Menuju konten utama
Soal PAT PKN Kurikulum Merdeka

45 Contoh Soal PAT PKN Kelas 10 Semester 2 dan Kunci Jawabannya

Kumpulan soal PAT PKN kelas 10 semester 2 Kurikulum Merdeka bisa jadi bahan belajar dan latihan siswa jelang ujian. Berikut ini 45 soal di antaranya.

45 Contoh Soal PAT PKN Kelas 10 Semester 2 dan Kunci Jawabannya
Sejumlah siswa mengerjakan soal saat mengikuti ujian akhir semester berbasis digital atau "online" dengan menggunakan telepon genggam di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 23 Aceh Barat Desa Alue Raya, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat, Aceh, Senin (5/12/2022). ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/nym.

tirto.id - Contoh soal PKN kelas 10 semester 2 Kurikulum Merdeka bisa menjadi bahan belajar siswa yang akan melaksanakan ujian. Kunci jawaban soal PKN kelas X semester 2 Kurikulum Merdeka akan disajikan agar peserta didik mengidentifikasi hasil latihan soal.

PAT atau Penilaian Akhir Tahun ialah ujian yang dilangsungkan pada akhir semester genap. PAT dilaksanakan untuk mengukur dan menilai prestasi siswa mencakup seluruh indikator yang mewakili kemampuan dasar selama semester genap di Kurikulum Merdeka.

Jadwal ujian PAT bakal disesuaikan dengan kebijakan dinas pendidikan di daerah. Oleh karena itu, setiap sekolah bisa jadi memiliki jadwal PAT yang berbeda, dan tidak dilaksanakan secara serentak. Diperkirakan, ujian PAT berlangsung pada awal Juni 2024.

Kisi-Kisi Soal Ujian PKN Kelas 10 Semester 2

Mengenai mata pelajaran yang diujikan dalam PAT meliputi seluruh materi yang telah dipelajari selama semester 2, termasuk PKN atau Pendidikan Kewarganegaraan. Adapun kisi-kisi soal ujian PKN kelas 10 semester 2, di antaranya meliputi sebagai berikut:

  • Asal-usul dan Makna Semboyan Bhinneka Tunggal Ika
  • Perwujudan Gotong Royong dalam Ekonomi Pancasila
  • Prinsip Gotong Royong untuk Membangun Harmoni dalam Keragaman
  • Hak dan Kewajiban sebagai Warga Sekolah dan Masyarakat
  • Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara
  • Posisi, Tugas, dan Tanggung Jawab sebagai Warga Negara
  • Sistem Pertahanan dan Keamanan Negara Indonesia
  • Peran Indonesia dalam Hubungan Antarnegara
  • Nilai-nilai Pancasila dalam Pembangunan Nasional

Kumpulan Soal PKN Kelas 10 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Berikut ini kumpulan contoh soal soal PKN kelas 10 semester 2 Kurikulum Merdeka yang terdiri dari 40 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian atau essay.

Soal Pilihan Ganda PKN Kelas 10 Kurikulum Merdeka Semester 2

1. Keberagaman dalam pembangunan Indonesia diperkuat oleh semboyan Bhinneka Tunggal Ika sebagaimana disebutkan dalam Pasal 36A UUD 1945 yang menyatakan....

  • A. Lambang Negara adalah Burung Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
  • B. Lambang Negara adalah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
  • C. Lambang Negara adalah Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
  • D. Lambang Negara Indonesia adalah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
  • E. Lambang Negara Indonesia adalah Burung Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

2. Dalam mengelola kemajemukan menuju Integrasi Nasional, Indonesia melalui sejarah panjang dalam pembentukan NKRI. Berikut ini yang bukan termasuk peristiwa yang mendukung Integrasi Nasional adalah....

  • A. Sumpah Palapa oleh Gajah Mada
  • B. Gerakan Organisasi Budi Utomo
  • C. Dekrit Presiden
  • D. Sumpah Pemuda
  • E. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

3. Proses penyesuaian unsur-unsur kebudayaan yang berbeda untuk mencapai keserasian fungsi dalam masyarakat disebut integrasi secara….

  • A. Antropologis
  • B. Ekonomis
  • C. Sosiologis
  • D. Politik
  • E. Historis

4. Implementasi nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika dalam semua bidang kehidupan bertujuan untuk....

  • A. Meminimalkan ancaman terhadap keutuhan NKRI.
  • B. Mempermudah subsidi pemerintah bagi rakyat kurang mampu.
  • C. Menjadi pedoman dasar dalam penentuan hukum di Indonesia.
  • D. Mempermudah rekrutmen pegawai negeri sesuai bidang keahlian.
  • E. Pedoman dalam pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia.

