Menuju konten utama

30 Soal Ujian Asesmen Bahasa Indonesia Kelas 9 MTs & Jawabannya

Kumpulan soal ujian asesmen madrasah Bahasa Indonesia kelas 9 MTs dan jawabannya ini dapat dijadikan bahan latihan untuk mengikuti asesmen.

30 Soal Ujian Asesmen Bahasa Indonesia Kelas 9 MTs & Jawabannya
Ilustrasi PPDB. foto/Istockphoto

tirto.id - Kumpulan soal ujian asesmen madrasah Bahasa Indonesia kelas 9 MTs dan jawabannya ini dapat dijadikan bahan latihan untuk mengikuti Asesmen Madrasah Bahasa Indonesia kelas 9 MTs.

Dilansir dari Kemenag, asesmen madrasah ini diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) sebagai pengganti Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) serta Ujian Nasional (UN).

Tujuan diselenggarakannya asesmen madrasah ini adalah untuk mengumpulkan dan mengolah data untuk mengukur kemajuan belajar dan capaian hasil belajar siswa terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Penyelenggaraan asesmen madrasah yang diatur dalam Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 723 tahun 2024 tentang Prosedur Operasional Penyelenggaraan Asesmen Madrasah ini akan digelar pada:

- Jenjang Madrasah Aliyah (MA) mulai 4-30 Maret 2024

- Jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) mulai 22 April-11 Mei 2024

- Jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) mulai 29 April-18 Mei 2024

Salah satu materi yang diujikan dalam asesmen madrasah MTs kelas 9 adalah Bahasa Indonesia. Berikut ini adalah bocoran materi asesmen madrasah Bahasa Indonesia, serta kumpulan soal asesmen madrasah Bahasa Indonesia:

Materi Asesmen Madrasah MTs Kelas 9 Tahun 2024

Bentuk Asesmen

1. Bentuk asesmen madrasah pada jenjang MI, MTs, dan MA/MAK berupa:

a. Tes tertulis.

Guru dapat memilih tiga jenis soal tertulis di bawah ini:

- pilihan ganda

- pilihan ganda kompleks

- benar salah

- setuju tidak setuju

- menjodohkan

- uraian

b. Ujian praktik

c. Portofolio

d. Penugasan, dan/atau

e. Bentuk lain yang ditetapkan oleh masing-masing madrasah

2. Masing-masign madrasah dapat memilih salah satu atau gabungan beberapa bentuk asesmen sesuai dengan karakteristik kompetensi yang diukur.

Materi Asesmen

1. Masing-masign madrasah menyusun materi asesmen mata pelajaran umum pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka mengacu pada Kemendikbudristek.

2. Materi asesmen untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Kurikulum 2013, mengacu pada KMA Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab.

3. Materi asesmen untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Kurikulum Merdeka mengacu pada Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Agama islam Nomor 3211 Tahun 2011 tentang Capaian Belajar Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab.

Kisi-Kisi Asesmen Madrasah

1. Kisi-kisi asesmen madrasah disusun berdasar kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan lingkup materi pada kurikulum yang berlaku.

2. Kisi-kisi AM disusun oleh guru mata pelajaran dan ditetapkan oleh madrasah penyelenggara AM dalam bentuk Surat Keputusan Kepala Madrasah.

3. Kisi-kisi AM mata pelajaran Al-Quran-Hadis, Akidah-Akhlak, Fiqih, SKI dan Bahasa Arab disusun oleh Kementerian Agama RI.

Kumpulan Soal Asesmen Madrasah Bahasa Indonesia Kelas 9 dan Jawabannya

Berikut ini soal asesmen madrasah Bahasa Indonesia kelas 9 dan jawabannya:

1. Cermati teks syair berikut!

Ilmu didapat tiada cepat

Mesti sabar hatinya kuat

Moga Tuhan berikan rahmat

Maka jaga hati serta niat

Simpulan isi syair tersebut adalah ...

