Bagaimana Cara Meningkatkan & Memperbaiki Suasana Hati dengan Cepat

Kontributor: Yunita Dewi - 2 Agu 2022 10:01 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Cara meningkatkan mood dan memperbaiki suasana hati dengan cepat bisa dilakukan dengan berbagai hal seperti mengelola tingkat stres hingga tidur cukup.
tirto.id - Suasana hati atau bisa disebut juga dengan mood seseorang bisa berubah-ubah setiap waktu. Bahkan, terkadang ada kalanya suasana hati menjadi buruk sekali, sehingga mengurangi gairah untuk melakukan beraktivitas. Salah satu faktor yang memengaruhi suasana hati ialah hormon dalam tubuh.

Hormon merupakan senyawa kimia di dalam tubuh yang diproduksi oleh berbagai kelenjar di tubuh. Beberapa jenis hormon tertentu di dalam tubuh dikenal bisa membantu meningkatkan perasaan positif, termasuk kebahagiaan dan kesenangan. Jenis hormon ini di antaranya dopamin, serotonin, oksitosin, dan endorfin.

Lantas, bagaimanakah cara meningkatkan sekaligus memperbaiki suasana hati ketika mood tiba-tiba memburuk?

Cara meningkatkan mood dan memperbaiki suasana hati dengan cepat



Dilansir dari laman resmi NHS, berikut enam cara yang dapat membantu Anda meningkatkan mood dan memperbaiki suasana hati menjadi lebih bahagia:

1. Kelola tingkat stres Anda

Jika Anda sedang mengalami stres karena menghadapi berbagai masalah kehidupan, temukan cara untuk menguranginya dengan mempelajari teknik manajemen waktu. Lakukan hal-hal positif seperti berolahraga secara teratur. Dengan mengontrol waktu dapat mengurangi stres pada diri Anda.

Jika sedang mengalami cemas dan stres secara bersamaan, maka cobalah untuk mengatur pernapasan dengan tarik napas panjang dan keluarkan melalui mulut. Lakukan latihan tersebut hingga stres berkurang.

Infografik SC Memperbaiki Suasana Hati
Infografik SC Memperbaiki Suasana Hati. tirto.id/Ecun


2. Lakukan kegiatan yang bisa meningkatkan mood Anda

Lakukan kegiatan sederhana seperti menonton, berolahraga bersama teman, berendam di bak mandi atau bertemu dengan teman untuk meminum kopi. Beberapa hal ini bisa meningkatkan suasana hati Anda.

Selain itu, lakukan sesuatu yang Anda kuasai seperti memasak atau menari, sehingga dapat meningkatkan mood dan merasa bangga terhadap keahlian yang dimiliki.

Hindari kegiatan yang terlihat menyenangkan, tetapi pada akhirnya membuat Anda merasa lebih buruk, seperti mengonsumsi terlalu banyak alkohol dan junk food.

3. Tingkatkan harga diri Anda

Cara terbaik untuk meningkatkan harga diri adalah dengan memperlakukan diri sendiri seperti Anda memperlakukan seorang sahabat yang berharga, dengan cara positif dan jujur.

Jangan suka merendahkan diri sendiri dengan berkata, “Kamu sangat bodoh karena tidak diterima di pekerjaan itu.” Sebaiknya, ubah pikiranmu menjadi, “Apakah saya mau mengatakan hal itu kepada sahabat saya?.” Kebanyakan orang mungkin tidak tega untuk mengatakan hal tersebut.

Katakan hal-hal positif kepada diri sendiri seperti, “Kamu orang yang pintar dan suatu saat nanti kamu pasti akan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.”

4. Ubah gaya hidup menjadi lebih sehat

• Batasi asupan alkohol

Bagi sebagian orang, alasan mengonsumsi alkohol saat memiliki banyak masalah adalah karena minuman keras bisa membuatnya lupa terhadap masalah yang sedang dihadapi meski hanya sementara.

Namun, alkohol justru bisa membuat Anda lebih agresif dan mudah marah. Bahkan, bisa membuat diri semakin tertekan.

• Pilih diet seimbang

Diet berperan penting dalam menjaga kesehatan emosional. Lakukan hal positif untuk diri sendiri yang bisa meningkatkan harga diri Anda.

Diet yang baik bisa membantu otak dan tubuh bekerja secara efisien. Usahakan untuk menerapkan pola makan yang seimbang yang mencakup semua kelompok makanan utama.

• Lakukan beberapa olahraga

Dilansir dari Hopkinsmedicine, berolahraga dapat membantu meningkatkan suasana hati dan menangkal depresi.

Melakukan olahraga ringan dapat melepaskan bahan kimia di otak sehingga dapat meningkatkan mood Anda. Bahkan, berolahraga dapat memperbaiki pola tidur menjadi lebih nyenyak, memiliki lebih banyak energi, dan menjaga kesehatan jantung.

Pilihlah olahraga yang disukai, lakukan bersama teman atau dengan mendengarkan musik supaya lebih rileks. Bagi orang dewasa sebaiknya melakukan olahraga kurang lebih 150 menit dalam seminggu.

• Tidur cukup

Jumlah rata-rata tidur yang dibutuhkan oleh orang dewasa adalah sekitar 7 hingga 8 jam per hari, supaya tubuh dan pikiran mereka dapat beristirahat dengan sempurna. Sebelum tidur, usahakan tulis daftar “Kegiatan yang harus dikerjakan” untuk hari berikutnya, hal ini bisa menjernihkan pikiran dari segala gangguan.

5. Bicara dan berbagi

Berkomunkasi adalah hal yang penting, baik dilakukan dengan teman maupun dengan anggota keluarga sendiri. Membicarakan banyak hal dapat membantu Anda melepaskan ketegangan.

Oleh sebab itu, sebaiknya jangan hanya menyimpan permasalahan untuk diri sendiri. Dengan berkomunikasi dapat membantu memperkuat hubungan Anda dengan orang lain.

Banyak yang merasa bahwa dengan mengobrolkan hal-hal yang mengganggu pikiran dapat membuat mood menjadi lebih baik.

6. Bangun ketahanan diri

Dengan membangun ketahanan diri untuk menghadapi berbagai kemungkinan dan mengatasi pasang surut kehidupan sangat efektif untuk meningkatkan suasana hati. Membuat sesuatu yang berharga ketika dihadapkan dengan situasi yang menyakitkan dapat membantu menumbuhkan ketahanan pada diri Anda.

Buatlah sebuah kelompok yang bertujuan membantu orang lain dengan menciptakan sesuatu yang kreatif yang terinspirasi dari pengalaman buruk yang dialami, yakni seperti menulis, melukis, atau menyanyi sehingga semua orang bisa mengekspresikan rasa sakit dan melewati masa-sama sulit dengan kegiatan tersebut.


Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Yunita Dewi
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Yunita Dewi
Penulis: Yunita Dewi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight