Menuju konten utama

30 Soal Ujian Sekolah Bahasa Indonesia Kelas 9 & Jawabannya

Contoh soal ujian sekolah Bahasa Indonesia kelas 9 SMP dapat digunakan siswa untuk mempersiapkan diri menghadapi Ujian Sekolah (US).

30 Soal Ujian Sekolah Bahasa Indonesia Kelas 9 & Jawabannya
Siswa Kelas IX mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) secara luar jaringan (luring) di SMP Negeri 1 Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Kamis (8/4/2021). ANTARA FOTO/Makna Zaezar/rwa.

tirto.id - Contoh soal ujian sekolah Bahasa Indonesia kelas 9 SMP dapat digunakan siswa untuk mempersiapkan diri menghadapi Ujian Sekolah (US). Materi Bahasa Indonesia yang diujikan pun beragam, mulai dari teks sastra, nonsastra, hingga ciri-ciri dan strukturnya.

Ujian Sekolah kelas 9 SMP akan berlangsung selama sekitar satu pekan pada 22-26 April 2024. Ujian Sekolah merupakan sarana untuk mengetahui hasil belajar siswa sekaligus sebagai penentu kelulusan bagi siswa tingkat akhir.

Salah satu mata pelajaran yang akan diujikan dalam Ujian Sekolah adalah Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia penting untuk dipelajari agar siswa memiliki kompetensi dalam berbahasa Indonesia yang dapat digunakan dalam berbagai keperluan kehidupan sosial.

Kisi-Kisi Soal Ujian Sekolah Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP

Soal Ujian Sekolah Bahasa Indonesia kelas 9 SMP meliputi berbagai materi yang berkaitan dengan teks sastra maupun nonsastra. Untuk lebih lengkapnya, materi Bahasa Indonesia kelas 9 yang akan diujikan antara lain:

1. Membaca Nonsastra

Bacaan nonsastra meliputi teks eksposisi, biografi, tanggapan, deskripsi, diskusi, hingga cerita inspiratif. Peserta didik diharapkan dapat:

  • Menentukan isi tersurat teks
  • Menentukan makna kata/ istilah
  • Menentukan ide pokok
  • Menyimpulkan inti bagian teks
  • Menyimpulkan isi tersirat (tujuan penulis, sikap, sasaran)
  • Membandingkan isi teks
  • Menilai isi teks (ketepatan argumen/ keakuratan sumber)

2. Membaca Teks Sastra

Teks sastra meliputi cerpen dan fabel, sementara peserta didik diharapkan dapat:
  • Menentukan isi tersurat teks
  • Menentukan makna kata/ ungkapan
  • Menyimpulkan isi tersirat (tema, sebab konflik, akibat konflik, amanat, latar, nilai)
  • Mengurutkan peristiwa sesuai teks sastra yang dibaca
  • Menunjukan bukti watak tokoh, latar, nilai teks
  • Menilai keunggulan/ kelemahan karya sastra

3. Menulis Teks Nonsastra

Penulisan teks nonsastra meliputi eksposisi, diskusi, laporan percobaan, pidato persuasif, slogan, surat pribadi, prosedur, diskusi, berita, hingga laporan. Peserta didik diharapkan dapat:

  • Melengkapi kata rumpang pada bagian teks
  • Membuat judul
  • Melengkapi kalimat pada bagian teks
  • Melengkapi kerangka isi sesuai judul
  • Melengkapi paragraf pada teks
  • Mengubah kata kunci menjadi kalimat
  • Mengurutkan kerangka isi sesuai judul
  • Mengurutkan kalimat-kalimat menjadi teks
  • Memvariasikan judul teks
  • Memvariasikan bagian teks
  • Mengubah teks nonsastra ke bentuk lain
  • Membuat kerangka isi teks berdasarkan judul

4. Menulis Teks Sastra

Penulisan teks sastra meliputi cerpen, drama, pantun, dan puisi. Peserta didik diharapkan dapat:

  • Melengkapi kata/ ungkapan rumpang pada bagian teks
  • Melengkapi kalimat/ majas pada bagian teks
  • Melengkapi bagian teks
  • Melengkapi kalimat/ dialog
  • Melengkapi dialog sesuai konteks
  • Melengkapi narasi pengarang
  • Memvariasikan sudut pandang, dialog, watak, tokoh, akhir cerita
  • Mengubah teks sastra ke bentuk lain
  • Mengganti kalimat/ kata bernilai sastra