A. Proses mencari ilmu membutuhkan niat dan tekad yang kuat.

B. Proses mencari ilmu berlangsung sepanjang hayat.

C. Ilmu sangat bermanfaat sampai hari kiamat.

D. Setiap usaha harus diiringi dengan doa.

Jawaban: A

2. Cermati teks fabel berikut!

Semut muda pun berjalan menelusuri lembah. Ia memanjat pohon dan juga rerumputan berkali-kali. Ia berjalan dengan tak kenal lelah. Ia pun melihat mata air jernih dan mendatanginya untuk minum. Ketika dekat dengan mata air tersebut, ia bingung karena letak mata airnya lebih tinggi dibandingkan tanah tempat ia berpijak. Ia pun naik ke atas batang rumput. Saat hampir berhasil, ia terpeleset dan jatuh ke dalam mata air.

Makna kata tercetak miring pada teks tersebut adalah ....

A. bermukim

B. bergerak

C. berdiri

D. berada

Jawaban: C

3. Cermati teks deskripsi berikut!

Sejumlah studi mengungkapkan bahwa gejala Covid-19 varian Omicron tidak jauh berbeda dengan gejala Covid-19 pada umumnya. Beberapa gejala Covid-19 varian Omicron adalah demam, batuk, pilek, badan terasa lelah, sakit kepala, sakit tenggorokan, nyeri otot, gangguan pencernaan. Covid-19 varian Omicron juga berisiko menimbulkan gejala khas Covid-19 lain, seperti gangguan indra penciuman (anosmia) atau perasa (ageusia). Pada kasus tertentu, Covid-19 varian Omicron bisa menimbulkan gejala yang lebih berat, seperti sesak napas.

Makna kata yang tercetak miring pada teks tersebut adalah ....

A. proses infeksi virus ke tubuh

B. proses bermutasinya virus

C. gejala munculnya virus

D. virus baru hasil mutasi

Jawaban: D

4. Cermati teks deskripsi berikut!

(1) Pemanasan global mengubah iklim di bumi menjadi tidak dapat diprediksi sehingga menyebabkan hasil pertanian dan perkebunan tidak produktif dan mempengaruhi ketahanan pangan. (2) Bahkan, bencana alam seperti banjir, tanah longsor, kekeringan, kebakaran hutan, dan angin puting beliung tidak lagi mengenal waktu dan tempat. (3) Kenaikan suhu bumi mengakibatkan banyak bencana, seperti mencairnya es di kutub, rusaknya lingkungan, naiknya permukaan air laut, cuaca ekstrem, dan punahnya beberapa jenis fauna di dunia. (4) Ancaman pemanasan global terhadap keberlangsungan hidup manusia di masa depan adalah sesuatu yang nyata.

Kalimat utama pada teks tersebut terdapat pada nomor ...

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

Jawaban: D

5. Cermati teks prosedur berikut!

(1) Gosok sabun ke telapak, punggung tangan, dan sela jari.

(2) Basahi seluruh tangan dengan air bersih mengalir.

(3) Bersihkan bagian bawah kuku-kuku.

(4) Keringkan tangan dengan handuk/tisu atau dikeringkan dengan diangin-anginkan.

(5) Bilas tangan dengan air bersih mengalir.

Urutan petunjuk cara mencuci tangan dengan sabun agar menjadi teks prosedur yang runtut adalah ...

A. (1), (2), (3), (4), (5)

B. (2), (1), (3), (5), (4)

C. (5), (1), (2), (5), (4)

D. (1), (3), (2), (4), (5)

Jawaban: B

6. Cermati teks laporan hasil observasi berikut!

(1) Sampah merupakan konsekwensi dari adanya kegiatan manusia yang begitu beragam. (2) Setiap kegiatan manusia pasti menghasilkan sampah yang jumlah dan volumenya berbanding lurus dengan tingkat konsumsi barang yang digunakan sehari- hari. (3) Jenis sampah juga sangat tergantung dari material yang dikonsumsi sehingga pengelolaan sampah merupakan permasalahan yang sangat krusial. (4) Persoalan sampah akan terkait dengan masalah-masalah lain, seperti masalah kultural, sosial, pendidikan, lingkungan, dan masalah lainnya.

