Contoh Soal PPPK Nakes 2023 Kebidanan PDF dan Kunci Jawabannya

Kontributor: Tifa Fauziah, tirto.id - 20 Okt 2023 17:30 WIB
Dibaca Normal 6 menit
Berikut adalah contoh soal PPPK Nakes 2023 Kebidanan dan kunci jawabannya.
tirto.id - Salah satu formasi dalam seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2023 untuk Tenaga Kesehatan (Nakes) adalah Bidan atau Kebidanan.

Adapun dalam tes kompetensi PPPK 2023 Nakes, pelamar formasi Kebidanan harus mengerjakan sejumlah soal yang sesuai dengan bidang pendidikannya.

Sementara itu, Seleksi Kompetensi PPPK 2023 akan dilakukan pada tanggal 10 November hingga 4 Desember 2023 mendatang.

Kemudian tahap berikutnya adalah Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan yang dijadwalkan mulai tanggal 15 November-6 Desember 2023.

Lalu dilanjutkan dengan Pengumuman Kelulusan yang akan dilaksanakan pada tanggal 6 sampai 15 Desember 2023.


Contoh Soal Kompetensi Bidang PPPK Nakes 2023 Bidan dan Jawabannya

Berikut ini contoh soal tes kompetensi PPPK 2023 Nakes formasi Bidan dan kunci jawabannya:

1. Seorang wanita berusia 22 th 3 hari postpartum, saat ini kunjungan ke rumahnya ibu mengeluh ada pengeluaran cairan berwarna merah kekuningan berisi darah dan lendir pada daerah kewanitaannya bidan melakukan pemeriksaan pada pemeriksaan vital sign :TD 90/70 mmHg, S 36,5 C R 18 x/m, dan N 80 x/m. Apakah diagnosis pada kasus diatas?
a. Lochea rubra
b. Lochea sanguinolenta
c. Lochea serosa
d. Lochea alba
e. Lochiostatis
Kunci jawaban: b

2. Seorang wanita berusia 38 th mengaku telah melahirkan anak ketiganya 2 hari yang lalu di RSUD cianjur. Saat ini ibu mengeluh pusing dan penglihatan kurang jelas. Menurut pengakuannya, saat hamil 8 bulan tekanan darahnya meningkat. Hasil pemeriksaan TD:150/110 mmHg, protein urine +2 dan pada ekstremitas bawah terlihat oedema. Apakah diagnosa medis yang paling tepat pada kasus di atas?
a. Eklamsi
b. Hipertensi
c. Pre eklamsi berat
d. Pre eklamsi ringan
e. Pre eklamsi sedang
Kunci jawaban: d

3. Seorang wanita usia 35 th usia kehamilan 4 minggu datang ke BPM dengan keluhan kram pada perut,, perdarahan disertai bercak dan sedang dari kemaluannya, hasil pemeriksaan vital sign diperoleh TD :110/60 mmHg, N :97 x/m, R :24 x/m, S: 37,5 C pada pemeriksaan dalam serviks tertutup. Apakah diagnosa pada kasus diatas?
a. Abortus komplit
b. Abortus ainsipens
c. Abortus immnens
d. Abortus inkomplit
e. Abortus mola
Kunci jawaban: c

4. Seorang wanita usia 24 th P1 A0, telah melahirkan bayi secara spontan. 30 menit yang lalu di BPM, bidan telah melakukan penyuntikan oksitosin 1 dan 2, massage uterus, pemeriksaan vital sign diperoleh TD:110/70 mmHg N: 82 x/m, R :24 x/m, S : 37 C dari hasil pemeriksaan didapatkan ibu mengalami perdarahan, plasenta lahir lengkap , kandung kemih kosong. Apakah diagnosa pada ibu tersebut?
a. Solutio plasenta
b. Robekkan serviks
c. Sisa plasenta
d. Atonia uteri
e. Inversion uteri
Kunci jawaban: c

5. Seorang wanita berusia 21 th G1 P0 A0 hamil 20 minggu datang ke BPM untuk pertama kali ANC.hasil pemeriksaan dalam keadaan normal, pada pemeriksaan vital sign diperoleh tekanan darah 110/70 mmHg, nadi 80 x/m, pernafasan 24 x/m, suhu 36 C, asuhan kebidanan yang diberikan oleh bidan adalah memberikan imunisasi tetanus toksoid. Apakah tujuan tindakkan yang dilakukan ?
a. Mencegah tetanus pada ibu
b. Mencegah tetanus pada bayi
c. Mencegah tetanus pada petugas
d. Mencegah tetanus pada ibu dan bayi
e. Mencegah tetanus pada petugas dan ibu
Kunci jawaban: b

6. Seorang wanita usia 28 th telah melahirkan bayi sehat dan normal di BPm, keadaan umum ibu normal, pada pemeriksaan tanda vital sign diperoleh tekanan darah 120/80 mmHg, nadi 82 x/m, pernafasan 25 x/m, S :37 C saat ini tangan disertai tekanan pada atas simfisis, tali pusat ditegakkan maka bila tali pusat masuk (belum lepas), jika diam atau maju( sudah lepas). Apakah nama metode pengeluaran plasenta yang dilakukan oleh bidan ?
a. Kustner
b. Kein
c. Strassman
d. Ducan
e. Schultze
Kunci jawaban: a

7. Ibu R umur 25 th datang ke klinik bidan untuk memeriksa keadaanya dimana keluhan mual muntah terus-menerus, tidak ada nafsu makan, tidak menstruasi selama 2 bulan, hasil pemeriksaan ditemukan TD: 90/60 mmHg, N:96 x/m, S:38 C, R: 18 x/m dan hasil planotes (+) hamil. Berdasarkan kasus di atas, Diagnosa yang ditegakkan untuk ibu R adalah...
a. hipermesis gravidarum I
b. hipermesis tingkat I
c. hipermesis tingkat II
d. hipermesis tingkat III
e. hipermesis tingkatIV
Kunci jawaban: c

8. Ibu Nn umur 28 th, G1 P0 A0 usia kehamilan 36 minggu, datang ke klinik bidan TD:120/80 mmHg, RR :20 x/m, N: 89 x/m,TFU 36 cm, DJJ 132 x/m, dan kepala sudah memasuki PAP. Pada kasus di atas TBJ ibu sara adalah...
a. 3750 kg
b. 3875 kg
c. 4030 kg
d. 4185 kg
e. 4340 kg
Kunci jawaban: b

9. Ibu NN 35 th, hamil ke 3 datang ke klinik bidan bersalin dengan amenorhoe 3 bulan, ibu merasa sering mual, kadang-kadang muntah dan hasil pemeriksaan TD:120 /70 mmHg, R:19 x/m, N 90 x/m, TFU 3 jari di bawah pusat, tidak teraba balotemen dan hasil pemeriksaan PPV :darah kecoklatan. Berdasarkan kasus di atas, Diagnosa yang tepat pada ibu NN adalah...
a. Kehamilan dengan hipermesis gravidarum
b. Kehamilan dengan abortus imminens
c. Kehamilan dengan molahidatidosa
d. Kehamilan dengan ektopik terganggu
e. Kehamilan dengan dengan anemia
Kunci jawaban: c

10. Ibu Rn umur 36 th G1 P0 A0 hamil 30 minggu datang ke klinik bidan bersalin dengan keluhan waktu bangun tidur mengeluarkan darah segar lewat jalan lahir dan tidak disertai dengan nyeri. Hasil pemeriksaan KU lemah, pucat , TD :90/60 mmHg, HB:8,4 gr %. Diagnosa yang tepat pada ibu Rn adalah...
a. Rupture uteri
b. Abortus immeniens
c. Plasenta previa
d. Solusio plasenta
e. Abortus incomplete
Kunci jawaban: c

11. Seorang ibu hamil berusia 28 th G2 P1 A0 hamil 36 minggu datang ke BPS diantar oleh keluarganya, dengan tidak sadar, saat di rumah Ny. teti mengalami kejang-kejang hasil pemeriksaan dilakukan oleh bidan di dapatkan TD 160/110 mmHg, nadi 100 x/m, pernafasan 16 x/m, DJJ irregular, TFU 3 jari dibawah PX, presentasi kepala, punggung kanan, dan oedema pada wajah, tangan dan kaki. Apakah diagnose yang tepat untuk kasus di atas?
a. Eklampsia
b. Pre eklampsia
c. Pre eklamsia ringan
d. Pre eklamsia sedang
e. Hypermesis gravidarum
Kunci jawaban: a