5. Ciri dan Struktur Teks

Jenis teks dalam materi ini meliputi LHO, iklan, berita, dan biografi. Peserta didik diharapkan dapat:

  • Mengidentifikasi bagian struktur teks
  • Menentukan jenis teks berdasarkan struktur
  • Merinci struktur teks yang dibaca
  • Menyimpulkan persamaan/ perbedaan pola struktur teks
  • Memperbaiki struktur teks
  • Menunjukan alasan bukti kesalahan struktur teks

6. Kebahasaan dalam Teks

Jenis teks dalam materi ini meliputi eksplanasi, puisi, ulasan, dan eksposisi. Peserta didik diharapkan dapat:

  • Mengidentifikasi kata (sinonim, baku, khusus, emotif, antonim)
  • Mengidentifikasi kalimat definisi, perincian, majas
  • Mengelompokan kesalahan penggunaan kata/ kalimat/ejaan
  • Memberi alasan kesalahan penggunaan kata/ kalimat/ ejaan, dan tanda baca
  • Memperbaiki kesalahan penggunaan kata/ kalimat/ ejaan, dan tanda baca.

Contoh Soal Ujian Sekolah Kelas 9 Materi Bahasa Indonesia dan Jawabannya

Berikut 30 contoh soal ujian Bahasa Indonesia untuk kelas 9 beserta jawabannya:

A. Soal Pilihan Ganda

1. Rudy Hartono sebagai seorang maestro bulu tangkis dunia. Arti kata maestro adalah…

A. Orang yang hebat dalam bidang yang digeluti

B. Orang yang ahli dan berprestasi di bidang tertentu

C. Orang yang mempunyai nama besar karena kesuksesannya

D. Orang yang menjuarai suatu pertandingan dan tidak terkalahkan

Jawaban: B

2. Perhatikan teks berikut:

Lukisan berjudul “Kakak dan Adik” karya Basuki Abdullah menggambarkan kesunyian dan kesedihan. Gambaran kesunyian diperkuat melalui ekspresi wajah jernih, tetapi tatapan mata yang kosong. Pakaian yang bersahaja dan berwarna gelap membuat sosok kakak beradik tampak diliputi kesedihan.

Simpulan isi penggalan teks tanggapan tersebut adalah ....

A. Kesunyian dan kesedihan digambarkan Basuki Abdullah dalam lukisan berjudul Kakak dan Adik.

B. Lukisan berjudul Kakak dan Adik karya Basuki Abdullah merupakan karya bertema persaudaraan.

C. Pakaian bersahaja yang tergambar dalam lukisan berjudul Kakak dan Adik mampu memunculkan suasana sepi.

D. Basuki Abdullah mengekspresikan perasaan sedih melalui tatapan kosong sosok kakak beradik.

Jawaban: A

3. Perhatikan teks berikut:

Dalam pengembaraanku yang ragu

Kulipat sisa-sisa harapan

Ketika pintu dan jendela menuju-Mu

Tak lagi terbuka untukku

Pilihan kata yang tepat agar bait tersebut memiliki rima akhir yang sama adalah ....

A. Kata ‘ragu’ diganti dengan kata ‘gamang’

B. Kata ‘harapan’ diganti dengan kata ‘pilu’

C. Kata ‘kulipat’ diganti dengan kata ‘kusimpan’

D. Kata ‘terbuka’ diganti dengan kata ‘tersisa’

Jawaban: B

4. Perhatikan kalimat iklan berikut:

(1) Nuvo ciptakan hari-hari Anda tanpa kuman.

(2) Ikutilah lomba dan workshop menyambut Bulan K3 Pertamina RU IV Balongan.

(3) Sediakan selalu Energienis. Penambah energi dan sahabat sarapan pagi Anda.

(4) Begitu banyak masalah akibat narkoba. Katakan Tidak untuk Narkoba!

