Kumpulan Contoh Poster Kampanye Pemilu OSIS dan Cara Membuatnya

Kontributor: Sulthoni, tirto.id - 1 Sep 2023 13:40 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Kumpulan contoh poster kampanye pemilu OSIS, cara membuat dan link downloadnya.
tirto.id - Pemilihan Ketua OSIS merupakan salah satu ajang belajar berpolitik di sekolah. Dalam kontestansi pemilihan Ketua OSIS biasanya akan membuat poster kampanye Pemilu OSIS.

Pemilihan ketua OSIS ini merupakan salah satu contoh aktivitas siswa di sekolah dalam berpartisipasi di ranah politik kegiatan keorganisasian siswa.

OSIS adalah organisasi sekolah yang berfungsi mirip lembaga eksekutif dan legislatif. OSIS bertindak selaku "lembaga eksekutif" yang memiliki serangkaian agenda untuk para siswa di sekolah.

Peran “lembaga legislatif” sendiri dilakukan oleh MPK yang turut berperan mengoreksi kinerja OSIS. Salah satu tugasnya adalah mengontrol OSIS agar tidak terjadi penyimpangan kekuasaan.

Partisipasi politik para siswa bisa dijalankan mulai dari pemilihan ketua masing-masing organisasi, hingga penyampaian pendapat dalam musyawarah di masa kerja periode anggota organisasi yang bersangkutan.



Cara Membuat Poster Kampanye Pemilu OSIS di Canva


Dalam pemilu OSIS, calon Ketua OSIS akan melakukan kampanye, salah satu dengan membuat poster.

Langkah mudah dalam membuat poster kampanye Pemilu OSIS adalah dengan menggunakan Canva. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Membuka aplikasi Canva atau websitenya.
  • Ada banyak template kartu untuk dijadikan bahan kampanye. Misalnya, desainnya yang kece, atau kata-katanya yang memukau. Pilih sesuai selera yang diinginkan.
  • Link untuk mendapatkan template tersebut, bisa di klik di sini
  • Jika ingin mendesain secara manual, ada banyak fitur yang bisa dijelajahi dalam membuat kartu Natal. Bisa dengan sesuka hati menambah, menempel dan mengganti foto, ikon, stiker dan elemen lainnya.
  • Langkah terakhir adalah klik simpan dan bagikan. Setelah itu, poster kampanye dalam Pemilu OSIS bisa disebarluaskan kepada teman-teman kelas atau di media sosial.
Selain membuat berbagai macam poster untuk kebutuhan kampanye dalam Pemilu Ketua OSIS, siswa juga dapat memikirkan berbagai kata-kata, jargon dan lain sebagainya untuk lebih menarik calon pemilih.

Sehingga, dengan adanya desain dan jargon yang bagus akan mudah menarik perhatian siswa-siswa lain untuk memilih calon Ketua OSIS.

Kumpulan poster yang dapat digunakan untuk membuat poster kampanye Pemilu Ketua Osis, daftar linknya sebagai berikut ini:

Baca juga artikel terkait OSIS atau tulisan menarik lainnya Sulthoni
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Sulthoni
Penulis: Sulthoni
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight