Cara Mencuci Rambut dan Tipe Sampo yang Harus Digunakan

Oleh: Alifa Justisia - 31 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Banyak orang beranggapan, semakin sering mencuci rambut, maka akan semakin sehat. Tapi justru hal itu adalah keliru.
tirto.id - Permasalahan rambut selalu menjadi hal yang menyebalkan, terutama bagi perempuan. Selain dianggap sebagai mahkota, rambut juga bisa meningkatkan kepercayaan diri seseorang, tentunya rambut yang sehat.

Laman Only My Health menyebutkan, masalah yang paling sering terjadi adalah ketombe, bercabang, susah diatur, kulit kepala terkelupas, kusam, hingga beruban. Hal tersebut, bisa terjadi jika salah dalam perawatan.

Melansir dari laman Allure, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab rambut tidak sehat, seperti kurangnya kelembapan, terlalu banyak menggunakan heat styling (catok) untuk penataan rambut, terkena paparan kimia yang berlebihan, tidur di sarung bantal berbahan katun, hingga cara mencuci yang salah.

Berbicara tentang mencuci rambut, ternyata banyak dari kita yang beranggapan bahwa, semakin sering mencucinya, maka rambut akan semakin sehat dan bersih.

Padahal kenyataannya tidak demikian. Lalu, bagaimana cara mencuci rambut yang benar?

Mengutip dari Cosmopolitan, berikut adalah beberapa tips aturan membilas rambut berdasarkan tipe rambut kita:

1. Jenis Rambut Rapi dan Lurus

Jenis rambut rapi dan lurus biasanya memiliki akar yang lebih berminyak daripada jenis rambut lainnya. Anda mungkin tergoda untuk mencucinya setiap hari. Tetapi cobalah untuk menahan diri.

Jangan pakai sampo dengan formula lembut dan bervolume, gunakan sampo untuk rambut kering setiap dua hari sekali, karena jauh lebih baik untuk kesehatan rambut Anda.

2. Jenis Rambut Tebal

Rambut tebal tidak perlu dicuci sesering mungkin, karena folikel rambut yang lebih tebal sebenarnya menyamarkan dan bahkan mendistribusikan minyak lebih baik daripada rambut tipis.

"Jika rambut Anda tidak terlalu berminyak, cobalah untuk mencucinya hanya seminggu sekali," kata Miles Jeffries, seorang penata rambut selebritas terkenal seperti Mariah Carey dan Tinashe dari Cosmopolitan.

3. Jenis Rambut Bergelombang atau Keriting Ringan

Tidak seperti rambut ikal, jenis rambut bergelombang bisa terbebani oleh sampo yang lebih berat.

Meski begitu, rambut berombak membutuhkan hidrasi agar tetap bebas kusut, sehingga usahakan membersihkan rambut dengan sampo bebas sulfat.

Gunakan setiap dua hari sekali untuk memberikan sedikit kelembapan, agar rambut Anda terlihat bervolume dan rapi.

4. Jenis Rambut Kribo

Salah satu perjuangan bagi anda pemilik rambut kribo adalah akar rambut yang berminyak dan kering diujungnya.

"Minyak kulit kepala pada rambut bervolume dan cenderung kribo tidak dapat terdistribusi dengan baik seperti halnya rambut yang lurus, karena itu mengapa rambut ikal bisa terasa lebih kering daripada tekstur lainnya," kata Jeffries.

Dia menyarankan untuk mencuci rambut setiap tiga hari sekali untuk menambah kelembapan dan menggunakan sampo klarifikasi bebas sulfat setiap dua minggu untuk menghilangkan penumpukan.

5. Rambut Rusak

Bagi Anda yang menyukai eksperimen pada rambut, hal itu dapat menyebabkan kerusakan terutama apabila tidak dirawat dengan benar.

Kerusakan rambut membuat tampilan rambut Anda terlihat kasar, kering, dan kusam.

Menggunakan sampo yang aman dari zat pewarna dapat membantu menghilangkan tiga penyebab utama penumpukan: penggunaan produk perawatan atau hair styling, air dengan suhu yang terlalu ekstrim, serta polusi.

6. Jenis Rambut Berminyak

Semakin kita mencoba untuk melawan akar rambut kita yang berminyak, justru semakin banyak minyak yang cenderung dihasilkan oleh kulit kepala Anda.

Mengapa? Karena saat kulit kepala mengalami dehidrasi, ia justru meningkatkan produksi minyak rambut yang dapat menyebabkan hilangnya kelembaban.

Cobalah untuk tidak keramas lebih dari empat kali per minggu. Sampo kering sangat direkomendasikan karena selain bisa menyembunyikan akar yang berminyak, tetapi juga dapat meningkatkan volume rambut.

Jangan tergoda dengan berbagai jenis dan produk untuk rambut kita karena belum tentu baik bagi rambut.

Kenali tipe rambut anda dan pastikan untuk memberikan perawatan yang tepat agar tetap sehat dan berkilau.


Baca juga artikel terkait PERAWATAN RAMBUT atau tulisan menarik lainnya Alifa Justisia
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Alifa Justisia
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight