tirto.id - Materi seni rupa rupa kelas 4 SD Kurikulum Mardeka dan link unduhnya dalam artikel ini dapat digunakan oleh siswa atau guru yang mendapat tugas mengampu mata pelajaran seni rupa untuk kelas 4 SD.
Seni rupa adalah mata pelajran yang bertujuan mengajak siswa menjelajah dan mempelajarai berbagai teknik dan keterampilan, dengan media atau alat untuk menyampaikan kisah atau gagasan.
Tujuan dari pelajaran seni rupa ini adalah untuk menggali dan mengembangkan potensi, kualitas dan kreativitas para peserta didik, dan tidak tertutup pada siswa-siswi yang berbakat dalam bidang seni rupa.
Jadi, dalam pelajaran seni rupa pada jenjang SD di Kurikulum Merdeka, siswa tidak semata-mata mempelajari seni rupa. Namun, siswa juga melihat hubungan bidang-bidang lain dengan seni rupa, dan mempelajari bidang-bidang tersebut melalui seni rupa.
Singkatnya, seni rupa adalah media yang menghubungkan mata pelajaran lain dengan para peserta didik, juga dengan lingkungan alam, serta lingkungan sosial dan budaya di sekitar peserta didik.
Materi Seni Rupa Kelas 4 Kurikulum Merdeka
Secara umum ada sejumlah materi seni rupa pada kelas 4 SD Kurikulum Merdeka yang paling banyak diangkat.
Beberapa materi tersebut di antaranya adalah:
1. Menggambar Rumah Tetangga
Materi ini mengajak siswa untuk lebih mengenal lingkungan sosial mereka, salah satunya adalah tetangga. Mater ini mengajak siswa untuk mengobservasi salah satu rumah tetangga yang ia anggap menarik, sehingga pas untuk dijadikan objek gambar.Dengan menggambar rumah tetangga, siswa dapat lebih mengenal kehidupan sosial sekitarnya yang majemuk, serta dapat meningkatkan kepedulian sosial dan empatinya kepada orang lain yang berbeda.
2. Seni Dekoratif Taplak Meja Teralis
Materi seni rupa ini berdasar pada penemuan (discovery learning) dan menyatukan pengetahuan lama dan baru atau sintesa. Proses ini menekankan pada penjelajahan proses discovery yang dilakukan oleh siswa.Dengan mengaplikasikan seni dekoratif membuat taplak meja teralis, siswa diajarkan untuk lebih kreatif, arif dan bijak, terutama dalam pemilihan motif yang harus pas dan harmonis.
3. Membuat Stempel dari Kentang dan Ketela
Dengan membuat stempel dari kentang dan ketela, siswa diajak untuk memahami mengenai seni cetak, termasuk bahan-bahan yang dapat diujicobakan. Dengan mempelajari seni stempel ini, siswa akan mendapat pengetahuan tentang hubungan seni cetak sebagai agen penyebar ilmu pengetahuan dalam bentuk penerbitan.4. Daur Ulang Kerajinan dari Plastik
Dunia ini semakin dipenuhi oleh sampah plastik. Oleh karena itu, sedar kecil para siswa harus diajarkan berbagai solusi untuk mengurangi sampah plastik. Salah satunya adalah dengan mendaur ulang sampah tersebut menjadi benda-benda yang berguna dan mempunyai nilai estetik, seperti vas bunga, tempat sampah, tas, dan masih banyak lainnya.5. Komik Sederhana tentang Sahabat dan Keluarga
Materi komik sederhana ini akan mengajarkan siswa untuk mampu berimajinasi secara luas, khususnya mengenai sahabat dan keluarga, lalu menuangkannya ke dalam bentuk komik, yaitu gambar dan tulisan yang disatukan.6. Bereksperimen Dengan Tekstur
Materi ini mengajak peserta didik untuk mempelajari pengertian tekstur yang merupakan permukaan setiap benda yang dapat diketahui coraknya dengan cara diraba. Selain itu, siswa juga diajak untuk mempelajari jenis tekstur, para seniman yang menggunakan tekstur, serta berbagai teknik yang dapat digunakan dalam pembuatan tekstur.Buku Guru Seni Rupa Kelas 4 Kurikulum Merdeka
Bagi Anda, guru seni rupa kelas 4 SD, mungkin membutuhkan panduan secara lebih detail mengenai berbagai materi seni rupa pada kelas 4 SD Kurikulum Merdeka.
Agar tenaga pendidik seni rupa bisa membaca lebih detail mengenai materi-materi seni rupa kelas 4 SD Kurikulum Merdeka, berikut ini link unduh buku panduan guru seni rupa untuk SD/MI kelas 4.
Link Unduh Buku Panduan Guru Seni Rupa Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Yulaika Ramadhani