Menuju konten utama

Contoh Soal PAT/UAS Prakarya Kelas 8 Sem 2 Kurikulum Merdeka

Contoh soal PAT/UAS Prakarya kelas 8 semester 2 Kurikulum Merdeka bisa menjadi bahan belajar peserta didik.

Contoh Soal PAT/UAS Prakarya Kelas 8 Sem 2 Kurikulum Merdeka
Siswa kelas VII SMP Negeri 9 Palembang, Sumatera Selatan mengikuti ujian penilaian akhir tahun atau ujian akhir semester memanfaatkan teknologi di gawai masing-masing sebagai pengganti pengisian soal secara manual di atas kertas, Senin (6/6/2022) (ANTARA/M Riezko Bima Elko P/22)

tirto.id - Penilaian Akhir Tahun (PAT) atau Ujian Akhir Semester (UAS) dilaksanakan untuk mengakhiri semester genap. Siswa kelas 8 SMP semester 2 dapat mempersiapkan bahan belajar untuk menghadapi PAT/UAS, termasuk dalam mata pelajaran Prakarya.

Prakarya merupakan salah satu mata pelajaran keagamaan wajib dalam jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Siswa mengenal, belajar, dan praktik menciptakan sesuatu.

Siswa dapat mendalami materi dan mengerjakan latihan soal dalam rangka mempersiapkan PAT/UAS. Materi Prakarya kelas 8 semester 2 Kurikulum Merdeka bisa dipelajari secara mudah.

Materi Prakarya Kelas 8 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Tiga bab atau unit yang akan dipelajari siswa kelas 8 Semester 2 dalam mata pelajaran Prakarya. Di dalam belajar Prakarya, siswa tidak hanya memahami bahan-bahan yang berpotensi dijadikan kerajinan, tetapi juga praktik membuat kerajinan itu sendiri.

UNIT 1: Mengenal Ruang Lingkup Produk Kerajinan Limbah Anorganik

Siswa belajar mengenal materi tentang ruang lingkup limbah anorganik. Contoh benda anorganik misalnya adalah botol kaca dan plastik.

Siswa mengenal lingkungan hidup dan masalah lingkungan di sekitar tempat tinggal. Selain itu, siswa juga mengenal materi tentang macam material alat, bahan, teknik, dan perajin produk limbah anorganik.

UNIT 2: Membuat Produk Kerajinan dari Limbah Anorganik

Siswa dapat belajar mengetahui kriteria pemilihan bahan produk kerajinan dari sampah dapur yang potensial. Kemudian, siswa mengumpulkan referensi bahan praktikum (limbah anorganik dari dapur).

Siswa juga mempelajari macam-macam alat dan bahan untuk membuat desain; alat dan bahan pembuatan kerajinan; templat desain dan perencanaan produk kerajinan limbah anorganik dari dapur; serta contoh desain kerajinan limbah anorganik dari dapur.

Siswa membuat produk kerajinan dari limbah sampah dapur. Tidak hanya itu, siswa juga belajar mengetahui nilai tambah produk kerajinan anorganik ini.

UNIT 3: Mengapresiasi Ruang Lingkup Produk Kerajinan Limbah Anorganik

Di akhir pembelajaran Prakarya, siswa belajar menyelenggarakan pameran. Mulai dari perencanaan dan persiapan.

Lalu menyusun proposal, melaksanakan pameran, hingga menyusun laporan tertulis setelah pameran terlaksana.

Contoh Soal PAT/UAS Prakarya Kelas 8 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Berikut merupakan contoh soal PAT/UAS Prakarya Kelas 8 Semester 2 Kurikulum Merdeka:

Pilihan Ganda

1. Limbah yang berasal dari alam (tumbuhan dan hewan) bersifat keras, padat, dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk terurai dalam tanah. Limbah ini disebut dengan limbah …

A. domestik

B. organik

C. anorganik

D. buatan

Jawaban: B. organik

2. Dalam kehidupan sehari-hari, sering kita temui jenis bahan limbah keras organik yang bisa dijadikan karya kerajinan. Di antaranya yakni …

A. cangkang kerang laut, tulang sapi, tulang ikan, sisik ikan, tempurung kelapa, dan potongan kayu

B. cangkang kerang laut, tulang sapi, tulang ikan, pecahan kaca, tempurung kelapa, dan potongan kayu

C. cangkang kerang laut, tulang sapi, tulang ikan, pecahan keramik, tempurung kelapa, dan potongan kayu

D. cangkang kerang laut, tulang sapi, pecahan batu, tulang ikan, tempurung kelapa, dan potongan kayu

Jawaban: A. cangkang kerang laut, tulang sapi, tulang ikan, sisik ikan, tempurung kelapa, dan potongan kayu

