tirto.id - Rangkuman Dampak Sosial Informatika adalah salah satu materi yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan bacaan oleh para peserta didik. Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan dampak sosial informatika dan contoh posternya, siswa bisa membaca artikel ini.
Secara umum, dampak sosial informatika bisa dipantau dari manfaat positif serta kasus-kasus negatif dari penggunaan internet. Dalam rangkuman informatika kelas 8 bab 8 Kurikulum Merdeka misalnya, siswa diajarkan tentang dampak negatif berupa cyberbullying.
Selain itu, berbagai tingkatan maupun jenjang sekolah lain juga perlu memahami apa saja dampak sosial informatika. Dengan begitu, perkembangan informatika bisa mencapai tujuan utamanya.
Apa yang Dimaksud dengan Dampak Sosial Informatika?
Dampak dalam KBBI didefinisikan sebagai pengaruh kuat yang bisa menimbulkan hal positif maupun negatif. Sementara kata sosial merujuk pada kehidupan manusia di dalam masyarakat.
Adapun informatika merupakan ilmu yang mempelajari berbagai pengetahuan dan perkembangan terkait informasi. Informatika kerap membahas juga sejumlah teknologi yang berfungsi dalam menunjang pertukaran informasi.
Berdasarkan definisi di atas, materi dampak sosial informatika adalah berbagai pengaruh informatika terhadap kehidupan sosial. Dengan kata lain, mutakhirnya informasi sekarang bisa memberikan dampak tertentu kepada masyarakat.
Dampak Positif Informatika di Bidang Sosial
Perkembangan teknologi informasi bisa memberikan berbagai dampak positif maupun negatif kepada setiap orang. Khususnya dalam bidang sosial, terdapat beberapa dampak sosial informatika yang positif berikut.
1. Meningkatnya Akses Informasi
Sebagai hasil utama, dampak sosial informatika adalah peningkatan akses terhadap informasi. Perkembangan informatika memberikan peluang kepada setiap orang untuk melihat beragam informasi di internet.Untuk melihat contoh dampak positifnya, kita bisa membuka situs-situs tertentu dan mengetahui berita dari negara lain. Informasi yang bisa kita akses pun mencakup skala global.
Namun demikian, informasi yang diserap dari internet ini harus disaring secara tepat. Dengan begitu, informasi bisa dilihat melalui sudut pandang kritis dan tidak mengandung kebohongan (hoax).
2. Peningkatan Interaksi Daring
Dalam rangkuman informatika kelas 8 bab 8 Kurikulum Merdeka, dijelaskan tentang kemunculan media sosial sebagai media interaksi. Hal ini menjadi salah satu dampak positif lantaran seseorang mendapatkan kemudahan untuk berkomunikasi.Contohnya, kini terdapat media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, dan lain-lain. Semua aplikasi ini berperan untuk komunikasi sehari-hari, pekerjaan, dan sebagainya.
3. Kemudahan Sosialisasi
Selain peningkatan akses informasi dan interaksi daring, rangkuman dampak sosial informatika yaitu kemudahan sosialisasi. Aktivitas sosialisasi ini kerap dilakukan untuk menginformasikan sesuatu.Sebut misalnya lembaga pemerintahan yang ingin memberikan sosialisasi perihal kebijakan baru. Sekarang, pihak pemerintah bisa langsung menyuguhkan informasi melalui laman atau media sosial resminya.
Dengan begitu, masyarakat dapat langsung mengetahui informasi secara mutakhir lewat dua sumber tersebut. Mereka pada akhirnya tidak ketinggalan informasi atau kurang update (kudet).
Dampak Negatif Informatika di Bidang Sosial
Dalam bab 8 Dampak Sosial Informatika kelas 9 Kurikulum Merdeka, dijelaskan terkait keamanan data, informasi, dan langkah pengamanannya. Hal ini perlu diterapkan agar seseorang terhindar dari dampak negatif informatika.
