Menuju konten utama

Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban Sulingjar PAUD 2025

Simak kumpulan soal dan kunci jawaban Survei Lingkungan Belajar Sulingjar 2025 untuk satuan pendidikan PAUD yang harus diisi sesuai dengan kenyataan.

Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban Sulingjar PAUD 2025
Murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan murid Taman Kanak kanak (TK) bersama gurunya membawa poster berjalan kaki saat menggelar karnaval di lingkungan Sekolah Harsya Ceria, Banda Aceh, Aceh, Kamis (24/7/2025). ANTARA FOTO/Ampelsa/bar

tirto.id - Kumpulan soal dan kunci jawaban Sulingjar PAUD 2025 kini banyak dicari guru dan kepala sekolah sebagai acuan pengisian. Sulingjar atau Survei Lingkungan Belajar adalah program resmi Kemendikdasmen untuk menilai kualitas layanan PAUD.

Hasil pengisian Sulingjar akan diolah menjadi Rapor Pendidikan yang membantu satuan PAUD menyusun Perencanaan Berbasis Data. Selain itu, instrumen dalam Sulingjar 2025 juga selaras dengan akreditasi sehingga dapat memudahkan satuan PAUD saat penilaian.

Pengisian Sulingjar PAUD 2025 dijadwalkan mulai 15 September hingga 10 Oktober 2025 melalui laman resmi Kemendikbud. Ada total 151 soal yang harus dijawab kepala sekolah dan guru, mencakup fasilitas, administrasi, hingga pembiayaan.

Banyak yang menilai soal cukup detail, mulai dari akses internet hingga ketersediaan dokumen operasional sekolah. Meski wajib diisi sesuai kondisi nyata, guru dan kepala sekolah bisa menggunakan contoh soal sebagai latihan.

Dengan berlatih dari kumpulan soal Sulingjar 2025, proses pengisian menjadi lebih mudah dan terarah. Panduan ini sekaligus membantu tenaga pendidik PAUD memahami pola soal sehingga lebih siap dan percaya diri.

Kumpulan Contoh Soal dan Kunci Jawaban Sulingjar PAUD

Kumpulan contoh soal dan kunci jawaban Sulingjar PAUD 2025 berikut dapat menjadi referensi bagi guru dan kepala sekolah dalam mengisi survei.

1. Mengajak anak untuk mengamati persamaan dan perbedaan dari dua objek dengan pertanyaan pemantik.

A. Tidak pernah

B. Jarang

C. Sering

D. Selalu

Kunci Jawaban: D. Selalu

2. Anak mengumpulkan dan mengelompokkan data makanan kesukaan teman-temannya.

A. Tidak pernah

B. Kadang-kadang

C. Sering

D. Selalu

Kunci Jawaban: D. Selalu

3. Guru menekankan pentingnya mengisi Sulingjar sesuai kondisi nyata.

A. Benar

B. Salah

Kunci Jawaban: A. Benar

4. Satuan PAUD menyusun rencana berdasarkan karakteristik lembaga dan hasil diskusi dengan rekan guru serta komite sekolah.