Alasan kesalahan penggunaan ejaan pada teks tersebut adalah ....

A. kata ‘konsekwensi’ penulisannya tidak baku pada kalimat (1)

B. kata ‘volume’ penulisannya tidak baku pada kalimat (2)

C. kata ‘material’ penulisannya tidak baku pada kalimat (3)

D. kata ‘kultural’ penulisannya tidak baku pada kalimat (4)

Jawaban: A

7. Cermati teks prosedur berikut!

(1) Setelah minyak goreng panas, masukkan telur dan masak orak-arik. Kemudian, sisihkan telur di bagian tepi wajan.

(2) Masukkan kembali sedikit minyak, kemudian tumis bumbu halus dan campurkan dengan telur tadi.

(3) ....

(4) Pastikan untuk memasak sayur hingga layu dan matang.

(5) ....

(6) Terakhir, tambahkan garam. Jika dirasa kurang, dapat pula ditambahkan penyedap agar sajian terasa lebih gurih.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks prosedur yang rumpang tentang cara membuat nasi goreng sayur dan telur adalah ...

A. (3) Masukkan daun bawang secukupnya.

(5) Aduk sayur dan telur orak-arik.

B. (3) Masukkan nasi putih dan aduk hingga tercampur merata dengan bahan lainnya.

(5) Masukkan sayur wortel, kubis, dan sawi ke dalam wajan, aduk bersamaan dengan bumbu juga telur orak-arik.

C. (3) Masukkan sayur wortel, kubis, dan sawi ke dalam wajan.

(5) Aduk aneka sayur dan telur orak-arik hingga semua bahan tercampur rata.

D. (3) Masukkan sayur wortel, kubis, dan sawi ke dalam wajan, aduk bersamaan dengan bumbu juga telur orak-arik.

(5) Masukkan nasi putih dan aduk hingga tercampur

Jawaban: D

8. Cermati teks fabel berikut!

"Aku sudah memujinya, tetapi ia tetap tak mau bicara. Kali ini aku akan menghinanya agar ia membuka mulutnya sehingga daging yang ada di paruhnya jatuh,” pikir Rubah. "Hei gagak yang sombong. Kau memang memiliki mata dan kaki yang indah. Kau pantas menjadi ratu burung. Tetapi sayang kau bisu dan tak bisa bicara," seru Rubah. Mendengar hal itu, Gagak langsung marah. Ia langsung bersuara keras. "Kaaak! Kaaak!" seru Gagak. Daging yang berada di paruh Gagak otomatis jatuh. Dan... hap! Rubah dengan sigap menangkap daging itu. "Terima kasih Gagak, kau telah memberikan daging yang lezat ini untukku," ujar Rubah sambil berlari meninggalkan Gagak.

Watak tokoh Rubah dalam kutipan teks tersebut adalah ....

A. sombong

B. bodoh

C. cerdik

D. serakah

Jawaban: C

9. Cermati teks syair berikut!

Ilmu didapat tiada cepat

Mesti sabar hatinya kuat

Moga Tuhan berikan rahmat

Maka jaga hati serta niat

Simpulan isi syair tersebut adalah ...

A. Proses mencari ilmu membutuhkan niat dan tekad yang kuat.

B. Proses mencari ilmu berlangsung sepanjang hayat.

C. Ilmu sangat bermanfaat sampai hari kiamat.

D. Setiap usaha harus diiringi dengan doa.

Jawaban: A

10. Cermati teks fantasi berikut!

Laila adalah seorang gadis miskin yang pandai. Sebagian waktunya ia gunakan untuk belajar dan membantu orang tuanya. Selain itu, Laila juga suka menghabiskan waktunya untuk menggambar. Sayangnya, kini ia tidak dapat menggambar lagi karena pensil yang dimilikinya sudah hampir habis dan sangat pendek sehingga tidak dapat digunakan lagi. Laila juga tidak bisa membeli pensil baru karena tidak memiliki cukup uang. Saat membantu orang tuanya memunguti plastik yang ada di jalan, Laila menemukan ada sebuah pensil tergeletak. Laila mengambilnya dengan senang karena akan dapat menggambar lagi sepulang mencari plastik. Saat di rumah, Laila mulai mengeluarkan pensil yang ia temukan tadi di jalan. Lailab mencoba menggambar bunga di kertasnya. Alangkah kagetnya ketika selesai menggambar, tiba-tiba menjadi bunga sesungguhnya dan tergeletak di atas kertas tempat ia menggambar.

Bagian orientasi pada teks tersebut terdapat pada paragraf ....

A. (1)

B. (1) dan (2)

C. (1), (2), dan (3)

D. (1), (2), (3), dan (4)

Jawaban: B

11. Cermati teks berita berikut!

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, membeberkan bahwa sejak ditemukan varian Omicron di Indonesia, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus waspada. Kewaspadaan itu dilakukan dengan mengirimkan hasil swab PCR positif ke laboratorium untuk dianalisis genetik secara penuh, menggunakan teknik yang disebut pengurutan genomik (whole genome sequencing).

Perbaikan kesalahan penggunaan ejaan pada teks tersebut adalah ....

A. mengubah kata ‘teknik’ menjadi ‘tekhnik’

B. mengubah kata ‘dianalisis’ menjadi ‘dianalisa’

C. menulis kata ‘varian’ dengan diawali huruf kapital

D. mencetak miringkan istilah asing ‘whole genome sequencing’

Jawaban: D

12. Cermati teks fabel berikut!

Tiba-tiba, Serigala yang baik hati datang. Ia tersenyum ramah kepada semua binatang. “Hai, teman-teman,” sapa serigala itu. Melihat kedatangan Serigala, semua binatang langsung berlari kocar-kacir. “Lari! Ada serigala jahat, nanti kalian diterkam!” teriak Ayam dengan sangat kencang. Semua binatang pun pergi menjauh. Hal itu membuat Serigala sedih. Ia ingin memiliki teman, tapi mengapa semua binatang di hutan menjauhinya?

Berdasarkan strukturnya, kutipan teks tersebut merupakan bagian ....

A. orientasi

B. komplikasi

C. resolusi

D. koda

Jawaban: B

13. Cermati teks slogan berikut!

Maskerku melindungi kamu, maskermu melindungi aku.

Isi slogan tersebut adalah ...

A. Bertukar masker sangat penting untuk mencegah penularan virus.

B. Penggunaan masker sangat penting demi keselamatan bersama.

C. Masker dapat melindungi para pemakainya.

D. Satu masker bisa digunakan untuk berdua

Jawaban: B

14. Cermati teks eksposisi rumpang berikut!

Pembelajaran [...], terlepas dari kompleksitas teknologi yang digunakan, tidak dapat menggantikan pembelajaran tatap muka. Sebab, metode interaktif tatap muka tradisional masih jauh lebih [...]. Selain itu, keterbatasan [...] internet, perangkat keras dan perangkat lunak, serta pendanaan sering menjadi hambatan untuk memaksimalkan sumber daya e- learning.

E-learning membutuhkan peran [...] untuk secara efektif mengevaluasi dan beradaptasi dengan kebutuhan pembelajaran.

Istilah yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang dari teks tersebut adalah ....

A. online, efisien, kuota, peserta didik

B. luring, efektif, akses, guru

C. daring, faedah, kuota, siswa

D. online, efektif, akses, pendidik

Jawaban: D

15. Cermati teks puisi berikut!

Panggung pentas selalu ramai dengan penonton

Berlarian, saling berteriak, saling tabrak antusias

Panggung pentas yang biasa mereka panggil kelas

Ayo cari penampilnya dan tanyakan tentang dunia

Penampil tidak lagi bisa memilih

Ayo jalanlah di lorong sepi itu

Pejamkan mata dan rasakan... keramaian itu ada

Rasakan...

Penonton tidak akan memudar oleh virus

Bola mata yang membulat tetap ingin melihat dunia

Saling berlomba mencari sinyal

Mencari jawaban akan 1000 tanda tanya

Penampil ini adalah guru

Terdampar dalam sebuah panggung virtual

Mencari jawaban dari sapaan

“Selamat pagi anak-anak...”

