Menuju konten utama

40 Contoh Soal UKPPPG 2025 dan Kunci Jawabannya

Kumpulan contoh soal UTBK UKPPPG yang bisa dijadikan latihan ujian PPG tahun ini. Soal ini akan berkaitan dengan beberapa materi, salah satunya pedagogik.

40 Contoh Soal UKPPPG 2025 dan Kunci Jawabannya
Ilustrasi berlatih contoh soal UKPPPG. FOTO/iStockphoto

tirto.id - Sejumlah contoh soal UKPPPG tersedia di sini dan dapat menjadi bahan latihan untuk menghadapi ujian PPG tahun ini. Contoh soal UTBK UKPPPG yang tersedia berkaitan dengan beberapa materi, termasuk pedagogik.

Uji Kompetensi Peserta Pendidikan Profesi Guru (UKPPPG) berlangsung setelah seluruh peserta menerima pembelajaran. UKPPPG bertujuan untuk menciptakan guru-guru yang profesional dan memiliki standar kompetensi yang diharapkan. Dengan demikian, guru-guru lulusan PPG akan lebih siap mengajar di berbagai kondisi lingkungan sekolah.

UKPPPG memiliki dua jenis tes yang berbeda, salah satunya Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). UTBK secara tertulis dan daring berguna mengukur kemampuan peserta dalam mengelola pembelajaran.

Kisi-Kisi Soal Ujian UTBK UKPPPG

UTBK UKPPPG dilaksanakan dengan meliputi dua jenis tes, yaitu:

1. Tes Objektif

Tes pengetahuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) dan Situational Judgement Test (SJT). Tes ini terdiri dari soal-soal pilihan ganda sederhana dan soal pilihan ganda kompleks.

2. Tes Subjektif

Tes subjektif dilakukan dalam bentuk uraian reflektif berbasis studi kasus. Tujuan tes ini adalah untuk mengukur kompetensi peserta dalam melakukan refleksi saat bertugas sebagai pendidik yang berkaitan dengan:

  • Mengidentifikasi masalah yang pernah dihadapi
  • Upaya mengatasi masalah yang dihadapi
  • Hasil dari upaya yang dilakukan
  • Pengalaman berharga yang bisa digunakan untuk meningkatkan diri dalam melaksanakan tugas sebagai guru.

Kumpulan Soal UTBK UKPPPG beserta Kunci Jawabannya

Berikut kumpulan contoh soal UTBK UKPPPG 2025 dan kunci jawaban yang bisa dijadikan bahan belajar di rumah:

1. Perencanaan pembelajaran yang menekankan pada proses untuk memperoleh dan mendapatkan informasi dengan melakukan observasi atau eksperimen guna mencari jawaban, pilihan model yang tepat adalah…

A. Discovery Learning

B. Inquiry Learning

C. Problem Solving

Jawaban: B

2. Pak Sugik memberikan permasalahan riil yang ada di kehidupan nyata dan meminta siswa untuk memecahkannya. Model pembelajaran yang digunakan Pak Sugik adalah…

A. Project Based Learning

B. Problem Based Learning

C. Inquiry Learning

Jawaban: B

3. Bu Lia meminta siswa membuat alat dari beberapa barang bekas yang telah disediakan, model yang digunakan oleh Bu Lia adalah…

A. Cooperative Learning

B. Problem Based Learning

C. Project Based Learning

Jawaban: C

4. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…

A. Behavioristik

B. Kognitif

C. Konstruktivistik

Jawaban: A

5. Menurut pandangan teori behavioristik dalam proses belajar siswa dibawa menuju atau mencapai target tertentu, sehingga menjadikan siswa untuk tidak bebas berkreasi dan berimajinasi disebut proses ....

A. Reinforcement

B. Mimetic

C. Shaping

Jawaban: C

6. Teori Belajar yang mendukung pembelajaran Student Centered Learning...

A. Teori Behavioristik

B. Teori Konstruktivistik

C. Teori Kognitif

Jawaban: B

7. Ketika memulai pembelajaran, Bu Susi membagi kelas menjadi beberapa kelompok, siswa diminta untuk menjawab soal yang diberikan oleh Bu Susi. Kegiatan yang dilakukan Bu Susi termasuk…

A. Project Based Learning

B. Problem Based Learning

C. Cooperative Learning

Jawaban: C

8. Metode yang harus dilakukan oleh seorang guru agar dapat mengetahui kemampuan awal peserta didik, maka dapat dilakukan dengan cara…

A. Memberikan Post-test

B. Memberikan Pre-test

C. Memberikan Tugas

Jawaban: B

9. Kemampuan yang harus dinilai oleh guru di kelas yaitu…

A. Pengetahuan, Keterampilan, Kognitif

B. Keterampilan, Afektif, Sikap

C. Pengetahuan, Keterampilan, Sikap

Jawaban: C

10. Ketika menyusun perencanaan pembelajaran pokok materi tentang Pengembangan Usaha Kerajinan Inovatif, seorang guru merumuskan tujuan pembelajaran agar siswa dapat membuat kerajinan dari tanah liat dan membuat laporan kerajinan yang telah dibuat. Berdasarkan tujuan pembelajaran tersebut mencerminkan ragam pengetahuan yang jenisnya . . .