A. Ya

B. Tidak

Kunci Jawaban: A. Ya

5. Anak mengamati lingkungan sekitar lalu menyebutkan ciptaan Tuhan atau buatan manusia.

A. Tidak pernah

B. Kadang-kadang

C. Sering

D. Selalu

Kunci Jawaban: D. Selalu

6. Kegiatan refleksi pembelajaran dilakukan secara rutin setiap akhir hari.

A. Tidak pernah

B. Jarang

C. Sering

D. Sudah dilakukan secara rutin

Kunci Jawaban: D. Sudah dilakukan secara rutin

7. Guru mengenalkan macam-macam emosi dasar pada anak (senang, sedih, marah, takut).

A. Tidak dilakukan

B. Dilakukan kadang-kadang

C. Dilakukan sering

D. Ya, selalu

Kunci Jawaban: D. Ya, selalu

8. Anak diajak untuk melepas dan menyimpan sepatu di rak sesuai namanya.

A. Tidak pernah

B. Jarang

C. Sering

D. Selalu

Kunci Jawaban: D. Selalu

9. Anak mengembalikan mainan dengan bantuan pendidik.

A. Salah

B. Benar

Kunci Jawaban: B. Benar

10. Guru membagi anak ke dalam kelompok dan memberi kesempatan mereka mengatur pembagian tugas sendiri.

A. Tidak pernah

B. Jarang

C. Sering

D. Selalu

Kunci Jawaban: C. Sering

11. Guru menggunakan kalimat positif untuk membangun citra diri anak.

A. Tidak setuju

B. Setuju

C. Sangat setuju

Kunci Jawaban: B. Setuju

12. Guru memberi pujian konkret, misalnya “Wah, hebat! Kamu mewarnai gambarnya penuh dengan warna beragam.”

A. Tidak sesuai

B. Sesuai

Kunci Jawaban: B. Sesuai

13. Guru menyiapkan pojok baca yang dapat diakses anak kapan saja.

A. Ya

B. Tidak

Kunci Jawaban: A. Ya

14. Anak belajar konsep bilangan dengan menggunakan kartu simbol angka.

A. Salah

B. Benar

Kunci Jawaban: B. Benar

15. Sosialisasi standar keamanan dan keselamatan dilakukan secara berkala.

A. Ya

B. Tidak

Kunci Jawaban: A. Ya

16. Guru menjelaskan pada anak yang mengejek bahwa semua perbedaan harus dihargai.

A. Ya

B. Tidak

Kunci Jawaban: A. Ya

17. Guru mengajarkan Pancasila melalui lagu anak.

A. Ya

B. Tidak

Kunci Jawaban: A. Ya

18. Anak berkebutuhan khusus ditempatkan di kelas bersama teman lain dengan penyesuaian pembelajaran.

A. Ya

B. Tidak

Kunci Jawaban: A. Ya

19. Guru melakukan refleksi diri mengenai proses pembelajaran setiap hari.

A. Tidak pernah

B. Jarang

C. Sering

D. Selalu

Kunci Jawaban: D. Selalu

20. Guru berdiskusi dengan orang tua tentang prinsip bermain-belajar dan calistung di forum pertemuan.

A. Ya

B. Tidak

Kunci Jawaban: A. Ya

21. Pertemuan orang tua dilakukan untuk melaporkan hasil belajar anak dan berbagi pengalaman.

A. Ya

B. Tidak

Kunci Jawaban: A. Ya

22. Guru melakukan pemetaan masalah dengan menjabarkan sebab-sebab yang terjadi.

A. Tidak setuju

B. Setuju

Kunci Jawaban: B. Setuju

23. Guru memberikan asesmen awal dengan cara pengamatan kesiapan belajar anak.

A. Benar

B. Salah

Kunci Jawaban: A. Benar

24. Guru menyesuaikan metode pembelajaran dengan gaya belajar anak.

A. Tidak setuju

B. Setuju

C. Sangat setuju

Kunci Jawaban: C. Sangat setuju

25. Refleksi pembelajaran dilakukan setiap akhir semester.

A. Tidak pernah

B. Jarang

C. Ya, dilakukan

Kunci Jawaban: C. Ya, dilakukan

Disclaimer: jawaban tetap harus disesuaikan dengan kondisi nyata di masing-masing satuan PAUD.

Pembaca juga dapat mengetahui info terbaru tentang Sulingjar 2025 melalui tautan di bawah ini:

Kumpulan Artikel tentang Sulingjar 2025

Baca juga artikel terkait SULINGJAR atau tulisan lainnya dari Lita Candra

tirto.id - Edusains
Kontributor: Lita Candra
Penulis: Lita Candra
Editor: Wisnu Amri Hidayat