12. Seorang ibu hamil 32 th G1 P0 A0 hamil 29 minggu, datang ke BPS dengan keluhan mengeluarkan darah banyak dari jalan lahir, merah segar, tidak disertai nyeri perut. Hasil pemeriksaan TD 90/60 mmHg, nadi 80 x/m, pernafasan 16 x/m, KU lemah pucat. Apakah diagnosis yang tepat untuk kasus di atas?
a. Solusio plasenta
b. Plasenta previa
c. Rupture uteri
d. Abortus imminens
e. Abortus in complete
Kunci jawaban: b

13. Seorang ibu hamil G1 P0 A0 umur 20 th datang ke klinik bersama suaminya untuk memeriksakan kehamilannya. Dengan keluhan pusing dan nyeri kepala kadang kadang di sertai muntah, dan penglihatan kabur. Setelah di periksa bidan tekanan darah 140/90 mmHg, nadi 80 x/m dan pernafasan 100 x/m, apakah diagnose yangdapat ditegakkan pada kasus di atas?
a. Hipertensi
b. Pre eklamsi
c. Hyperemesis gravidarum
d. Pre eklamsia berat
e. Pre eklamsi ringan
Kunci jawaban: a

14. Seorang ibu nifas berusia 26 th, post partum 4 hari yang lalu ditolong oleh dukun. Anaknya meninggal dunia setelah lahir lama persalinan 2 hari dimana sebelumnya ketuban telah pecah. Datang ke klinik dengan keluhan sejak 3 hari yang lalu mengalami panas , menggigil, luka perineum tampak kemerahan, bengkak dan mengeluarkan pus dari hasil pemeriksaan TFU 2 jari di bawah pusat, TD 100/60 mmHg, nadi 90 x/m, RR 20 x/m, T 39 C. Apakah faktor predisposisi dari kasus diatas?
a. Kondisi ibu kemah
b. Anak lahir mati
c. Distosa bahu
d. Partus lama
e. Robekkan jalan lahir
Kunci jawaban: d

15. Seorang ibu hamil berusia 26 tn, G3 P2 A0 usia kehamilan 12 minggu datang ke rumah sakit bersama suaminya, dengan keluhan perdarahan sedikit, mengeluh mual, muntah, 4-5 kali sehari. Hasil pemeriksaan TD 140/90 mmHG, TFU 3 jari di bawah pusat, ballotemen (-), DJJ (-). Manakah tindakan yang tepat dilakukan untuk penanganan kasus diatas?
a. Curretase
b. Kemoterapi
c. Histerektomi
d. histerotomi
e. Evakuasivakum
Kunci jawaban: a

16. Seorang perempuan usia 26 th datang ke klinik telah melahirkan 6 bulan lalu, belum Kb, ingin memakai alat kontrasepsi dan sedang menyusui. Hasil pemeriksaan TD 120/70 mmHg, planotest (-) dan masa pemberian ASI eksklusif. Apakah tindakkan yang paling utama dailakukan bidan pada perempuan tersebut?
a. Pemeriksaan fisik pada klien
b. Pemberian alat kontrasepsi KB pada klien
c. Lakukan konseling KB pada klien
d. Memberikan informed choice pada klien
e. Memberikan inform consent pada klien
Kunci jawaban: c

17. Bidan datang ke rumah seorang perempuan berusia 27 th, telah melahirkan anak ke 5 2 bulan yang lalu. Dengan keluhan ingin menghentikan kehamilannya, sedang menyusui dan ingin memakai KB. Hasil pemeriksaan terdapat varises berat pada tungkai, TD 50/100 mmHg dan pernah terkena penyakit stroke. Apa yang digunakan untuk klien tersebut dengan metode kontrasepsi maksimal?
a. 8 tahun
b. 5 tahun
c. 3 tahun
d. 7 tahun
e. 2 tahun
Kunci jawaban: b

18. Seorang perempuan usia 23 th, menikah 1 bulan yang lalu datang ke klinik bersalin. Dengan keluhan belum ingin memiliki anak, suami bekerja di luar kota dan akan menggunakan KB kondom. Dari hasil anamnesa suami mempunyai riwayat ejakulasi dini . Apakah efek samping utama pada penggunaan KB tersebut?
a. Ekspulsi
b. Keputihan
c. Reaksi alergi
d. Infeksi saluran uretra
e. Timbul cairan vagina yang berbau
Kunci jawaban: c