A. Prosedur

B. Konsep

C. Keterampilan

Jawaban: C

11. Diketahui beberapa orang siswa memiliki nilai ujian IPA sebagai berikut:

  • Maya: 67
  • Melani: 70
  • Yoga: 90
  • Andi: 70
  • Nana: 85
  • Sandi: 77
  • Ayu: 77
  • Diana: 86
Jika kriteria kelulusan minimal untuk mata pelajaran IPA adalah lebih dari 70, maka siswa yang memerlukan pengayaan adalah…

A. Maya dan Melani

B. Yoga dan Diana

C. Andi dan Melani

Jawaban: B

12. Bu Ani mengetahui betul bahwa siswanya mempunyai gaya belajar kinestetik dan sangat menyukai percobaan dan berkomunikasi intensif. Pada tatap muka tertentu Bu Ani ingin siswanya memiliki kompetensi "mengkomunikasikan faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan yang ditemukan melalui penyelidikan ilmiah". Pendekatan yang paling tepat dan harus diterapkan Bu Ani dalam pembelajaran supaya para siswa mencapai kompetensi tersebut adalah ….

A. Saintifik

B. metakognitif

C. Direct instruction

Jawaban: A

13. Pada percobaan analisis kadar abu terjadi kecelakaan kerja, salah satu siswa tersentuh wadah bahan yang panas. Tindakan pertama yang tepat pada bagian tubuh siswa yang terkena benda panas adalah ….

A. Mengolesi dengan alkohol

B. Mengoleskan pasta gigi

C. Mendinginkan dengan es

Jawaban: C

14. Pak Budi sedang membuat rencana pembelajaran tentang pembuatan magnet dengan cara induksi elektromagnetik. Apersepsi yang paling tepat dilakukan Pak Budi adalah menggali pengetahuan awal siswa terkait....

A. Medan listrik dan kuat arus listrik

B. Rangkaian listrik dan medan listrik

C. Rangkaian listrik dan medan magnet

Jawaban: C

15. Kata kerja operasional berikut ini yang termasuk dalam HOTS

A. Membuat, menjelaskan, menentukan

B. Membandingkan, mengidentifikasi, mengevaluasi

C. Menciptakan, memilih, membandingkan

Jawaban: C

16. Di halaman sekolah tempat Pak Ali mengajar banyak terdapat berbagai jenis tumbuhan seperti ketela pohon, ubi jalar, bunga pukul empat, dan pacar air. Pak Ali ingin membelajarkan siswanya tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan transportasi air dan zat hara yang terlarut di dalamnya pada tumbuhan. Sistem transportasi pada tumbuhan dapat divisualisasi dengan menggunakan tumbuhan tertentu yang tepat sebagai bahan percobaan. Pasangan model pembelajaran dan teknik penilaian yang tepat yang harus digunakan Pak Ali adalah….

A. Kooperatif-paper and pencil test

B. PBL- test kinerja

C. Inkuiri-test kinerja

Jawaban: C

17. Seorang guru mengajukan pertanyaan kepada siswa dengan tujuan agar siswa tersebut mengingat kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya, hal tersebut termasuk kegiatan…

A. Memberikan Bimbingan

B. Memberikan Tes Awal

C. Memberikan Kaitan

Jawaban: C

18. Seorang guru menjumpai kelas yang motivasi dan prestasi belajar siswanya rendah, hal utama yang menyebabkan motivasi dan prestasi belajar rendah karena…

A. Suasana kelas kurang kondusif karena tidak tersedia sarana belajar yang lengkap

B. Pembelajaran kurang menghargai perbedaan individu siswa

C. Siswa tidak mendapat bimbingan belajar dari orang tua

Jawaban: A

19. Pak Andi sedang mengimplementasikan pendekatan saintifik di kelas pada topik/kegiatan listrik dinamis. Kegiatan yang tepat yang harus dilakukan Pak Andi pada langkah mengasosiasi (M -4) adalah membimbing....

A. Mengumpulkan data dan menganalisis

B. Menganalisis data dan menarik kesimpulan

C. Melakukan percobaan dan mengumpulkan data

Jawaban: B

20. Istilah pengukuran dalam sistem evaluasi merupakan suatu kegiatan yang bersifat…

A. Kuantitatif

B. Kualitatif

C. Pengujian

Jawaban: A

21. Perhatikan indikator butir soal berikut: "Mendeskripsikan ciri-ciri rangkaian paralel".

Butir soal yang paling sesuai untuk mengukur ketercapaian indikator tersebut pada paper and pencil test adalah....

