Menuju konten utama

Modul Ajar Bahasa Arab Kelas 7 Kurikulum Merdeka & Link PDF

Modul ajar Bahasa Arab kelas 7 Kurikulum Merdeka tersedia di artikel ini. Baca dan download contoh modulnya.

Modul Ajar Bahasa Arab Kelas 7 Kurikulum Merdeka & Link PDF
Ilustrasi Modul ajar Bahasa Arab kelas 7 Kurikulum Merdeka. FOTO/iStockphoto

tirto.id - Modul ajar Bahasa Arab kelas 7 Kurikulum Merdeka berfungsi sebagai panduan pembelajaran yang membantu guru menyusun kegiatan belajar secara terstruktur. Contoh modul ajar ini dapat dimanfaatkan tenaga pendidik untuk mendukung proses belajar mengajar di kelas.

Modul ajar adalah Rencana Pembelajaran yang disusun guru untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif. Dalam modul ajar Kurikulum Merdeka Bahasa Arab kelas 7, tersedia modul dari pemerintah yang harus diselaraskan dengan RPP Plus, serta modul buatan guru yang cukup menyesuaikan dengan RPP biasa.

Download modul ajar Bahasa Arab kelas 7 Kurikulum Merdeka sangat membantu guru dalam mengakses materi ajar secara praktis dan efisien. Guru tetap perlu menyesuaikan modul ajar dengan karakteristik siswa di kelasnya. Hal ini penting agar pembelajaran menjadi lebih relevan dan bermakna. Tujuan dan komponen modul ajar menjadi bagian penting dalam perencanaan pembelajaran yang mendukung ketercapaian kompetensi siswa.

Komponen Modul Ajar Bahasa Arab Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Modul ajar Bahasa Arab Kurikulum Merdeka Fase D atau modul ajar Bahasa Arab kelas 7 disusun untuk memudahkan siswa belajar bahasa Arab. Materi yang dipelajari meliputi huruf hijaiyah, harakat, dan kosakata dasar sehari-hari. Semua ini mengikuti standar Kurikulum Merdeka.

Komponen utama modul mencakup pengenalan huruf hijaiyah dan cara membaca yang benar. Siswa juga belajar membuat kalimat nominal dan kalimat verbal sederhana. Materi fi’il madhi dan mudhori’ juga menjadi fokus pembelajaran sebagian masuk dalam modul ajar Bahasa Arab kelas 7 Kurikulum Merdeka Semester 1.

Selain itu, siswa dikenalkan dengan kata tanya seperti ما (apa), من (siapa), dan أين (di mana). Materi keterangan waktu dan tempat juga diberikan untuk melatih komunikasi sehari-hari sebagaimana di dalam modul ajar Bahasa Arab kelas 7 Kurikulum Merdeka Semester 2.

Modul ini dirancang agar mudah dipahami dan menarik bagi siswa. Guru dapat menyesuaikan metode pembelajaran sesuai kebutuhan kelas. Tujuannya agar siswa percaya diri dalam membaca, menulis, dan berbicara bahasa Arab.

Informasi Umum Modul Ajar Bahasa Arab Kelas 7

Modul ajar memiliki sejumlah tujuan utama. Salah satunya adalah memandu tenaga pendidik dalam proses belajar mengajar di kelas. Modul harus sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa.

Modul ajar ini, seperti yang disampaikan Kemdikbud, juga dapat dikembangkan sebagai perangkat ajar. Perangkat ini membantu guru melaksanakan pembelajaran dengan baik. Dengan modul, proses belajar lebih terarah dan efektif.

Dalam pengembangannya, modul ajar harus memenuhi beberapa kriteria penting. Pertama, modul harus esensial, artinya mengandung pemahaman konsep dari setiap mata pelajaran secara lintas disiplin. Kedua, modul harus menarik, bermakna, dan menantang agar siswa aktif dan tertarik belajar.

Modul juga harus relevan dan kontekstual, berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman siswa sebelumnya. Selain itu, modul harus berkesinambungan, memiliki alur kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan fase belajar siswa. Ini penting agar pembelajaran berjalan sistematis dan berkelanjutan.

Mengenai komponen modul ajar, Platform Merdeka Mengajar mengatur komponen penting yang harus ada. Komponen tersebut sesuai dengan Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Beberapa komponen utama adalah tujuan pembelajaran, rencana asesmen awal dan akhir, langkah pembelajaran, dan media pembelajaran.

Tujuan Modul Ajar Bahasa Arab Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Pembelajaran Bahasa Arab di kelas 7 bertujuan untuk membekali siswa dengan keterampilan dasar berbahasa yang meliputi mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Siswa dikenalkan pada huruf hijaiyah, harakat, serta kosakata dasar yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Kemampuan ini menjadi fondasi penting dalam memahami teks-teks sederhana berbahasa Arab.

Selain keterampilan bahasa, siswa juga mulai memahami struktur kalimat dasar seperti jumlah ismiyah dan jumlah fi’liyah. Mereka belajar membedakan antara isim, fi’il, dan huruf serta membangun kalimat sederhana dengan makna yang jelas.
Pembelajaran Bahasa Arab juga diarahkan untuk menanamkan nilai-nilai Islami, mengingat bahasa ini merupakan bahasa Al-Qur’an. Melalui pembelajaran ini, siswa diajak untuk mencintai bahasa Arab dan menggunakannya dalam aktivitas keagamaan sehari-hari.

Rancangan Penggunaan Modul Ajar Bahasa Arab Kelas 7

Rancangan penggunaan modul ajar Bahasa Arab kelas 7 dibuat untuk memudahkan guru dalam mengelola proses pembelajaran secara efektif dan terstruktur. Modul ini dirancang agar fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa serta kondisi di kelas. Penjelasan lengkap mengenai rancangan penggunaan modul ajar tersebut adalah sebagai berikut:

  • Total alokasi Jam Pelajaran (JP)
  • Penentuan moda pembelajaran (opsional)
  • Target murid (opsional)
  • Jumlah murid (opsional)
  • Sarana dan prasarana (opsional)
  • Prasyarat kompetensi (opsional)

Materi dalam Modul Ajar Bahasa Arab Kelas 7

Materi dalam Modul Ajar Bahasa Arab Kelas 7 disusun secara sistematis untuk mendukung pembelajaran yang efektif. Materi ini mencakup berbagai topik penting yang sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan siswa. Rincian lengkap tentang materi yang diajarkan dalam modul tersebut adalah sebagai berikut:

  • Huruf Hijaiyah dan Tajwid
  • Harakat: Fathah, Kasrah, Dhammah, dan Sukun
  • Kosakata dasar (mufrodat) sehari-hari
  • Kalimat nominal (jumlah ismiyyah)
  • Kalimat verbal (jumlah fi’liyyah)
  • Fi’il madhi (kata kerja lampau)
  • Fi’il mudhori’ (kata kerja sekarang/akan datang)
  • Isim dan kata ganti orang
  • Kata tanya seperti ما، من، أين، متى، كم، لماذا
  • Keterangan waktu dan tempat

Asesmen dan Referensi dalam Modul Bahasa Arab Kelas 7

Asesmen dalam modul ajar berfungsi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Apabila masih diperlukan asesmen tambahan atau asesmen alternatif, kontributor dapat mengunggahnya pada kolom asesmen yang tersedia.

Jika tidak ada tambahan, maka kontributor cukup memilih opsi “Sudah terlampir dalam modul utuh” dalam modul ajar Bahasa Arab kelas 7 Kurikulum Merdeka semester genap.

Referensi bersifat opsional, namun sangat dianjurkan untuk memperkuat isi materi pembelajaran. Jika diperlukan, kontributor dapat menambahkan referensi dari Platform Merdeka Mengajar (PMM) atau sumber kredibel lainnya. Tautan referensi tersebut dapat diunggah langsung pada kolom referensi yang telah disediakan.

Contoh Modul Ajar Bahasa Arab Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Salah satu Modul ajar bagi kelas 7 yaitu modul ajar Bahasa Arab untuk MTs Kurikulum Merdeka. Berikut beberapa hal yang tercantum di dalam modul ajar Bahasa Arab MTs kelas 7 Kurikulum Merdeka:

Informasi Umum:

  • Identitas penulis (nama guru, nama madrasah, mata pelajaran, kelas, semester)
  • Kompetensi awal: Peserta didik mampu menghafal mufrodat bahasa Arab dan memahami maknanya, berbicara dengan bahasa Arab, membaca teks bahasa Arab, memahami susunan gramatikal, dan menulis dengan bahasa Arab.

Profil Pelajar Pancasila dan pelajar Rahmatan Lil Alamin:

  • Beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, mandiri, gotong royong, bernalar kritis dan kreatif.
  • Ta'addud, tawassuth, tathawwur wa ibtikar, dan tasamuh

Sarana dan prasarana:

  • LCD Proyektor, Komputer/laptop, pengeras suara, jaringan internet

Sumber Belajar:

  • Buku Teks Bahasa Arab kelas 7 (Kementerian Agama: 2020), LKPD, laman E-Learning, dan lain- lain

Target peserta didik:

  • Peserta didik reguler
  • Peserta didik dengan kesulitan belajar
  • Peserta didik cerdas istimewa berbakat

Model pembelajaran:

  • Inquiry Learning

Tujuan pembelajaran:

  • Mengeksplorasi informasi yang didengar tentang Perkenalan
  • Menggunakan susunan gramatikal Mubtada’ Khabar untuk memahami informasi tersurat dan tersirat dari teks yang didengar
  • Membangun interaksi tentang Perkenalan
  • Menggunakan susunan gramatikal Mubtada’ Khabar sebagai alat komunikasi global
  • Memahami berbagai jenis teks visual atau multimedia tentang Perkenalan
  • Merefleksi berbagai jenis teks visual dan multimedia tentang Perkenalan
  • Menggunakan susunan gramatikal Mubtada’ Khabar untuk memahami informasi tersurat dan tersirat dari berbagai jenis teks
  • Menghubungkan kalimat melalui paragraf sederhana pada berbagai jenis teks tentang Perkenalan
  • Memaparkan kalimat melalui paragraf sederhana pada berbagai jenis teks tentang Perkenalan
  • Membuat urutan yang terhubung secara logis tentang Perkenalan
  • Menggunakan susunan gramatikal Mubtada’ Khabar untuk mengungkapkan gagasan sesuai dengan struktur teks secara tulis dan lisan