1. Cyberbullying
Pengertian cyberbullying adalah aksi perundungan yang terjadi di dunia maya, termasuk media sosial. Perundungan sendiri berarti perilaku agresif yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang terhadap korbannya.Perundungan ini bisa dilakukan berulang dan dalam jangka waktu yang lama. Korban yang menjadi sasaran perundungan kerap tak kuasa melawan tindakan dari para pelaku.
Kondisi ini biasanya terjadi karena adanya perbedaan kekuatan/posisi di antara pelaku dan korban. Perbedaan tersebut dapat berdasarkan pada fisik, ekonomi, maupun kekuatan mental.
2. Penyebaran Hoax
Selain kasus cyberbullying, dampak sosial informatika lainnya adalah kemunculan berita bohong atau hoaks. Mengutip Oxford English Dictionary, hoax berarti suatu kebohongan yang dilandasi niat jahat.Dalam KBBI, hoax ditulis hoaks didefinisikan sebagai berita bohong. Informasi yang mengandung hal ini lumrah tersebar di internet lantaran kemudahan distribusi informasi.
Oleh karena itu, peserta didik akan diajarkan untuk membedakan antara berita bohong dan berita fakta. Hal ini perlu diinformasikan lantaran bisa mengakibatkan konflik sosial.
3. Penurunan Interaksi Sosial
Sehubungan dengan peningkatan interaksi maya, penurunan interaksi sosial ternyata bisa terjadi. Tersedianya fasilitas interaksi daring menimbulkan penurunan terhadap interaksi sehari-hari.Penurunan interaksi sosial merujuk kepada kurangnya intensitas seseorang berkomunikasi dengan masyarakat. Individu jadi lebih sering menghabiskan waktu untuk berinteraksi melalui internet.
Oleh sebab itu, peserta didik diajarkan untuk tetap menyeimbangkan kedua jenis interaksi ini. Dengan begitu, dampak negatif yang lebih besar akibat kurangnya interaksi bisa diatasi.
4. Ketimpangan Digital
Ketimpangan merupakan suatu hal yang tidak adil, termasuk dalam hal kepemilikan perangkat atau akses informasi. Ketimpangan digital ini bisa membuat individu yang kekurangan fasilitas terpuruk.Sebut misalnya ada seseorang yang tidak mempunyai perangkat untuk kebutuhan mengakses informasi. Individu itu akan kehilangan informasi yang seharusnya dapat diakses.
Berbeda dengan itu, seseorang yang punya perangkat untuk kebutuhan akses informasi akan lebih mutakhir. Pengetahuan mereka akan lebih banyak, jika dibandingkan dengan yang tidak memiliki fasilitas.
Contoh Poster Kampanye Dampak Sosial Informatika
Peserta didik bisa membuat contoh poster dampak sosial informatika sesuai kreativitas masing-masing. Adapun pengajar bisa menyuguhkan contoh-contoh gambarnya sebagai referensi.
Kampanye melalui gambar dampak sosial informatika dapat dilihat contohnya sebagai berikut.

Apakah Tujuan Diberikan Materi Dampak Sosial Informatika?
Materi dampak sosial informatika adalah pembahasan penting yang perlu diajarkan kepada peserta didik. Hal ini sejalan dengan perkembangan teknologi informasi yang bisa menimbulkan dampak tertentu.
Peserta didik perlu diajarkan tentang dampak sosial informatika positif agar bisa memanfaatkan informasi secara maksimal. Kemudian menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari demi memperbaiki kualitas diri.
Dampak negatif informatika di bidang sosial juga disuguhkan agar siswa bisa lebih waspada. Mereka diajarkan tentang cyberbullying agar tidak melakukan tindakan tersebut.
Kemudian, diajarkan tentang adanya berita bohong agar tidak terkena pengaruh negatifnya. Terakhir, materi disampaikan supaya siswa bisa menyeimbangkan interaksi sosial dan daringnya.
Penulis: Aisyah Yuri Oktavania
Editor: Addi M Idhom
Penyelaras: Yuda Prinada
Masuk tirto.id






































