Menuju konten utama

Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana di Excel

Cara membuat laporan keuangan sederhana dan urutan laporan keuangan yang benar di excel bisa dibuat secara berurutan dengan menyesuaikan siklus akuntansi.

Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana di Excel
Ilustrasi Microsoft Excel. FOTO/iStockphoto

tirto.id - Microsoft Excel merupakan salah satu perangkat lunak yang sering digunakan untuk membuat laporan keuangan. Excel bisa membantu pengerjaan laporan keuangan yang sederhana hingga kompleks.

Keterampilan membuat laporan keuangan di Excel tentunya dapat membantu aktivitas bisnis dan pekerjaan. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari cara membuat laporan keuangan sederhana di Excel.

Contoh laporan keuangan sederhana yang biasa dibuat perusahaan adalah laporan laba rugi. Cara membuat laporan keuangan sederhana laba rugi sebaiknya dilakukan secara berurutan sesuai jenis-jenis laporan yang ingin dibuat.

Berdasarkan siklus akuntansi, laporan laba rugi dibuat perusahaan setelah penyusunan neraca saldo. Dengan demikian, urutan pembuatannya menjadi adalah (1) neraca saldo; (2) laporan laba rugi.

Urutan ini penting untuk memudahkan proses analisa dan interpretasi informasi keuangan. Selain itu, urutan pembuatan laporan keuangan juga mencegah kebingungan akibat informasi dipresentasikan secara acak dan tidak teratur.

Urutan Laporan Keuangan Sederhana yang Benar

Sebelum mengenal cara membuat laporan keuangan sederhana di Excel, ada baiknya memahami apa itu laporan keuangan terlebih dahulu.

Menurut Slamet Munawir dalam Analisa Laporan Keuangan Edisi Keempat (2010) laporan keuangan adalah bentuk pelaporan yang terdiri dari neraca perhitungan laba rugi serta laporan keuangan dan modal suatu perusahaan pada periode tertentu.

Laporan keuangan penting dimiliki oleh perusahaan untuk memantau kondisi keuangan perusahaan. Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan, Pernyataan No.1 (2009) yang disebut sebagai laporan keuangan ada empat.

Keempat laporan keuangan itu termasuk neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas dan laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan.

Laporan-laporan tersebut bisa dibuat secara berurutan menyesuaikan dengan siklus akuntansi sebagai berikut:

    1. Analisa transaksi
    2. Penyusunan jurnal umum
    3. Posting ke buku besar
    4. Penyusunan neraca saldo
    5. Pembuatan ayat-ayat penyesuaian
    6. Penyusunan neraca saldo setelah disesuaikan
    7. Penyusunan laporan laba rugi
    8. Penyusunan laporan perubahan ekuitas dan laporan arus kas
    9. Membuat catatan atas laporan keuangan.

Cara Membuat Laporan Sederhana di Excel

Membuat laporan keuangan sederhana di Excel bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Berikut cara membuat laporan sederhana di Excel:

1. Melakukan pencatatan keuangan secara rutin

Catatan keuangan adalah sumber utama yang digunakan untuk mengolah laporan keuangan. Pencatatan keuangan dilakukan dengan mengumpulkan dan menganalisa bukti transaksi yang dilakukan oleh perusahaan.

Menurut Indrastuti Ristiyani, dkk., dalam Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga (2023) ada tiga langkah yang harus dilakukan dalam pencatatan keuangan. Pertama adalah menganalisa bukti transkasi.

Selanjutnya, bukti-bukti transaksi itu dicatat ke dalam jurnal umum. Lalu, jika sudah dicatat di dalam jurnal, catatan keuangan bisa dipindahkan atau di-posting ke buku besar.

2. Memastikan catatan keuangan perusahaan valid

Catatan keuangan harus valid sebelum digunakan untuk membuat laporan keuangan. Oleh karena itu, dalam siklus akuntansi ada tahap bernama pembuatan ayat-ayat penyesuaian.

Pembuatan ayat-ayat penyesuaian ini bisa dilakukan dengan penyusunan jurnal penyesuaian dan rekonsiliasi bank. Keduanya untuk memastikan bahwa catatan keuangan menggambarkan kondisi keuangan perusahaan yang sebenarnya.

3. Menentukan laporan keuangan sesuai jenis perusahaan

Setiap jenis perusahaan membutuhkan informasi laporan keuangan yang berbeda-beda. Misalnya, dalam pembuatan laporan laba rugi antara perusahaan jasa, dagang, dan manufaktur.

Pada perusaan jasa, laba perusahaan berasal dari pendapatan jasa dikurangi biaya-biaya usaha. Lalu, perusahaan dagang laba berasal dari penjualan bersih dikurangi harga pokok barang yang dijual.

Sementara itu, pada perusahaan manufaktur laba berasal dari pendapatan penjualan dikurangi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan overhead pabrik.

Perbedaan ini tentunya akan memengaruhi informasi yang harus tercantum dalam laporan keuangan.

4. Membuat laporan keuangan di Excel sesuai format

Jika data-data yang diperlukan sudah lengkap, laporan keuangan di Excel sudah bisa dibuat sesuai format. Caranya sebagai berikut:

    • Buka Excel dan buat lembar kerja baru.
    • Buat format tabel laporan keuangan, berisi informasi yang diperlukan seperti kolom harta, utang, modal, debit, kredit, nomor akun, dan sebagainya.
    • Masukkan data yang relevan ke dalam masing-masing kolom sesuai dengan format laporan yang dipilih.

