula beberapa ajaran, berikut ini sejumlah lakunya.

  • Manusia harus mengerti makna hidup serta menjalaninya dengan baik;
  • Manusia perlu mengamalkan nilai-nilai di dalam Al-Quran;
  • Hidup perlu didasarkan hadits, pendapat ulama, kiyas mencakup perbandingan dan persamaan hukum Islam, dalil, atau salah satu di antaranya;
  • Manusia harus selalu belajar dan mencari guru sejati, bukan dicari oleh guru.

Isi Serat Wulangreh Pupuh Dhandhanggula 1-8 Lengkap

Serat Wulangreh Pupuh Dhandhanggula ini terdiri atas 8 kalimat panjang, setiap tembangnya tidak dipisahkan berdasarkan koma maupun titik karena termasuk transliterasi naskah kuno. Berikut ini isi serat Wulangreh Pupuh Dhandhanggula.

Pamedhare wasitaning ati cumantaka aniru pujangga dhahat mudha ing batine nanging kedah ginunggung datan wruh yen akeh ngesemi ameksa angrumpaka basa kang kalantur tutur kang katula-tula tinaleten rinuruh kelawan ririh mrih padhanging sasmita.

Sasmitaning ngaurip puniki mapan ewuh yen nora weruh tan jumeneng ing uripe akeh kang ngaku-aku pangrasane sampun udani tur durung wruh ing rasa rasa kang satuhu rasa ning rasa punika upayanen darapon sampurna ugi ing kauripanira.

Jroning Kur’an nggoning rasa yekti nanging ta pilih ingkang uninga kajaba lawan tuduhe nora kena den awur ing satemah nora pinanggih mundhak katalanjukan tedah sasar susur yen sira ayun waskitha sampurnane ing badanira puniku sira anggugurua.

Nanging sira yen ngguguru kaki amilihi manungsa kang nyata ingkang becik martabate sarta kang wruh ing kukumk kang ngibadah lan kang wirangi sokur oleh wong tapa ingkang wus amungkul tan mikir pawewehing liyan iku pantes sira guronana kaki sartane kawruhana.

Lamun ana wong micoreng ngelmi tan mupakat ing patang prakara aja sira age-age anganggep nyatanipun saringana dipun baresih limbengen lan kang patang prakara rumuhun dalil kadis lan ijemak lan kiyase papat iku salah siji ana kang mupakat.

Ana uga kena dan antepi yen ucul saking patang prakara nora enak lagetane tan wurung ninggal wektu panganggepe wus angengkoki aja kudu sembayang wus salat kateng sun banjure mbuwang sarengat batal karam nora nganggo den rawati bubrah sakeng tata.

Angel temen ing jaman samangkin ingkang pantes kena ginuronan akeh wong jajah ngelmune lan arang ingkang manut yen wong ngelmu ingkang netepi ing panggawening sarak den arani luput nanging ta aseneng nora kena den wor kakarepaneki pancen parijangga.

Ingkang lumrah ing mangsa puniki mapan guru ingkang golek sabet tuhu kuwalik karepe kang wus lumrah karuhun jaman kuna mapan ki murid ingkang padha ngupaya kudu angguguru ing mengko iki ta nora kyai guru naruthuk ngupaya murid dadiya kanthinira.

Arti Serat Wulangreh Pupuh Dhandhanggula dalam Bahasa Indonesia

Jika Anda kesulitan memahami makna dalam bahasa Jawa, ada opsi terjemahan serat Wulangreh Pupuh Dhandhanggula yang sudah berbahasa Indonesia. Secara garis besar, berikut ini arti seratnya.

Penyampaian minat hati congkak ingin meniru pujangga sangat bodoh dalam hatinya tapi ingin disanjung tak tahu dirinya banyak yang mencemooh memaksa menyusun bahasa yang melantur-lantur kata yang carut marut biasakan dengan pelan-pelan demi cerahnya ajaran itu.

Gejala hidup ini akan bingung bila tidak tahu tidak diterapkan dalam hidupnya banyak yang mengaku-aku rasanya dia telah paham dan lagi tak perasaan rasa yang sebenarnya rasanya rasa itu upayalah dalam kesempurnaan dirimu dalam kehidupanmu.

Dalam Qur’an tempat rasa yang benar tapi pilihlah yang kau ketahui kecuali dengan petunjuk-Nya tak boleh diacak yang akhirnya tidak ditemukan akhirnya terlanjur petunjuk-Nya kacau balau bila kau ingin tahu kesempurnaan diri ini kau pelajarilah.

Jika Anda belajar anakku pilihlah orang yang benar yang baik bermartabat serta yang tahu akan hukum yang beribadah dan saleh apalagi bila orang yang suka bertapa yang telah mencapai tujuan tak memikirkan pemberian orang lain itu pantas kau berguru padanya serta ketahuilah.

Jika ada orang yang membicarakan ilmu tan sepakat kepada empat hal jangan engkau tergesa-gesa menganggap kenyataannya saringlah sampai bersih pilihlah dengan yang empat perkara yang lalu dalil hadis dan ijmak dan empat kias itu salah satu usahakan ada yang sepakat.

Ada juga dapat dipilih bila lepas dari empat hal itu tak enak rasanya tak urung meninggalkan waktu anggapnya telah memahami tidak harus bersembahyang telah salat tekadku lalu melepas syariat batal haram tak diperhatikan rusaklah segala aturan.

Sungguh sulit di zaman sekarang yang pantas dimintai ajaran banyak orang berilmu dan jarang menurut bila orang berilmu yang memenuhi yang diperbuatnya baik disebut salah tetapi jika hanya bersenang-senang tak bisa dimengerti apa maksudnya betul-betul orang hebat.

Yang biasa pada zaman sekarang gurulah yang mencari ilmu sungguh terbalik keinginannya yang telah lazim kono jaman kuna muridlah yang mencari dan harus berguru kini tidak demikian guru bingung mencari murid sebagai pengikutnya.

Baca juga artikel terkait SERAT atau tulisan lainnya dari Alhidayath Parinduri

tirto.id - Edusains
Kontributor: Alhidayath Parinduri
Penulis: Alhidayath Parinduri
Editor: Dipna Videlia Putsanra
Penyelaras: Yuda Prinada