Maksud dari isi puisi tersebut adalah ...

A. Meriahnya suasana pertunjukan pentas seni di sekolah.

B. Pembelajaran luring lebih interaktif dan efektif daripada pembelajaran daring.

C. Guru yang baik selalu menyapa anak didiknya sebelum memulai pembelajaran.

D. Guru adalah pembimbing sekaligus pemeran dalam panggung pentas seni di sekolah.

Jawaban: B

16. Cermati teks eksplanasi berikut!

Proses fotosintesis terjadi dalam dua tahapan, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap atau siklus Calvin. Reaksi terang terjadi pada siang hari saat masih ada cahaya matahari. Reaksi ini bertugas untuk mengubah air dan karbondioksida menjadi oksigen. Kemudian siklus Calvin akan mengubah karbondioksida menjadi gula yang disimpan oleh tumbuhan sebagai cadangan makanan. Reaksi terang dan gelap juga berada di tempat berbeda. Reaksi terang berada pada grana, sedangkan reaksi gelap terjadi di stroma. Kedua siklus fotosintesis ini terjadi pada organisme autotrof sebagai mekanisme pertahanan hidup.

Informasi tersurat yang terdapat pada teks tersebut adalah ...

A. Reaksi terang bertugas mengubah air dan karbondioksida menjadi oksigen.

B. Reaksi terang berada pada stroma, sedangkan reaksi gelap terjadi di grana.

C. Siklus Calvin terjadi pada siang hari saat masih ada cahaya matahari.

D. Reaksi terang bertugas mengubah karbondioksida menjadi gula.

Jawaban: A

17. Cermati teks eksposisi berikut!

Pembelajaran daring dapat menyebabkan dampak negatif yaitu kurangnya pemahaman siswa dalam menyerap materi yang diberikan oleh gurunya, cepat mengantuk, dan mudah bosan. Tips agar pembelajaran daring tidak membosankan yang pertama adalah dengan memberikan selingan, misalnya dalam bentuk permainan yang menarik berdasarkan materi yang disampaikan oleh guru agar tercipta suasana yang tidak membosankan. Kedua, melakukan pembelajaran dengan teknik yang nyaman. Misalnya saja teknik belajar sambil mendengarkan musik. Ketiga, melakukan relaksasi.

Pengubahan teks tersebut menjadi bagian langkah-langkah dalam sebuah teks prosedur adalah ....

A. Tips belajar daring

(1) Memberikan selingan

(2) Memberikan permainan

(3) Melakukan pembelajaran dengan teknik yang nyaman

(4) Belajar sambil mendengarkan musik

(5) Melakukan relaksasi

B. Tips menghindari dampak negatif pembelajaran daring

(1) Memberikan selingan

(2) Melakukan pembelajaran dengan teknik yang nyaman

(3) Belajar sambil mendengarkan musik

(4) Melakukan relaksasi

C. Tips pembelajaran daring agar tidak membosankan

(1) Memberikan selingan

(2) Melakukan pembelajaran dengan teknik yang nyaman

(3) Melakukan relaksasi

D. Tips pembelajaran daring agar tidak membosankan

(1) Memberikan selingan

(2) Memberikan permainan

(3) Belajar sambil mendengarkan musik

(4) Melakukan relaksasi

Jawaban: C

18. Cermati dua kutipan teks fabel berikut!

Teks 1

Pada suatu hari, ada seekor rubah tengah berjalan-jalan di sekitar hutan. Ia berpikir bahwa hari ini cuaca cerah sehingga ia bisa pergi memancing. Setelah mempersiapkan alat pancing, ia pun bergegas menuju telaga yang ada di tengah hutan.

Teks 2

Piton pun mulai mengendus aroma daging dari mangsanya. Ia melihat ada seekor kera mungil. Kera itu sedang menggigil dan berteduh di bawah pohon aren. Piton pun mendekati kera yang sedang merintih dan menggigil sendirian.

