tirto.id - Modul ajar Seni Budaya kelas 7 Kurikulum Merdeka ini dapat menjadi bahan referensi bagi tenaga pendidik dalam proses pembelajaran di kelas. Dengan modul ini, diharapkan pengajaran seni budaya dapat berjalan lebih efektif dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Selain itu, penyusun modul melengkapi modul ini dengan tautan unduh untuk memudahkan akses bagi guru.
Modul ajar membantu guru menjalankan proses pengajaran dengan menyediakan rencana pembelajaran yang terstruktur. Modul ini memandu guru untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dengan demikian, guru dapat melaksanakan setiap langkah pengajaran secara sistematis dan sesuai dengan kurikulum.
Berdasarkan Kemdikbud, modul ajar ini mengacu pada capaian pembelajaran yang diharapkan. Tujuan pembuatannya adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, memberikan referensi bagi guru, serta menyusun prosedur pembelajaran yang jelas. Untuk memudahkan akses, Anda dapat download modul ajar Seni Budaya kelas 7 Kurikulum Merdeka melalui link yang tersedia.
Download Modul Ajar Seni Budaya kelas 7 Kurikulum Merdeka
Anda dapat mengunduh modul ajar Kurikulum Merdeka Seni Budaya kelas 7 melalui tautan yang disediakan. Modul ini dirancang untuk memudahkan proses pembelajaran Seni Budaya di kelas. File tersebut dapat ditemukan sebagai berikut:
Modul Ajar Seni Budaya Kelas 7
Materi Seni Budaya Kelas 7 Kurikulum Merdeka
Dalam mata pelajaran Seni dan Budaya kelas 7 Kurikulum Merdeka ada sejumlah materi pelajaran yang menjadi isi utama dari modul ajar.
Beberapa materi yang dipelajari dalam mata pelajaran Seni dan Budaya kelas 7 Kurikulum Merdeka yang tercantum dalam modul ajar Seni Budaya kelas 7 Kurikulum Merdeka di antaranya adalah:
1. Materi: Sejarah Seni Rupa Desain
- Subbab: Menggambar Desain Pola Organis
- Elemen: Menulis
- Capaian Pembelajaran:
- Peserta didik mampu memahami hubungan sejarah seni rupa mendesain.
- Peserta didik diharapkan mampu menggambar desain pola organis dengan menggabungkan pengetahuan melalui prinsip desain yang sudah dipelajari sebelumnya.
- Peserta didik mampu membuat karya seni desain sesuai kreativitas yang dimiliki sehingga dapat meningkatkan minat mereka dalam berkarya seni.
2. Materi: Menganalisis Pola Geometris pada Benda Sekitar
- Subbab: Menggambar Pola Geometris
- Elemen: Membuat Karya Seni Desain Pola Geometris Berwarna
- Capaian Pembelajaran:
- Peserta didik mampu menganalisis pola geometris pada benda sekitar yang didapatkan pribadi maupun orang lain.
- Peserta didik mampu membuat karya seni desain pola geometris berwarna sesuai kreativitas yang dimiliki sehingga dapat meningkatkan minat mereka dalam berkarya seni.
3. Materi: Pengetahuan dan Keterampilan Berkarya
- Subbab: Efektivitas Pesan Sebuah Karya
- Elemen: Menggambar Pola Organis dan Geometris.
- Capaian Pembelajaran:
- Peserta didik mampu menggunakan pengetahuan dan keterampilan memilih dan menggabungkan teknik.
- Peserta didik mampu merefleksikan efektivitas pesan dalam sebuah karya.
- Peserta didik mampu bekerja kelompok untuk merespon masalah yang nyata di tingkat sekolah.
4. Materi: Mengenal Flora dan Fauna
- Subbab: Menggambar Flora dan Fauna dengan Teknik Dialektika Lingkungan
- Elemen: Menggambar
- Capaian Pembelajaran:
- Peserta didik mampu mengenal gambar flora dan fauna.
- Peserta didik mampu menggambar flora dan fauna dengan teknik dialektika lingkungannya
5. Materi: Seni Rupa Tipografi dan Logo
- Subbab: Tipografi dan Logo
- Elemen: Menggambar Kreativitas
- Capaian Pembelajaran:
- Peserta didik mampu mengidentifikasi makna dan keunikan menggambar tipografi dan logo.
- Peserta didik dapat menerapkan menggambar tipografi dalam bentuk menggambar sesuai kreatifitas.
6. Materi: Menggambar
- Subbab: Rupa Dasar
- Elemen: Berpikir dan bekerja artistik
- Capaian Pembelajaran:
- Peserta didik mampu mempertunjukkan hasil gerak tari kreasi berdasarkan jenis, nilai, dan fungsi tari kreasi dalam berbagai bentuk penyajian baik individu ataupun kelompok menggunakan unsur utama dan pendukung tari.
Komponen dalam Modul Ajar
Agar modul ajar sesuai dengan karakter dari masing-masing siswa yang menjadi sasaran utama seluruh proses pembelajaran, maka ada sejumlah prosedur yang harus diikuti oleh para tenaga pendidik dalam mengembangkan modul ajar.
Berikut ini adalah sejumlah komponen dalam modul ajar tersebut sebagaimana dilansir dari Kemdikbud:
- Mengidentifikasi tujuan pembelajaran dari Capaian Pembelajaran yang bisa dikelompokkan dalam satu lingkup materi. Satu Modul Ajar bisa mencakup beberapa tujuan pembelajaran.
- Melakukan asesmen awal untuk mengidentifikasi penguasaan kompetensi awal peserta didik.
- Menentukan teknik dan instrumen asesmen beserta indikator keberhasilan asesmen yang akan dilakukan pada akhir lingkup materi. Asesmen harus selaras dengan tujuan pembelajaran.
- Menentukan periode waktu atau jumlah JP yang dibutuhkan.
- Menentukan teknik dan instrumen asesmen formatif berdasarkan aktivitas pembelajaran.
- Membuat rangkaian kegiatan pembelajaran dari awal sampai akhir. Memastikan aktivitas pembelajaran selaras dengan tujuan pembelajaran.
- Persiapkan lampiran seperti lembar belajar, materi belajar, dan media belajar sesuai dengan kesiapan, minat, dan profil belajar peserta didik.
- Lampirkan instrumen asesmen seperti ceklis, rubrik atau lembar observasi yang dibutuhkan.
- Prosedur terakhir adalah, memeriksa kembali kelengkapan komponen modul ajar.
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Dhita Koesno
Penyelaras: Satrio Dwi Haryono
Masuk tirto.id





































