Menuju konten utama

Viral Paket Nyangkut di DC Berbah Yogya, Ini Penjelasan SPX

Berikut ini klarifikasi SPX Express mengenai paket nyangkut yang ada di DC Berbah, Sleman, DIY. Pelanggan mendatangi gudang karena paket yang tertahan.

Viral Paket Nyangkut di DC Berbah Yogya, Ini Penjelasan SPX
Ilustrasi Paket. foto/istockphoto

tirto.id - Viral di media sosial para pembeli mendatangi Distribution Center (DC) Berbah, Sleman, DIY karena paket yang "nyangkut" selama berhari-hari di DC.

Sistem pengiriman SPX menggunakan DC sebagai pusat menyortir paket sebelum diserahkan ke kurir dan disampaikan ke rumah pembeli.

"Banyak orang yang mengeluhkan paket tertahan lama di Gudang S (DC BERBAH) bahkan ada paket yang sampai hilang, kemarin saya sudah ke lokasi tersebut ternyata di lokasi sudah banyak orang yang datang untuk menanyakan paketnya tertahan lama di gudang tersebut," demikian tertulis di akun @merapi_uncover.

Kasus ini sudah viral di media sosial Instagram dan TikTok.

Kenapa Paket Tertahan di DC Berbah?

Tirto.id menghubungi SPX Express untuk meminta klarifikasi terkait kejadian ini pada Selasa (11/11). Menurut juru bicara SPX, peristiwa ini terjadi karena tingginya antusiasme pembeli di setiap periode menjelang kampanye tanggal kembar.

"Tanggal kembar secara konsisten memicu lonjakan volume paket di waktu-waktu tertentu. Lonjakan ini berdampak pada potensi keterlambatan penyortiran dan pengiriman paket di beberapa titik operasional, termasuk di fasilitas DC Berbah, Sleman," demikian menurut juru bicara SPX.

Dalam upaya mengantisipasi hal tersebut di setiap momen kampanye besar tanggal kembar, SPX Express mengupayakan beberapa hal, antara lain:

  • Optimalisasi Prosedur Operasional (SOP): memastikan prosedur penyortiran dan pengiriman paket di seluruh fasilitas SPX Expresss sesuai dengan standar operasional yang berlaku guna menjaga efisiensi dan akurasi proses.
  • Optimalisasi Alur Fasilitas: mempercepat proses penyortiran di DC (Distribution Center) berdasarkan fasilitas (Hub) tahap akhir agar dapat langsung diterima Pembeli.
  • Penambahan Tenaga Operasional: mengalokasikan tenaga operasional tambahan di beberapa titik fasilitas SPX Express yang membutuhkan untuk memperlancar proses penyortiran dan distribusi paket.
Pembeli juga dapat secara berkala memantau status pengiriman melalui aplikasi.

Cara Cek Status Pengiriman SPX Express

Para pembeli bisa melacak paket SPX Express melalui dua cara yaitu aplikasi Shopee atau situs web resmi SPX Express.

Cek Status Pengiriman di Shopee

1. Di aplikasi Shopee, pilih tab "Saya" di bagian bawah.

2. Klik "Dikirim" untuk melihat semua pesanan yang sedang dalam pengiriman.

3. Pilih pesanan yang ingin Anda lacak.

4. Informasi status pengiriman dan nomor resi akan otomatis terlihat.

Cek Status Pengiriman Melalui Situs Web Resmi SPX Express

1. Kunjungi situs resmi SPX Express melalui peramban (browser) di ponsel atau komputer Anda.

2. Masukkan nomor resi paket Anda di kolom yang tersedia.

3. Klik tombol "Lacak" atau "Track".

4. Sistem akan menampilkan detail posisi dan status pengiriman paket Anda secara real-time.

Baca juga artikel terkait PENGIRIMAN BARANG atau tulisan lainnya dari Dipna Videlia Putsanra

tirto.id - Aktual dan Tren
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Iswara N Raditya