5. Memanfaatkan rumus Excel

Saat mengolah data-data di laporan keuangan, pengguna bisa memanfaatkan rumus-rumus Excel. Berdasarkan informasi yang tercantum di Pusat Bantuan Microsoft, ada beberapa jenis rumus yang berguna untuk membuat laporan keuangan, yaitu:

    • SUM: rumus yang digunakan untuk menjumlahkan data antar sel.
    • IF: rumus untuk memeriksa logika dari kasus yang memiliki syarat tertentu
    • COUNTA: rumus untuk menghitung jumlah kolom dan baris yang berisi data.
    • SLN: rumus untuk menghitung nilai penyusutan sepanjang tahun dan sepanjang periode depresiasi.
    • DB: rumus untuk menghitung penyusutan aset berdasarkan metode penyusutan tetap

6. Lakukan pengecekan dan revisi

Setelah selesai membuat laporan keuangan, tahap terakhir adalah melakukan pengecekan dan revisi. Excel memiliki fitur yang dapat mempermudah proses pengecekan kesalahan ejaan (typo) dan kesalahan rumus.

Cara cek kesalahan ketik di Excel bisa dilakukan sebagai berikut:

    • Blok semua sel yang berisi data;
    • Klik kanan pada mouse;
    • Klik "Tinjau";
    • Daftar kata yang memiliki kesalahan ejaan akan muncul.
Sedangkan, cara cek kesalahan rumus pada dokumen Excel bisa dilakukan dengan langkah berikut:

    • Masuk ke menu "Opsi";
    • Pilih "File";
    • Klik "Rumus";
    • Nanti hasil data yang mengalami kesalahan rumus akan muncul secara otomatis.

Contoh Laporan Keuangan Sederhana

Contoh laporan keuangan sederhana di Excel bisa digambarkan lewat jenis laporan keuangan untuk perusahaan dagang.

Menurut Ririh Dian Pratiwi dalam Menyusun Laporan Keuangan Sederhana dengan Microsoft Excel (2012), berikut beberapa contoh laporan keuangan sederhana:

1. Contoh laporan keuangan neraca di Excel

A B C D E
1 PT ANUGERAH BINTANG
2 LAPORAN NERACA KEUANGAN
3 untuk periode yang berakhir pada 30 Juli
4 2022
5
6 No. Akun Nama Akun Pos Debit Kredit
7 111 Kas D 30.000.000
8 112 Piutang dagang D 4.000.000
9 113 Perlengkapan D 6.000.000
10 120 Peralatan D 15.000.000
11 121 Kendaraan D 20.000.000
12 212 Utang dagang K 2.500.000
13 312 Modal K 44.000.000
14 313 Prive K 1.000.000
15 412 Pendapatan dagang K 20.000.000
16 512 Beban gaji karyawan K 7.000.000
17 513 Beban sewa K 1.000.000
18 514 Beban iklan K 500.000
19 TOTAL 66.500.000 66.500.000

Contoh neraca di atas memuat beberapa rumus Excel, sebagai berikut:

    • Rumus di sel D7: =IF(AND(C7="D",D$6="DEBET")
    • Rumus di sel E9: =IF(AND(C9="K",E$6="KREDIT")
    • Rumus di sel D19: =SUM(D7:D18)
    • Rumus di sel E19: =SUM(E7:E18).

2. Contoh laporan keuangan laba rugi di Excel

A B C D E
1 PT ANUGERAH BINTANG
2 LAPORAN LABA RUGI
3 untuk periode yang berakhir pada 30 Juli
4 2022
5
6 No. Akun Nama Akun Pos Debit Kredit
7 400 PENDAPATAN
8 401 Penjualan barang K 2.000.000
9 500 HARGA POKOK PENJUALAN
10 501 Harga pokok penjualan barang D 1.500.000
11 600 BEBAN USAHA
12 601 Beban gaji D
13 602 Beban transport D
14 603 Beban sewa D
15 604 Beban penjualan D
16 605 Beban listrik D
17 606 Beban lain-lain D 200.000
18 JUMLAH 1.700.000 2.000.000
19 LABA BERSIH 300.000

Contoh laporan laba rugi di atas memuat beberapa rumus Excel, sebagai berikut:

    • Rumus di sel D8: =IF(AND(C8="D",D$6="DEBET")
    • Rumus di sel E8: =IF(AND(C8="K",E$6="KREDIT")
    • Rumus di sel D18: =SUM(D8:D18)
    • Rumus di sel E18: =SUM(E8:E18)
    • Rumus di sel E19: =E19-D19

3. Contoh laporan keuangan perubahan modal

A B C
1 PT ANUGERAH BINTANG
2 LAPORAN PERUBAHAN MODAL
3 untuk periode yang berakhir pada 30 Juli
4 2022
5
6 Nama akun Debit Kredit
7 Modal awal 200.000.000
8 Laba bersih 50.000.000
9 250.000.000
10 Prive 15.000.000
11 Laba ditahan 9.000.000
12 Koreksi 1.000.000
13 Total -25.000.000
14
15 Modal Akhir 225.000.000

Contoh laporan perubahan modal di atas memuat beberapa rumus Excel, sebagai berikut:

    • Rumus di sel C9: =SUM(C7:C8)
    • Rumus di sel C13: =SUM(B10:B12)
    • Rumus di sel E19: =C9-C13

Baca juga artikel terkait CARA MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA atau tulisan lainnya dari Yonada Nancy

tirto.id - Ekonomi
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Dhita Koesno