Menuju konten utama

Modul Ajar Bahasa Arab Kelas 7 Kurikulum Merdeka & Link PDF

Modul Ajar Bahasa Arab Kelas 7 Kurikulum Merdeka & Link PDF berikut ini bisa dijadikan panduan oleh tenaga pendidik sebagai bahan pembelajaran di kelas.

Modul Ajar Bahasa Arab Kelas 7 Kurikulum Merdeka & Link PDF
Ilustrasi Modul ajar. FOTO/iStockphoto

tirto.id - Contoh modul ajar Bahasa Arab Kelas 7 Kurikulum Merdeka dan link unduhnya ini dapat digunakan oleh tenaga pendidik sebagai panduan pembelajaran di kelas.

Modul ajar merupakan Rencana Pembelajaran yang dirancang oleh tenaga pendidik atau guru sebagai panduan dalam melaksanakan proses pengajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Modul ajar Kurikulum Merdeka ini terdiri dari modul ajar yang disediakan oleh pemerintah, dan modul ajar yang dirancang sendiri. Modul ajar yang disediakan oleh pemerintah harus diselaraskan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Plus.

Sementara, modul ajar yang dirancang sendiri hanya perlu menyesuaikannya dengan RPP biasa. Namun, catatannya adalah, guru harus mengembangkan modul ajar tersebut sendiri agar sesuai dengan kebutuhan pembelajaran dan karakteristik siswa.

Lantas, apa saja tujuan dan komponen dalam modul ajar?

Tujuan dan Komponen dalam Modul Ajar

Modul ajar memiliki sejumlah tujuan yang salah satu tujuan utamanya adalah memandu para tenaga pendidik melaksanakan proses belajar mengajar di kelas agar sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa yang terlibat dalam proses pembelajaran.

Modul ajar ini, sebagaimana dilansir dari Kemdikbud, juga dapat dikembangkan agar dapat menyediakan perangkat ajar yang dapat memandu tenaga pendidik melaksanakan pembelajaran.

Namun, dalam pengembangan modul ajar ini, ada sejumlah tujuan dasar yang harus dicapai dengan kriteria sebagai berikut:

  • Esensial: modul ajar harus esensial, ini berarti ada pemahaman konsep dari setiap mata pelajaran melalui pengalaman belajar secara lintas disiplin.
  • Menarik, bermakna, dan menantang: modul ajar harus menarik, bermakna dan menantang karena modul ajar harus mampu menumbuhkan minat belajar dan melibatkan murid secara aktif dalam proses belajar. Serta modul ajar harus berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya sehingga tidak terlalu kompleks atau terlalu sulit. Namun, modul ajar tersebut sebaiknya juga tidak terlalu mudah untuk tahap usia peserta didik.
  • Relevan dan kontekstual: modul ajar harus selalu berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, serta sesuai dengan konteks waktu dan lingkungan siswa.
  • Berkesinambungan: modul ajar harus berkesinambungan artinya, ada keterkaitan alur kegiatan pembelajaran sesuai dengan fase belajar murid.
Mengenai komponen modul ajar, dalam Platform Merdeka Mengajar, modul ajar harus berisi komponen komponen ini. Berbagai komponen yang harus ada tersebut disesuaikan dengan Panduan Pembelajaran dan Asesmen.

Sejumlah komponen yang harus ada dalam modul ajar Kurikulum Merdeka sebagaimana dirujuk dari Kemdikbud adalah:

  • Tujuan pembelajaran
  • Rencana asesmen di awal dan akhir pembelajaran
  • Langkah pembelajaran
  • Media pembelajaran
Namun, agar pencarian modul ajar dalam Platform Merdeka Mengajar lebih mudah, maka komponen-komponen tersebut, disusun sebagai berikut:

Informasi Umum

  • Pemilihan jenis satuan dan jenjang pendidikan
  • Pemilihan fase dan kelas
  • Pemilihan mata pelajaran
  • Penanda kebutuhan khusus*
  • Judul modul ajar
  • Deskripsi umum modul ajar
  • Identitas penulis modul (nama dan asal organisasi)
  • Gambar sampul (opsional)

Tujuan Modul

  • Pemilihan/pengunggahan referensi Alur Tujuan Pembelajaran yang digunakan sebagai acuan penyusunan Tujuan Pembelajaran dari keseluruhan modul ajar

Rancangan Penggunaan

  • Total alokasi Jam Pelajaran (JP)**
  • Penentuan moda pembelajaran (opsional)**
  • Target murid (opsional)
  • Jumlah murid (opsional)
  • Sarana dan prasarana (opsional)
  • Prasyarat kompetensi (opsional)

Materi, Asesmen, dan Referensi

  • Rancangan Modul Utuh, mengikuti ketentuan komponen minimum pada Panduan Pembelajaran dan Asesmen.
  • Modul ajar utuh setidaknya harus mencakup: tujuan pembelajaran, rencana asesmen, detail aktivitas, dan media pembelajaran.

Materi

  • Judul materi
  • Rangkuman Kegiatan

Asesmen

  • Apabila masih diperlukan asesmen tambahan/asesmen alternatif, maka kontributor dapat mengunggah pada kolom asesmen yang tersedia. Jika tidak, kontributor dapat memilih “Sudah terlampir dalam modul utuh”.

Referensi (opsional)

  • Apabila masih diperlukan referensi materi lain yang bersumber dari PMM dan /atau dari sumber lain yang kredibel, maka kontributor dapat mengunggah tautan referensi tersebut pada kolom referensi yang tersedia.
Catatan:

*Komponen wajib diisi untuk modul ajar dengan jenis satuan pendidikan SLB

**Komponen wajib diisi untuk modul ajar dengan jenis satuan pendidikan Kesetaraan.

Modul Ajar Bahasa Arab MTs Kelas 7 Kurikulum Merdeka dan Link Unduh

Salah satu Modul ajar bagi kelas 7 yaitu modul ajar Bahasa Arab untuk Mts Kurikulum Merdeka. Berikut beberapa hal yang tercantum di dalam modul ajar Bahasa Arab MTs kelas 7 Kurikulum Merdeka:

Informasi Umum:

  • Identitas penulis (nama guru, nama madrasah, mata pelajaran, kelas, semester)
  • Kompetensi awal: Peserta didik mampu menghafal mufrodat bahasa Arab dan memahami maknanya, berbicara dengan bahasa Arab, membaca teks bahasa Arab, memahami susunan gramatikal, dan menulis dengan bahasa Arab.

Profil Pelajar Pancasila dan pelajar Rahmatan Lil Alamin:

  • Beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, mandiri, gotong royong, bernalar kritis dan kreatif.
  • Ta'addud, tawassuth, tathawwur wa ibtikar, dan tasamuh

Sarana dan prasarana:

  • LCD Proyektor, Komputer/laptop, pengeras suara, jaringan internet

Sumber Belajar:

  • Buku Teks Bahasa Arab kelas 7 (Kementerian Agama: 2020), LKPD, laman E-Learning, dan lain- lain

Target peserta didik:

  • Peserta didik reguler
  • Peserta didik dengan kesulitan belajar
  • Peserta didik cerdas istimewa berbakat

Model pembelajaran:

  • Inquiry Learning

Tujuan pembelajaran:

  • Mengeksplorasi informasi yang didengar tentang Perkenalan
  • Menggunakan susunan gramatikal Mubtada’ Khabar untuk memahami informasi tersurat dan tersirat dari teks yang didengar
  • Membangun interaksi tentang Perkenalan
  • Menggunakan susunan gramatikal Mubtada’ Khabar sebagai alat komunikasi global
  • Memahami berbagai jenis teks visual atau multimedia tentang Perkenalan
  • Merefleksi berbagai jenis teks visual dan multimedia tentang Perkenalan
  • Menggunakan susunan gramatikal Mubtada’ Khabar untuk memahami informasi tersurat dan tersirat dari berbagai jenis teks
  • Menghubungkan kalimat melalui paragraf sederhana pada berbagai jenis teks tentang Perkenalan
  • Memaparkan kalimat melalui paragraf sederhana pada berbagai jenis teks tentang Perkenalan
  • Membuat urutan yang terhubung secara logis tentang Perkenalan
  • Menggunakan susunan gramatikal Mubtada’ Khabar untuk mengungkapkan gagasan sesuai dengan struktur teks secara tulis dan lisan

Kegiatan pembelajaran:

  • Guru menyiapkan sarana dan prasarana yang akan dipakai
  • Guru menyiapkan lingkungan belajar yang nyaman
  • Guru menyiapkan speaker aktif, LCD, bahan tayang, LKPD, UKBM

Asesmen:

  • Sikap (Profil Pelajar Pancasila) dapat berupa: Observasi/penilaian diri/penilaian teman sebaya/anekdotal.
  • Performa (presentasi/drama/pameran hasil karya/jurnal, dsb)
  • Tertulis (tes objektif: essay/pilihan ganda/isian/jawaban singkat/benar-salah)

Refleksi untuk siswa: Mengajukan sejumlah pertanyaan refleksi kepada siswa:

  • Bagian manakah yang menurutmu paling sulit dari pelajaran ini?
  • Apa yang akan kamu lakukan untuk memperbaiki hasil belajarmu?
  • Kepada siapa kamu akan meminta bantuan untuk memahami pelajaran ini?
  • Jika kamu diminta untuk memberikan bintang 1 sampai 5, berapa bintang akan kamu berikan pada usaha yang telah kamu lakukan?

Refleksi untuk guru: Pertanyaan kunci yang membantu guru untuk merefleksikan kegiatan pengajaran di kelas, misalnya:

  • Apakah model pembelajaran yang digunakan guru sesuai dengan materi dan karakteristik peserta didik?
  • Bagaimana kesesuaian durasi waktu dan tujuan belajar yang ingin dicapai pada pembelajaran ini?
  • Apakah semua peserta didik terlibat aktif dalam proses pembelajaran?
  • Apakah semua peserta didik nyaman belajar dalam kelompoknya?
  • Kesulitan apa yang dialami peserta didik?
  • Apa langkah yang perlu dilakukan untuk memperbaiki proses belajar?
  • Apakah kegiatan pembelajaran dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada diri
  • peserta didik?

Pengayaan dan Remedial:

Peserta didik yang memperoleh capaian tinggi akan diberikan pengayaan berupa kegiatan tambahan terkait tema (التعارف) agar mereka dapat mengembangkan kompetensinya secara optimal. Beberapa contoh kegiatan pengayaan:

  • Tutor sebaya
  • Melakukan projek
  • Mengembangkan latihan
  • Memberikan permainan, masalah, atau kompetensi antar siswa
Sedangkan peserta didik yang belum mencapai kompetensi yang diharapkan akan diberikan remedial. Guru akan melakukan pembahasan ulang terhadap materi yang telah diberikan dengan cara/metode yang berbeda untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih memudahkan peserta didik dalam memaknai dan menguasai materi ajar misalnya lewat diskusi kelompok dan permainan.

Agar guru bisa membaca dan mencermati modul ajar Bahasa Arab MTs kelas 7 Kurikulum Merdeka dengan lebih lengkap, berikut ini adalah tautan PDF contoh modul ajar Bahasa Arab kelas 7 yang bisa diunduh:

Link Unduh PDF Modul Ajar Bahasa Arab MTs Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Baca juga artikel terkait MODUL AJAR atau tulisan lainnya dari Lucia Dianawuri

tirto.id - Edusains
Kontributor: Lucia Dianawuri
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Dhita Koesno