tirto.id - Bagi Anda yang menggunakan jasa Pos Indonesia untuk melakukan pengiriman barang, kini bisa mengakses keberadaan barang kiriman tanpa mendatangi kantor karena saat ini sudah disediakan pengecekan paket melalui online.
Pengecekan resi Pos Indonesia secara online bisa dengan mudah dilakukan karena tinggal diakses menggunakan ponsel dan mengunjungi website resmi Pos Indonesia.
Pos Indonesia adalah layanan jasa pengiriman atau ekspedisi yang sudah berdiri sejak 1746. Dilansir dari situs resmi Pos Indonesia, kantor pertamanya terletak di Batavia (Jakarta) dan didirikan oleh Gubernur Jenderal G.W Baron van Imhoff pada 26 Agustus 1746.
Pos Indonesia telah mengalami beberapa perubahan status mulai dari PTT (Post, Telegraph, dan Telephone), kemudian berubah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel), lalu berganti lagi menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos dan Giro) pada 1965, Perum Pos dan Giro pada 1978, dan terakhir menjadi Perseroan Terbatas Pos Indonesia (PT Pos Indonesia) pada Juni 1995.
Cara Lacak Paket dan Cek Ongkir Pos Indonesia
Berikut adalah langkah untuk melacak paket dan juga mengetahui ongkos kirim jika menggunakan jasa Pos Indonesia melalui website:
1. kunjungi situs Posindonesia.co.id/id
2. Masukkan nomor resi pada kolom yang sudah disediakan.
3. Klik “Tracking”
4. Akan muncul informasi mengenai paket yang Anda cari.
Sementara itu, langkah untuk mengetahui ongkos kirim adalah sebagai berikut:
1. Kunjungi situs Posindonesia.co.id/id
2. Isi kolom “Asal Pengiriman” dengan lokasi pengiriman paket.
3. Isi kolom “Tujuan Pengiriman” dengan alamat yang dituju.
4. Tulis berat dari paket yang akan dikirim.
5. Klik “Cek Tarif”
Selain melalui website, Pos Indonesia juga menyediakan aplikasi PosAja! untuk ponsel yang bisa diunduh dari Google Play Store dan juga AppStore.
Dalam aplikasi PosAja! disediakan fitur Layanan Kirim Paket (Domestik), Pick Up Gratis & COD, dan juga Cek Tarif serta Lacak Paket.
Penulis: Fajri Ramdhan
Editor: Yandri Daniel Damaledo