10 Rekomendasi Shampo Tanpa Sulfat dan Paraben

Kontributor: Ruhma Syifwatul Jinan, tirto.id - 12 Feb 2024 17:55 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Berikut ini 10 rekomendasi produk shampo tanpa sulfat dan paraben yang cocok untuk kulit sensitif.
tirto.id - Sodium Lauryl Sulfate (SLS) dan Paraben merupakan kandungan yang biasa ada di dalam produk perawatan kulit seperti shampo. Namun terdapat kekhawatiran tentang efek kesehatan dari kedua bahan ini, seperti iritasi kulit dan mata, reaksi alergi, dan dampak lingkungan.

Lantas, adakah rekomendasi sampo yang tidak mengandung SLS dan Paraben? Simak artikel berikut ini untuk mengetahui apa saja shampo tanpa paraben dan sulfat.

Sulfat atau yang memiliki nama asli Sodium Lauryl Sulfate (SLS) merupakan kandungan deterjen dalam sampo yang menghasilkan busa saat keramas. Sulfat termasuk bahan kimia yang jika digunakan terus menerus dapat menghilangkan kelembaban alami rambut.

Jika sulfat dalam sampo menghasilkan busa, berbeda dengan Paraben yang merupakan jenis bahan kimia pengawet dalam produk kosmetik. Paraben berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur berbahaya.

Dampak SLS dan Paraben pada Rambut

Penggunaan Sulfat dan Paraben dalam jangka waktu panjang sangatlah tidak disarankan. Dua bahan yang umum ditemui dalam produk shampo ini dapat menyebabkan rambut terasa kering akibat hilangnya minyak alami pada kulit kepala.

Selain itu, SLS bisa menyebabkan iritasi mata dan kulit, atau kulit kepala. Dalam jangka panjang, penggunaan SLS bahkan dapat menyebabkan masalah paru-paru.

The University of Queensland menulis, para peneliti dari Jerman telah menguji 1.600 pasien untuk mengetahui iritasi akibat SLS. Hasilnya ditemukan 42 persen dari pasien yang diuji memiliki reaksi iritasi.

SLS yang dikenal sebagai penyebab iritasi ini digunakan sebagai kontrol positif dalam pengujian dermatologis. Artinya, tingkat iritasi kulit manusia akibat produk baru yang sedang diuji berpatokan pada SLS.

Jika seseorang sensitif terhadap SLS, mereka mungkin akan menemukan area yang telah terkena kandungan ini menjadi merah, kering, bersisik, gatal, atau perih.

Di lain pihak, Paraben adalah zat pengawet yang digunakan dalam produk skin care dan kosmetik yang umum digunakan sehari-hari. Adapun jenis-jenis paraben adalah Isopropylparaben, Isobutylparaben, Methylparaben, Ethylparaben, dan lain sebagainya.

Penggunaan paraben memang dapat menjaga produk awet dan tahan lama, tetapi bisa berbahaya bila digunakan secara berlebihan, karena dapat memicu reaksi alergi seperti kulit gatal, ruam, bengkak, dan iritasi mata.

Paraben berperan sebagai pengawet untuk menjaga produk dari bakteri dan mikroba. Namun, paraben bekerja dengan meniru hormon estrogen alami dalam tubuh manusia sehingga mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh.

European Commission pada 26 September 2014, bahkan menerbitkan siaran pers berjudul Consumers: Comission Imporves Safety of Cosmetics yang berisi pembatasan dan larangan penggunaan beberapa jenis paraben dalam produk sehari-hari.

10 Shampo Tanpa Kandungan SLS dan Paraben

Shampo tanpa kandungan SLS dan Paraben banyak di jual di pasaran. Produk tersebut dijual dalam beragam merek dan rentang harga.

Berikut ini sejumlah rekomendasi shampo tanpa kandungan SLS dan Paraben yang bisa menjadi referensi:


1. Love Beauty & Planet Shampoo Murumuru Butter & Rose

Sampo Love Beauty & Planet dengan kandungan Amazonian Murumuru Butter dan Bulgarian Rose diklaim dapat melembabkan rambut yang diwarnai dan memberikan kilau yang sehat.

Produk ini juga mengandung 93 persen bahan alami, bebas dari paraben, silikon, sulfat, pewarna, dan ftalat. Harga produk ini di pasaran kini dibanderol mulai harga Rp48.700.

2. Petal Fresh Pure Strengthening Shampoo Seaweed & Argan Oil

Shampo tanpa kandungan sulfat selanjutnya adalah Brand asal Amerika Serikat, Petal Fresh. Brand Petal Fresh menawarkan produk shampo non SLS, seperti Petal Fresh Pure Strengthening Shampoo Seaweed & Argan Oil.

