Menuju konten utama
Contoh Soal PPKN Kelas 7

40 Soal PAT PKN Kelas 7 Semester 2 Kurikulum Merdeka & Jawaban

Kumpulan contoh soal PAT PKN kelas 7 semester 2 Kurikulum Merdeka bisa jadi bahan latihan dan belajar sebelum ujian. Berikut 40 contoh soal di antaranya.

40 Soal PAT PKN Kelas 7 Semester 2 Kurikulum Merdeka & Jawaban
Siswa mengerjakan soal ujian sekolah di SMPN 1 Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Senin (7/3/2022). ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/rwa.

tirto.id - Kumpulan contoh soal PAT PKN kelas 7 semester 2 Kurikulum Merdeka bisa menjadi bahan belajar bagi para siswa sebelum ujian. Contoh soal PKN kelas 7 semester 2 Kurikulum Merdeka juga bisa menjadi pertimbangan bagi guru saat membuatnya.

PAT atau Penilaian Akhir Tahun tidak hanya mengujikan mata pelajaran PKN atau Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, melainkan semuanya, mulai dari Matematika, Bahasa Indonesia, hingga mapel Muatan Lokal.

PAT merupakan penamaan baru dari ujian kenaikan kelas. Ujian ini diterapkan sejak Kurikulum Merdeka diberlakukan pada 2022. Apa saja contoh soal UAS PKN kelas 7 semester 2 Kurikulum Merdeka?

Kisi-Kisi Soal Ujian PKN Kelas 7 Semester 2

Mengenai jadwal PAT itu sendiri bakal disesuaikan seturut kebijakan dinas pendidikan di daerah masing-masing. Adapun setiap sekolah di Indonesia bisa jadi memiliki agenda PAT yang berbeda, serta tidak akan diadakan secara bebarengan. Diperkirakan pelaksanaan PAT pada awal bulan Juni 2024.

Adapun mata pelajaran yang diujikan dalam PAT meliputi seluruh materi yang telah dipelajari selama semester 2, termasuk PKN. Mengenai kisi-kisi soal UAS PKN kelas 7 semester 2, di antaranya meliputi sebagai berikut:

  • Keberagaman dalam masyarakat Indonesia
  • Arti penting memahami keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
  • Perilaku toleran terhadap keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan
  • Kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan
  • Arti penting kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan
  • Mewujudkan kerja sama dalam berbagai lingkungan kehidupan
  • Daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Peran Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Kumpulan Contoh Soal PAT PKN Kelas 7 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Dalam laman resmi Kementerian Pendidikan (Kemendikbud) dijelaskan, Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas.

Artinya, pendidik atau guru bisa membuat soal PAT dengan lebih fleksibel. Salah satu bahan pertimbangannya adalah penyesuaian dengan kebutuhan serta serta lingkungan belajar peserta didik.

Ada tiga karakteristik utama dalam kurikulum merdeka. Pertama, pengembangan soft skill dan karakter. Kedua, fokus pada materi esensial. Ketiga, pembelajaran yang fleksibel. Berikut ini kumpulan contoh soal ujian PKN kelas 7 semester 2 Kurikulum Merdeka, terdiri dari 35 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian atau essay.

40 Soal PKN Kelas 7 Semester 2 Kurikulum Merdeka

1. Sebuah kondisi dalam masyarakat yang menunjukkan banyaknya perbedaan dalam berbagai aspek seperti suku bangsa, ras, agama, keyakinan, ideologi politik, sosial budaya, ekonomi, dan lainnya disebut ....

  • A. keindahan
  • B. keyakinan
  • C. keberagaman
  • D. kekayaan Indonesia

2. Pertimbangkan pernyataan berikut ini:

  • (1) Letak strategis wilayah Indonesia
  • (2) Indonesia merupakan negara kepulauan
  • (3) Perbedaan kondisi alam
  • (4) Pengaruh hidup modern
  • (5) Adanya globalisasi

Pernyataan yang menunjukkan faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia ada pada nomor ....

  • A. 1, 2, dan 3
  • B. 1, 2, dan 4
  • C. 2, 3, dan 4
  • D. 3, 4, dan 5

3. Negara Indonesia terletak di antara dua samudra, yaitu samudra Pasifik dan Hindia, serta di antara dua benua, yaitu Asia dan Australia, sehingga menjadi jalur perdagangan internasional. Lalu lintas perdagangan ini tidak hanya membawa barang dagangan tetapi juga mempengaruhi kebudayaan Indonesia. Kedatangan bangsa asing yang berbeda ras dan menetap di Indonesia menyebabkan keragaman ras, agama, dan bahasa.

Faktor yang menyebabkan keberagaman tersebut adalah ....

  • A. perbedaan kondisi alam
  • B. letak strategis wilayah Indonesia
  • C. kondisi negara kepulauan
  • D. keadaan transportasi dan komunikasi

4. Dalam keberagaman masyarakat, tantangan muncul karena adanya perasaan kedaerahan dan kesukuan yang berlebihan, yang dapat mengancam keutuhan bangsa dan NKRI. Upaya meningkatkan kerukunan antara suku, pemeluk agama, dan kelompok sosial lainnya dapat dilakukan dengan cara ....

  • A. dialog dan kerja sama dengan prinsip kebersamaan, toleransi, dan kesetaraan
  • B. menghormati perbedaan keberagaman kepercayaan dan keyakinan beragama
  • C. menjaga kebudayaan dan kekayaan alam serta keindahan wilayah negara Indonesia
  • D. mensyukuri keragaman dan kekayaan alam sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

5. Keberagaman masyarakat Indonesia adalah ketetapan Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah yang patut disyukuri. Faktor yang menyebabkan keberagaman di Indonesia adalah ....

  • A. faktor alam dan diri sendiri masyarakat
  • B. faktor dalam dan luar masyarakat Indonesia
  • C. keadaan geografis Indonesia sebagai negara kepulauan
  • D. letak strategis Indonesia di antara dua samudra dan dua benua

6. Pada Hari Kartini, seluruh siswa kelas 7 akan memakai pakaian adat. Putri akan mengenakan pakaian adat tradisional Betawi dengan kebaya dan selendang kepala. Sementara itu, Husna mengenakan pakaian adat dari Makassar, yaitu baju bodo lengkap dengan perhiasannya. Pakaian adat yang dipakai siswa kelas 7 adalah bagian dari keberagaman ....

  • A. ras
  • B. agama
  • C. suku bangsa
  • D. multikulturalisme

7. Perhatikan data berikut:

  • (1) Nama rumah adat: joglo
  • (2) Nama tarian daerah: serimpi
  • (3) Nama pakaian daerah: kebaya
  • (4) Senjata adat: keris

Data di atas merupakan karakteristik dari suku ....

  • A. Minang
  • B. Sunda
  • C. Nias
  • D. Jawa

8. Perhatikan pernyataan berikut:

  • (1) melaksanakan ajaran agama yang dianutnya dengan baik
  • (2) menghormati agama yang diyakini oleh orang lain
  • (3) tidak memaksakan keyakinan agama yang dianutnya kepada orang lain
  • (4) melaksanakan seluruh ajaran agama

Bentuk perilaku kehidupan dalam keberagaman beragama ditunjukkan oleh nomor ....

  • A. 1, 2, dan 3
  • B. 1, 2, dan 4
  • C. 1, 3, dan 4
  • D. 2, 3, dan 4

9. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk, artinya terdiri dari berbagai macam suku, agama, ras, dan golongan. Keberagaman ini memiliki dampak negatif dan positif. Salah satu dampak positif dari keberagaman bangsa Indonesia adalah ....