Kalimat iklan yang bertujuan menyampaikan informasi yang mendidik khalayak adalah nomor…

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

Jawaban: D

Perhatikan paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 5 dan 6

Jeruk nipis bermanfaat mengobati penyakit batuk. Buah ini memiliki kandungan minyak atsiri serta zat yang dapat mengendalikan otot-otot pernapasan sehingga dapat meredakan batuk. Cara penggunaannya pun mudah, yaitu dengan cara meminum air perasan jeruk nipis yang dapat dicampur dengan bahan lain seperti madu, kecap atau gula.

5. Ide pokok dari paragraf di atas adalah…

A. Manfaat jeruk nipis

B. Campuran jeruk nipis

C. Kandungan jeruk nipis

D. Cara penggunaan jeruk nipis

Jawaban: A

6. Isi tersirat pada paragraf di atas adalah…

A. Jeruk nipis dapat dicampur dengan zat lainnya

B. Jeruk nipis dapat ditanam di pekarangan rumah

C. Jeruk nipis memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan

D. Jeruk nipis lebih berkhasiat dibandingkan jeruk lainnya

Jawaban: C

7. Perhatikan kalimat berikut:

Erick Thohir dipercaya sebagai Presiden F.C. Internazionale Milano pada 2013 yang ke-21

Susunan kalimat yang lebih tepat adalah...

A. Erick Thohir dipercaya pada 2013 sebagai Presiden F.C. Internazionale Milano yang ke-21.

B. Erick Thohir sebagai Presiden F.C. Internazionale Milano dipercaya yang ke-21 pada 2013

C. Pada 2013 Erick Thohir dipercaya sebagai Presiden F.C. Internazionale Milano yang ke-21.

D. Pada 2013 Erick Thohir sebagai Presiden F.C. Internazionale Milano dipercaya yang ke-21.

Jawaban: C

8. Perhatikan teks berikut:

OSIS SMP 1 mengadakan gotong royong untuk membersihkan parit, selokan, dan sampah di sekitar lingkungan. Kegiatan ini bertujuan agar lingkungan sekitar tetap sehat dan bersih.

Slogan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah…

A. Gotong royong menjalin kerja sama sesama warga.

B. Lingkungan bersih dan sehat tanggung jawab kita bersama.

C. Mari bersama-sama bergotong royong di lingkungan sekitar.

D. Hidup sehat dan bersih merupakan cita-cita warga bersama.

Jawaban: B

9. Perhatikan teks berikut:

“Banjir bandang itu datang tiba-tiba menerjang wilayah Garut dan sekitarnya,” kata Budi, salah seorang warga.

Variasi kalimat yang tepat dari teks tersebut adalah…

A. “Banjir bandang menerjang wilayah Garut dan sekitarnya,” kata Budi, salah seorang warga yang datang tiba-tiba.

B. Kata Budi, “Seorang warga wilayah Garut dan sekitarnya menerjang Banjir bandang secara tiba-tiba,”

C. Kata Budi, salah seorang warga, “Wilayah Garut dan sekitarnya diterjang banjir bandang yang datang tiba-tiba.”

D. Salah seorang warga, Budi, secara tiba-tiba mengatakan wilayah Garut dan sekitarnya diterjang banjir bandang.

Jawaban: C

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 10-12:

Istilah game online sudah tidak asing lagi bagi anak-anak dan remaja zaman sekarang. Dengan daya jelajah internet yang sangat luas dan tanpa batas, game online sudah bisa dinikmati kapan pun dan di mana pun. Dampaknya juga mulai dirasakan banyak pihak. ( .... ) Akan tetapi, banyak juga pihak yang berpendapat bahwa game online memiliki sisi positif. Dengan demikian, game online kini menimbulkan pro-kontra di masyarakat.

10. Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah ...

A. Ada pihak yang beranggapan bahwa game online banyak menimbulkan dampak negatif.

B. Anak-anak dan remaja pun kini bisa bermain game online melalui telepon genggam mereka.

C. Karena itu, persoalan ini tentunya memerlukan perhatian dan pengawasan dari para orang tua.

D. Terutama para orang tua yang memiliki anak remaja yang setiap hari gemar bermain game online.

Jawaban: A

11. Contoh judul yang sesuai dengan isi teks di atas adalah…

A. Pengaruh Bermain Game Online Bersama Anak

B. Hubungan Game Online dan Anak di Masyarakat

C. Pro dan Kontra Pengaruh Game Online pada Anak

D. Dampak Anak yang Bermain Game Online di Masyarakat

Jawaban: C

12. Berdasarkan teks tentang game online di atas, pernyataan argumen kontra/menentang yang paling tepat adalah ...

A. Game online bisa dijadikan aktivitas untuk refreshing. Anak yang baru pulang sekolah dapat menghilangkan rasa jenuh setelah berjam-jam memikirkan pelajaran. Dengan game online, mereka bisa melepaskan kepenatan sambil bermain game online.