19. Ny. V usia 42 th, mengalami menstruasi tidak teratur kurang lebih 6 bulan, saat ini setiap menstruasi perdarahan banyak keluar stosel. Datang ke bidan, hasil pemeriksaan fisik TD 120/70 mmHg, N 120 x/m dan cepat. R 29 x/m, pemeriksaan abdomen teraba massa berbenjol-benjol. Tindakan sementara dalam mengatasi perdarahan Ny. V yang dapat di berikan adalah..
a. Roboransia
b. Uterotonika
c. Hormone estrogen
d. Suntikan antikoagulan
e. Hormone progesterone
Kunci jawaban: b

20. Seorang ibu usia 27 th melahirkan anak ke 2 berusia 2 bulan, masih menyusui dan belum mendapatkan haid. Datang ke bidan dengan maksud ingin ber KB yang tidak mengganggu kelancaran ASI, hasil pemeriksaan TTV normal. apakah konseling kontrasepsi yang tepat diberikan bidan pada kasus tersebut?
a. Kontap
b. Implant
c. Suntikan
d. Pil kombinasi
e. Mal sampai bayi berusia 6 bulan
Kunci jawaban: e

21. Ny. M P:5, A:0 umur 35 th melahirkan bayi laki-laki dengan berat badan 3600 gram. Plasenta lahir spontan, perdarahan 550cc. kontraksi uterus lembek, Berdasarkan kasus di atas perdarahan Ny. M disebabkan oleh..
a. Antonia uteri
b. Rupture uteri
c. Laserasi serviks
d. Laserasi perenium
e. Rtetensio sisa plasenta
Kunci jawaban: a

22. Ny. D 23 th G1 P0 A0 datang ke bidan untuk memeriksakan kehamilannya. Keluhan : mual muntah terus menerus, tidak nafsu makan dan nyeri epigastarium, tidak menstruasi 2 bulan, hasil pemeriksaan TD 90/60 mmHg. Nadi 96 x/m, nafas tercium bau acetone dan PP tes (+) Ny. D dengan keadaan dirinya. Berdasarkan data di atas, diagnose yang bisa di tegakkan untuk Ny. D adalah:
a. Emesis gravidarum
b. Hyperhimesis tingkat 1
c. Hyperhimesis tingkat II
d. Hyperhimesis tingkat III
e. Hyperhimesis tingkat IV
Kunci jawaban: c

23. Ny. s umur 26 th datang ke BPM kehamilan ke 3 umur kehamilan 3 bulan, perdarahan sedikit, mengeluh mual, muntah, 4-5 kali sehari. Hasil pemeriksaan TD 140/90 mmHg, TFU 3 jari di bawah pusat, balotemen (-),DJJ (-). Kemungkinan diagnose Ny. S adalah..
a. KET
b. Ab. Emiminens
c. Molla hidatidosa
d. Hipermesis gravidarum
e. PER (pre eklampsi ringan)
Kunci jawaban: c

24. Ny, F 36 th G1 P0 A0 hamil 30 minggu datang ke BPM dengan keluhan waktu bangun tidur mengeluarkan darah segar lewat lahir. Tidak disertai nyeri perut. Hasil pemeriksaan KU lemah, pucat TD 90/60, Hb:8,4 gr. Diagnose untuk Ny. F adalah..
a. Rupture uteri
b. Abortus iminens
c. Plasenta previa
d. Plasenta previa
e. Solusio plasenta
Kunci jawaban: c

25. Ny. E 26 th ke BPM mengeluh sudah 2 bulan tidak menstruasi, perut bagian bawah nyeri dan mengeluarkan bercak darah berwarna coklat. Hasil pemeriksaan dalam belum ada pembukaan portio, nyeri goyang, PP test (+). Diagnose yang tepat untuk Ny. E adalah..
a. Molla hidatidosa
b. Abortus incipniens
c. Abortus imminens
d. Abortus incomplete
e. Kehamilan ektopik terganggu
Kunci jawaban: e

Untuk kumpulan contoh soal tes kompetensi PPPK 2023 Nakes formasi Bidan dan kunci jawabannya selengkapnya, bisa mengakses link PDF berikut ini:

Contoh Soal Tes Kompetensi PPPK 2023 Bidan


Baca juga artikel terkait PPPK 2023 atau tulisan menarik lainnya Tifa Fauziah
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Tifa Fauziah
Penulis: Tifa Fauziah
Editor: Alexander Haryanto

DarkLight