tirto.id - Latihan soal ANBK kelas 5 Literasi Membaca dan download soal AKM SD kelas 5 dan jawabannya dapat dipakai belajar sebelum ujian. Latihan soal tersebut digunakan sebagai bahan belajar siswa kelas 5 SD.
Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud. Pelaksanaan ANBK meliputi 3 instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar.
AKM salah satunya digunakan untuk mengukur literasi membaca para siswa, termasuk ketika guru memberikan soal literasi membaca ANBK kelas 5.
Tahun ini, jadwal ANBK akan dilaksanakan dalam rentang waktu Agustus hingga November 2024.
Kisi-Kisi Materi ANBK Kelas 5 SD Tahun 2024 Literasi Membaca
Kisi-kisi materi soal literasi SD kelas 5 Bahasa Indonesia mencakup 3 indikator kompetensi yaitu menemukan informasi, memahami, hingga mengevaluasi dan merefleksi. Cakupan terkait kisi-kisi materi literasi membaca ANBK kelas 5 adalah:
1. Menemukan Informasi
- Mengakses dan mencari informasi dalam teks
2. Memahami
- Memahami teks secara literal
- Menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak
3. Mengevaluasi dan merefleksi
- Menilai format penyajian dalam teks
- Merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan, menetapkan pilihan, dan mengaitkan isi teks terhadap pengalaman pribadi
Contoh Soal ANBK 2024 SD AKM Literasi Membaca dan Jawaban
Berikut ini beberapa contoh soal ANBK kelas 5 literasi membaca dan kunci jawabannya yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk bahan belajar sebelum mengikuti ujian:
Baca teks berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 1, 2, dan 3.
Ketika Adik Demam
Pagi itu, adik mengeluh sakit. Ibu segera mengecek suhu tubuh adik menggunakan termometer. Terlihat angka 38°C pada termometer.
Ibu menyiapkan baskom berisi air hangat dan memasukkan handuk kecil ke baskom tersebut kemudian memerasnya. Ibu mengompres dahi Adik dengan handuk itu.
“Mengompres dengan air hangat dapat menurunkan suhu tubuh,” ucap Ibu.
Ibu menyuruh aku melanjutkan mengompres karena ingin ke dapur. Setelah Ibu keluar kamar, aku melihat badan adik menggigil. Segera kuselimuti tubuh adik.
Tiba-tiba, Ibu masuk dengan mangkuk di tangannya. Ibu melepas selimut yang menutupi tubuh adik.
“Tubuh Adik menggigil, Bu,” ucapku memberitahu.
“Menggunakan selimut tebal saat demam, itu hal keliru. Sebaiknya gunakan pakaian yang longgar, nyaman, dan bisa menyerap keringat,” jelas Ibu.
“Ibu, adik berkeringat terus,” ucapku khawatir.
“Tidak apa-apa, itu upaya alami dari tubuh adik untuk menurunkan suhu agar menjadi normal,” jelas Ibu.
“Wah, ternyata berkeringat ada gunanya juga, tak hanya membuat bau.” ucapanku membuat Adik tertawa.
“Sekarang, Adik harus makan. Sup hangat ini dapat mencegah dehidrasi dan meningkatkan daya tahan tubuh,” bujuk Ibu.
Selesai makan, Ibu menyuruh adik tidur. Menurut Ibu, orang yang sedang demam harus banyak istirahat. Sore hari saat bangun, Adik sudah tidak demam.
1. Jika kamu mengalami kejadian seperti tokoh adik, apa yang harus kamu lakukan? Jawaban benar lebih dari satu.
A. Banyak beristirahat agar lebih cepat pulih.
B. Makan sup hangat untuk mencegah dehidrasi.
C. Menyelimuti tubuh dengan selimut yang tebal.
2. Bagaimana perbandingan sikap tokoh aku dan Ibu saat adik sakit? Klik pada pilihan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berdasarkan isi teks!
Pernyataan | Benar | Salah |
Ibu sangat panik, sedangkan tokoh aku acuh. | √ | |
Tokoh aku cemas, sedangkan Ibu lebih tenang. | √ |
3. Di manakah latar cerita tersebut berlangsung? Klik pada pilihan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berdasarkan isi teks!
Pernyataan | Benar | Salah |
Aku menemani ibu di dapur membuat sup panas. | √ | |
Aku selalu di kamar adik selama dia sakit. | √ |
Teks berikut untuk pertanyaan nomor 3, 4, dan 5:
Buah dari Berbagi
Sudah tiga hari Yudi berlibur ke rumah neneknya di desa. Di sana, ia bertemu dengan sepupunya, Ridho. Ridho ini aneh sekali. Hampir setiap jam, rumahnya selalu diketuk tetangga.
