Menuju konten utama

7 Tips Hubungan Langgeng dan Harmonis

Berikut ini beberapa tips hubungan langgeng dan romantis dengan pasangan. Simak pembahasannya satu persatu pada artikel di bawah.

7 Tips Hubungan Langgeng dan Harmonis
Ilustrasi pasangan harmonis. foto/IStockphoto

tirto.id - Hubungan langgeng merupakan dambaan bagi banyak orang sebab hubungan yang langgeng menawarkan banyak manfaat yang berharga dalam kehidupan.

Hubungan langgeng dapat membawa manfaat seperti stabilitas emosional, dukungan, keamanan, dan kebahagiaan yang berkelanjutan.

Orang-orang sering menginginkan hubungan yang langgeng karena mereka ingin memiliki pasangan yang dapat mereka percayai, yang akan tetap berada di sampingnya dalam segala situasi, baik senang maupun sedih.

Hubungan yang langgeng juga menciptakan lingkungan yang aman untuk tumbuh dan berkembang bersama, serta membangun kenangan yang indah untuk dikenang sepanjang hidup.

Oleh karena itu, bagi banyak orang, memiliki hubungan yang langgeng merupakan salah satu tujuan utama dalam kehidupan mereka. Untuk mengusahakan hubungan langgeng, simak tips hubungan langgeng berikut.

Kunci Hubungan Langgeng

Hubungan langgeng sering menjadi dambaan bagi banyak orang mengingat banyak hubungan tak bisa terhindarkan berakhir dengan perceraian atau putus hubungan.

Dikutip dari artikel “7 Keys to Long-Term Relationship Success” (2022) oleh Preston Ni dalam situs Psychology Today, cara agar hubungan tetap langgeng, ada beberapa kunci penting yang perlu diperhatikan.

1. Kepercayaan

Kepercayaan adalah faktor pertama dan mungkin yang paling penting dalam keberhasilan hubungan jangka panjang. Tanpa kepercayaan, faktor-faktor lainnya dalam hubungan tidak bermakna.

Pertanyaannya, apakah Anda merasa bisa percaya pada pasangan Anda? Apakah Anda merasa pasangan Anda dapat diandalkan dan dapat dijadikan "batu karang" dalam hidup Anda? Bila terdapat kepercayaan dalam kedua belah pihak, kemungkinan besar hubungan dapat menjadi langgeng.

2. Kecocokan dalam dimensi intimasi

Dalam hubungan, penting untuk memiliki kecocokan dalam empat dimensi intimitas: fisik, emosional, intelektual, dan aktivitas bersama.

Semakin sejalan preferensi Anda dengan pasangan dalam keempat dimensi tersebut maka semakin besar kemungkinan hubungan sehat terjalin dengan baik.

3. Pengaruh pasangan terhadap Anda

Seperti halnya teman, pasangan juga bisa memengaruhi berbagai sisi diri Anda. Pertimbangkan, apakah Anda menjadi diri yang lebih baik ketika bersama pasangan? Atau malah sebaliknya?

Jika Anda tidak menyukai diri Anda saat dalam hubungan atau bahkan menjadi diri yang lebih buruk maka hal itu bisa menjadi pertanda bahwa hubungan yang dijalin tidak sehat.

4. Komunikasi

Komunikasi yang efektif adalah kunci utama untuk menjaga hubungan yang langgeng. Seorang ahli, Dr. John Gottman, menemukan bahwa pemicu utama perceraian adalah adanya sikap merendahkan dari salah satu pasangan.

Dalam berkomunikasi, penting untuk menghargai satu sama lain yakni berbicara dengan lembut pada orangnya dan tegas pada isunya.

5. Penyelesaian konflik

Tips hubungan langgeng adalah memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah. Dengan penyelesaian masalah yang baik, hubungan menjadi lebih ringan karena tidak memiliki beban masalah yang belum terselesaikan.

Fokus untuk menyelesaikan masalah daripada menyerang pribadi pasangan penting untuk dilakukan. Dengan demikian, pasangan dapat saling belajar dan tumbuh melalui kesulitan interpersonal.

6. Menghadapi krisis bersama-sama

Ketika ada kesulitan dalam hidup, apakah Anda dan pasangan mendekatkan diri atau justru menjauh? Berkaitan dengan hal tersebut, salah satu tips hubungan langgeng adalah kemampuan pasangan untuk bersama-sama menghadapi tantangan eksternal.

7. Kesesuaian nilai keuangan

Perselisihan keuangan sering menjadi penyebab utama perceraian. Penting untuk memiliki nilai-nilai atau tujuan keuangan yang sejalan dengan pasangan sehingga dapat menyelesaikan masalah keuangan bersama.

Dengan memperhatikan dan memperbaiki aspek-aspek tersebut, kemungkinan besar Anda dapat menjaga hubungan langgeng dengan pasangan. Kejujuran pada diri sendiri, keterbukaan, dan keinginan untuk tumbuh bersama adalah kunci untuk membuat hubungan langgeng.

Cara Agar Hubungan Tetap Langgeng dan Romantis

Untuk menjaga hubungan tetap langgeng dan romantis, berikut beberapa tips hubungan langgeng dan tidak bosan membosankan yang dirangkum dari situs Relucent Psychology Group dan Stanford Medicine Children’s Health.

1. Komunikasi yang efektif

Komunikasi terbuka dan jujur sangat penting. Melalui ekspresi emosi dan kebutuhan serta membuka diri pada percakapan sulit, hubungan bisa tetap sehat dan langgeng.

2. Membangun kepercayaan

Kepercayaan adalah fondasi dari hubungan romantis. Dengan membangun ikatan kepercayaan, Anda dan pasangan bisa merasa lebih nyaman dan aman satu sama lain.

3. Dukungan dan intimasi fisik

Menunjukkan dukungan dan menginvestasikan waktu dalam intimasi fisik seperti ciuman dan pelukan dapat membantu menjaga hubungan tetap romantis.

4. Pastikan tidak kehilangan diri karena memiliki pasangan

Penting untuk tidak kehilangan diri dalam hubungan. Dukunglah minat dan hobi unik pasangan untuk menjaga rasa individualitas dalam relasi.

5. Bersenang-senang bersama

Fokuslah pada kesenangan dan menciptakan kenangan indah bersama. Bersikaplah terbuka pada pengalaman baru dengan pasangan.

6. Komitmen dan kompromi

Kedua pasangan harus berkomitmen untuk hubungan dan bersedia berkompromi demi kebahagiaan bersama.

7. Menghindari perilaku merusak

Hindari perilaku yang merugikan seperti diam-diaman atau silent treatment, dan belajarlah mendengarkan secara aktif.

Lakukan komunikasi asertif saat terlibat perdebatan dan pertengkaran dalam relasi. Komunikasi asertif merupakan cara komunikasi terbuka dengan tetap menjaga rasa hormat kepada lawan bicara.

Baca juga artikel terkait TIPS HUBUNGAN LANGGENG atau tulisan lainnya dari Umi Zuhriyah

tirto.id - Gaya hidup
Kontributor: Umi Zuhriyah
Penulis: Umi Zuhriyah
Editor: Dhita Koesno