tirto.id - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui akun media sosial Instagram resminya mengumumkan bahwa sedang membuka lowongan untuk posisi protokoler. Pendaftaran rekrtumen ini sudah dibuka sejak Jumat, 25 Juli 2025 hingga hingga Minggu, 3 Agustus 2025.
Baznas merupakan badan resmi bentukan pemerintah yang memiliki tugas dan fungsi, untuk menghimpun maupun menyalurkan zakat, infak, hingga sedekah (ZIS) pada tingkat nasional.
Badan ini resmi didirikan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) RI No. 8 Tahun 2001 tentang Badan Amil Zakat Nasional. Secara organisasi, Baznas bertanggung jawab kepada presiden melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI.
Baznas kali ini membuka rekrutmen untuk mencari kandidat yang sudah memiliki pengalaman di jabatan protokoler. Dengan pengalaman tersebut, diharapkan kandidat bisa mendukung kegiatan pimpinan agar berjalan tertib, rapi, dan profesional sesuai prinsip keprotokolan.
Tugas Protokoler Baznas RI 2025
Tugas protokoler mencangkup kegiatan administrasi hingga koordinasi baik internal maupun eksternal kepada pihak-pihak terkait. Lebih rincinya sebagai berkut:
- Memastikan seluruh kegiatan pimpinan berjalan tertib, rapi, lancar, dan sesuai dengan prinsip keprotokolan.
- Menjalankan fungsi administratif yang diperlukan serta mendampingi pimpinan dalam kegiatan-kegiatan resmi.
- Bertanggung jawab atas pelaksanaan upacara bendera dan acara seremonial lainnya.
- Memberikan pelayanan dalam proses penerimaan tamu pimpinan.
- Menyusun dan mendukung pelaksanaan rapat pleno pimpinan serta rapat manajemen.
- Berkoordinasi dan melakukan konfirmasi dengan pihak internal maupun eksternal.
- Menjalankan tugas lain yang diberikan oleh atasan atau pimpinan.
Syarat Pendaftaran Protokoler Baznas RI 2025
Dalam rekruitmen staf protokoler kali ini, salah satu kriteria Baznas adalah seorang dengan pendidikan minimal S1. Baznas juga menmbahkan bahwa pelamar harus beragama muslim dan juga bersedia bekerja lembur.
- Keseluruhan persyaratan lainnya sebagai berikut:
- Beragama Islam.
- Berpenampilan rapi dan bersih.
- Pendidikan minimal berkuliah S1.
- Memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
- Berpengalaman sebagai protokoler.
- Memahami peraturan perundang-undangan terkait keprotokolan.
- Mampu merancang dan menyusun konsep acara serta tugas-tugas sesuai kewenangan.
- Menguasai administrasi dengan baik.
- Siap bekerja di bawah tekanan.
- Jujur, teliti, fleksibel, dan bertanggung jawab.
- Mampu mengatur waktu secara efektif.
- Bersedia bekerja lembur.
Tata Cara Pendaftaran Protokoler Baznas RI 2025
Bagi calon pelamar yang merasa terarik dan sesuai dengan kriteria yang dicari Baznas, maka tidak ada salahnya untuk mencoba mendaftar.
Tata cara pendaftaran cukup mudah dan pada tahapan pertama, yakni pengumpulan berkas dan biodata akan dilaksanakan secara online.
Calon pelamar bisa mengisi formulir lamaran yang bisa diakses pada laman resmi dengan link tersedia di bawah. Selanjutnya pelamar bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
- Buka laman pendaftaran yang tersedia di bawah.
- Usai laman terbuka, pendaftar bisa mengisi formulir sesuai dengan data yang diminta.
- Pelamar juga diminta untuk mengunggah beberapa data dalam bentuk foto yakni KTP.
- Terdapat juga data yang tersedia dalam bentuk pilihan seperti status pernikahan, domisili, jenjang pendidikan dan pengalaman kerja yang berkaitan dengan Baznas. Pilih salah satu dan pilih "Yang Lain" jika jawaban tidak ada di pilihan.
- Pelamar juga diharuskan mengunggah CV dengan format nama, "Nama Lengkap_Posisi yang Dilamar (contoh : Nur Aisyah_Sekretaris".
- Unggah berkas pendukung lain (pdf maks. 1 MB) portofolio, prestasi, atau pun berkas penunjang lainnya.
- Cantumkan beberapa alamat media sosial yang diminta.
- Jika pelamar memiliki saudara atau kerabat di Baznas maka juga bisa menyantumkan namanya.
- Klik pada pilihan "Dengan ini saya menyatakan bahwa data yang saya isi benar adanya dan dapat dipertanggungjawabkan".
- Terakhir, jangan lupa tekan "kirim".
Penulis: Rachma Dania
Editor: Dicky Setyawan
Masuk tirto.id


































