tirto.id - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi DKI Jakarta membuka pendaftaran Magang BI Jakarta Batch II 2025. Pembaca dapat menyimak syarat pendaftaran, unit kerja dan tata caranya.
Melalui unggah Instagram @bank_indonesia_jakarta, Magang BI Jakarta Batch II 2025 untuk periode Agustus-November dibuka hingga Jumat, 18 Juli 2025. Pendaftaran dilakukan secara online dengan melampirkan dokumen yang dipersyaratkan.
Berdasarkan unggahan tersebut, tersedia 20 kuota yang akan ditempatkan di tujuh unit kerja yang berbeda. Program magang tersebut juga memiliki kualifikasi jurusan tertentu.
Syarat Pendaftaran Magang BI Jakarta Batch 2 Tahun 2025
Sesuai jadwal, tahap profile screening dan interview program Magang BI Jakarta Batch II 2025 akan digelar pada minggu ke-4 bulan Juli 2025. Tahap tersebut menjadi penentu apakah mahasiswa lolos atau tidak dalam seleksi.
Pengumuman kelulusan Magang BI Jakarta Batch II 2025 dijadwalkan berlangsung pada minggu kedua bulan Agustus 2025. Sebelum melakukan pendaftaran, mahasiswa dapat mencermati sejumlah syarat pendaftaran yang ditentukan oleh BI.’
Salah satu syarat Magang BI Jakarta Batch 2 Tahun 2025 ialah mahasiswa dari semua jurusan kecuali Ilmu Kesehatan dan turunannya. Peserta magang berdurasi 3-6 bulan secara full time work from office (WFO).
Berikut syarat pendaftaran Magang BI Jakarta Batch 2 Tahun 2025:
- Mahasiswa S1 aktif dari PTN/PTS di wilayah Jabodetabek. Diutamakan yang berasal dari Jakarta/berdomisili di Jakarta saat pelaksanaan magang
- Telah menjalani kuliah minimal 3 semester
- IPK minimal 3.00
- Sehat jasmani dan rohani
- Berkomitmen penuh dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan.
Berkas Persyaratan :
- Curiculum Vitae (CV) disertai foto terbaru
- Copy Transkrip Nilai
- Surat rekomendasi magang dari perguruan tinggi
- Proposal magang/learning plan magang, minimal memuat:
- Latar belakang dan tujuan magang
- Rencana waktu pelaksanaan magang
- Ekspektasi area magang
Unit Kerja di Magang BI Jakarta Batch 2 Tahun 2925
Peserta Magang BI Jakarta Batch 2 Tahun 2925 akan ditempatkan di tujuh unit kerja yaitu Fungsi Data, Statitistik Ekonomi, dan Keuangan (FDSEK), Divisi Pengawasan Sistem Pembayaran (DPSP), Divisi Perizinan dan Implementasi Kebijakan Sistem Pembayaran (DPIKS).
Selain itu, mahasiswa juga akan ditempatkan di Fungsi Pelaksanaan Pengembangan UMKM, KI & Syariah (FPPUKIS), Tim Perlindungan Konsumen (TPK), Kelompok Perumusan Kekda Provinsi (KPKP), Internal Control Officer & Performance Manager (ICO & PM).
Masing-masing unit kerja memiliki job description dan jumlah kuota yang berbeda. Berikut rinciannya:
1. FDSEK
Unit kerja FDSEK memiliki tugas pengelolaaan dan penyajian data berbasis kubus data, quality control dalam proses survei, hingga pemeliharaan dan pengembangan website Buku Saku Digital. Unit ini dibuka bagi jurusan S1 Statistik dan llmu Ekonomi dengan kebutuhan 2 orang.
2. DPSP
DPSP memiliki tugas dan tanggung jawab dalam menyusun asesmen pencabutan izin dan pembayaran hingga membuat aplikasi pengawasan. Unit kerja DPSP dibuka bagi jurusan S1 Sistem Informasi/Teknik Informatika, Akuntansi, Ilmu Ekonomi, Statistika, Matematika, dan Hukum dengan kebutuhan 8 orang.
3. DPIKS
Job description DPIKS ialah membuat aplikasi atau database untuk mempermudah identifikasi data (data matching). Unit kerja ini membutuhkan 2 orang dengan jurusan S1 Sistem Informasi, dan Teknik Informatika.
4. FPPUKIS
Unit kerja FPPUKIS bertanggung jawab atas pelaksanaan pekerjaan terkait ekonomi dan syariah, termasuk pembiayaan syariah. FPPUKIS dibuka untuk mahasiswa jurusan S1 Manajemen dan Ekonomi Syariah dengan kebutuhan 2 orang.
5. TPK
Unit kerja TPK memiliki tugas membantu membuat konten edukasi berupa video, poster/flyer, atau bentuk lainnya untuk di sosial media. TPK membutuhkan 2 orang yang berlatarbelakang Ilmu Komunikasi, Design Graphic, DKV, Broadcasting, Multimedia, Sistem Informasi, dan Manajemen.
6. KPKP
KPKP memiliki tugas menyusun kajian, asesmen/analisis ekonomi menggunakan tools, dengan kebutuhan 2 orang yang berasal dari prodi S1 Statistik dan Ilmu Ekonomi.
7. ICO & PM
Membantu membuat aplikasi Manajemen Risiko guna mendorong digitalisasi proses kerja. Unit ini memerlukan 2 orang peserta magang dari jurusan Sistem Informasi atau IT.
Link Magang BI Jakarta Batch 2 Tahun 2025 dan Cara Daftarnya
Informasi lebih lanjut tentang Magang BI Jakarta Batch 2 Tahun 2025 dapat diakses melalui akun resmi BI Jakarta. Peserta Magang BI Jakarta Batch 2 Tahun 2025 akan mendapat sejumlah manfaat diantaranya sertifikat, insentif, pengalaman kerja profesional dan jejaring di BI Jakarta.
Bagi mahasiswa dengan kualifikasi seperti ketentuan BI dapat melakukan pendaftaran secara mudah, yaitu dengan mengisi formulir online dan melampirkan/mengunggah persyaratan di atas.
Pendaftar juga dapat mengakses link berikut untuk melakukan pendaftaran:
Link Magang BI Jakarta Batch 2 Tahun 2025
Pembaca juga dapat mengakses informasi seputar magang di berbagai institusi atau perusahaan melalui tautan di bawah ini:
Penulis: Sarah Rahma Agustin
Editor: Beni Jo
Masuk tirto.id







