3. Jenis dan karakteristik limbah keras dapat dibedakan menjadi dua bagian. Di antaranya yakni …

A. limbah keras organik dan buatan

B. limbah keras domestik dan buatan

C. limbah keras organik dan anorganik

D. limbah keras padat dan buatan

Jawaban: C. limbah keras organik dan anorganik

4. Sebuah produk kerajinan akan terlihat menarik jika kita memberikan warna dengan cara disemprot atau dicat menggunakan kuas. Pengolahan tersebut merupakan proses dari …

A. pembersihan limbah

B. pengeringan

C. pewarnaan

D. pengeringan setelah pewarnaan

Jawaban: C. pewarnaan

5. Dinda mendapatkan tugas dari guru untuk membuat sebuah karya kerajinan dari bahan limbah keras organik. Ia menyadari bahwa dirinya terlahir di Kota Indramayu yang merupakan daerah dekat pesisir pantai.

Tentunya banyak sekali bahan kerajinan seperti cangkang kerang, tempurung kelapa, sisik ikan, dan tulang ikan. Ia ingin membuat sebuah kerajinan dari cangkang kerang untuk dijadikan gantungan kunci berbentuk boneka.

Peralatan apa saja yang dibutuhkan Dinda untuk membuat kerajinan dari cangkang kerang tersebut?

A. amplas, gergaji, lem tembak, dan gerinda

B. amplas, kikir, lem tembak, dan kertas

C. amplas, paku, lem tembak, dan gerinda

D. amplas, kikir, lem tembak, dan gerinda

Jawaban: D. amplas, kikir, lem tembak, dan gerinda

6. Jay dan teman-temannya mendapat tugas kelompok dari guru untuk membuat aksesori, seperti anting, cincin, kalung, bros, dan gelang dari limbah kertas. Untuk membuat kerajinan tersebut, Jay dan teman-temannya harus menyiapkan bahan limbah keras dari …

A. sisik ikan

B. cangkang kerang

C. pelepah pisang

D. tempurung kelapa

Jawaban: A. sisik ikan

7. Perairan Indonesia sangat kaya akan hasil lautnya, terutama ikan. Dari produk ikan, dihasilkan limbah yang dimanfaatkan sebagai bahan dasar kerajinan. Limbah yang diambil dari ikan untuk membuat suatu karya kerajinan biasanya adalah …

A. sisik dan ekor

B. tulang dan ekor

C. sisik dan daging

D. tulang dan sisik

Jawaban: D. tulang dan sisik

8. Sentuhan akhir dari sebuah proses pembuatan produk kerajinan agar bisa terlihat lebih bagus dan indah harus ada …

A. pewarnaan

B. kemasan

C. hiasan

D. teknik pembuatan

Jawaban: B. kemasan

9. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan dari tempurung kelapa cukup mudah untuk didapatkan. Di antaranya yaitu …

A. lem baja, tempurung kelapa, dempul, melanin/politur, amplas, dan cat

B. lem alteko, tempurung kelapa, dempul, melanin/politur, amplas, dan cat

C. lem kayu, tempurung kelapa, pisau, melanin/politur, dan cat

D. lem kayu, tempurung kelapa, dempul, melanin/politur, dan cat

Jawaban: D. lem kayu, tempurung kelapa, dempul, melanin/politur, dan cat

10. Indonesia tergolong negara maritim karena dikelilingi lautan sehingga pohon kelapa dapat dengan mudah dijumpai. Provinsi yang banyak menghasilkan kerajinan dari tempurung kelapa adalah …

A. Aceh

B. Jawa Timur

C. Sulawesi Utara

D. Bandung

Jawaban: C. Sulawesi Utara

11. Plastik, pecahan keramik, pecahan kaca, dan baja merupakan limbah …

A. domestik

B. anorganik

C. organik

D. buatan

Jawaban: A. domestik

12. Limbah pecahan keramik yang tersedia di lingkungan dapat dimanfaatkan dengan teknik mozaik. Yang dimaksud dengan teknik mozaik adalah …

