Menuju konten utama

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka

Rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 2 SD Kurikulum Merdeka yang ringkas, jelas, dan mudah dipahami untuk mendukung proses belajar anak.

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka
Ilustrasi Bahasa Indonesia. FOTO/IStockphoto

tirto.id - Rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 2 SD (Sekolah Dasar) dapat dipergunakan guru dan siswa untuk menunjang proses pembelajaran. Hal ini tidak hanya dapat menumbuhkan semangat belajar, namun juga pemahaman materi secara lebih mendalam.

Mata pelajaran kelas 2 SD Bahasa Indonesia merupakan salah satu pelajaran wajib yang mesti ditempuh para siswa. Untuk itu, demi mencapai tingkat pemahaman minimum, dibutuhkan materi belajar yang cermat dan komprehensif.

Namun, adakah rangkuman materi kelas 2 Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka semester 1 dan 2 yang bisa dilihat? Artikel ini akan memberikan rangkuman materinya yang selanjutnya dapat dipelajari secara mandiri di rumah.

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 2 SD Semester 1

ilustrasi pelajaran bahasa indonesia

ilustrasi pelajaran bahasa indonesia. FOTO/iStockphoto

Dihimpun dari berbagai sumber, simak rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 2 semester 1 Kurikulum Merdeka di bawah ini.

1. Mengenal Perasaan

Tujuan Pembelajaran: Siswa akan mengenal jenis-jenis perasaan dan menceritakannya. Siswa juga akan dapat menulis kalimat menggunakan huruf kapital dan tanda baca yang tepat.

Rangkuman materi:

a. Mengenal jenis-jenis perasaan

Siswa belajar mengenali dan memahami berbagai jenis perasaan yang muncul dalam kehidupan sehari-hari seperti senang, sedih, marah, takut, dan bangga. Contoh perasaan diberikan agar siswa bisa mengidentifikasi dan menyebutkan perasaan yang mereka alami.

b. Menceritakan perasaan

Siswa diajak untuk bercerita tentang pengalaman yang memicu perasaan tertentu. Cerita sederhana ini membantu siswa mengungkapkan perasaan dengan kata-kata. Melatih siswa berbicara dan menulis secara jelas tentang perasaan mereka.

c. Menulis kalimat dengan huruf kapital dan tanda baca yang tepat

Siswa belajar menulis kalimat dengan huruf kapital di awal kalimat dan pada nama orang, tempat, atau kata khusus lainnya. Siswa juga belajar menggunakan tanda baca seperti titik (.), tanda tanya (?), dan tanda seru (!) dengan benar dengan latihan menulis kalimat sederhana tentang perasaan menggunakan huruf kapital dan tanda baca yang tepat.

2. Menjaga Kesehatan

Tujuan pembelajaran: Siswa akan mengetahui kesehatan mata dan olahraga, termasuk mampu menulis kalimat dengan pola subjek, predikat, dan objek. Selain itu, siswa juga akan membaca kalimat berisi kata-kata yang sering kamu temui sehari-hari dan bisa membaca grafik.

Rangkuman materi:

a. Mengetahui kesehatan mata dan olahraga

Siswa belajar tentang pentingnya menjaga kesehatan mata, seperti cara merawat mata agar tetap sehat serta memahami manfaat olahraga bagi tubuh dan kesehatan mata.

b. Menulis kalimat dengan pola subjek, predikat, dan objek

Siswa belajar menyusun kalimat sederhana yang terdiri dari subjek (pelaku), predikat (kata kerja), dan objek (yang dikenai tindakan). Dilakukan dengan latihan menulis kalimat tentang kesehatan mata dan olahraga dengan pola tersebut.

c. Membaca kalimat dengan kata-kata dalam kehidupan sehari-hari

Siswa berlatih membaca kalimat yang berisi kata-kata yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari agar kemampuan membaca dan pemahaman meningkat. Menggunakan kalimat sederhana dan familiar untuk memudahkan siswa mengenali kosakata.

d. Membaca grafik

Siswa dikenalkan cara membaca grafik sederhana yang berhubungan dengan tema kesehatan dan olahraga. Adapun grafik bisa berupa data jumlah teman yang suka olahraga, atau grafik kegiatan menjaga kesehatan mata. Hal ini melatih siswa memahami informasi dari grafik secara visual.

3. Berhati-hati di Mana Saja

Tujuan Pembelajaran: Siswa akan mengetahui keselamatan di tempat umum, melakukan percakapan sederhana, dan menulis cerita tentang pengalaman pribadi. Siswa juga akan dapat menulis kalimat perintah dan mengenal di sebagai kata depan dan awalan.

