Menuju konten utama

Kumpulan Contoh Catatan Wali Kelas di Rapor Kurikulum Merdeka

Kumpulan contoh catatan wali kelas dapat digunakan untuk referensi bagi para guru saat mengisi rapor semester 1. Berikut 50 contoh kata-kata wali kelas.

Kumpulan Contoh Catatan Wali Kelas di Rapor Kurikulum Merdeka
Guru membacakan laporan hasil belajar (rapor) kenaikan kelas kepada wali murid di SD Yasporbi I Pancoran, Jakarta, Jumat (26/6/2020). Untuk memutus penyebaran COVID-19, sekolah tersebut menerapkan pelayanan pembagian rapor secara daring tanpa pertemuan tatap muka. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/wsj.

tirto.id - Kumpulan contoh catatan wali kelas dapat digunakan untuk referensi bagi para guru saat mengisi rapor semester 1. Catatan ini tak hanya penting bagi siswa, tapi juga harus menjadi perhatian bagi pihak orang tua.

Seperti yang diketahui, Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil berlangsung pada Desember 2023. Setelah menjalani ujian, seluruh peserta didik akan menerima rapor yang mencantumkan nilai atau pencapaian selama satu semester.

Rapor tersebut tak hanya berisi nilai, tapi juga catatan khusus dari pihak wali kelas. Catatan ini merupakan bentuk perhatian dari pihak guru kepada siswa yang diajarnya.

Catatan tersebut dapat berupa pujian karena siswa telah belajar dengan baik dan menunjukkan kemajuan selama semester 1. Apabila nilai siswa kurang memuaskan atau mengalami masalah belajar, maka catatan dapat diberikan dalam bentuk kritik dan motivasi agar siswa dapat belajar lebih baik lagi.

Kumpulan Contoh Catatan Wali Kelas di Raport Kurikulum Merdeka

Berikut beberapa contoh catatan wali kelas di rapor kurikulum merdeka untuk semester 1 yang bisa dijadikan referensi:

1. Siswa memiliki kemajuan yang baik pada semester 1 ini. Jika dilanjutkan belajar lebih tekun untuk semester-semester berikutnya, masa depannya tentu akan cerah.

2. Siswa adalah anak yang rajin dan disiplin, tapi di semester 1 ini ia kesulitan untuk berbaur dan bekerja sama dalam kelompok

3. Siswa sangat aktif dan selalu berusaha berkontribusi untuk kelas selama semester 1. Namun, karena terlalu bersemangat, siswa mengerjakan tugas terlalu cepat sehingga kadang membuat kesalahan.

4. Siswa menyelesaikan semua tugas dari guru dengan baik selama semester 1. Dia termasuk anak yang tidak mudah menyerah dan berusaha menemukan jawaban dari setiap soal.

5. Siswa sangat mandiri dan kemampuan akademisnya cenderung meningkat selama semester 1. Ia juga menunjukkan sikap ingin tahu yang sangat bagus untuk perkembangannya.

6. Ananda berhasil menyelesaikan ujian semester 1 dengan baik. Tetap semangat belajar agar prestasi terus meningkat.

7. Ananda kurang fokus pada pelajaran pada semester 1 ini, tapi ia memiliki bakat seni yang luar biasa. Bapak/ibu harap ananda bisa lebih mengatur waktu untuk belajar dan mengasah potensinya.

8. Pada semester 1 ini ananda menunjukkan kemajuan dalam hal akademik maupun non akademik dengan nilai di atas rata-rata.

9. Ananda adalah anak yang mudah bergaul dan aktif dalam bekerja kelompok selama semester 1. Saat proses belajar, ananda juga tak malu bertanya sehingga ia lebih paham dengan topik pembahasan.

10. Selama semester 1, ananda menunjukkan sikap rajin dan tidak pernah terlambat dalam mengumpulkan tugas.

11. Siswa termasuk anak yang cerdas, tapi suka bercanda di dalam kelas. Selama beberapa bulan terakhir semester 1, ia telah berusaha mengubah perilakunya dan menunjukkan kemajuan.

12. Siswa memiliki potensi besar di bidang akademik dan berusaha keras menjadi yang terbaik selama semester 1.

13. Siswa adalah pekerja keras, gigih dalam menyelesaikan tugas, dan menunjukkan kemandirian pada semester 1 ini.

14. Siswa pandai mengatur waktu dan selalu fokus dengan pelajaran sehingga nilainya di semester 1 tergolong baik.

15. Siswa dapat memahami penjelasan guru dengan baik selama semester 1, tapi perhatiannya mudah teralihkan. Tingkatkan lagi konsentrasi saat belajar agar hasilnya maksimal.

16. Siswa kurang fokus pada pelajaran sehingga sering tidak menyelesaikan tugas selama semester 1. Siswa akan mendapatkan hasil yang lebih baik apabila memprioritaskan belajarnya.

17. Selama semester 1 ini siswa kurang berinteraksi dengan teman sekelasnya dan butuh dorongan agar dapat bersosialisasi dengan baik.

18. Ananda telah menunjukkan antusiasme belajar yang tinggi sehingga mendapatkan nilai yang baik pada semester 1. Bapak/ibu harap sikap positif tersebut tetap dijaga untuk semester-semester berikutnya.