B. Bermain game online dianggap dapat meningkatkan kreativitas anak. Mereka akan berimajinasi tentang hal-hal baru, mendapatkan ide menarik untuk menyelesaikan tugas dari gurunya di sekolah, dan menciptakan sesuatu dari ide kreatifnya setelah bermain game online.

C. Saat bermain game online, anak berlatih untuk bersabar dan tidak pantang menyerah. Karena, ada beberapa jenis game yang bisa memancing emosi sang anak. Pada saat itulah anak diuji untuk dapat mengendalikan emosinya, agar bisa memenangkan gamenya.

D. Bermain game online dapat menyebabkan kecanduan. Mereka yang ketagihan akan terus berusaha mendapatkan skor terbanyak dan mencapai level tertinggi sehingga tidak akan meninggalkan game tersebut. Jika ditinggalkan mereka akan terus memikirkan game itu, entah sampai kapan.

Jawaban: D

13. Cermati data-data berikut ini:

(1) Sungai Serayu bersih dan alami.

(2) Airnya jernih dan pemandangannya indah.

(3) Di pinggir sungai terdapat bebatuan.

Teks laporan yang tepat berdasarkan data tersebut adalah …

A. Sungai Serayu tampak bersih dan alami. Sungai itu berair jernih. Pemandangan di sekitar sungai pun tampak indah. Tidak terdapat sampah sedikit pun di sekitar sungai itu. Di pinggirnya, terdapat bebatuan yang ditumpuk rata dan rapi. Orang-orang yang biasanya mancing di sekitar sungai itu biasanya duduk-duduk di atas batu tersebut.

B. Semua orang mengetahui kalau Sungai Serayu itu bersih dan alami. Sungai tersebut terlihat bersih dan alami karena selalu dibersihkan. Oleh karena itu, setiap hari banyak sekali orang yang datang ke sana untuk memancing.

C. Sungai Serayu tampak bersih. Walaupun air sungai ini jernih dan tidak ada sampah sedikit pun, tetapi tampak kurang indah. Di pinggirnya terdapat bebatuan yang ditumpuk ala kadarnya dan tidak rapi. Orang-orang yang memancing di sekitar sungai itu biasanya duduk-duduk di atas batu tersebut.

D. Sungai Serayu merupakan salah satu objek wisata alam yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah. Sungai yang berhulu di dataran tinggi Dieng dan memiliki panjang sekitar 30 km ini melintasi lima kabupaten, di Jawa Tengah.

Jawaban: A

14. Cermati pantun berikut ini:

(1) Ke pasar membeli roti tawar

(2) ...

(3) Kalau ingin bertambah pintar

(4) ...

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah…

A. (2) Belikan aku sekilo duku, (4) Bantulah aku bawakan buku

B. (2) Jangan lupa beli pepaya, (4) Jangan lupa bahagia

C. (2) Pulangnya jemput adik dahulu, (4) Jangan lupa tuk belajar selalu

D. (2) Kayu bakar dibuat arang, (4) Banyaklah minta nasihat orang

Jawaban: C

15. Perhatikan teks berikut:

Minuman adalah segala sesuatu yang dapat dikonsumsi dan dapat menghilangkan rasa haus, biasanya berbentuk cair. Minuman dapat dibedakan berdasarkan khasiatnya sebagai obat atau tidak, penggunaan pewarna, dan produksi yang menghasilkan minuman tersebut.

Berdasarkan strukturnya, kutipan teks laporan tersebut terdapat pada bagian ....

A. Definisi umum

B. Definisi bagian

C. Deskripsi bagian

D. Deskripsi manfaat

Jawaban: A

16. Perhatikan teks berikut ini:

(1) Dengarkan angin mengusir batang-batang padi

(2) Sebelum matahari terbenam

(3) Dengarkan senandung di balik jendela

(4) Sebelum keadaan sepi dan sunyi

(5) Rumah kecil, bukalah pintu pagarmu

Larik yang bermajas sama dalam puisi tersebut ditandai dengan nomor ....