Rangkuman materi:

a. Mengetahui keselamatan di tempat umum

Siswa belajar tentang aturan dan cara menjaga keselamatan saat berada di tempat umum seperti di jalan, sekolah, atau pasar. Di sini akan dijabarkan beberapa contoh tindakan yang aman dan yang harus dihindari agar tetap selamat.

b. Melakukan percakapan sederhana

Siswa berlatih melakukan percakapan sederhana yang berhubungan dengan keselamatan di tempat umum. Siswa akan latihan berbicara dengan menggunakan kalimat yang sopan dan jelas, misalnya menanyakan arah atau memberi peringatan.

c. Menulis cerita tentang pengalaman pribadi

Siswa belajar menulis cerita singkat berdasarkan pengalaman pribadi yang berkaitan dengan keselamatan di tempat umum. Ini melatih siswa mengungkapkan ide secara runtut dan menggunakan kalimat yang sederhana.

d. Menulis kalimat perintah

Siswa belajar membuat kalimat perintah yang jelas, antara lain seperti, “Berjalanlah di trotoar!” atau “Gunakan zebra cross!”, dan sebagainya. Ini dapat melatih penggunaan kalimat perintah untuk memberi arahan atau petunjuk.

e. Mengenal “di” sebagai Kata Depan dan Awalan

Siswa memahami perbedaan “di” yang digunakan sebagai kata depan (misalnya: di rumah, di sekolah) dan sebagai awalan pada kata kerja pasif (misalnya: dibina, disapu). Siswa akan diberikan contoh dan latihan agar bisa membedakan penggunaan “di” dalam kalimat.

4. Keluargaku Unik

Tujuan Pembelajaran: Siswa akan mengenal tentang keragaman keluarga. Siswa juga akan dapat menyimak informasi melalui teks gambar yang dibacakan. Selain itu, siswa akan mampu menulis kalimat aktif dan kalimat pasif, serta memahami kalimat informatif dari tabel.

Rangkuman materi:

a. Mengenal keragaman keluarga

Siswa belajar tentang berbagai macam jenis keluarga yang ada di sekitar, misalnya keluarga besar, keluarga inti, hingga keluarga dengan anggota yang berbeda-beda. Memahami bahwa setiap keluarga unik dan memiliki cara hidup yang berbeda.

b. Menyimak informasi melalui teks gambar

Siswa berlatih menyimak atau mendengarkan informasi yang disampaikan melalui teks gambar yang dibacakan guru atau teman. Ini merupakan latihan memahami isi cerita atau pesan dari gambar dan teks yang ada.

c. Menulis kalimat aktif dan kalimat pasif

Siswa belajar membedakan kalimat aktif (pelaku melakukan sesuatu) dan kalimat pasif (pelaku dikenai tindakan), serta latihan membuat kedua jenis kelimat tersebut berdasarkan tema keluarga. Contoh kalimat aktif seperti, “Ibu merapikan meja.” Sementara untuk kalimat pasif, “Meja dirapikan oleh Ibu.”

d. Memahami kalimat informatif dari tabel

Siswa diperkenalkan cara membaca tabel sederhana yang berisi informasi tentang keluarga atau hal lain yang relevan. Siswa belajar menyimpulkan informasi dan membuat kalimat informatif berdasarkan data dalam tabel.

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 2 SD Semester 2

Ilustrasi Bahasa Indonesia

Ilustrasi Bahasa Indonesia. tirto.id/iStockphoto

Lebih lanjut, berikut disajikan rangkuman pelajaran kelas 2 SD Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka semester 2 sebagai bahan pembelajaran.

1. Berteman dalam Keragaman

Tujuan Pembelajaran: Siswa akan dapat menggunakan kata ajaib, membaca fabel, memaknai kosakata, bermain peran, dan menulis fabel. Selain itu, siswa juga akan mengenal kata benda, kata sifat, dan antonim, serta dapat menuliskannya dalam kalimat.

Rangkuman materi:

a. Menggunakan kata ajaib

Siswa belajar mengenal dan menggunakan kata ajaib seperti “tolong”, “terima kasih”, “maaf”, dan kata-kata sopan lainnya dalam percakapan sehari-hari agar dapat berkomunikasi dengan baik dan sopan.

b. Membaca dan memaknai fabel

Siswa diajarkan membaca fabel, yakni cerita tentang hewan yang berperilaku seperti manusia sehingga bisa memahami pesan moral dan makna kosakata baru dari cerita fabel.

c. Bermain peran

Siswa berlatih bermain peran berdasarkan cerita fabel yang telah dibaca, sehingga dapat melatih kemampuan berbicara, ekspresi, dan kerja sama dalam kelompok.

d. Menulis fabel

Siswa belajar menulis cerita fabel sederhana dengan tokoh hewan dan pesan moral. Ini lebih jauh dapat mengembangkan kemampuan menulis dengan ide yang jelas dan runtut.

e. Mengenal kata benda, kata sifat, dan antonim

Siswa mengenal jenis kata seperti kata benda (contoh: batu, pohon), kata sifat (contoh: panjang, pendek), dan antonim (kata yang berlawanan makna, seperti tinggi-rendah, cepat-lambat) lalu latihan menulis kalimat yang memuat ketiga jenis kata tersebut.

2. Bijak Memakai Uang

Tujuan Pembelajaran: Siswa akan mengenal uang dan pekerjaan. Siswa juga akan mengenal peribahasa, memahami pantun sederhana, dan mengenali rima di dalamnya. Selain itu, siswa juga akan dapat membedakan pengeluaran barang dan jasa.

