tirto.id - Latihan pemahaman Modul 1 Topik 3: Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah program untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru di Indonesia. Program ini membekali guru dengan pelatihan, pendalaman materi, dan praktik pembelajaran yang efektif. Tujuannya agar guru mampu mengajar secara profesional dan relevan dengan perkembangan zaman.
Dalam PPG, pembelajaran berbasis modul menjadi komponen penting. Modul-modul ini dirancang untuk memperluas wawasan dan meningkatkan keterampilan pedagogis guru. Modul 1 topik 3, misalnya, membahas pengembangan profesionalisme dan pendekatan pembelajaran yang efektif.
Untuk membantu pemahaman, tersedia kumpulan soal dan jawaban sebagai bahan latihan. Soal-soal ini berguna untuk menguji pemahaman peserta terhadap materi dalam modul, termasuk pertanyaan reflektif seperti "bagaimana cara menyebarkan pemahaman Merdeka Belajar pada siswa?" Dengan latihan rutin, peserta akan lebih siap menghadapi evaluasi dan mengaplikasikan pengetahuan di kelas.
Latihan Pemahaman PPG Modul 1 Topik 3 Menguji Soal Apa?
Latihan Pemahaman PPG Modul 1 Topik 3 menguji pemahaman guru tentang konsep dan penerapan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL). Makna yang paling menggambarkan pembelajaran berbasis pendekatan TaRL adalah kemampuan guru dalam mengidentifikasi tingkat kemampuan siswa, membedakan strategi pembelajaran, serta menyesuaikan metode pengajaran agar sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik.
Peserta diuji dalam hal analisis kasus, pengambilan keputusan dalam pembelajaran, dan penerapan prinsip diferensiasi. Semisal dalam konteks seorang pengajar, jika saya mengajar seseorang tentang sesuatu yang baru, saya cenderung untuk memulai dengan mengevaluasi kebutuhan dan tingkat pemahaman awal agar metode pengajaran yang saya gunakan tepat sasaran.
Tujuan dilakukannya asesmen awal pada pembelajaran berbasis pendekatan TaRL adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan awal siswa sehingga guru dapat merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Salah satu bentuk refleksi yang juga diminta adalah menjawab pertanyaan seperti "hal apa saja yang Anda pelajari dari proses berbagi pemahaman mengenai topik Merdeka Belajar?" Soal biasanya berbentuk pilihan ganda atau studi kasus yang menuntut pemahaman kritis dan aplikatif.
Kunci Jawaban Latihan Pemahaman Modul 1 Topik 3 PPG dan Soalnya
Latihan pemahaman pada Modul 1 Topik 3 PPG disertai dengan soal-soal yang dirancang untuk menguji pemahaman peserta. Untuk membantu proses belajar, disediakan pula kunci jawaban Modul 1 Topik 3 sebagai bahan refleksi dan evaluasi diri. Kunci jawaban beserta soal-soalnya disusun secara sistematis sebagai berikut.
1. Pernyataan yang paling tepat menggambarkan konsep pembelajaran berbasis pendekatan TaRL adalah...
A. Belajar berdasarkan jenjang kelas siswa
B. Belajar berdasarkan usia siswa
C. Belajar berdasarkan kemampuan awal siswa yang berbeda-beda
D. Belajar berdasarkan latar belakang budaya siswa
E. Belajar berdasarkan karakter pribadi siswa
Jawaban: C
2. Apa tujuan utama dilakukan asesmen pada tahap awal dalam pembelajaran dengan pendekatan TaRL?
A. Mengumpulkan data kepribadian siswa
B. Mengumpulkan informasi mengenai kemampuan awal siswa
C. Mengetahui latar belakang keluarga siswa
D. Mengidentifikasi minat dan bakat siswa
E. Mengetahui riwayat prestasi akademik siswa
Jawaban: B
3. Dalam menyusun kegiatan belajar berbasis pendekatan TaRL, guru sebaiknya mempertimbangkan bahwa...
A. Kegiatan dirancang untuk siswa dengan kemampuan rendah
B. Kegiatan hanya cocok untuk siswa berkemampuan sedang
C. Kegiatan difokuskan pada siswa berkemampuan tinggi
D. Kegiatan harus disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa yang beragam
E. Kegiatan bisa dirancang tanpa melihat kemampuan siswa
Jawaban: D
4. Di bawah ini merupakan langkah yang dilakukan dalam merancang asesmen awal, kecuali...
A. Menganalisis karakteristik siswa
B. Menggali latar belakang keluarga siswa
C. Menentukan jenis asesmen yang akan digunakan
D. Menyusun jadwal dan tempat pelaksanaan asesmen
E. Menyusun alat ukur berdasarkan capaian pembelajaran
Jawaban: B
5. Dalam pendekatan TaRL, guru bisa menggunakan berbagai jenis diferensiasi pembelajaran. Pendekatan yang paling tepat adalah...
A. Hanya menggunakan diferensiasi proses
B. Hanya fokus pada diferensiasi konten
C. Hanya menggunakan diferensiasi produk
D. Menggunakan semua bentuk diferensiasi namun tidak bersamaan
E. Menggunakan ketiga bentuk diferensiasi sesuai kebutuhan siswa
Jawaban: E
6. Informasi dari asesmen kognitif awal dapat digunakan guru untuk berbagai hal, kecuali...
A. Menyusun tujuan pembelajaran
B. Mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuannya
C. Menentukan aktivitas pembelajaran yang sesuai
D. Menentukan media yang akan digunakan
E. Menentukan referensi atau sumber belajar
Jawaban: A
7. Pak Panji ingin mengajarkan topik baru, tetapi belum mengetahui apakah siswa menguasai materi dasar sebelumnya. Langkah yang paling tepat adalah...