Perbedaan pola penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah ....

A terdapat konjungsi subordinatif (teks 1) tidak terdapat konjungsi subordinatif (teks 2)

B terdapat konjungsi koordinatif (teks 1) tidak terdapat konjungsi koordinatif (teks 2)

C terdapat kalimat majemuk setara (teks 1) tidak terdapat kalimat majemuk setara (teks 2)

D terdapat preposisi (teks 1) tidak terdapat preposisi (teks 2)

Jawaban: A

19. Cermati teks ulasan berikut!

Kami telah menonton dan kesan pertama usai menyaksikan adalah akting para pemain yang gagal meyakinkan. Keegan Allen punya karisma untuk menjadi semacam YouTuber. Tampang tampan, atraktif sekaligus komunikatif kepada audiens, gaya busana yang keren, juga punya pacar yang cantik. Sepertinya, ini standard emas tak tertulis untuk siapa pun yang ingin menjadi pesohor dengan karir langgeng. Di tengah jalan, Keegan kurang mampu mentransfer hingar-bingar di media sosial, dampaknya secara psikologis, termasuk kengerian yang dihadapi di Escape Room level ekstrem. Yang tampak dalam film hanya gaya hidup mewah hura-hura.

Kelompok kata yang mengandung kesalahan ejaan dalam bentuk penggunaan kata tidak baku pada teks tersebut adalah ....

A. akting, audiens, ekstrem

B. atraktif, standard, psikologis

C. standard, karir, hingar-bingar

D. standard, karir, ekstrem

Jawaban: C

20. Cermati teks ulasan berikut!

(1) Sineas perfilman Indonesia sepertinya kian dewasa untuk memilih tema cerita yang akan diangkat ke layar lebar. (2) Tidak hanya mementingkan nilai komersial, tetapi juga mulai terasa menunjukan passion dan budaya dari film tanah air. (3) Filosofi Kopi yang diangkat dari novel karya Dewi Lestari jadi satu pilihan yang sangat kompeten untuk semua kriteria tersebut. (4) Film ini tentang salah satu Kedai Kopi di Jakarta yang masih dalam masa perkembangan. (5) Kedai ini dirintis oleh dua pemuda yang bersahabat, yakni Jody yang diperankan oleh Rio Dewanto dan Ben yang diperankan oleh Chico Jericho.

Kalimat yang tidak sesuai dengan kaidah berbahasa pada teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ....

A. (1) dan (2)

B. (2) dan (3)

C. (3) dan (4)

D. (4) dan (5)

Jawaban: C

21.Cermati teks cerita inspiratif berikut!

Diceritakan pada suatu hari, seorang ibu melintasi angkringan nasi uduk sambal mendorong gerobak miliknya. Dia tidak hidup seorang diri, melainkan bersama kedua anaknya yang berada di dalam gerobak. Sontak saja kondisi ini menyentuh seseorang untuk turut berbagi. Panggil saja namanya Armi, seseorang yang sedang makan nasi uduk di waktu pagi menjelang siang.

Kalimat tercetak miring pada teks tersebut menunjukkan ungkapan ....

A. simpati

B. empati

C. perasaan pribadi

D. ekspresi

Jawaban: B

22.Cermati teks diskusi berikut!

(1) Di waktu yang bersamaan, Indonesia menjadi negara dengan pembuang. makanan kedua terbanyak di dunia. (2) Makanan-makanan yang dibuang tersebut berasal dari sisa makanan pesta, acara perusahaan atau perkantoran, restoran, dan sisa makanan rumah tangga. (3) Apakah sisa makanan ini sebegitu tidak berharganya, sehingga harus dibiarkan membusuk begitu saja di tempat sampah? (4) Ataukah ada cara lain untuk memberdayakannya?

Kesalahan penggunaan tanda baca pada teks tersebut adalah ....

A. tanda koma (,) setelah keterangan waktu pada kalimat pertama

B. tanda koma (,) sebelum konjungsi aditif pada kalimat kedua

C. tanda koma (,) sebelum konjungsi konsekutif pada kalimat ketiga

D. tanda tanya (?) yang dibubuhkan pada akhir kalimat keempat

Jawaban: C

23. Cermati teks tanggapan berikut!

Ada yang mengatakan jika pergaulan bebas memiliki dampak yang positif, yaitu dapat mempunyai banyak teman, berbagi beberapa hal dari mulai cara berkomunikasi, cara menghormati, cara mengendalikan diri untuk berada di tengah-tengah masyarakat, dan lain-lain. Biasanya banyak orang-orang Indonesia yang meniru beberapa gaya bersalaman orang barat seperti berciuman, atau yang lebih dikenal dengan istilah cipika- cipiki. Bagi orang barat, contohnya Amerika, mereka menganggap berciuman adalah hal yang wajar.

Kalimat yang tepat untuk menyanggah pendapat tersebut adalah ...

A. Saya sependapat jika bangsa Indonesia mengikuti gaya hidup orang barat agar lebih modern.

B. Maaf, pendapat Anda sangat tidak pantas untuk diterapkan di Indonesia yang memiliki budaya dan adat ketimuran.

C. Saya kurang sependapat dengan Anda mengenai gaya bersalaman dengan berciuman. Selain kurang lazim, hal tersebut juga bertentangan dengan nilai-nilai agama.

D. Pendapat Anda terlalu vulgar dan tidak sopan, saya sangat tidak sependapat dengan Anda.

Jawaban: C

24. Cermati teks tanggapan berikut!

Di zaman yang sudah modern seperti sekarang ini, internet menjadi salah satu hal yang dianggap penting dan tak terpisahkan dalam kehidupan seseorang, terutama para kaum milenial. Internet bisa dikatakan sudah menjadi kebutuhan primer dari segala aktivitas masyarakat umum, khususnya bagi kalangan remaja yang kebanyakan adalah para pelajar. Hal ini bisa kita buktikan dengan banyaknya tempat nongkrong seperti cafe yang memberikan layanan berupa akses internet yang super cepat. Perkembangan internet merupakan salah satu dampak dari perkembangan teknologi yang semakin lama semakin maju. Perkembangan internet juga bisa membawa dampak dan pengaruh terhadap kondisi psikologi pada remaja.

Kalimat kritik berdasarkan teks tanggapan tersebut adalah ...

A. Internet membawa dampak yang positif bagi remaja sehingga perlu ditingkatkan penggunaannya.

B. Internet menjadi salah satu hal yang dianggap penting dan tak terpisahkan dalam kehidupan seseorang, terutama para kaum milenial

C. Internet sangat penting, tetapi penggunaannya yang berlebihan dapat membawa dampak negatif sehingga harus bijaksana dalam pemakaiannya.

D. Perkembangan internet bisa membawa dampak dan pengaruh terhadap kondisi psikologi pada remaja sehingga harus dihindari.

Jawaban: C

25. Cermati teks cerpen berikut!

Setelah sarapan, dengan malas saya keluar rumah dan duduk di beranda. Barangkali seperti agen minyak tanah yang siap menyambut para pembeli, saya menyiapkan kertas dan alat tulis. Hari baru membuka matanya. Bahkan matahari masih bergelut dengan kasurnya.

Makna simbol matahari masih bergelut dengan kasurnya dalam kutipan teks tersebut adalah ....

A. senja

B. fajar

C. malam

D. pagi

Jawaban: B

26. Cermati teks cerpen berikut!

Ketika ibu mengetahui saya membawa uang yang bukan main banyaknya itu, menyuruh saya membuang seluruh uang itu dengan mendorong rakit menjauh dari rumah. Menurut ibu, itu uang haram yang belum tentu dari Kiai Zaim Zaman. Dalam hati saya menyesal, kenapa saya tidak menyembunyikan segepok dua di dalam baju saya. Malam harinya saya tidak dapat tidur karena perut keroncongan. Persediaan makanan habis sementara jumlah orang yang menginap di rumah bertambah setiap harinya. Dengan sebungkus mi-instan yang dibagi dua orang, semakin kentara kami butuh bantuan yang tak kunjung datang. Pagi harinya, kami dikagetkan oleh teriakan ibu, ”Rakit itu kembali ke rumah!” yang disambut seisi rumah dengan takjub. Ini artinya bergepok-gepok uang itu kembali ke tangan kami. Subhanallah.