Rangkuman materi:

a. Mengenal uang dan pekerjaan

Siswa belajar mengenal uang sebagai alat tukar dalam kehidupan sehari-hari, sekaligus memahami berbagai jenis pekerjaan yang biasa ditemui seperti guru, pedagang, petani, dan sebagainya. Di sini akan dijelaskan pula bagaimana uang diperoleh melalui pekerjaan.

b. Mengenal peribahasa

Siswa diperkenalkan dengan peribahasa, yaitu ungkapan yang mengandung makna atau pesan tertentu. Melatih siswa memahami pesan moral dari peribahasa.

c. Memahami pantun sederhana dan mengenali rima

Siswa belajar membaca dan memahami pantun sederhana, termasuk mengenali rima (bunyi yang sama di akhir baris pantun), misalnya a-b-a-b atau a-a-a-a. Siswa dilatih membuat pantun sederhana dengan rima yang tepat.

d. Membedakan pengeluaran barang dan jasa

Siswa belajar membedakan pengeluaran untuk membeli barang (benda fisik) dan jasa (pelayanan), sehingga dapat memahami perbedaan antara barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari.

3. Sayang Lingkungan

Tujuan Pembelajaran: Siswa akan dapat menceritakan langkah-langkah mendaur ulang sampah plastik, menulis kalimat imbauan dan kata ulang, serta membaca dan menulis puisi.

Rangkuman materi:

a. Menceritakan langkah-langkah mendaur ulang sampah plastik

Siswa belajar mengenal proses daur ulang sampah plastik secara sederhana. Di samping itu, siswa diajak menyusun cerita tentang langkah-langkah mendaur ulang sampah plastik, misalnya mengumpulkan, memilah, membersihkan, dan mengolah sampah plastik sehingga dapat melatih siswa berbicara dan menulis secara runtut tentang kegiatan tersebut.

b. Menulis kalimat imbauan dan kata ulang

Siswa belajar menulis kalimat imbauan, yakni kalimat yang mengajak atau menyarankan sesuatu, seperti “Mari kita jaga kebersihan!” atau “Ayo, buang sampah pada tempatnya!” Siswa juga diajarkan menggunakan kata ulang dalam kalimat, misalnya “bersih-bersih” atau “cepat-cepat”, yang berhubungan dengan tema.

c. Membaca dan menulis puisi

Siswa berlatih membaca puisi sederhana yang berkaitan dengan lingkungan dan daur ulang, lalu mencoba memahami isi puisi dan makna kata-kata di dalamnya. Selain itu, siswa juga belajar menulis puisi sederhana dengan tema lingkungan, menggunakan kata-kata yang mudah dipahami dan indah.

Alokasi anggaran pendidikan tahun 2024

Sejumlah siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar di SD Negeri 1 Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara, Senin (6/11/2023). ANTARA FOTO/Andri Saputra/rwa.

4. Hobi yang Jadi Prestasi

Tujuan Pembelajaran: Siswa akan mengenal tentang hobi. Selain itu, siswa juga akan memahami instruksi pembuatan origami, membaca kalimat berisi kata-kata yang sering ditemui sehari-hari, serta dapat menulis teks yang menceritakan tentang hobi masing-masing.

Rangkuman materi:

a. Mengenal tentang hobi

Siswa belajar mengenal berbagai macam hobi, seperti membaca, bermain bola, menggambar, dan sebagainya. Memahami bahwa hobi adalah kegiatan yang dilakukan dengan senang hati di waktu luang.

b. Memahami instruksi pembuatan origami

Siswa belajar membaca dan memahami instruksi sederhana tentang cara membuat origami (kerajinan kertas).

c. Membaca kalimat berisi kata-kata sehari-hari

Siswa berlatih membaca kalimat yang berisi kata-kata yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari, agar kemampuan membaca dan pemahaman semakin baik. Mempelajari kalimat yang mudah dipahami dan relevan dengan tema hobi dan kegiatan sehari-hari.

d. Menulis teks yang menceritakan tentang hobi

Siswa belajar menulis teks sederhana yang menceritakan hobi masing-masing. Ini juga berupa latihan menyampaikan ide secara runtut dan menggunakan kalimat yang jelas dan mudah dimengerti.

Demikian rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 2 SD semester 1 dan 2 yang bisa dipelajari secara mandiri di rumah. Dengan menguasai materi pelajaran, diharapkan tidak hanya timbul pemahaman diri siswa, namun juga kepekaan terhadap lingkungan sekitar.

Ingin belajar lebih praktis dan cepat? Berikut adalah kumpulan rangkuman materi untuk menemukan kumpulan materi lengkap yang bisa membantu kamu memahami pelajaran dengan lebih mudah.

KUMPULAN LINK ARTIKEL RANGKUMAN MATERI BERBAGAI KELAS

Baca juga artikel terkait RANGKUMAN MATERI atau tulisan lainnya dari Muhammad Faisal Akbar

tirto.id - Edusains
Kontributor: Muhammad Faisal Akbar
Penulis: Muhammad Faisal Akbar
Editor: Yulaika Ramadhani