5. Integrasi nasional penting untuk membentuk identitas dan menjaga keutuhan serta kedaulatan negara. Berikut ini yang bukan menjadi alasan perlunya integrasi nasional di Indonesia adalah....

  • A. Indonesia terdiri dari berbagai suku, agama, dan bahasa.
  • B. Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam.
  • C. Indonesia adalah negara kepulauan.
  • D. Letak strategis Indonesia rentan terhadap ancaman dari negara lain.
  • E. Diperlukan persatuan dan kesatuan bangsa sebagai syarat utama mempertahankan kelangsungan hidup di Indonesia.

6. Aktivitas siswa yang mendukung integrasi nasional di lingkungan sekolah adalah....

  • A. Ikut kelompok sanggar tari daerah dekat sekolah.
  • B. Menjadi anggota karang taruna.
  • C. Bergotong royong memperbaiki jalan di perkampungan dekat sekolah.
  • D. Mengadakan acara budaya nasional saat ulang tahun sekolah.
  • E. Mengunjungi teman yang sakit.

7. Indonesia terdiri dari 34 provinsi dengan budaya yang beragam. Identitas provinsi dan budayanya yang berasal dari provinsi termuda adalah....

(Nama Provinsi - Ibu kota - Bahasa daerah)

  • A. Kalimantan Utara - Tanjung Selor - Tidung
  • B. Kalimantan Timur - Tanjung Selor - Tidung
  • C. Kalimantan Utara - Samarinda - Tidung
  • D. Kalimantan Utara - Pontianak - Tidung
  • E. Kalimantan Utara - Tanjung Selor - Tidung

8. Dampak yang timbul dari terwujudnya integrasi nasional adalah....

  • A. Meningkatnya semangat solidaritas satu golongan saja.
  • B. Menguatnya sikap primordial dalam masyarakat.
  • C. Terciptanya tata sosial yang lebih modern.
  • D. Hilangnya keragaman dalam masyarakat.
  • E. Terciptanya kehidupan sosial yang selaras, serasi, dan seimbang.

9. Partisipasi warga negara dalam menciptakan integrasi nasional dalam masyarakat adalah....

  • A. Membentuk tim sepak bola yang handal.
  • B. Menjadi kader posyandu.
  • C. Bergotong royong memperbaiki jembatan.
  • D. Menggunakan hak pilih dalam pemilu.
  • E. Mengunjungi tetangga yang sakit.

10. Rekrutmen pengurus OSIS yang tidak terbuka merupakan pelanggaran aktualisasi Bhinneka Tunggal Ika dalam bidang....

  • A. Hukum dan pemerintahan
  • B. Sosial budaya
  • C. Politik
  • D. Hankam
  • E. Ekonomi

11. Kesenjangan sosial dan disintegrasi akibat....

  • A. Globalisasi
  • B. Anarkisme
  • C. Keterbukaan
  • D. Ketidakadilan
  • E. Modernisasi

12. Menurut Pasal 30 Ayat 1 UUD 1945, yang berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara adalah....

  • A. Rakyat
  • B. Masyarakat
  • C. Penduduk
  • D. Warga Negara
  • E. TNI dan POLRI

13. Cermati sejumlah pernyataan di bawah ini!

  • (1) Tingkat ekonomi dalam masyarakat yang beragam.
  • (2) Adanya persaingan kebudayaan yang beragam dalam masyarakat
  • (3) Tercapainya hubungan baik dengan negara lain.
  • (4) Menurunya tingkat kriminalitas dalam masyarakat.
  • (5) Pemerintah dan rakyat memiliki hubungan yang kurang harmonis.

Pernyataan yang menunjukkan tercapainya keutuhan nasional adalah nomor....

