tirto.id - Gangguan atau error layanan provider Smartfren dilaporkan terjadi sejak Jumat (3/10/2025) pagi. Menjelang sore, sejumlah pengguna masih melaporkan gangguan tersebut.
Gangguan layanan ini sebelumnya dikonfirmasi pihak Smartfren melalui akun X (Twitter), @smartfrenworld pada Jumat pukul 10.44 WIB. Smartfren menyebutkan, gangguan ini terkait layanan data, SMS, dan telepon, serta terjadi di sejumlah area.
“Kami akan menginformasikan kembali saat layanan kembali normal,” jelas Smartfren melalui akun X-nya.
Gangguan ini dikeluhkan pengguna di media sosial Instagram, X, hingga dilaporkan di sejumlah situs. Lantas, bagaimana layanan Smartfren pada Jumat sore ini? Apakah sudah kembali normal?
Smartfren Error Hari Ini 3 Oktober 2025 Sampai Jam Berapa?
Menjelang Jumat sore, sejumlah pengguna masih melaporkan adanya gangguan layanan Smartfren. Terakhir hingga pukul 14.42 WIB, sejumlah 587 laporan tercatat di situs Downdetector.id.
Sebelumnya, salah satu laporan tertinggi di Downdetector.id tercatat pukul 10.25 WIB dengan sejumlah 1.293 laporan. Sepanjang hari ini, laporan gangguan Smartfren di situs Downdetector.id relatif fluktuatif alias naik-turun.
Mayoritas, sejumlah 62 persen laporan Smartfren error di Downdetector.id ini terkait layanan mobile internet. Selain itu, 35 persen laporan tidak ada sinyal dan 2 persen gangguan telepon genggam.
Selain di Downdetector.id, laporan yang sama juga tercatat di Cekgangguan.id. Berdasarkan Cekgangguan.id, masih terdapat sejumlah 348 laporan terkait layanan Smartfren pada Jumat pukul 14.40 WIB.
Laporan di Cekgangguan.id juga relatif fluktuatif. Laporan tertinggi di situs tersebut terkait gangguan layanan Smartfren terjadi pukul 10.00 WIB. Pada waktu tersebut, terdapat 1.323 laporan gangguan layanan Smartfren.
Sementara itu, gangguan juga masih terjadi untuk layanan aplikasi My Smartfren hingga kode UMB *888#. Layanan aplikasi dan UMB ini digunakan pengguna untuk sejumlah keperluan seperti mengecek kuota hingga membeli atau berlangganan kuota.
Tirto.id mencoba mengakses layanan aplikasi My Smartfren pada Jumat sore. Saat mencoba masuk ke akun menggunakan nomor telepon, aplikasi tersebut memunculkan notifikasi bahwa login dinonaktifkan sementara.
Selanjutnya, layanan UMB *888# Smartfren juga masih sulit diakses. Saat dicoba Tirto.id pada Jumat sore, layanan itu hanya memunculkan notifikasi bahwa masalah sambungan atau kode MMI tidak valid.
Di X beredar kabar bahwa gangguan Smartfren memerlukan waktu setidaknya selama 4 jam. Kabar ini didasarkan tangkapan layar percakapan pengguna dengan akun @smartfrencare. Namun hingga Jumat sore, kabar tersebut belum dapat dikonfirmasi oleh akun media sosial @smartfrencare.
Pihak Smartfren melalui akun X @smartfrencare menyatakan bahwa gangguan tersebut saat ini sudah diatasi oleh tim terkait dan masih di-monitoring stabilitas jaringannya. Namun belum diketahui, sampai kapan gangguan masih akan dirasakan pengguna. Pihak Smartfren menyarankan pengguna untuk mengecek secara berkala.
“Mohon maaf saat ini layanan Telp [telepon], SMS dan Data sedang mengalami kendala dibeberapa area. Saat ini kendalanya sudah di atasi tim kami dan masih dimonitoring stabilitas jaringannya , kaka silakan coba secara berkala. Terima kasih,” tulis @smartfrencare pada Jumat pukul 14.35 WIB.
Editor: Yantina Debora
Masuk tirto.id


