"Ridho, apa kau punya tali?" seorang anak berambut keriting muncul.
"Ada," sahut Ridho ramah. la langsung mengambil tali, lalu memberikannya kepada anak itu.
Tidak lama, muncul seorang anak perempuan, "Ridho, boleh pinjam ember?"
"Ambil saja di dekat pagar," tukas Ridho ramah.
Berikutnya datang seorang anak remaja, "Ridho, minta daun kemangi di halaman ya?"
"Ambil saja, Bang," seru Ridho.
Begitu seterusnya, tetangganya terus-menerus berdatangan. Ridho selalu ramah melayani keperluan mereka.
"Ridho," kata Yudi, "Apa kamu tidak pernah merasa rugi?"
Ridho terkekeh, "Mereka tetanggaku. Sudah seharusnya aku bersikap baik.”
"Tetangga itu seperti keluarga,” ungkap Tante Artha, Ibu Ridho, "Kalau kita kesulitan, mereka yang datang membantu pertama kali,” lanjutnya.
Keesokan harinya, pagi-pagi di halaman rumah Ridho berjejer karung-karung.
"Ridho kamu sedang panen?” tanya Yudi.
Ridho menggeleng. Ia mengajak Yudi membuka karung tersebut. İsinya bermacam-macam. Ada kacang tanah, durian, pepaya, pisang, dan lain-lain.
"Ini semua pemberian tetangga.”
"Semua ini?” Yudi takjub.
Ridho mengangguk.
"Mereka suka berbagi hasil panen mereka. Jadi, aku dan ibuku juga suka berbagi pada mereka.”
Yudi akhirnya ikut mengangguk. Berbagi tidak pernah mengurangi apa pun, malah balasannya bisa berkali-kali lipat.
4. Berdasarkan teks, mengapa berbagi tidak akan membuat kita rugi? Jawaban benar lebih dari satu.
A. Kalau kita berbuat baik, pasti akan dibalas kebaikan juga.
B. Dengan berbagi, kita tidak akan kesulitan dalam hidup.
C. Berbagi tidak mengurangi apa pun, tetapi malah sebaliknya.
5. Bagaimanakah penggambaran watak tokoh Ridho? Klik pilihan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan sesuai isi teks!
Pernyataan | Benar | Salah |
Baik hati dan senang berbagi pada tetangga. | √ | |
Suka melakukan hal aneh pada tetangga. | √ |
6. Mengapa pagi-pagi berjejer karung-karung di halaman rumah Ridho? Klik pilihan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan sesuai isi teks!
Pernyataan | Benar | Salah |
Keluarga Ridho sedang memanen hasil kebun. | √ | |
Tetangga membagikan hasil panen mereka. | √ |
7. Apa yang diminta seorang anak remaja pada Ridho?
A. Seutas tali.
B. Sebuah ember.
C. Daun kemangi.
D. Buah-buahan.
Simak teks di bawah untuk pertanyaan nomor 8, 9 dan 10
Lomba Pacu Jalur
Pacu jalur merupakan sebuah perlombaan mendayung di sungai dengan menggunakan sebuah perahu panjang yang terbuat dari kayu pohon. Panjang perahu ini bisa mencapai 25 hingga 40 meter dan lebar bagian tengah kira-kira 1,3 meter sampai dengan 1,5 meter. Dalam bahasa penduduk setempat, kata jalur berarti Perahu. Pacu jalur biasanya dilakukan di Sungai Batang Kuantan. Hal ini tak lepas dari catatan panjang sejarah Sungai Batang Kuantan yang terletak di antara Kecamatan Hulu Kuantan bagian hulu dan Kecamatan Cerenti di hilir yang telah digunakan sebagai jalur pelayaran jalur sejak awal abad ke-17.
Di sungai ini pula perlombaan pacu jalur pertama kali dilakukan. Arena lomba pacu jalur bentuknya mengikuti aliran Sungai Batang Kuantan, dengan panjang lintasan sekitar 1 km. Lintasan ditandai dengan enam tiang pancang. Keunikan lomba pacu jalur ini terlihat pada jalur-jalur yang diberi ukiran indah, seperti ukiran kepala ular, buaya, atau harimau. Ukiran tersebut juga ada di bagian lambung maupun selembayung perahu. Ada pula perlengkapan seperti payung, tali-temali, selendang, tiang tengah (gulang-gulang) serta lambai-lambai (tempat juru mudi berdiri), mengingat terdapat banyak pendayung dalam satu jalur ditambah satu orang juru mudi yang berdiri.