A. (1) dan (2)

B. (1) dan (3)

C. (1) dan (4)

D. (1) dan (5)

Jawaban: D

17. Perhatikan teks berikut:

Kami harus membaca berulang-ulang puisi Derai-Derai Cemara dalam buku antologi puisi Deru Campur Debu karya Chairil Anwar, karena maknanya yang begitu mendalam.

Penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut tidak tepat karena ...

A. Tanda petik (“...”) tidak digunakan pada penulisan judul puisi.

B. Tanda titik (.) tidak digunakan pada penulisan kalimat majemuk

C. Tanda hubung (-) tidak digunakan jika yang diulang bukan kata dasar.

D. Tanda koma (,) tidak digunakan jika induk kalimat mendahului anak kalimat.

Jawaban: D

18. Perhatikan teks berikut:

Pembakaran merupakan reaksi oksidasi yang (...) energi dalam bentuk panas. Ketika suatu zat terbakar, zat tersebut bergabung dengan oksigen untuk (...) oksida. Sebagian besar bahan bakar, seperti kayu, gas, dan bensin mengandung hidrogen dan karbon.

Kata yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah…

A. Dikeluarkan, dibentuk

B. Pengeluaran, terbentuk

C. Mengeluarkan, membentuk

D. Keluarkan, pembentukanJawaban: C

19. Perhatikan teks berikut:

Motorku melaju dengan cepat, suara ayah dan bundaku masih saja terdengar di telingaku. Aku menambah kecepatan motorku. Aku melewati tikungan yang jalannya licin, sehingga aku tergelincir. Motorku masih di atas, tetapi badanku jatuh ke bawah, seperti masuk jurang. Tidak begitu dalam, tetapi sulit untukku naik ke atas karena jurang itu berbentuk sudut 90 derajat. Aku sungguh takut. Aku menangis. Di sini sangat gelap, gelap sekali.

Keunggulan kutipan cerita tersebut adalah ….

A. Akhir cerita mengejutkan sehingga memberikan kesan mendalam

B. Isi ceritanya menginspirasi pembaca untuk lebih berhati-hati

C. Banyak menggunakan kata-kata ungkapan, majas, dan kiasan

D. Bagian akhir ceritanya biasa dan mudah ditebak oleh pembaca

Jawaban: B

20.Perhatikan peristiwa-peristiwa berikut:

(1) Pemilik kedai menawari Bagus semangkuk mi.

(2) Bagus turun dari kereta api dengan berdesak-desakkan.

(3) Pemilik kedai merasa iba melihat keadaan Bagus.

(4) Bagus merasa panik karena tidak dapat membayar air mineral yang telah diminumnya.

(5) Bagus tidak menyadari dompet yang ia simpan di saku celananya dicuri.

Urutan peristiwa yang tepat adalah ... .

A. (2), (3), (5), (1), (4)

B. (2), (5), (4), (3), (1)

C. (3), (1), (2), (5), (2)

D. (3), (2), (1), (5), (4)Jawaban: B

21. Perhatikan teks berikut:

Minum air garam yang sudah ditakar bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi air garam, proses methabolisasi terbantu sehingga air bisa diserap oleh tubuh dengan baik. Air garam bisa menstimulasi sisteam sekresi usus sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan. Air garam yang diperlukan tubuh manusia setiap hari paling tidak sebanyak 8 gram. Minum air garam yang cukup dapat memperlancar peredaran darah sehingga dapat terhindar dari penyakit cronis.

Perbaikan yang tepat terhadap kata bercetak miring pada teks tersebut adalah ....

A. Metabolisme, sistim, khronis

B. Methabolisme, sistem, chronis

C. Metabolisme, sistem, kronis

D. Methabolisme, sistim, kronis

Jawaban: C

22. Perhatikan teks berikut:

Kata-kata si pegawai itu memberondong cepat bagai peluru yang mendesing memerahkan daun telinga laki-laki kurus itu. Biji mata laki-laki itu melotot berputar-putar cepat seolah-olah ...