  • A. banyak bermunculan konflik antar masyarakat di daerah
  • B. adanya ketidakharmonisan dalam hubungan kemasyarakatan
  • C. perkembangan pembangunan di Indonesia menjadi terhambat
  • D. memberikan manfaat bagi perkembangan dan kemajuan bangsa Indonesia

10. Indonesia terdiri dari wilayah yang sangat luas, terbentang dari Sabang sampai Merauke, dengan ribuan pulau yang menjadi tempat tinggal beragam suku bangsa, bahasa, budaya, agama, dan adat istiadat. Arti penting keberagaman suku, ras, agama, dan golongan bagi bangsa Indonesia adalah ....

  • A. penyebab konflik antar suku, agama, ras, dan golongan
  • B. penyebab maraknya aksi demonstrasi memperjuangkan hak masyarakat
  • C. keberagaman bangsa yang sangat berharga untuk mencapai tujuan
  • D. keberagaman merupakan masalah biasa yang tidak perlu dibahas

11. Indonesia adalah negara yang terdiri dari berbagai suku, adat istiadat, ras, dan agama, namun semuanya menjadi satu dalam kesatuan dan persatuan yang dikenal dengan semboyan ....

  • A. Negara Kepulauan
  • B. Bhinneka Tunggal Ika
  • C. Ing ngarso sung tulodo
  • D. Negara Kesatuan Republik Indonesia Harga Mati

12. Keberagaman di Indonesia, di satu sisi, merupakan potensi dan modal dasar bagi pembangunan, tetapi di sisi lain juga bisa menjadi ancaman bagi keutuhan bangsa. Keberagaman suku, tradisi, seni, alat musik, tarian, makanan, agama, dan lagu daerah memberikan dampak positif bagi Indonesia, yaitu ....

  • A. menunjukkan kepada dunia luar bahwa Indonesia memiliki kekayaan budaya
  • B. masyarakat Indonesia lebih mudah mencapai tujuan nasionalnya
  • C. keragaman ini membangun rasa nasionalisme dan patriotisme
  • D. Indonesia dihargai dan disegani karena keberagaman dan kebhinekaannya

13. Masyarakat Indonesia memiliki beragam budaya seperti pakaian adat, rumah adat, senjata tradisional, tarian, dan lagu-lagu daerah. Dampak positif dari keberagaman budaya adalah ....

  • A. keberagaman akan menyebabkan konflik sosial
  • B. masyarakat harus mempelajari berbagai budaya
  • C. keberagaman budaya menjadi aset pariwisata
  • D. menunjukkan banyaknya suku bangsa dan budaya nasional

14. Indonesia memiliki banyak bahasa daerah yang berbeda, yang dapat mengganggu komunikasi antar daerah. Namun, melalui bahasa Indonesia, rakyat dapat berkomunikasi dan saling memahami. Bahasa Indonesia menciptakan ....

  • A. persatuan dan kerukunan
  • B. ketertiban dan keberagaman
  • C. kemudahan dan kebahagiaan
  • D. kebahagiaan dalam keberagaman

15. Toleransi antar umat beragama diartikan sebagai ....

  • A. kesiapan menerima perbedaan, bersedia hidup bersama di masyarakat, dan memberikan kesempatan orang lain untuk beribadah dengan baik
  • B. kesiapan menerima pendapat yang sama dan bersedia hidup bersama, memberikan kesempatan orang lain untuk tinggal bersama dengan baik
  • C. kesediaan hidup bersama dalam sebuah keluarga dan memberikan tempat untuk dijadikan tempat ibadah agama lain
  • D. kesediaan menerima perbedaan dan memberikan tempat tinggalnya untuk dijadikan tempat ibadah agama lain

16. Azri memiliki banyak teman yang berbeda agama, budaya, suku, dan golongan, tetapi tidak ada konflik dalam pergaulannya karena ....