Kegiatan pacu jalur merupakan pesta rakyat yang terbilang sangat meriah. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, pacu jalur merupakan puncak dari seluruh kegiatan, segala upaya, dan segala keringat yang mereka keluarkan untuk mencari penghidupan selama setahun. Masyarakat Kuantan Singingi dan sekitamya tumpah ruah menyaksikan acara yang ditunggu-tunggu ini.
8. Pacu jalur merupakan perlombaan mendayung di sungai dengan menggunakan perahu panjang dari kayu pohon. Hal-hal apa saja yang berkaitan dengan informasi tersebut? Jawaban benar lebih dari satu.
A. Perahu pacu jalur harus melewati lintasan sepanjang 1 kilometer dengan ukiran di sungai dengan satu tiang pancang.
B. Panjang perahu mencapai 25-40 meter dan lebar bagian tengah kira-kira 1,3-1,5 meter.
C. Sungai Batang Kuantan menjadi lokasi pacu jalur karena merupakan jalur pelayaran sejak awal abad ke-17.
9. Perahu panjang yang digunakan untuk perlombaan pacu jalur terbuat dari apa?
A. Kayu Secang
B. Kayu Menjangan
C. Kayu Pohon
10. Keunikan apa yang terdapat pada lomba pacu jalur berdasarkan teks tersebut?
A. Arena lomba pacu jalur bentuknya mengikuti aliran Sungai Batang Kuantan.
B. Jalur pacu jalur diberi ukiran indah, seperti ukiran kepala ular, buaya, atau harimau.
C. Terdapat banyak pendayung dalam satu jalur ditambah satu orang juru mudi yang berdiri.
Teks berikut untuk pertanyaan nomor 11 dan 12
Hari Istimewa Suwidak Loro
Ada undangan pesta di istana.
Suwidak Loro ingin datang dan membawa makanan istimewa.
Nama makanan itu botok.
Suwidak Loro sudah menyiapkan bahannya.
Ada cabai, bawang merah, dan bawang putih.
Ada juga garam dan gula merah.
Semua bahan dihaluskan.
Suwidak Loro harus memarut kelapa dan mengiris tempe.
Semua bahan dicampur dan dibungkus daun pisang.
Setelah itu botok dimasak dengan cara dikukus.
Setelah matang botok akan dibawa ke istana.
Sekarang Suwidak Loro sudah ada di istana.
Namun Suwidak Loro takut tuan putri tidak menyukai botoknya.
Ternyata tuan putri suka sekali dengan botok Suwidak Loro.
Tuan Putri juga menawarkan pada anak yang lain.
Suwidak Loro senang sekali.
Suwidak Loro adalah anak dari keluarga miskin, tetapi tuan putri tetap menerima makanan darinya.
11. Suwidak Loro merasa takut ketika sampai di istana. Apa yang membuatnya merasa demikian?
A. Ia belum pernah diundang ke istana.
B. Ia hanya membawa botok buatan sendiri.
C. Ia khawatir tuan putri tidak menyukai botoknya.
12. Menurutmu, bagaimana sifat tuan putri terhadap teman-temannya?
A. Pekerja keras
B. Rendah hati
C. Rendah diri
Pertanyaan untuk soal nomor 13 dan 14
Ada seekor Semut yang rajin bekerja. Setiap hari, ia mengumpulkan makanan. Makanan itu disimpan di lumbung untuk persediaan musim dingin. Semut lebih giat bekerja mengumpulkan makanan. Sementara itu, Belalang sangat malas. Setiap hari hanya makan dan makan.
Belalang suka mengejek semut. Katanya, Semut sangat berlebihan. Seharusnya Semut menikmati makanan yang ada. Semut mengingatkan belalang tentang musim dingin. Semut mengajak Belalang mengumpulkan makanan, tetapi ditolaknya. Akhirnya musim dingin datang. Belalang datang kepada semut. Ia memohon untuk diberi makanan.
13. Apa yang dilakukan Semut setiap hari?
A. Mengumpulkan makanan.
B. Mengingatkan belalang.
C. Mengejek belalang.
14. Apa yang perlu ditambah pada gambar supaya semakin mendukung isi cerita?
A. Gambar deretan semut berjalan rapi.
B. Gambar belalang memakan banyak makanan.
C. Gambar lumbung tempat semut menyimpan makanan.
Pertanyaan untuk soal nomor 15
Hasan suka makan cokelat dan permen karena rasanya manis. Setiap hari, Hasan memakan coklat dan permen.