Shampo ini mengandung minyak argan dan rumput laut yang diklaim dapat memperkuat akar rambut yang rusak serta menutrisi rambut tanpa kandungan kimia berbahaya. Produk ini cocok bagi yang menginginkan perawatan rambut alami dan bebas dari SLS. Produk ini sekarang ditawarkan dengan harga mulai dari Rp130 ribu.

3. Rene Furterer Tonucia Replumping Shampoo

Shampo Rene Furterer Tonucia Replumping diklaim cocok untuk rambut tipis dan mudah patah, dengan kandungan shampo tanpa SLS. Kombinasi ekstrak biji tamarind, minyak esensial jeruk, vitamin B kompleks, dan Cimentrio diklaim mampu memperkuat rambut dan mencegah rambut rontok berlebih.

Shampo ini juga diklaim dapat membuat rambut lebih kuat, bervolume, dan bercahaya sampai ke ujung. Produk ini sekarang dijual dengan harga mulai dari Rp555 ribu.

4. Good Virtues Co. Healthy Hair & Scalp Shampoo

Good Virtues Co. Healthy Hair & Scalp Shampoo for All Hair Types adalah shampo yang diformulasikan dengan minyak habbatussauda organik dan ekstrak maca root. Sampo ini diklaim dapat membantu menjadikan rambut lebih halus, sehat, dan berkilau, serta membantu memperbaiki rambut yang rusak.

Shampo Good Virtues Co terbuat dari bahan alami, tidak mengandung minyak mineral, shampo tanpa SLS dan paraben, serta tidak menggunakan pewarna sintetis. Produk ini sekarang dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp178 ribu.

5. Yves Rocher Repair Shampoo

Shampo tanpa paraben dan sulfat selanjutnya adalah Yves Rocher Repair Shampoo. Produk ini mengandung agave fructans yang berfungsi melipatgandakan aliran darah di kulit kepala, sehingga rambut lebih kuat.

Yves Rocher Repair Shampoo juga mengandung jojoba oil yang bisa memperbaiki batang rambut kering dan rusak. Produk ini sekarang ditawarkan dengan harga sekitar Rp179 ribu.

6. Sensatia Botanicals Nurturing Shampoo

Jika Anda mencari shampo anti ketombe tanpa kandungan SLS dan paraben, shampo Sensatia Botanicals Nurturing Shampoo bisa menjadi referensi.

Produk ini mengandung Sensatia botanicals Naturing Shampoo yang bisa membuat rambut lebih lembut, berkilau dan bervolume. Produk ini sekarang dapat dibeli dengan harga mulai Rp240 ribu.

7. Organic Care Naturals Coco Repair Shampoo

Rekomendasi produk selanjutnya adalah Organic Care Naturals Coco Repair Shampoo. Shampoo tanpa kandungan SLS ini bisa merawat rambut kering, bercabang, dan patah.

Selain itu OC Naturals Coco Repair Shampoo juga mengandung Keratin yang dapat memperbaiki rambut rusak. Harga shampo ini dipatok mulai dari Rp78.500.

8. L'Occitane Aromachologie Purifying Freshness Shampoo

Jika anda memiliki kulit kepala berminyak, L'Occitane Aromachologie Purifying Freshness Shampoo dapat menjadi referensi.

Produk ini mengandung minyak esensial yang menjadikan kulit kepala bersih dan bebas kotoran. Terpenting shampo ini tidak mengandung SLS dan Paraben. Produk ini sekarang dijual dengan harga mulai dari Rp560 ribu.

9. Sukin - Sukin Natural Balance

Produk shampo Sukin Natural Balance adalah jenis sampo yang bebas sulfat, silikon, dan paraben. Produk ini mengandung ekstrak burdock, nettle, dan horsetail yang memberikan kekuatan terhadap kulit kepala.

Selain itu, kandungan Baobab oil juga dapat melembabkan dan melindungi rambut. Shampo dari Sukin ini bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp165.320

10. Moist Diane - Extra Volume and Scalp Shampoo

Merk shampo Moist Diane dari Jepang terkenal karena tidak mengandung silikon, sulfat, paraben, dan pewarna buatan yang dapat merusak rambut maupun kulit kepala.

Shampo ini memiliki berbagai pilihan sesuai dengan kondisi rambut, seperti shampo untuk rambut rontok, gatal-gatal, dan rambut rusak akibat pewarnaan.

Produk-produknya mengandung berbagai essential oil alami dan bahan-bahan tanpa tambahan paraben, sulfat, atau bahan kimia berbahaya, sehingga diklaim aman bagi ibu hamil dan menyusui. Produk dari Moist Diane kini dibanderol mulai dari Rp115 ribu.


Baca juga artikel terkait SHAMPOO atau tulisan menarik lainnya Ruhma Syifwatul Jinan
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Ruhma Syifwatul Jinan
Penulis: Ruhma Syifwatul Jinan
Editor: Balqis Fallahnda & Addi M Idhom

DarkLight