A. Tuliskan ciri-ciri rangkaian paralel!

B. Gambarkan ciri-ciri rangkaian paralel!

C. Jelaskan ciri-ciri rangkaian paralel!

Jawaban: A

22. Perhatikan kompetensi dasar berikut ini: "Merancang penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan difusi zat".

Indikator butir soal yang sesuai dengan kompetensi dasar tersebut adalah….

A. Menganalisis data

B. Mengumpulkan data

C. Menentukan variabel penelitian

Jawaban: C

23. Prosedur yang digunakan dalam penilaian menggunakan tes adalah ....

A. Menentukan tujuan penilaian, apakah untuk penilaian harian, tengah semester, akhir semester atau penilaian akhir dalam satuan Pendidikan

B. Menetapkan skor tiap-tiap tingkatan

C. Menyusun rubrik

Jawaban: A

24. Perhatikan kompetensi dasar berikut: "Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya melalui percobaan".

Indikator pencapaian kompetensi aspek keterampilan yang sesuai dengan kompetensi dasar di atas adalah ....

A. Menjelaskan desain percobaan untuk membuktikan sifat cahaya dibiaskan pada medium yang berbeda

B. Mendeskripsikan desain percobaan untuk membuktikan sifat cahaya dibiaskan pada medium yang berbeda

C. Melaksanakan percobaan untuk membuktikan sifat cahaya yang dibiaskan pada medium yang berbeda

Jawaban: C

25. Seorang guru merancang evaluasi berdasarkan pada indikator dan tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan di RPP. Evaluasi tersebut dimaksudkan untuk menentukan hasil dan kemajuan belajar siswa, maka jenis evaluasi yang tepat adalah…

A. Evaluasi sumatif

B. Evaluasi diagnostic

C. Evaluasi formatif

Jawaban: A

26. Perhatikan tujuan pembelajaran berikut: "mengkomunikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya medan magnet disekitar kawat berarus listrik yang ditemukan melalui penyelidikan ilmiah".

Pendekatan yang paling tepat yang harus diterapkan dalam pembelajaran supaya para siswa dapat mencapai tujuan tersebut adalah ….

A. Problem based learning

B. Saintifik

C. Direct instruction

Jawaban: B

27. Pada percobaan uji kandungan glukosa pada makanan terjadi kebakaran pada pembakar spiritus yang digunakan untuk memanaskan suspensi bahan makanan yang telah dicampur dengan Fehling A+B. Penyebab utama terjadinya kebakaran tersebut adalah….

A. Fehling A dan Fehling B mudah terbakar

B. Meniup pembakar spiritus untuk memadamkan

C. Glukosa bereaksi dengan spiritus dan api

Jawaban: B

28. Pak Arman sedang mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif di kelas pada topik/kegiatan menemukan sifat-sifat bayangan pada lensa cembung. Kegiatan yang tepat yang harus dilakukan Pak Arman pada fase ke-5 (evaluasi formatif) adalah…

A. Meminta kelompok untuk presentasi hasil, kelompok lain cukup mendengarkan saja, guru memberikan umpan balik dan penguatan.

B. Meminta kelompok untuk presentasi hasil, memberi kesempatan kelompok lain untuk menanggapi, guru memberikan umpan balik dan penguatan.

C. Meminta kelompok untuk presentasi hasil, memberi kesempatan kelompok lain untuk menanggapi, guru mendengarkan dan menilai.

Jawaban: B

29. Seorang guru yang mengembangkan tujuan pembelajaran untuk menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam…

A. Silabus

B. RPP

C. Lembar Penilaian

Jawaban: B

30. Penilaian berbentuk penugasan yang bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta didik menghasilkan karya tertentu yang dilakukan secara berkelompok adalah ....

A. Penilaian diri

B. Penilaian portofolio

C. Penilaian proyek

Jawaban: C

31.Berikut yang merupakan dimensi pengetahuan adalah…

A. Faktual, Psikomotor, Metakognitif

B. Faktual, Prosedural, Konseptual

C. Metakognitif, Konseptual, Afektif

Jawaban: B

32. Faktor penting yang dipertimbangkan oleh seorang guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah pada proses pembelajaran adalah

A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi

B. Rumusan masalah yang harus didiskusikan

C. Jumlah peserta didik yang mengikuti pembelajaran

Jawaban: B

33. Perhatikan beberapa KD berikut ini!

  • KD sikap: melakukan kerjasama dalam percobaan
  • KD pengetahuan: menjelaskan sifat bahan konduktor listrik yang baik
  • KD keterampilan: melakukan penyelidikan sifat bahan konduktor listrik yang baik
Berikut ini adalah teknik penilaian yang sesuai untuk tiga KD di atas secara berurutan…