A. menempel potongan-potongan kecil menjadi suatu lukisan yang indah

B. mengukir potongan-potongan kecil menjadi suatu lukisan yang indah

C. mengecat potongan-potongan kecil menjadi suatu lukisan yang indah

D. membasuh potongan-potongan kecil menjadi suatu lukisan yang indah

Jawaban: A. menempel potongan-potongan kecil menjadi suatu lukisan yang indah

13. Botol kaca bekas jika dijual ke penadah hanya dapat menghasilkan beberapa ribu rupiah. Namun, jika diolah dengan teknologi tinggi seperti pemanasan, botol kaca ini akan berubah menjadi batu-batu cantik yang berkilau dan dapat dibuat menjadi berbagai aksesori atau hiasan lainnya. Pencairan kaca dapat menggunakan tungku keramik yang berderajat tinggi hingga …

A. 6.000C

B. 7.000C

C. 8.000C

D. 9.000C

Jawaban: D. 9.000C

14. Prinsip pengolahan limbah terdiri dari …

A. reduce, reuse, dan recycle

B. resource, reuse, dan recycle

C. reduce, reuse, dan remove

D. redure, reuse, dan recycle

Jawaban: A. reduce, reuse, dan recycle

15. Joko ketika mau minum, gelas yang diambilnya jatuh sehingga pecahan kaca gelas tersebut berserakan. Lalu, dia mengumpulkan pecahan gelas tersebut untuk dijadikan sebuah karya kerajinan. Kerajinan yang akan dibuat Joko adalah jenis limbah …

A. organik

B. anorganik

C. domestik

D. gas

Jawaban: C. domestik

16. Alat yang digunakan untuk membuat kerajinan limbah pecahan keramik adalah …

A. paku, amplas, waslap, sendok semen, dan karet sandal bekas

B. karung, amplas, waslap, sendok semen, dan karet sandal bekas

C. tungku pembakaran, amplas, waslap, sendok semen, dan karet sandal bekas

D. palu, amplas, waslap, sendok semen, dan karet sandal bekas

Jawaban: D. palu, amplas, waslap, sendok semen, dan karet sandal bekas

17. Limbah pecahan kaca, pecahan keramik, potongan logam, dan aneka plastik bekas perabot merupakan limbah yang banyak dihasilkan di daerah …

A. pesisir pantai/laut

B. daerah perkotaan

C. daerah pertanian

D. daerah pegunungan

Jawaban: B. daerah perkotaan

18. Mendaur ulang limbah keras anorganik menjadi karya kerajinan agar kita dapat membantu menyelesaikan masalah polutan di lingkungan kita merupakan proses dari …

A. reduce

B. reuse

C. recycle

D. remove

Jawaban: C. recycle

19. Yang bukan merupakan proses pembuatan kerajinan plastik adalah …

A. amplas

B. semprotan warna

C. isi lem tembak

D. aneka plastik

Jawaban: A. amplas

20.

Gambar tersebut merupakan hasil kerajinan limbah keras anorganik dari …

A. plastik

B. pecahan keramik

D. pecahan kaca

D. aneka plastik

Jawaban: B. pecahan keramik

Uraian

21. Tuliskan penggolongan hasil limbah keras yang dapat dijadikan bahan baku produk kerajinan dilihat dari kondisi wilayahnya.

A. daerah pesisir pantai/laut

B. daerah pegunungan

C. daerah pertanian

D. daerah perkotaan

Jawab:

A. limbah keras yang banyak tersedia: cangkang kerang, tempurung kelapa, sisik ikan, dan tulang ikan

B. limbah keras yang banyak dihasilkan: limbah kayu pinus, kayu abasia, dan kayu kamper

C. limbah keras yang didapat: tulang-tulang hewan ternak, seperti tulang sapi, kerbau, kambing, ayam, dan ikan

D. limbah keras yang dihasilkan: pecahan kaca, pecahan keramik, potongan logam, dan aneka plastik bekas perabot

22. Andi hidup di dekat pesisir pantai di Indramayu. Suatu hari ia mendapat tugas dari guru untuk membuat sebuah kerajinan dari bahan limbah keras organik.

Ia menyiapkan peralatan untuk membuat kerajinan tersebut, seperti tang lancip, panci, spatula, dan kompor. Bahan limbah keras organik apa yang akan dibuat Andi untuk membuat kerajinan tersebut?

Jawab: limbah sisik ikan

Baca juga artikel terkait UAS atau tulisan lainnya dari Umu Hana Amini

tirto.id - Edusains
Kontributor: Umu Hana Amini
Penulis: Umu Hana Amini
Editor: Beni Jo