Menuju konten utama
Pendidikan Ekonomi

Apa Pengertian Pemasaran, Tugas, Fungsi dan Jenisnya?

Arti pemasaran (marketing), tugas pemasaran, fungsi pemasaran, dan jenis-jenis pemasaran.

Apa Pengertian Pemasaran, Tugas, Fungsi dan Jenisnya?
Ilustrasi Pemasaran Digital. FOTO/iStockphoto

tirto.id - Pemasaran atau marketing (dalam bahasa Inggris) termasuk salah satu istilah yang digunakan dalam kegiatan perekonomian.

Pemasaran merupakan suatu aktivitas yang menyeluruh, terpadu, dan terencana, yang dilakukan oleh sebuah organisasi atau institusi dalam melakukan usaha supaya mampu mengakomodasi permintaan pasar dengan cara menciptakan produk bernilai jual, menentukan harga, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan saling bertukar tawaran yang bernilai bagi konsumen, klien, mitra, dan masyarakat umum.

Tugas dan Fungsi Pemasaran

Tugas dari pemasaran yaitu mengenalkan produk kepada konsumen, memastikan kepuasan konsumen, mencapai target penjualan, membuat strategi pemasaran lanjutan, bekerja sama dengan mitra, dan membuat rekapitulasi penjualan.

Dilansir dari buku Modul Pembelajaran SMA Pakarya dan Kewirausahaan kelas X (2020), berikut merupakan fungsi dari pemasaran:

1. Fungsi Pertukaran

Dengan tersedianya pemasaran suatu produk, maka konsumen dapat mengetahui dan tertarik untuk membeli produk tersebut dari produsen, baik dengan menukar produk yang dijual dengan uang ataupun menukar produk dengan produk.

2. Fungsi Distribusi Fisik

Ditribusi fisik dilakukan dengan cara menyimpan atau mengangkut produk yang dipasarkan. Pengangkutan produk dapat dilakukan melalui darat, air, maupun udara.

Kegiatan menyimpan produk dilakukan dengan menjaga stok produk supaya tersedia ketika dibutuhkan.

3. Fungsi Perantara

Dalam kegiatan perantara dilakukan suatu aktivitas pembiayaan, pencarian informasi, klasifikasi produk, dan lainnya.

Jenis-Jenis Pemasaran

Mengutip buku Prakarya dan Kewirausahaan kelas XI (2017), serta buku Modul Pembelajaran SMA Pakarya dan Kewirausahaan kelas X 2020, berikut 5 jenis pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan:

1. Periklanan (Advertising)

Periklanan merupakan jenis pemasaran non personal dengan menggunakan berbagai jenis media yang bertujuan untuk merangsang pembelian.

2. Penjualan Tatap Muka (Personal Selling)

Penjualan tatap muka dilakukan antara penjual dan calon pembeli dengan memperkenalkan suatu produk kepada pembeli, serta membentuk pemahaman kepada pembeli terhadap suatu produk supaya tertarik untuk mencoba dan membelinya.

Sifat dari penjualan tatap muka yaitu terdapat interaksi langsung dengan konsumen, mendapatkan tanggapan langsung dari konsumen, dapat menciptakan hubungan erat dengan konsumen jika pelayanan memuaskan, dan biaya operasional yang cukup tinggi.

3. Pubilistas (Publisity)

Pubilitas merupakan jenis pemasaran yang merangsang permintaan suatu produk secara non-personal.

Pemasaran jenis ini dilakukan dengan memuat berita secara komersial dengan sajian yang menarik mengenai suatu produk di dalam suatu media cetak atau media lain. Pemasaran dapat juga berupa hasil wawancara yang disiarkan dalam media tersebut.

4. Promosi Penjualan (Sales Promotion)

Jenis pemasaran yang dilakukan untuk merangsang pembelian oleh konsumen dan efektifitas penyalur. Pemasaran jenis ini dapat dilakukan melalui pameran, demonstrasi, pertunjukan, dan peragaan.

Adapun jenis promosi penjualan yaitu promosi konsumen (seperti kupon hadiah pembelian demonstrasi), promosi dagang (seperti kredit pembelian dan periklanan bersama), promosi bisnis (misalnya sponsor pertunjukan dan kontes penjualan).

5. Pemasaran Langsung (Direct Marketing)

Pemasaran langsung merupakan sebuah strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan dengan berinteraksi langsung kepada konsumen dengan menggunakan berbagai media.

Pemasaran langsung menyaratkan komunikasi informasi tentang suatu produk, layanan, atau perusahaan secara langsung kepada pelanggan.

Menurut Kotler Gary, pemasaran langsung adalah sistem pemasaran yang menggunakan berbagai jenis media iklan untuk berinteraksi secara langsung dengan konsumen.

Interaksi dapat dilakukan melalui Email, telepon, dan dapat juga bertemu secara langsung dengan konsumen supaya mendapat respon langsung.

Terdapat dua sistem pemasaran langsung yakni sistem pemasaran satu tingkat (single-level marketing) yaitu sistem penjualan sederhana untuk menjual produk secara langsung.

Kemudian sistem pemasaran multitingkat (multi-level marketing) yaitu sistem pemasaran dengan beberapa tingkat kelompok penjual.

Berikut merupakan sifat pemasaran langsung:

  • Nonpublik: pemasaran yang ditujukan langsung kepada orang tertentu, sehingga yang mengetahui hanya pihak terkait dan tidak diketahui secara publik, misalnya pemasaran yang dikirim melalui Email.
  • Disesuaikan: pesan yang akan digunakan untuk memasarkan suatu produk harus diolah dan disiapkan dengan sebaik-baiknya sebelum dikirimkan kepada calon konsumen supaya tertarik untuk membeli.
  • Terbaru: pesan disiapkan dengan cepat sesuai dengan kondisi terkini.
  • Interaktif: pesan dapat dimodifikasi sesuai dengan tanggapan calon konsumen sehingga dapat menimbulkan interaksi yang komunikatif.

Baca juga artikel terkait PEMASARAN atau tulisan lainnya dari Yunita Dewi

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Yunita Dewi
Penulis: Yunita Dewi
Editor: Dhita Koesno