  • A. 1
  • B. 2
  • C. 3
  • D. 4
  • E. 5

14. Ancaman terdiri dari empat dimensi utama, kecuali....

  • A. Militer-nonmiliter
  • B. Konvensional-non konvensional
  • C. Kontroversi-kontroversi
  • D. Langsung-tidak langsung
  • E. Eksternal-internal

15. Kondisi dinamis bangsa yang dapat mengembangkan ketahanan dan kekuatan nasional disebut....

  • A. Ancaman nasional
  • B. Ketahanan nasional
  • C. Pertahanan dan keamanan
  • D. Wawasan negara
  • E. Disintegrasi

16. Ancaman ideologi untuk mempengaruhi dasar negara, Pancasila berfungsi sebagai….

  • A. Perjanjian luhur bangsa
  • B. Dasar negara Indonesia
  • C. Etika hidup bangsa
  • D. Filsafat hidup bangsa
  • E. Jiwa dan kepribadian bangsa

17. Ancaman non-militer di bidang ekonomi disebabkan oleh….

  • A. Globalisasi
  • B. Nilai mata uang menurun
  • C. Ancaman dari luar negeri
  • D. Menurunnya kualitas ekonomi
  • E. Diganggu oleh negara lain

18. Ancaman militer yang merusak instalasi militer disebut....

  • A. Spionase
  • B. Sabotase
  • C. Blockade
  • D. Agresi
  • E. Invasi

19. Pemanasan global dan pencemaran lingkungan adalah ancaman nonmiliter dalam bidang....

  • A. Ideologi
  • B. Politik
  • C. Ekonomi
  • D. Sosial budaya
  • E. Hukum dan pemerintahan

20. Strategi pertahanan menghadapi ancaman disesuaikan dengan....

  • A. Jenis ancaman dan besarnya tantangan
  • B. Jenis ancaman dan besarnya risiko
  • C. Jenis ancaman dan besarnya hambatan
  • D. Jenis ancaman dan besarnya gangguan
  • E. Jenis ancaman dan besarnya kerugian

21. Perhatikan pernyataan berikut:

  • (1) Respons berupa penolakan dan perlawanan.
  • (2) Respons terhadap situasi yang terjadi.
  • (3) Berusaha menggantikan sistem yang ada.
  • (4) Menawarkan ideologi baru.
  • (5) Ideologi yang dianggap benar diperjuangkan secara emosional dan dengan kekerasan.

Ciri-ciri tersebut merupakan bentuk ancaman ....

  • A. Agresi militer
  • B. Radikalisme
  • C. Illegal logging
  • D. Terorisme
  • E. Separatisme

22. Untuk melaksanakan konsep pertahanan negara sesuai amanat UUD 1945, lahirlah undang-undang tentang keamanan negara, yaitu....

  • A. UU Nomor 3 Tahun 2002
  • B. UU Nomor 20 Tahun 2003
  • C. UU Nomor 14 Tahun 2005
  • D. UU Nomor 22 Tahun 2009
  • E. UU Nomor 12 Tahun 2011

23. Berikut adalah dampak krisis finansial dalam suatu negara, kecuali....

  • A. Harga barang meningkat
  • B. Nilai tukar rupiah menurun
  • C. Banyak lowongan pekerjaan dibuka
  • D. Banyak perusahaan bangkrut
  • E. Pasar saham mengalami kelesuan

24. Menjadi bufferzone (zona penyanggah) memberikan keuntungan bagi Indonesia sekaligus potensi ancaman. Keuntungan Indonesia sebagai bufferzone, kecuali....

  • A. Berpotensi menjadi jalur perdagangan internasional.
  • B. Memainkan peran politik dalam arena internasional.
  • C. Lebih aman dari serangan negara kontinental.
  • D. Menjadi pusat kebijakan ekonomi internasional.
  • E. Menciptakan ekonomi stabil sehingga pendapatan masyarakat meningkat.

25. Menurut Pasal 30 Ayat 2 UUD 1945, komponen sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta adalah....

  • A. TNI, POLRI, dan Rakyat
  • B. AU, AL, AD, dan POLRI
  • C. TNI, POLRI, dan Warga Negara Indonesia
  • D. TNI dan POLRI
  • E. TNI, POLRI, dan Penduduk Indonesia

26. Konflik antar individu atau kelompok yang sederajat dalam masyarakat disebut konflik....

  • A. Vertikal
  • B. Sukuisme
  • C. Separatis
  • D. Provinsialisme
  • E. Horizontal

27. Upaya pemerintah dalam meningkatkan pertahanan dan keamanan negara dengan memberikan hak kepada warga negara di bidang Hankam. Berikut yang bukan hak warga negara Indonesia dalam bidang Hankam adalah....

  • A. Menjadi Polisi
  • B. Menjadi TNI
  • C. Menjadi Pol PP
  • D. Menjadi anggota Pemuda Pancasila
  • E. Ikut kegiatan Kepramukaan

28. Perhatikan bentuk-bentuk ancaman berikut:

  • (1) Konflik wilayah berbatasan
  • (2) Separatisme dan terorisme
  • (3) Radikalisme
  • (4) Pencemaran lingkungan
  • (5) Pemanasan global

Bentuk ancaman militer ditunjukkan oleh nomor....

