tirto.id - Soal PTS IPAS kelas 5 Kurmer semester 1 mempertanyakan tentang bunyi, cahaya, dan dan ekosistem. Simak contoh soal IPAS kelas 5 semester 1 dan jawabannya di dalam artikel ini.
PTS menguji beragam mata pelajaran, salah satunya Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Hal ini berlaku juga untuk siswa yang duduk di bangku Kelas 5 SD/Sederajat.
Dalam rangka mempersiapkan diri jelang menghadapi ujian, siswa dapat memanfaatkan contoh Soal PTS IPAS kelas 5 Kurmer semester 1. Khususnya sebagai latihan dan bahan pembelajaran.
Daftar Materi IPAS Kelas 5 Semester 1
Peserta didik kelas 5 SD mempelajari sejumlah materi dalam mata pelajaran IPAS. Pada bab 1 atau bahasan pertama, siswa mempelajari cahaya, bunyi, dan berbagai sifatnya.
Berikut ini daftar materi selengkapnya.
Bab 1: Melihat karena Cahaya, Mendengar karena Bunyi
- Pengajaran Topik A: Cahaya dan Sifatnya
- Pengajaran Topik B: Melihat karena Cahaya
- Pengajaran Topik C: Bunyi dan Sifatnya
- Pengajaran Topik D: Mendengar karena Bunyi
Bab 2: Harmoni dalam Ekosistem
- Pengajaran Topik A: Memakan dan Dimakan
- Pengajaran Topik B: Transfer Energi Antar Makhluk Hidup
- Pengajaran Topik C: Ekosistem yang Harmonis
Bab 3: Magnet, Listrik, dan Teknologi untuk Kehidupan
- Pengajaran Topik A: Apa dan Untuk Apa Magnet Diciptakan?
- Pengajaran Topik B: Bagaimana Cara Mendapatkan Energi Listrik?
- Pengajaran Topik C: Teknologi untuk Kehidupan
Bab 4: Ayo Berkenalan dengan Bumi Kita
- Pengajaran Topik A: Ada Apa Saja di Bumi Kita?
- Pengajaran Topik B: Mengapa Bentuk Permukaan Bumi Berubah-ubah?
- Pengajaran Topik C: Bagaimana Bumi Kita Berubah?

Contoh Soal PTS IPAS Kelas 5 Semester 1 Kurikulum Merdeka dan Jawabannya
Latihan soal dapat mengasah dan memperdalam pengetahuan siswa sehingga siap menghadapi UTS. Berikut contoh soal PTS IPAS Kelas 5 semester 1 dan kunci jawabannya, baik soal pilihan ganda, isian, dan uraian.
I. Pilih salah satu jawaban yang paling benar
1. Cahaya akan merambat dari suatu zat yang kurang rapat ke zat yang lebih rapat. Jika begitu, pembiasan cahaya akan mendekati garis ....a. normal