Informasi tersirat dari kutipan teks tersebut adalah ...

A. Jangan mudah percaya pada pemberian seseorang.

B. Seorang ibu tidak menginginkan anaknya makan uang haram.

C. Rezeki sudah tertakar dan tidak akan tertukar bagi orang yang benar.

D. Setiap insan harus saling bantu pada sesamanya yang membutuhkan.

Jawaban: C

27. Cermati teks pidato persuasif berikut!

Hadirin yang dirahmati Allah, Tanpa disiplin, seseorang yang pintar dan luar biasa cerdas pun tidak akan mampu mengeluarkan potensi dirinya. Ia tidak dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya sendiri, apalagi untuk orang lain karena proses kreatif itu membutuhkan disiplin yang tinggi. Jika seseorang tidak secara disiplin mengerjakan pekerjaannya, pekerjaan itu tidak akan pernah selesai. Kurangnya disiplin diri juga akan menghambat suatu pekerjaan menjadi lebih lambat. Artinya, pekerjaan tidak akan kunjung selesai karena tidak adanya konsistensi pengerjaan yang akan segera membuatnya selesai.

Berdasarkan strukturnya, kutipan teks pidato tersebut merupakan bagian ....

A. pembuka

B. isi

C. penutup

D. simpulan

Jawaban: B

28. Cermati teks laporan percobaan berikut!

Percobaan ini mengajarkan anak bahwa sabun memengaruhi tekanan permukaan air. Kandungan bahan kimia pada sabun dapat mengurai ikatan hidrogen pada air sehingga tekanan permukaan juga dapat berubah.

Berdasarkan strukturnya, kutipan teks laporan tersebut merupakan bagian ....

A. tujuan

B. langkah-langkah

C. hasil

D. simpulan

Jawaban: D

29. Cermati teks laporan percobaan berikut!

Roti yang dioleskan pada kertas buram meninggalkan noda transparan. Hal ini berarti roti memiliki kandungan lemak. Tempe ketika dioleskan pada kertas buram tidak meninggalkan noda transparan. Hal ini membuktikan bahwa tempe tidak memiliki. kandungan lemak. Putih telur yang dioleskan pada kertas buram tidak meninggalkan noda transparan. Maka putih telur tidak mengandung lemak. Margarin memiliki kandungan lemak karena ketika margarin dioleskan pada kertas buram meninggalkan noda transparan.

Simpulan isi teks laporan percobaan tersebut adalah ...

A. Uji kandungan lemak pada makanan dapat dilakukan dengan bahan-bahan yang murah dan mudah didapat.

B. Kandungan lemak pada makanan bergantung pada jumlah minyak yang dioleskan pada kertas buram.

C. Roti, tempe, putih telur, dan margarin adalah bahan makanan yang mengandung kadar lemak tinggi.

D. Roti dan margarin memiliki kandungan lemak, sedangkan tempe dan putih telur tidak memiliki kandungan lemak.

Jawaban: D

30. Cermati teks persuasi berikut!

(1) Memutuskan keluar rumah untuk sekedar nongkrong-nongkrong apalagi tidak dengan menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi saat ini merupakan hal yang bisa dibilang egois. (2) Kita bisa saja tertular oleh orang lain yang mungkin juga tidak tahu mereka pembawa virus. (3) Jika kita membawa virus itu pulang, bisa membahayakan keluarga dan diri kita sendiri. (4) Oleh karena itu, mari tetap di rumah, dan be safe agar rantai penyebaran virus ini bisa segera terputus dan pandemi bisa cepat hilang untuk kebaikan bersama, dan tentunya kita sendiri.

Imbauan pada teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ....

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

Jawaban: D

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL atau tulisan lainnya dari Lucia Dianawuri

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Lucia Dianawuri
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Yulaika Ramadhani