  • A. (1), (2), dan (3)
  • B. (1), (2), dan (4)
  • C. (2), (3), dan (4)
  • D. (2), (3), dan (5)
  • E. (3), (4), dan (5)

29. Indonesia harus waspada terhadap ancaman dari dalam maupun luar negeri. Bentuk ancaman dari dalam negeri adalah....

  • A. Intervensi, Kudeta, Makar
  • B. Invasi, Intervensi, Blokade pelabuhan
  • C. Disintegrasi bangsa, Keresahan sosial, Konflik antar kelompok/golongan
  • D. Disintegrasi bangsa, Makar, Blokade pelabuhan
  • E. Disintegrasi bangsa, Intervensi, Invasi

30. Wawasan Nusantara didefinisikan sebagai cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya berdasarkan....

  • A. Pancasila dan UUD 1945
  • B. Pembukaan, Pancasila, dan UUD 1945
  • C. Pancasila dan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
  • D. Pancasila dan Pembukaan UUD 1945
  • E. Pancasila, UUD 1945, dan GBHN

31. Konsep Wawasan Nusantara mencakup persatuan dan kesatuan dalam beberapa bidang kehidupan. Berikut yang tidak termasuk bidang konsep Wawasan Nusantara adalah....

  • A. Politik
  • B. Ideologi
  • C. Ekonomi
  • D. Sosial budaya
  • E. Pertahanan dan keamanan

32. Kata "wawasan" dalam Wawasan Nusantara berarti....

  • A. Cara berpendapat, cara pandang, dan cara tinjau individu
  • B. Cara tinjau individu, cara berpendapat, dan cara melihat
  • C. Cara pandang, cara melihat, dan cara tinjau individu
  • D. Cara melihat, cara pandang, dan cara berpendapat
  • E. Cara tinjau, cara pandang, dan cara melihat

33. Seluruh kepulauan nusantara merupakan satu kesatuan sistem hukum, artinya hanya ada satu hukum nasional untuk kepentingan nasional. Ini merupakan perwujudan kesatuan....

  • A. Politik
  • B. Ekonomi
  • C. Sosial budaya
  • D. Hukum
  • E. Pertahanan dan keamanan

34. Perhatikan aspek-aspek berikut:

  • (1) Letak dan bentuk geografis
  • (2) Politik
  • (3) Keadaan dan kemampuan penduduk
  • (4) Pertahanan dan keamanan
  • (5) Keadaan dan kekayaan alam

Aspek trigatra yang menunjang kesatuan kehidupan nasional dalam Wawasan Nusantara ditunjukkan oleh nomor....

  • A. (1), (2), dan (3)
  • B. (1), (3), dan (4)
  • C. (1), (3), dan (5)
  • D. (2), (4), dan (5)
  • E. (3), (4), dan (5)

35. Menurut konsep Wawasan Nusantara, laut teritorial Indonesia diukur dari pantai terluar sejauh.... mil.

  • A. 10
  • B. 12
  • C. 24
  • D. 60
  • E. 200

36. Bela negara merupakan implementasi Wawasan Nusantara dalam bidang pertahanan dan keamanan. Berikut yang bukan merupakan bentuk bela negara adalah....

  • A. Meningkatkan kesadaran hukum
  • B. Mengikuti resimen mahasiswa (Menwa)
  • C. Mengikuti studi wisata yang diadakan sekolah
  • D. Mengikuti kegiatan kepramukaan
  • E. Menjadi anggota PKS di sekolah

37. Konsep Wawasan Nusantara mencakup wadah, isi, dan tata laku. Pernyataan yang menunjukkan isi dari konsep Wawasan Nusantara adalah....

  • A. Setiap warga negara berhak membentuk organisasi politik
  • B. Sikap warga negara sesuai dengan nilai-nilai dalam Pancasila
  • C. Penulisan setiap peraturan dalam dokumen resmi negara
  • D. Pemerintah menciptakan pelayanan yang baik bagi warga negara
  • E. DPR mengajukan rancangan APBN

38. Wawasan Nasional dalam konsepsi ketatanegaraan Indonesia berkedudukan sebagai landasan....

  • A. Ideal
  • B. Visional
  • C. Operasional
  • D. Konstitusional
  • E. Konseptual

39. Contoh tindakan yang menunjukkan asas solidaritas Wawasan Nusantara di lingkungan madrasah adalah....

  • A. Menengok teman yang sakit di rumah sakit
  • B. Membantu memperbaiki rumah teman yang terkena bencana angin puting beliung
  • C. Mengembalikan buku ke perpustakaan
  • D. Meminjamkan pensil kepada teman sekelas
  • E. Menolong teman yang mengalami kecelakaan di jalan raya

40. Wawasan Nusantara sebagai wawasan nasional bangsa Indonesia merupakan ajaran yang diyakini kebenarannya oleh seluruh rakyat agar tidak terjadi penyimpangan dalam mencapai cita-cita dan tujuan nasional. Pernyataan tersebut merupakan....