b. horizontal
c. vertikal
d. lurus
Jawaban: a
2. Berikut contoh pengurai adalah ....
a. lumut
b. ganggang
c. tumbuhan hijau
d. bakteri dan jamur
Jawaban: d
3. Seseorang mendengar bunyi pantul hampir bersamaan dengan bunyi asli. Istilah ini disebut juga ....
a. gema
b. gaung
c. nada
d. pantulan
Jawaban: b
4. Cermin cembung menghasilkan bayangan yang ....
a. maya, tegak, diperkecil
b. nyata, tegak, diperkecil
c. maya, terbalik, diperbesar
d. nyata, terbalik, sama besar
Jawaban: a
5. Bunyi dengan frekuensi yang teratur disebut juga ....
a. suara
b. irama
c. nada
d. frekuensi
Jawaban: c
6. Makhluk hidup memiliki tempat tinggal untuk hidup secara normal. Tempat tinggal itu disebut ....
a. habitat
b. komunitas
c. populasi
d. ekosistem
Jawaban: a
7. Cahaya itu merambat lurus. Hal ini dibuktikan dengan peristiwa ....
a. rambatan cahaya matahari lurus ketika melewati genting kaca
b. terbentuknya pelangi pada saat hujan
c. memantulnya cahaya pada cermin
d. cahaya menembus benda bening
Jawaban: a
8. Beberapa rantai makanan bisa saling terhubung dan membentuk ....
a. rantai makanan baru
b. jaring-jaring makanan
c. ekosistem
d. komunitas
Jawaban: b
9. Pasangan alat optik serta fungsi yang tepat ditunjukkan nomor ....
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (4)
c. (2) dan (3)
d. (2) dan (4)
Jawaban: c
10. Benda-benda yang dapat tembus cahaya ditunjukkan nomor ....
a. kaca dan jendela
b. tembok dan gelas
c. meja dan jendela
d. fiber dan genteng
Jawaban: a
11. Uang logam tampak lebih dekat ke permukaan. Hal ini termasuk peristiwa...
a. pembiasan cahaya
b. pemantulan cahaya
c. perambatan cahaya
d. pembentukan bayangan
Jawaban: a
12. Bayangan benda dengan jarak tertentu yang berada di depan cermin datar akan ....
a. sama
b. lebih jauh
c. lebih dekat
d. berbeda
Jawaban: a
13. Bayangan yang jatuh di depan retina harus dibantu dengan kacamata berlensa ....
a. cekung
b. cembung
c. silinder
d. rangkap
Jawaban: a
14. Pantulan cahaya yaitu ....
a. berkas cahaya yang diserap
b. berkas cahaya yang dibalikkan
c. berkas cahaya yang dibiaskan
d. berkas cahaya yang dihilangkan
Jawaban: b
15. Layar dapat menangkap bayangan...
a. bayangan difus
b. bayangan semu
c. bayangan nyata
d. bayangan teratur
Jawaban: c
16. Organisme karnivora bisa dilihat dari makhluk hidup ....
a. ayam, katak, elang
b. ayam, belalang, tikus
c. anjing, kucing, harimau
d. anjing, kelinci, sapi
Jawaban: c
17. Apa yang terjadi ketika cahaya merambat dari zat yang kurang rapat ke lebih rapat?
a. dibiaskan mendekati garis normal
b. dibiaskan menjauhi garis normal
c. dipantulkan kembali
d. merambat lurus
Jawaban: b
18. Cahaya dibiaskan melewati dua medium dengan kerapatan yang ....
a. sama
b. berbeda
c. seimbang
d. besar
Jawaban: b
19. Makhluk yang termasuk konsumen tingkat II adalah ....
a. padi
b. belalang
c. katak
d. ular
Jawaban: c
20. Contoh produsen adalah tumbuhan karena ....
a. makan tumbuhan lain
b. dapat mengolah makanannya sendiri
c. menjadi parasit bagi tumbuhan lain
d. hidup di hutan
Jawaban: b
21. Asap kendaraan bermotor dan cerobong asap pabrik dapat mencemari ....
a. laut
b. udara
c. air
d. darat
Jawaban: b
22. Bunyi dapat merambat melalui ....
a. air dan ruang hampa
b. benda padat dan air
c. udara dan ruang hampa
d. ruang hampa dan benda padat
Jawaban: b
23. Telinga dapat mendengar bunyi karena sumber suara mengalami....
a. getaran
b. pemuaian
c. pendinginan
d. perambatan
Jawaban: a
24. Berikut pernyataan yang tak benar tentang bunyi adalah ....
a. bunyi dapat merambat melalui benda padat, cair, dan gas
b. bunyi merambat melalui ruang hampa
c. bunyi dihasilkan benda yang bergetar
d. benda yang menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi
Jawaban: b
25. Bel sekolah menghasilkan suara dari jarak yang agak jauh karena merambat lewat ....
a. udara
b. air
c. tanah
d. ruang hampa
Jawaban: a
26. Peristiwa pemantulan cahaya bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya ....
a. kacamata
b. lampu penerang kendaraan bermotor
c. lampu senter
d. fatamorgana
Jawaban: b
27. Produsen berupa tumbuhan disebut juga konsumen tingkat ....
a. I
b. II
c. III
d. IV
Jawaban: a
28. Hubungan makan dan dimakan antar-makhluk hidup disebut ....
a. rantai makanan
b. metamorfosis
c. daur hidup
d. simbiosis
Jawaban: a
29. Danau bisa memperlihatkan ....
a. pemantulan cahaya
b. penguraian cahaya
c. penyerapan cahaya
d. pembiasan cahaya
Jawaban: d
30. Dalam rantai makanan, yang bertindak sebagai produsen adalah ....
a. tumbuhan
b. manusia
c. herbivora
d. karnivora
Jawaban: a
31. Dalam ekosistem, bakteri atau jamur berperan sebagai ....
a. konsumen tingkat I
b. konsumen tingkat II
c. produsen
d. pengurai
Jawaban: d
32. Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya disebut ....