Majas yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah…

A. Hendak menatap sekeliling orang yang mencemoohnya

B. Hendak memandang tatapan siapapun yang ada di sana

C. Hendak mengawasi gerak-gerik teman-temannya

D. Hendak melompat keluar dari kedua matanya

Jawaban: D

23. Perhatikan teks berikut:

Kelurahan Bibi Ani terletak di sebuah lereng gunung yang sangat subur. Jarak tempat tinggal Bibi Ani dengan puncak gunung itu hanya sekitar 8 kilometer. Dari puncak gunung ini kita bisa memandang hamparan sawah yang padinya telah menguning untuk siap panen. [ ... ] Rumah penduduk yang dikelilingi oleh pepohonan yang menghijau membuat suasana menyenangkan. Aku rasanya ingin lebih lama tinggal bersama Bibi Ani.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...

A. Sungai di sekitar pegunungan itu sering menyebabkan banjir.

B. Sungai yang ada di sekitar pegunungan itu sangat dalam.

C. Sungai di dekat gunung itu sangat kotor dan penuh sampah.

D. Sungai di kaki gunung itu berkelok-kelok menyisir kaki gunung.

Jawaban: D

24. Perhatikan teks berikut:

Irfan anak dari keluarga yang kaya. Ia pandai di sekolahnya. Namun, ia tidak sombong dan mau berteman dengan siapa saja. Sikap Irfan tersebut membuat teman- temannya suka kepadanya. Irfan memang anak yang [ ...].

Ungkapan yang sesuai untuk melengkapi teks tersebut adalah ....

A. Besar hati

B. Rendah hati

C. Besar kepala

D. Hati emas

Jawaban: B

25. Perhatikan teks berikut ini:

Lingkungan hidup harus kita jaga kelestariannya sampai dunia ini berakhir. Kelestarian lingkungan adalah tanggung jawab semua orang, tanpa terkecuali. Oleh sebab itu, setiap orang wajib menjaga kelestarian lingkungan. Termasuk juga peran Dinas Kehutanan yang bertugas menjaga kelestarian hutan. Jangan sampai lingkungan kita hancur karena ulah kita sendiri.

Alasan kesalahan yang terdapat pada bagian teks tersebut adalah ....

A. Ada penggunaan kata penghubung antarkalimat yang salah.

B. Kesalahan penempatan salah satu tanda baca titik dan koma.

C. Terdapat salah satu bagian kalimat yang tidak padu

D. Beberapa pilihan kata yang tidak sesuai dan tidak tepat.

Jawaban: C

B. Soal Esai

1. Perhatikan teks berikut:

Terlepas dari beberapa kekurangan kekurangan yang ada buku karya juaningsih ini layak digunakan untuk mengajari semua anak anak tentang konsep ilmu bahasa secara sangat menyenangkan sekali.

Tulislah kembali teks tersebut sehingga memiliki kalimat efektif dengan memperhatikan penulisan huruf dan tanda baca!

Jawaban:

Terlepas dari beberapa kekurangan yang ada. Buku karya Juaningsih ini layak digunakan untuk mengajari anak-anak tentang konsep ilmu bahasa secara menyenangkan.

2. Perhatikan teks berikut:

Hingga suatu hari, Mang Doir pergi ke ladangnya. Celananya robek terkena pohon berduri. Lalu, Mang Doir mencabut tanaman berduri itu. Hal itu dilakukannya agar duri di pohon itu tak mengenai orang lain yang lewat. Saat Mang Doir mencabut tanaman itu, ia melihat sebuah kendi berisi uang perak yang tertanam di hawah tanaman tersebut. Alangkah senang hatinya.

Ubahlah kutipan cerpen tersebut menjadi sudut pandang orang pertama!

Jawaban:

Hingga suatu hari, aku pergi ke ladangku. Celanaku robek terkena pohon berduri. Lalu, aku pun mencabut tanaman berduri itu. Hal itu kulakukan agar duri di pohon itu tak mengenai orang lain yang lewat. Saat mencabut tanaman itu, aku melihat sebuah kendi berisi uang perak yang tertanam di hawah tanaman tersebut. Alangkah senang hatiku.