Sisa coklat dan permen menempel di giginya. Namun, Hasan malas menggosok gigi. Ibu selalu menasehati Hasan agar menggosok gigi. Hasan tidak menurut. Hasan tetap malas menggosok gigi.
Suatu hari, gigi Hasan sakit. Hasan terus menangis. Ibu mengajak Hasan ke dokter gigi. Ternyata, gigi Hasan berlubang. Kata dokter, gigi Hasan berlubang karena Hasan malas menggosok gigi. Sejak saat itu, Hasan rajin menggosok gigi dua kali sehari
15. Mengapa Hasan pergi ke dokter gigi?
A. Hasan suka makan cokelat.
B. Hasan malas menggosok gigi.
C. Gigi Hasan sakit.
Pertanyaan untuk soal nomor 16
Rumah Ambar selalu menjadi tempat berobat. Kali ini, Gajah berkunjung untuk memeriksa kakinya kembali.
“Jangan lupa minum obatmu!” pesannya.
Setelah semua selesai, tiba-tiba ….
"Kenapa mataku berkunang-kunang? Aku harus meminum ramuan khusus," kata Gajah.
Ambar memerlukan beberapa daun untuk ramuannya. Daun itu hanya ada di tengah hutan.
16. Apa yang dilakukan Ambar ketika bertemu dengan burung?
A. Memberikan beberapa daun yang Ambar butuhkan kepada burung.
B. Memberitahu cara menyembuhkan sakit yang diderita burung dengan ramuannya.
C. Bertanya dan mengobati burung dengan daun yang Ambar peroleh.
Pertanyaan untuk soal nomor 17 dan 18
Tahukah kamu?
Tidur adalah kegiatan penting untuk tubuh.
Usia 6 sampai 12 tahun harus tidur 9 sampai 12 jam setiap hari. Usia 13 sampai 18 tahun harus tidur 8 sampai 10 jam setiap hari.
Energimu bisa pulih setelah tidur. Tidur dapat memberikan pengaruh untuk suasana hati, kesehatan fisik, dan mental.
Tidur termasuk obat dari segala penyakit, lho!
Kamu harus tidur dengan nyenyak, ya! Ada 4 tips untuk dapat tidur dengan nyenyak, lho!
- Tidur di kamar yang nyaman.
- Kamu dapat melakukan hal yang menenangkan sebelum tidur. Misalnya membaca buku atau melakukan latihan pernapasan.
- Kamu perlu membuat jadwal tidur harian. Selain itu, kamu juga perlu melakukan jadwal yang sudah dibuat.
- Matikan HP, laptop, TV, dan sebagainya.
A. 6 tahun.
B. 13 tahun.
C. 5 tahun.
D. 18 tahun.
18. Kamu tidak bisa tidur nyenyak. Apa yang bisa kamu lakukan agar bisa tidur nyenyak?
A. Minum kopi di malam hari
B. Memutar film di laptop saat tidur.
C. Melakukan latihan pernapasan.
D. Tidur di ruang tamu dengan TV menyala.
Pertanyaan untuk soal nomor 19, dan 20
Apakah kamu pernah melihat caping? Caping adalah benda hasil kerajinan tangan sejenis topi. Bentuknya seperti kerucut. Fungsinya adalah untuk melindungi kepala dari sinar matahari.
Caping biasanya dibuat dari anyaman bambu. Agar tidak mudah jatuh ketika dipakai, caping memiliki tali. Bentuk tali caping mirip dengan huruf “U”.
Kamu bisa meletakkan tali caping di bawah dagu. Ingat, caping tidak boleh menutupi pandangan matamu. Jadi, kamu tetap bisa melihat.
Caping biasanya dipakai oleh para petani. Mereka memakainya ketika menanam padi di sawah. Selain itu, caping juga sering dipakai orang-orang ketika karnaval.
19. Benda apa yang menjadikan caping tidak mudah terjatuh ketika dipakai?
A. Topi
B. Tali
C. Bambu
20. Caping biasanya dipakai oleh siapa? Jawaban benar lebih dari 1
A. Petani
B. Pekerja Proyek
C. Orang-orang saat karnaval
Link Download Soal Literasi Membaca Kelas 5 SD dan Jawabannya
Berikut ini link download soal AKM SD kelas 5 dan jawabannya untuk literasi membaca.
1. Contoh soal literasi SD kelas 5 (teks fiksi)
2. Contoh soal literasi membaca ANBK kelas 5 SD (teks informasi)