A. Observasi, tes tertulis, tes kinerja

B. Observasi, tes kinerja, tes tertulis

C. Tes tertulis, observasi, tes kinerja

Jawaban: A

34. Secara rinci, tujuan evaluasi program pembelajaran adalah sebagai berikut, kecuali…

A. Memutuskan seberapa jauh tujuan program berhasil dicapai

B. Mengetahui besarnya biaya yang digunakan untuk pelaksanaan program

C. Mengetahui kekuatan dan kelemahan pelaksanaan program pembelajaran

Jawaban: B

35. Perhatikan kompetensi berikut ini: "Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan-percobaan tentang proses tersebut"

Apabila Anda ingin siswa mencapai kompetensi tersebut, alat/bahan/media yang tepat yang harus Anda gunakan dalam pembelajaran adalah…

A. Specimen asli

B. Video fotosintesis

C. Media berbasis IT

Jawaban: A

Pilihlah jawaban yang benar pada soal-soal berikutnya. Jawaban benar bisa lebih dari satu.

36.Seorang guru sedang membacakan sebuah cerita untuk peserta didik kelas VI. Dari pembelajaran tersebut, peserta didik diharapkan mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam teks sastra. Asesmen yang sesuai untuk kegiatan pembelajaran tersebut adalah....

A. membuat kata mutiara tentang nilai yang terkandung dalam cerita

B. meminta peserta didik untuk menceritakan kembali cerita tersebut

C. merancang proyek kliping yang berisi penilaian unsur-unsur cerita

D. memberikan lima soal benar/salah tentang nilai-nilai dalam cerita

E. melakukan presentasi tentang unsur intrinsik cerita yang disimak

Jawaban: D

37. Bu Ani guru SD Nusantara yang memiliki peserta didik yang sangat beragam. Metode asesmen yang paling sesuai yang bisa diterapkan Ibu Ani untuk mengevaluasi pemahaman konsep peserta didik secara individual dalam pembelajaran yang berpusat pada peserta didik adalah

A. penilaian diri yang dilakukan oleh masing-masing peserta didik

B. portofolio yang meliputi berbagai tugas dari peserta didik

C. ujian tertulis dengan soal pilihan ganda

D. penilaian teman sejawat yang dilakukan di dalam kelas

E. pengamatan perilaku dari peserta didik yang dilakukan baik di dalam kelas maupun di luar kelas

Jawaban: C

38. Tujuan pembelajaran yang dibuat oleh guru adalah peserta didik Mampu menyebutkan contoh-contoh kearifan lokal di sekitar tempat tinggal. untuk mengukur apakah tujuan pembelajaran tersebut tercapai atau tidak tercapai maka asesmen yang tepat yakni menggunakan tes dan pertanyaan

A. Lisan, apa kearifan lokal di sekitar tempat tinggalmu?

B. Lisan, Sebutkan kearifan lokal yang terdapat di sekitar tempat tinggalmu?

C. Tertulis, uraian. Sebutkan macam-macam kearifan lokal di tempat tinggalmu

D. tertulis uraian Jelaskan kearifan lokal yang ada di sekitar tempat tinggalmu!

E. tertulis jawaban singkat Sebutkan satu contoh kearifan lokal di sekitar!

Jawaban: C

39. Selama pembelajaran berlangsung guru juga menilai partisipasi peserta didik di kelas teknik asesmen yang tepat untuk mengetahui peserta didik berpartisipasi atau tidak yakni

A. wawancara

B. observasi

C. dokumentasi

D. kuesioner

E. soal tertulis

Jawaban: B

40. Seorang guru sedang mengajarkan keterampilan berbicara. Peserta didik diminta untuk menceritakan kembali kisah "Kelinci Kecil dan Burung Pipit" secara runtut dengan menggunakan kata-kata sendiri. Selama proses belajar berlangsung, guru juga ingin memotret komentar peserta didik lain ketika teman sejawatnya bercerita di depan kelas.

Asesmen yang sesuai dengan kebutuhan guru tersebut adalah asesmen...

A. antarteman dengan lembar checklist performa bercerita

B. tertulis dengan soal pilihan ganda dan esai tentang cerita

C. portofolio dengan menilai penugasan terbaik peserta didik

D. proyek dengan indikator proses persiapan hingga presentasi

E. kinerja dengan skala penilaian yang diisi semua peserta didik

Jawaban: A dan E

Temukan berbagai artikel tentang PPG dalam tautan berikut:

Kumpulan Artikel PPG

Baca juga artikel terkait PPG 2025 atau tulisan lainnya dari Erika Erilia

tirto.id - Edusains
Kontributor: Erika Erilia
Penulis: Erika Erilia
Editor: Yulaika Ramadhani
Penyelaras: Ilham Choirul Anwar