  • A. teman-temannya menganggap budayanya paling luhur
  • B. mengutamakan kepentingan pribadi dan sukunya
  • C. saling menghargai perbedaan agama dan sukunya
  • D. ada yang tidak peduli dengan agama yang dianutnya

17. Perhatikan pernyataan berikut!

  • (1) membantu tetangga yang berbeda suku ketika mengalami kesulitan
  • (2) tidak merendahkan suku, ras, dan golongan lain
  • (3) membeda-bedakan asal suku ras dalam berteman
  • (4) membeda-bedakan asal suku bangsa dan ras dalam berteman
  • (5) tidak mau bergaul dengan tetangga yang berbeda suku dan ras

Sikap toleran dalam keberagaman suku, ras, dan golongan ditunjukkan pada nomor ....

  • A. 1, 2, dan 3
  • B. 1, 2, dan 4
  • C. 2, 3, dan 5
  • D. 3, 4, dan 5

18. Sapu lidi adalah benda yang digunakan banyak orang untuk membersihkan suatu tempat agar bersih dan nyaman. Sapu lidi mampu membersihkan kotoran dalam jumlah banyak dan area yang luas. Namun, jika sapu lidi yang terikat rapi tersebut terlepas dan tercerai berai, maka membersihkan area bahkan yang kecil sekalipun akan sangat sulit. Apa makna semua itu jika dikaitkan dengan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara?

  • A. Rasa kebersamaan, persatuan, dan kesatuan sangat penting dalam menyelesaikan masalah bersama
  • B. Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya
  • C. Kehidupan bersama saling melengkapi dan menutupi kelemahan masing-masing
  • D. Sapu lidi mampu mengatasi segala permasalahan dalam kehidupan bersama

19. Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) telah ditetapkan oleh pemerintah sejak tahun 1959 untuk memperingati Kebangkitan Nasional Indonesia yang jatuh pada tanggal 20 Mei. Tanggal tersebut menandai berdirinya organisasi pemuda yang berpengaruh besar terhadap semangat persatuan dan kesatuan. Organisasi tersebut adalah ....

  • A. Jong Java
  • B. Boedi Oetomo
  • C. Indonesia Muda
  • D. Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia

20. Perhatikan pernyataan berikut!

  • (1) Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia
  • (2) Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbudaya yang satu, budaya Indonesia
  • (3) Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
  • (4) Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Kongres Pemuda II pada 28 Oktober 1928 menghasilkan ikrar yang menegaskan persatuan dan kesatuan bangsa. Ikrar ini dikenal sebagai Sumpah Pemuda dan berisikan pernyataan nomor ....

  • A. (1), (2), dan (3)
  • B. (1), (2), dan (4)
  • C. (1), (3), dan (4)
  • D. (2), (3), dan (4)

21. Persatuan dan kesatuan dalam negara yang beragam dapat dicapai melalui perilaku toleran terhadap perbedaan. Apa yang dimaksud dengan perilaku toleran?

  • A. Menahan diri, bersikap sabar, membiarkan orang berpendapat lain, dan berlapang dada terhadap orang-orang dengan pendapat yang berbeda.
  • B. Menahan diri dari melakukan hal-hal yang tidak disetujui orang lain meskipun itu bermanfaat bagi orang lain.
  • C. Membiarkan orang lain melakukan apapun selama tidak mengganggu dan tidak merugikan kita dan lingkungan.
  • D. Menghormati dan menghargai kebebasan beragama dan beribadah orang lain sesuai keyakinannya.

22. Perbedaan kita dengan orang lain tidak berarti bahwa mereka lebih baik atau kita lebih baik. Penilaian orang lain kepada kita tidak didasarkan pada warna kulit, penampilan, atau bentuk tubuh, melainkan pada ....

  • A. harta yang kita sumbangkan untuk membantu orang lain.
  • B. keaktifan kita dalam kegiatan sosial di masyarakat.
  • C. perhatian yang kita berikan kepada orang-orang di sekitar.
  • D. baik buruknya sikap dan perilaku kita.

23. Tujuan negara Indonesia tercantum dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 alinea IV yang mencakup tiga tujuan nasional dan satu tujuan internasional. Tujuan negara yang berkaitan dengan bidang pendidikan adalah ....

  • A. melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.
  • B. memajukan kesejahteraan umum.
  • C. mencerdaskan kehidupan bangsa.
  • D. ikut melaksanakan ketertiban dunia.

24. Kerja sama antara manusia dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan bersama disebut ....

  • A. kerja sama.
  • B. berorganisasi.
  • C. musyawarah.
  • D. saling membantu.

25. Tercapainya tujuan nasional membutuhkan kerja sama dari setiap warga negara. Kerja sama dari seluruh warga negara mendukung keberhasilan pembangunan nasional. Salah satu bentuk kerja sama yang dapat dilakukan oleh seorang pelajar adalah ....

  • A. membayar pajak tepat waktu.
  • B. rajin dan giat belajar.
  • C. mematuhi aturan lalu lintas.
  • D. mengikuti semua kegiatan sekolah.

26. Contoh kerja sama dalam bidang politik yang dilakukan oleh lembaga negara adalah ....

  • A. TNI dan Polri mengamankan jalannya demonstrasi warga.
  • B. Presiden bersama DPR bekerja sama menyusun undang-undang.
  • C. partai politik memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.
  • D. mengikuti kampanye semua partai politik menjelang pemilu.

27. Gelar Pahlawan Nasional diberikan sebagai penghargaan kepada warga negara atas semangat, sikap, dan tindakan nyata dalam membela bangsa dan negara serta melakukan sesuatu untuk kebaikan dan kemajuan bangsa. Berdasarkan pengertian ini, pahlawan adalah ....

  • A. orang yang berjuang mengangkat senjata dan gugur dalam pertempuran melawan penjajah.
  • B. pejabat negara, tentara, dan polri yang gugur dalam tugasnya mempertahankan wilayah negara.
  • C. setiap orang yang berjuang dengan semangat, jiwa, dan kemampuannya demi bangsa dan negara.
  • D. penyelenggara pemerintahan yang telah melaksanakan pembangunan untuk kesejahteraan rakyat.

28. Arti penting proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia adalah ....

  • A. berakhirnya masa penjajahan dan mulainya kehidupan sebagai bangsa merdeka.
  • B. menjadi bangsa yang mandiri tanpa ketergantungan pada bangsa lain.
  • C. dengan kemerdekaan, bisa menguasai bangsa lain.
  • D. lepas dari penjajahan dan boleh bertindak sebebas-bebasnya.

29. Proklamasi kemerdekaan yang dibacakan oleh Ir. Soekarno didampingi Drs. Moh. Hatta memiliki makna penting bagi berdirinya negara Indonesia. Selain menandai berdirinya negara Indonesia, proklamasi juga menandai berakhirnya hukum kolonial dan berlakunya ....

  • A. hukum nasional.
  • B. tata kehidupan baru.
  • C. pemerintahan baru.
  • D. UUD NRI Tahun 1945.

30. Berdasarkan isi Pasal 18 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, bentuk negara Indonesia adalah ....

  • A. Republik.
  • B. Presidensial.
  • C. Serikat.
  • D. Kesatuan.

31. Negara Kesatuan Republik Indonesia dibagi menjadi provinsi-provinsi, dan setiap provinsi dibagi lagi menjadi kabupaten dan kota. Setiap provinsi, kabupaten, dan kota memiliki pemerintahan daerah yang diatur oleh ....

