tirto.id - Modul Ajar Kurikulum Merdeka untuk PAUD dan TK dapat diunduh dan didapatkan untuk memperlancar proses belajar-mengajar. Modul Ajar sendiri merupakan salah satu perangkat ajar yang digunakan dalam Kurikulum Merdeka.
Perangkat ajar terbagi menjadi bentuk, selain Modul Ajar terdapat perangkat ajar lain yakni Modul Projek, dan juga Bahan Ajar. Modul Ajar digunakan sebagai acuan tenaga pendidik untuk mengembangkan materi sesuai dengan karakteristik dari peserta didik yang diampu.
Sebelum mulai menyusun, tenaga pendidik perlu memperhatikan sejumlah kriteria dari Modul Ajar Kurikulum Merdeka, yakni sebagai berikut:
- Esensial, materi yang disampaikan didasarkan dari pengalaman belajar dan lintas disiplin
- Menarik,Bermakna dan Menantang, materi dikemas untuk menumbuhkan semangat belajar peserta didik dan menjadikan peserta didik sebagai pemeran utama dalam proses belajar.
- Relevan dan Kontekstual, materi disesuaikan dengan konteks yang ada di waktu dan tempat peserta didik.
- Berkesinambungan, materi berhubungan dengan alur kegiatan pembelajaran sesuai dengan fase belajar peserta didik.
Link Unduh Modul Ajar PAUD-TK Kurikulum Merdeka
Pembelajaran harian di PAUD dan TK sarat dengan kegiatan bermain yang sifatnya edukatif, periode ini membantu membangun keterampilan kreasi dan sosialisasi siswa. Meski demikian, tetap diperlukan perencanaan agar tujuan pembelajaran lebih terukur dan terarah.
Bagi tenaga pendidik yang mengampu jenjang pendidikan PAUD-TK dapat mengunduh Modul Ajar Kurikulum Merdeka melalui link berikut:
Link Modul Ajar Lengkap PAUD/TK
Link Modul Ajar Ringkas PAUD/TK
Langkah-Langkah Membuat Modul Ajar
Dalam membuat Modul Ajar terdapat prinsip penyusunan yang harus diikuti dan diperhitungkan oleh tenaga pendidik. Prinsip tersebut antara lain;
- Karakteristik dari peserta didik di masing-masing fase
- Tingkat pemahaman, dan variasi jarak (gap) dari peserta didik di masing-masing fase
- Menyusun dengan melihat dari sudut pandang peserta didik, di mana setiap individu memiliki keunikan
- Menyeimbangkan intelektual, sosial dan personal
- Memperhatikan pengalaman belajar sebelumnya, sebab tingkat kematangan peserta didik berbeda berdasarkan proses perkembangan yang dilalui.
- Pertama, guru atau tenaga pendidik perlu menganalisis kebutuhan dan situasi pembelajaran meliputi kondisi guru, peserta didik hingga satuan pendidikan
- Mengidentifikasi dan menentukan dimensi Profil Pelajaran Pancasila, disesuaikan dengan kemampuan masing-masing satuan pendidikan
- Menentukan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang ingin dikembangkan menjadi Modul Ajar dengan mengacu pada ATP hasil pengembangan sekolah atau ATP yang sudah ada
- Menyusun Modul Ajar sesuai dengan komponen yang tersedia, guru juga dapat memilih komponen selain komponen inti yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran
- Melaksanakan pembelajaran berdasarkan Modul Ajar yang telah disusun guru/tenaga pendidik
- Setelah dilaksanakan guru/tenaga pendidik perlu melakukan evaluasi dari efektivitas modul sebagai tindak lanjut atau pertimbangan untuk pembelajaran berikutnya.
Penulis: Aisyah Yuri Oktavania
Editor: Yulaika Ramadhani