Kegiatan pembelajaran:

  • Guru menyiapkan sarana dan prasarana yang akan dipakai
  • Guru menyiapkan lingkungan belajar yang nyaman
  • Guru menyiapkan speaker aktif, LCD, bahan tayang, LKPD, UKBM

Asesmen:

  • Sikap (Profil Pelajar Pancasila) dapat berupa: Observasi/penilaian diri/penilaian teman sebaya/anekdotal.
  • Performa (presentasi/drama/pameran hasil karya/jurnal, dsb)
  • Tertulis (tes objektif: essay/pilihan ganda/isian/jawaban singkat/benar-salah)

Refleksi untuk Siswa: Mengajukan Pertanyaan Refleksi kepada Siswa:

  • Bagian manakah yang menurutmu paling sulit dari pelajaran ini?
  • Apa yang akan kamu lakukan untuk memperbaiki hasil belajarmu?
  • Kepada siapa kamu akan meminta bantuan untuk memahami pelajaran ini?
  • Jika kamu diminta untuk memberikan bintang 1 sampai 5, berapa bintang akan kamu berikan pada usaha yang telah kamu lakukan?

Refleksi untuk Guru: Pertanyaan kunci yang Membantu Guru untuk Merefleksikan Kegiatan Pengajaran di Kelas

  • Apakah model pembelajaran yang digunakan guru sesuai dengan materi dan karakteristik peserta didik?
  • Bagaimana kesesuaian durasi waktu dan tujuan belajar yang ingin dicapai pada pembelajaran ini?
  • Apakah semua peserta didik terlibat aktif dalam proses pembelajaran?
  • Apakah semua peserta didik nyaman belajar dalam kelompoknya?
  • Kesulitan apa yang dialami peserta didik?
  • Apa langkah yang perlu dilakukan untuk memperbaiki proses belajar?
  • Apakah kegiatan pembelajaran dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada diri
  • peserta didik?

Pengayaan dan Remedial

Peserta didik yang memperoleh capaian tinggi akan diberikan pengayaan berupa kegiatan tambahan terkait tema (التعارف) agar mereka dapat mengembangkan kompetensinya secara optimal. Beberapa contoh kegiatan pengayaan:

  • Tutor sebaya
  • Melakukan projek
  • Mengembangkan latihan
  • Memberikan permainan, masalah, atau kompetensi antar siswa
Sedangkan peserta didik yang belum mencapai kompetensi yang diharapkan akan diberikan remedial. Guru akan melakukan pembahasan ulang terhadap materi yang telah diberikan dengan cara/metode yang berbeda untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih memudahkan peserta didik dalam memaknai dan menguasai materi ajar misalnya lewat diskusi kelompok dan permainan.

Agar guru bisa membaca dan mencermati modul ajar Bahasa Arab MTs kelas 7 Kurikulum Merdeka dengan lebih lengkap, silakan download modul ajar Bahasa Arab kelas 7 Kurikulum Merdeka. Berikut ini adalah modul ajar Bahasa Arab kelas 7 Kurikulum Merdeka word dan PDF:

Link Unduh PDF Modul Ajar Bahasa Arab MTs Kelas 7 Kurikulum Merdeka 1

Link Unduh PDF Modul Ajar Bahasa Arab MTs Kelas 7 Kurikulum Merdeka 2

Link Unduh PDF Modul Ajar Bahasa Arab MTs Kelas 7 Kurikulum Merdeka 3

Tujuan Modul Ajar Bahasa Arab Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Tujuan utama modul ajar Bahasa Arab kelas 7 adalah memandu tenaga pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Modul dirancang agar siswa dapat memahami konsep dasar bahasa Arab secara esensial, mulai dari pengenalan huruf hijaiyah hingga penggunaan kalimat sederhana.

Selain itu, modul bertujuan menumbuhkan minat belajar siswa dengan materi yang menarik, bermakna, dan menantang, serta relevan dengan pengalaman dan konteks siswa sehari-hari. Modul juga diharapkan mampu melatih keterampilan membaca, menulis, dan berbicara bahasa Arab secara berkesinambungan sesuai dengan fase belajar siswa.

Jika Anda ingin mengetahui modul mata pelajaran lainnya, silakan kunjungi laman tirto.id melalui tautan di bawah ini. Di sana tersedia berbagai modul pembelajaran lengkap untuk mendukung proses Anda.

Tautan Modul Ajar Lengkap

Baca juga artikel terkait MODUL AJAR atau tulisan lainnya dari Lucia Dianawuri

tirto.id - Edusains
Kontributor: Lucia Dianawuri
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Dhita Koesno
Penyelaras: Satrio Dwi Haryono