3. Perhatikan teks cerita berikut:

“Nada, minggu depan kita harus pindah ke Jogjakarta. Ayah dipindahtugaskan ke sana.” Bagaikan petir di siang bolong menyambar Nada yang seketika itu langsung diam mematung. “Kenapa mendadak, Bunda? Nada senang tinggal di sini. Apa Nada tidak bisa tetap tinggal di sini? Sekolah Nada gimana?”

“Tidak bisa, sayang. Kamu mau tinggal sama siapa di sini? Masalah sekolah, semua sudah diurus Ayah. Kamu hanya tinggal mengemasi barang-barangmu.”

Nada terdiam.

Tulislah teks dialog drama berdasarkan teks cerpen di atas dengan memperhatikan kesesuaian isi, hubungan antar dialog, ejaan, dan tanda baca!

Jawaban:

Situasi di rumah cukup tenang dan Nada baru datang dari sekolah. Ayah dan ibu sedang berbincang di ruang keluarga.

Ayah: Nada! Sini Nak! (panggil ayah)

Nada: Iya Yah, sebentar. Ada apa sih Yah.

Ayah: Ada yang ingin Ayah dan Bunda bicarakan nih

Nada: (sembari datang menghampiri) Iya Yah. Ada apa sih serius banget.

Ayah: Duduklah dulu, nanti bunda yang menjelaskan. Silahkan Bun!

Bunda: Nggak Ayah aja nih?

Ayah: Nggak lah, sama Bunda aja!

Bunda: Baiklah! Gini lho Nada. Mulai minggu depan Ayah dipindahtugaskan. Karena itu, mau tidak mau kita juga harus ikut. Kali ini ayah pindah kerja ke Jogjakarta. Jadi, kita juga harus ikut pindah ke sana, termasuk sekolah kamu.

Nada: Lha, kenapa mendadak sih, Bunda? Nada senang tinggal di sini. Apa Nada tidak bisa tetap tinggal di sini? Sekolah Nada gimana?

Bunda: Tidak bisa, sayang. Kamu mau tinggal sama siapa di sini? Masalah sekolah, semua sudah diurus Ayah. Kamu hanya tinggal mengemasi barang-barangmu.

Nada: Ya tidak segampang itu Bunda! Aku punya teman-teman di sini. Ada janji, kerja kelompok, bahkan tugas sekolah.

Bunda: Karena itulah, Ayah bunda beri tahu sekarang. Masih ada waktu satu minggu sampai kamu benar-benar siap. Tolonglah Nada. Ini sudah menjadi risiko kita. Mohon kamu bisa maklum dan mengerti.

Nada: (terdiam).

4. Perhatikan ilustrasi berikut:

Seorang siswa diminta membuat teks dengan judul Upaya Mengatasi Kecanduan Terhadap Game Online pada Remaja

Tuliskan susunan kerangka isi teks yang paling tepat dan sesuai dengan judul tersebut!Jawaban:

  • Fenomena maraknya kecanduan game online pada remaja
  • Masalah yang timbul akibat kecanduan game online pada remaja
  • Langkah mengatasi kecanduan game online pada remaja
  • Tips mengantisipasi kecanduan game online pada remaja
5. Perhatikan teks berikut:

Alkisah, karena merasa sudah mulai tua, seorang tukang kayu meminta izin kepada mandornya untuk pensiun. Lalu, sang mandor mengizinkannya, tetapi dengan syarat tukang kayu tua harus menyelesaikan satu proyek lagi. Yaitu, tukang kayu tua harus membuat bangunan sesuka hatinya.

Tukang kayu tua merasa jengkel setelah mengetahui proyek terakhirnya adalah pembangunan sebuah rumah. Sebab, penyelesaian pembangunan rumah memakan waktu yang cukup lama. Ia pun bekerja malas-malasan dan membuat rumah dengan asal-asalan. Kualitas bahan-bahan yang digunakannya pun sangat rendah.

Ketika pembangunan rumah itu selesai, sang mandor mendatangi si tukang kayu tua dan berkata, “Rumah yang kau bangun ini adalah hadiah dariku untukmu. Terima kasih telah bekerja dengan baik.”

Pesan yang dapat diambil dari teks di atas adalah…

Jawaban: suatu pekerjaan harus dilaksanakan secara sungguh-sungguh.

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL atau tulisan lainnya dari Erika Erilia

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Erika Erilia
Penulis: Erika Erilia
Editor: Yulaika Ramadhani