A. Menanyai beberapa siswa tentang pengalaman belajarnya
B. Merancang asesmen awal untuk mengidentifikasi kemampuan dasar siswa
C. Meminta data dari sekolah tentang minat dan bakat siswa
D. Mempersiapkan materi sambil memperkirakan kemampuan siswa
E. Langsung mengajar dan menyesuaikan saat pembelajaran berlangsung
Jawaban: B
8. Ibu Dewi mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuan, tapi kewalahan karena setiap kelompok banyak bertanya. Solusi terbaik adalah...
A. Memberi bantuan satu per satu dan meminta siswa menunggu
B. Mendorong siswa untuk bekerja sama dan saling membantu sebelum bertanya ke guru
C. Meminta siswa mengerjakan sebisanya, lalu dibahas bersama
D. Semua jawaban benar
E. Tidak ada jawaban yang benar
Jawaban: B
9. Perhatikan langkah berikut:
Menetapkan tujuan pembelajaran
Melakukan asesmen awal
Menyusun asesmen akhir
Merancang kegiatan belajar
Menyiapkan dukungan pembelajaran
Tahapan perencanaan pembelajaran yang tepat berdasarkan pendekatan TaRL adalah...
A. 1-2-4
B. 1-3-5
C. 4-3-2
D. 1-2-3
E. 3-4-5
Jawaban: A
10. Ibu Diaz mengajar materi perkalian. Sebagian siswa mengalami kesulitan karena belum paham materi prasyarat, sementara yang lain sudah menguasai. Langkah berikutnya yang tidak tepat adalah...
A. Menyusun konten pembelajaran yang berbeda
B. Merancang variasi kegiatan belajar
C. Melakukan asesmen awal kognitif
D. Menyusun asesmen formatif yang berbeda
E. Merancang proyek atau produk yang sesuai
Jawaban: C
11. Pernyataan yang paling tepat mencerminkan inti dari pendekatan pembelajaran TaRL adalah...
A. Proses belajar mengikuti tingkat kelas siswa
B. Proses belajar menyesuaikan dengan usia siswa
C. Proses belajar disesuaikan dengan kemampuan awal siswa yang beragam
D. Proses belajar berfokus pada latar belakang budaya siswa
E. Proses belajar berdasarkan karakter dan kepribadian siswa
Jawaban: C
12. Apa tujuan utama dari pelaksanaan asesmen awal dalam pembelajaran berbasis TaRL?
A. Mengetahui aspek kepribadian siswa secara umum
B. Mengidentifikasi kemampuan dasar siswa sebelum belajar
C. Menelusuri latar belakang keluarga siswa
D. Menggali informasi tentang minat dan bakat siswa
E. Melihat pencapaian prestasi akademik siswa sebelumnya
Jawaban: B
13. Dalam merancang kegiatan belajar berbasis pendekatan TaRL, guru perlu mempertimbangkan bahwa...
A. Kegiatan belajar hanya disesuaikan untuk siswa dengan kemampuan rendah
B. Kegiatan difokuskan pada siswa berkemampuan rata-rata
C. Kegiatan dirancang khusus bagi siswa yang cepat memahami
D. Kegiatan perlu menyesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa yang beragam
E. Kegiatan tidak perlu mempertimbangkan perbedaan kemampuan siswa
Jawaban: D
14. Saat mempersiapkan asesmen awal, hal berikut perlu dilakukan guru kecuali...
A. Menganalisis karakteristik siswa
B. Mengkaji latar belakang keluarga siswa
C. Menyusun format asesmen yang akan digunakan
D. Menentukan lokasi, jadwal, dan waktu pelaksanaan asesmen
E. Merancang alat ukur sesuai dengan capaian pembelajaran
Jawaban: B
15. Informasi dari asesmen kognitif awal dapat digunakan guru untuk berbagai keperluan berikut, kecuali...
A. Menyusun tujuan pembelajaran
B. Menentukan cara pengelompokan siswa
C. Menyesuaikan bentuk aktivitas pembelajaran
D. Memilih media yang sesuai dalam pembelajaran
E. Menentukan sumber belajar yang tepat
Jawaban: A
Cara Mengerjakan Latihan Pemahaman Modul 1 Topik 3 PPG
Berikut panduan untuk menyelesaikan latihan pemahaman pada Modul 1 Topik 3 PPG, langkah-langkahnya sebagai berikut:
- Soal dapat diakses melalui platform resmi setelah Anda menyelesaikan semua unit pembelajaran.
- Gulir ke bawah pada bagian modul, lalu pilih paket latihan yang ingin dikerjakan.
- Klik Mulai untuk memulai pengerjaan soal.
- Jawab setiap soal dengan memilih jawaban yang paling sesuai.
- Klik Selanjutnya untuk melanjutkan ke soal berikutnya.
- Setelah selesai, Anda akan mendapatkan hasil latihan.
- Anda dapat memilih untuk Keluar atau Kerjakan Ulang jika ingin mengulang latihan.
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Yulaika Ramadhani
Penyelaras: Satrio Dwi Haryono
Masuk tirto.id







