a. botani
b. zoologi
c. ekologi
d. taksonomi
Jawaban: c
33. Contoh urutan rantai makanan yang benar adalah ....
a. padi → belalang → katak → elang → ular
b. padi → katak → belalang → elang → ular
c. padi → belalang → katak → ular → elang
d. padi → belalang → ular → katak
Jawaban: c
34. Organisme pemakan hewan disebut ....
a. herbivora
b. karnivora
c. omnivora
d. autotrof
Jawaban: b
35. Makhluk hidup yang dapat membuat makanan sendiri disebut ....
a. heterotrof
b. autotrof
c. dekomposer
d. herbivora
Jawaban: b
36. Bayangan adalah ....
a. bagian yang terkena cahaya
b. bagian yang tidak terkena cahaya
c. bagian yang bercahaya
d. sumber cahaya
Jawaban: b
37. Berikut sifat cahaya, kecuali ....
a. bisa dipantulkan
b. bisa dibiaskan
c. bisa menembus benda transparan
d. bisa merambat tak beraturan
Jawaban: d
38. Cahaya dapat menembus berbagai benda berikut, kecuali...
a. tembok
b. gelas
c. air
d. kaca
Jawaban: a
39. Bunyi mengalami pergerakan ke ....
a. arah lurus
b. segala arah
c. suatu titik
d. arah sumber suara
Jawaban: b
40. Bunyi muncul karena sumber suara mengalami ....
a. hambatan
b. getaran
c. permasalahan
d. hentakan
Jawaban: b
II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar!
1. Konsumen dalam rantai makanan adalah ....Jawaban: makhluk hidup yang tak bisa menciptakan makanannya sendiri
2. Manusia bisa melihat karena adanya...
Jawaban: cahaya
3. Hubungan antarmakhluk hidup yang saling menguntungkan disebut ....
Jawaban: simbiosis mutualisme
4. Matahari → .... → ulat → burung pipit → elang
Jawaban: tumbuhan
5. Hewan karnivora berdiri di puncak rantai makanan, jika mati akan diuraikan oleh ....
Jawaban: bakteri, jamur, dan mikroorganisme lain
6. Produsen merupakan makhluk hidup yang dapat ....
Jawaban: membuat makanannya sendiri
7. Bunyi yang frekuensinya di atas 20.000 Hz yang dapat ditangkap oleh kelelawar dan lumba-lumba dinamakan bunyi ....
Jawaban: ultrasonik
8. Sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan dalam suatu ekosistem dinamakan ....
Jawaban: jaring-jaring makanan
9. Pemantulan teratur terjadi apabila cahaya mengenai benda yang permukaannya ....
Jawaban: halus dan rata
10. Gangguan mata yang umumnya terjadi pada orang berusia lanjut adalah ....
Jawaban: presbiopi
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar!
1. Bagaimana proses transfer energi di antara makhluk hidup dan sebutkan salah satu contohnya!Jawaban:
Proses transfer energi antarmakhluk dimulai dari produsen (penghasil makanan), konsumen (pemakan), dan dekomposer (pengurai). Contohnya dapat dilihat dari tumbuhan padi → tikus → elang → jamur dan bakteri.
2. Menurut Anda, apakah makhluk hidup bisa bertahan hidup tanpa makhluk hidup yang lain?
Jawaban:
Semua makhluk hidup di dunia ini saling memiliki ketergantungan dan menjalin hubungan satu sama lain, baik sebagai penghasil makanan maupun pemakan organisme. Oleh karena itu, makhluk hidup tidak dapat menjalani kehidupan tanpa makhluk hidup lain.
3. Sebut dan uraikan jenis-jenis makhluk hidup berdasarkan makanannya!
Jawaban:
- Herbivora: makhluk pemakan tumbuhan.
- Karnivora: makhluk pemakan daging.
- Omnivora: makhluk pemakan segalanya, baik tumbuhan maupun hewan.
Jawaban:
Bunyi akan terdengar lebih besar seandainya sumber suara berada lebih dekat. Sementara bunyi akan semakin mengecil, seiringan dengan menjauhnya sumber suara tersebut.
5. Mengapa cahaya dapat menciptakan bayangan?
Jawaban:
Cahaya yang memiliki sifat merambat lurus serta tidak berbelok menyebabkan kemunculan bayangan. Hal ini terjadi lantaran cahaya terhalang oleh objek tertentu, sehingga ada bagian yang tidak terkena cahaya (gelap).
Tirto telah merangkum berbagai materi dan contoh soal PTS untuk kebutuhan pembelajaran siswa. Simak terus informasi terbaru seputar contoh soal PTS Kurikulum Merdeka di sini.
Penulis: Nisa Hayyu Rahmia
Editor: Beni Jo & Yulaika Ramadhani
Penyelaras: Yuda Prinada
Masuk tirto.id






































