Menuju konten utama

Apa Saja Profesi Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis?

Contoh 3 profesi pada bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis meliputi manajer administrasi, resepsionis, dan staf admin marketing.

Apa Saja Profesi Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis?
Ilustrasi profesi manajemen perkantoran dan layanan bisnis. FOTO/iStockphoto

tirto.id - Manajemen perkantoran dan layanan bisnis menempati posisi sentral dalam operasional suatu perusahaan atau organisasi. Ada banyak jenis profesi di bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis.

Lantas, apa saja profesi manajemen perkantoran yang dikenal saat ini?

Contoh 3 profesi pada bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis meliputi manajer administrasi, resepsionis, dan staf admin marketing.

Manajer administrasi adalah profesi manajemen perkantoran yang bertanggung jawab dalam mengawasi kegiatan operasional kantor.

Sementara itu, resepsionis merupakan staf pertama yang menyambut setiap pelanggan perusahaan dan melayaninya.

Ada juga staf admin marketing yang bertanggung jawab dalam mengelola pemasaran dan promosi produk serta jasa yang ditawarkan perusahaan.

Tentu selain selain 3 contoh tersebut masih ada lebih dari 10 profesi bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis lainnya.

Sebelum menyimak lebih dalam terkait contoh profesi, alangkah lebih baiknya jika memahami lebih dulu pengertian profesi di bidang manajemen perkantoran.

Pengertian Profesi di Bidang Manajemen Perkantoran

Profesi di bidang manajemen perkantoran merupakan pekerjaan yang secara khusus menguasai dan ahli di bidang manajemen perkantoran.

Kata profesi berasal dari bahasa Latin yaitu 'profess'. Menurut Ahmad Yauri Yunus, dkk. dalam Etika Profesi Multi Perspektif (2021), kata 'profess' dalam bahasa Indonesia berarti pengakuan atau pernyataan di depan umum.

Secara terminologi, profesi artinya pekerjaan yang dijalankan sebagai mata pencaharian dengan bertumpu pada keterampilan tinggi.

Manajemen perkantoran, menurut Geoffrey Mills dalam Modern Office Management (1989), adalah seni membimbing personel kantor dalam menggunakan sarana yang sesuai dengan lingkungan demi mencapai tujuannya yang sudah ditentukan.

Berdasarkan penjabaran di atas, dapat disimpulkan bahwa profesi di bidang manajemen perkantoran adalah pekerjaan yang dijalankan dengan keterampilan tinggi berupa seni membimbing personel kantor dalam menggunakan sarana yang ada demi mencapai tujuan organisasi.

Pengertian Profesi Layanan Bisnis

Layanan bisnis merupakan salah satu bidang kerja yang penting dalam kelangsungan perusahaan atau organisasi. Sebab, layanan bisnis berperan dalam hubungan langsung dengan klien atau pihak luar yang terlibat bisnis.

Menurut Tri Sulistiowati dalam Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (2023), layanan bisnis adalah proses pemberian layanan kepada pelanggan atau konsumen maupun kolega bisnis.

Layanan yang diberikan bisa bersifat materi maupun non-materi. Perusahaan melakukan layanan bisnis dengan tujuan memperoleh kepuasan pelanggan yang berkaitan dengan peningkatan keuntungan.

Jenis Profesi Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis

Profesi di bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis tergolong pekerjaan yang membutuhkan keahlian dan keterampilan manajemen perkantoran dan layanan bisnis.

Profesi di bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis ada banyak macamnya. Namun, jenis profesi manajemen perkantoran dan layanan bisnis sering kali bersinggungan.

Oleh karena itu, manajemen perkantoran dan layanan bisnis sering digabungkan sebagai satu bidang kerja yang sama. Masih menurut Sulistiowati, berikut ini dijadikan lebih dari 10 profesi bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis:

1. Sekretaris hukum

Sekretaris hukum adalah profesi yang bertanggung jawab dalam mengelola dan menyusun pekerjaan administratif di organisasi atau kantor urusan hukum.

Mereka bekerja untuk firma hukum, pengacara personal, atau lembaga permasyarakatan di bidang hukum.

2. Staf layanan pelanggan

Profesi manajemen perkantoran dan layanan bisnis lainnya adalah staf layanan pelanggan alias customer service.

Profesi ini berhubungan langsung dengan pelanggan perusahaan untuk menjawab pertanyaan, menangani keluhan, dan memberikan panduan produk layanan.

3. Staf ahli logistik

Staf ahli logistik adalah profesi manajemen perkantoran dan layanan bisnis yang bertugas dalam proses logistik. Mereka bertanggung jawab memantau rantai pasokan, mengelola inventaris, serta mengoptimalkan efisiensi proses logistik.

4. Asisten manajemen atau sekretaris

Asisten manajemen atau sekretaris merupakan profesi yang bertanggung jawab mendukung pekerjaan manajer atau eksekutif.

Mereka biasanya menangani tugas-tugas administratif seperti menjadwalkan pertemuan, menyusun laporan, dan mengatur perjalanan dinas.

5. Manajer administrasi

Manajer administrasi adalah profesi yang bertanggung jawab atas fungsi-fungsi administratif dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Mereka mengawasi kegiatan, mulai dari aspek manajemen keuangan, sumber daya manusia, dan pengaturan fasilitas.

6. Resepsionis

Resepsionis adalah profesi di bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis yang juga dikenal dengan istilah frontliner.

Sebutan ini diberikan karena resepsionis merupakan orang pertama yang ditemui oleh pengunjung atau pelanggan saat datang ke perusahaan.

Mereka menyambut tamu, mengarahkan panggilan telepon, dan memberikan informasi dasar tentang perusahaan.

7. Staf ahli riset operasi

Staf ahli riset operasi merupakan salah satu bentuk profesi di bidang manajemen perkantoran.

Mereka bertanggung jawab melakukan analisis dan pengembangan model matematis untuk memecahkan masalah operasional dan mengambil keputusan dalam perusahaan.

8. Ahli statistik

Profesi di bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis lainnya adalah ahli statistik. Profesi ini bertugas mengumpulkan dan mengolah data statistik.

Data yang terkumpul nantinya diinterpretasikan dan digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan.

9. Staf operasional gudang

Staf operasional gudang adalah profesi yang bertanggung jawab atas ketertiban gudang dan memastikan kelancaran proses logistik.

Staf operasional gudang bertugas dalam proses penerimaan, penyimpanan, pengeluaran, dan pengiriman barang atau inventaris dari gudang.

10. Staf admin personalia

Profesi di bidang manajemen perkantoran yang lain adalah staf admin personalia, dikenal juga dengan nama human resource (HR). Profesi ini bertanggung jawab dalam rekrutmen, melatih, mengurus administrasi, dan mengatur sumber daya manusia atau karyawan perusahaan.

11. Staf admin marketing

Staf admin marketingadalah profesi di bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis yang bertanggung jawab atas pengelolaan administrasi pemasaran.

Mereka bertugas menjalankan kampanye, mengatur acara promosi, dan mengelola materi pemasaran.

12. Staf produksi

Staf produksi adalah profesi yang bertanggung jawab atas pembuatan barang atau layanan perusahaan. Mereka mengoperasikan mesin, mengawasi kualitas produk, dan memastikan efisiensi dalam proses produksi.

Baca juga artikel terkait MANAJEMEN PERKANTORAN atau tulisan lainnya dari Yonada Nancy

tirto.id - Pendidikan
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Fadli Nasrudin