  • A. Kedudukan Wawasan Nusantara
  • B. Fungsi Wawasan Nusantara
  • C. Tujuan Wawasan Nusantara
  • D. Manfaat Wawasan Nusantara
  • E. Hakikat Wawasan Nusantara

Soal PAT PKN Kelas 10 Semester 2 Kurikulum Merdeka

41. Sebutkan 5 faktor penghambat integrasi nasional di Indonesia!

42. Jelaskan pengertian integrasi nasional secara antropologis dan politis!

43. Sebutkan 5 ancaman terhadap NKRI yang berasal dari dalam negeri!

44. Sebutkan 4 peran atau tindakan Anda sebagai siswa dalam upaya membangun integrasi nasional di lingkungan sekolah!

45. Sebutkan aspek pancagatra yang dapat membantu tercapainya tujuan dalam Wawasan Nusantara!

Kunci Jawaban Soal Pendidikan Pancasila Kelas X Semester 2 Kurikulum Merdeka

  1. B
  2. C
  3. A
  4. A
  5. E
  6. D
  7. A
  8. E
  9. C
  10. C
  11. D
  12. D
  13. D
  14. C
  15. B
  16. E
  17. A
  18. B
  19. D
  20. B
  21. B
  22. A
  23. C
  24. D
  25. A
  26. E
  27. D
  28. A
  29. C
  30. A
  31. B
  32. E
  33. A
  34. C
  35. B
  36. C
  37. C
  38. B
  39. D
  40. A

41. Lima faktor penghambat integrasi nasional di Indonesia, yaitu:

  • Masyarakat Indonesia yang heterogen (beraneka ragam) kebudayaan daerahnya, bahasa daerah, agama yang dianut, ras, dan sebagainya;
  • Wilayah negara yang begitu luas, terdiri atas ribuan kepulauan yang dikelilingi oleh lautan luas;
  • Besarnya kemungkinan ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan yang merongrong keutuhan, kesatuan dan persatuan bangsa, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri;
  • Masih besarnya ketimpangan dan ketidakmerataan pembangunan dan hasil-hasil pembangunan;
  • Adanya paham etnosentrisme di antara beberapa suku bangsa yang menonjolkan kelebihan-kelebihan budayanya dan menganggap rendah budaya suku bangsa lain.

42. Pengertian integrasi nasional secara antropologis dan politis, yakni:

  • Secara antropologis, yaitu proses penyesuaian di antara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu keserasian fungsi dalam kehidupan masyarakat.
  • Secara politis, yaitu proses penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial ke dalam kesatuan wilayah nasional yang membentuk suatu identitas nasional.

43. Lima ancaman terhadap NKRI yang berasal dari dalam negeri, yaitu:

  • Disintegrasi bangsa;
  • Keresahan sosial;
  • Upaya penggantian ideologi Pancasila menjadi ideologi lain;
  • Konflik antar kelompok;
  • Makar, korupsi dll.

44. Empat peran atau tindakan Anda sebagai siswa dalam upaya membangun integrasi nasional di lingkungan sekolah, yakni:

  • Menjaga ketertiban, kebersihan, keamanan, dan kenyamanan lingkungan sekolah;
  • Menghormati dan menghargai perbedaan latar belakang teman;
  • Mentaati peraturan yang ada di lingkungan madrasah;
  • Selalu menjaga identitas pemersatu bangsa dan negara yang ada di sekolah seperti bendera, lambang negara dan gambar presiden atau wakil presiden.

45. Aspek pancagatra yang dapat membantu tercapainya tujuan dalam Wawasan Nusantara, yaitu:

  • Ideologi;
  • Politik;
  • Ekonomi;
  • Sosial budaya;
  • Pertahanan dan keamanan.

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL atau tulisan lainnya dari Aisyah Yuri Oktavania

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Aisyah Yuri Oktavania
Penulis: Aisyah Yuri Oktavania
Editor: Fadli Nasrudin
Penyelaras: Ibnu Azis