19. Selama semester 1, ananda berperan aktif dalam proses belajar di dalam kelas dan senang membantu teman-temannya yang kesulitan.

20. Ananda mengalami peningkatan luar biasa di bidang akademik pada semester 1 ini. Sikapnya yang pantang menyerah harus dipertahankan.

21. Ananda memiliki keingintahuan yang besar dalam setiap pelajaran di semester 1. Ia berpikir kritis dan tidak ragu bertanya pada guru.

22. Perilaku dan semangat belajar Ananda selama semester 1 telah meningkat pesat. Terima kasih atas kerja kerasnya.

23. Ananda senang bekerja dalam kelompok. Selama semester 1 ini, ananda aktif dalam diskusi dan bijak dalam menyelesaikan masalah.

24. Siswa tidak hanya menunjukkan potensi di bidang akademik, tapi juga memiliki keterampilan bicara yang baik di depan publik.

25. Selama semester 1, siswa aktif dalam setiap kegiatan di dalam kelas, memiliki jiwa kepemimpinan tinggi, dan mampu mengatur waktu belajarnya dengan baik.

26. Siswa menunjukkan kebiasaan belajar yang lebih baik sehingga nilainya pada semester 1 bisa di atas rata-rata.

27. Pada semester 1 ini ananda kurang fokus pada pelajaran karena kesibukan ekstrakurikuler sekolah. Bapak/ibu harap ananda dapat membagi waktu agar tidak melalaikan tugas sekolah.

28. Pada semester 1 ini, ananda kurang efisien dalam mengatur waktu sehingga sering terlambat mengumpulkan tugas. Tolong diperhatikan agar bisa lebih baik lagi ke depannya.

29. Siswa menunjukan perhatian dan pemahaman yang bagus selama proses belajar di semester 1. Terus tingkatkan lagi belajarnya agar tetap jadi teladan di kelas.

30. Siswa mengerjakan tugas dengan baik dan memanfaatkan waktu luangnya untuk belajar selama semester 1. Jika diimbangi dengan kemampuan sosialisasi yang baik, tentu masa depannya akan lebih cerah.

31. Siswa belum mampu mengerjakan soal dengan cepat selama semester 1. Siswa perlu mengatur waktu lebih baik lagi agar dapat menyelesaikan tugas tepat pada waktunya.

32. Pada semester 1, siswa kesulitan mencerna penjelasan guru dan tak bisa mengimbangi kecepatan belajar siswa lainnya.

33. Siswa dapat diandalkan ketika ada kegiatan di kelas saat semester 1. Dia mudah bersosialisasi dan berusaha berkontribusi untuk kelas.

34. Selama semester 1, perhatian ananda mudah teralihkan ketika tidak didampingi dalam proses belajar.

35. Ananda suka berdiskusi tentang pelajaran dan mampu mengambil keputusan dengan baik pada semester 1 ini.

36. Ananda kurang berinteraksi dengan teman sekelas dan kurang aktif dalam proses belajar. Semoga dapat ditingkatkan lagi agar nilainya lebih baik di semester berikutnya.

37. Semester 1 ini ananda menunjukkan potensinya di bidang olahraga. Harap kembangkan terus kemampuan ananda selama masa liburan.

38. Siswa punya minat tinggi pada pelajaran matematika selama semester 1. Jika terus diasah, nilainya akan terus meningkat di semester depan.

39. Ananda punya sikap positif dan percaya diri. Hal itu membantu proses belajarnya sehingga nilainya di semester 1 tergolong baik.

40. Ananda mudah memahami penjelasan guru dan sering mengajari teman sekelas. Sikap yang bagus dan harus dipertahankan.

41. Di awal semester 1, ananda mengalami kesulitan belajar. Namun, di tiga bulan terakhir ia mengalami kemajuan dan nilainya terus membaik.

42. Siswa menjadi ketua kelas dan selama semester 1 telah menunjukkan sikap yang bertanggung jawab, mudah berinteraksi, dan merespon pelajaran dengan baik.

43. Ananda berperan aktif dalam kegiatan belajar di kelas selama semester 1. Senang memiliki siswa seperti ananda.

44. Ananda kurang memanfaatkan waktu belajar di kelas dengan baik pada semester 1 sehingga butuh ditegur atau diingatkan oleh para guru. Semoga semester berikutnya bisa lebih fokus pada pelajaran.

45. Siswa mampu berpikir kritis dan logis pada setiap topik pembelajaran di semester 1.

46. Kemampuan siswa pada pelajaran bahasa menunjukkan kemajuan dalam tiga bulan terakhir di semester 1. Siswa menunjukkan sikap positif karena mau memperbaiki diri.

47. Siswa terkadang kesulitan memahami materi dan butuh bimbingan lebih lama, tapi ia sangat teliti dalam mengerjakan soal.

48. Siswa mampu mengidentifikasi masalah dalam setiap topik pembelajaran dan mencari solusi dengan bijak.

49. Ananda telah mengikuti arah guru dengan baik selama semester 1 sehingga memudahkan para guru dalam mengajar di kelas.

50. Ananda suka belajar hal-hal baru, percaya diri tinggi, dan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dengan orang lain.

Baca juga artikel terkait RAPORT SISWA atau tulisan lainnya dari Erika Erilia

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Erika Erilia
Penulis: Erika Erilia
Editor: Yulaika Ramadhani