  • A. Undang-Undang Dasar
  • B. Undang-Undang
  • C. peraturan pemerintah
  • D. peraturan daerah

32. DPRD di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota dipilih melalui ....

  • A. pemilu
  • B. pilkada
  • C. musyawarah mufakat
  • D. proses demokrasi

33. Potensi sumber daya manusia Indonesia yang berperan penting dalam mewujudkan tujuan negara adalah ....

  • A. kekuatan militer yang tangguh
  • B. jumlah penduduk yang besar
  • C. tokoh-tokoh muda yang cerdas
  • D. tingkat pendidikan yang tinggi

34. Indonesia memiliki kekayaan budaya dan alam yang harus dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat. Salah satu warisan budaya Indonesia yang diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia adalah ....

  • A. Keraton Yogyakarta
  • B. Museum Nasional
  • C. Kesenian Reog
  • D. Candi Borobudur

35. Menjaga dan melestarikan budaya daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah tanggung jawab ....

  • A. pemerintah daerah
  • B. pemerintah pusat
  • C. seluruh warga negara
  • D. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

36. Keberagaman bangsa Indonesia mencakup perbedaan suku, agama, ras, dan antar golongan. Sebutkan agama-agama yang diakui oleh negara.

37. Dalam mengembangkan toleransi antar umat beragama, sebutkan dua sikap yang perlu dihindari.

38. Bagaimana cara mewujudkan persatuan dan kesatuan selama masa pandemi?

39. Apa manfaat kerja sama dalam kehidupan bermasyarakat?

40. Kemerdekaan Indonesia diperoleh berkat perjuangan para pahlawan melawan penjajah. Sebutkan dua contoh sikap kepahlawanan yang perlu kita teladani.

Kunci Jawaban Contoh Soal UAS PKN Kelas 7 Semester 2 Kurikulum Merdeka

  1. C
  2. A
  3. B
  4. A
  5. C
  6. C
  7. D
  8. A
  9. D
  10. C
  11. B
  12. D
  13. C
  14. A
  15. A
  16. C
  17. B
  18. A
  19. B
  20. C
  21. A
  22. D
  23. C
  24. A
  25. B
  26. B
  27. C
  28. A
  29. A
  30. D
  31. B
  32. A
  33. B
  34. D
  35. C
36. Agama yang ada dan diakui oleh negara:

  • Islam
  • Katolik
  • Kristen Protestan
  • Hindu
  • Buddha
  • Konghucu

37. Dalam kehidupan beragama sikap yang perlu dihindari antara lain:

  • Fanatisme sempit, merasa paling benar dan merendahkan pemeluk agama lain
  • Acuh tak acuh, bersikap masa bodoh terhadap pemeluk agama lain
  • Mencampuradukan ajaran agama yang satu dengan agama yang lain dalam beribadah (sinkretisme)
  • Memaksakan ajaran agama tertentu kepada orang lain yang sudah memeluk agama
  • Mengganggu orang lain yang sedang melaksanakan ibadah

38. Mewujudkan persatuan dan kesatuan di masa pandemi:

  • Menumbuhkan kesadaran serta inisiatif untuk melakukan gerakan kemanusiaan
  • Mendahulukan kepentingan bersama, bangsa, dan negara di atas kepentingan pribadi
  • Saling bergotong royong memikul beban untuk memenuhi kebutuhan pangan, sandang, dan papan
  • Mematuhi protokol kesehatan dan berbagai ketentuan yang berlaku

39. Manfaat kerja sama dalam kehidupan bermasyarakat:

  • Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa
  • Mempererat persaudaraan dan kebersamaan
  • Mendorong tumbuhnya semangat gotong royong dan kekeluargaan
  • Menjadikan pekerjaan berat menjadi ringan dan cepat terselesaikan
  • Meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam bekerja

40. Contoh sikap pahlawan yang harus kalian teladani:

  • Cinta tanah air
  • Pantang menyerah
  • Rela berkorban
  • Berjuang tanpa pamrih

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL atau tulisan lainnya dari Sulthoni

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Sulthoni
Penulis: Sulthoni
Editor: Fadli Nasrudin
Penyelaras: Ibnu Azis