tirto.id - Sebagai persiapan Ujian Sekolah (US) SMP pada tahun 2024, mengerjakan latihan soal mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dapat menjadi pilihan. Latihan bakal mengasah pengetahuan siswa sebelum melakoni Ujian Sekolah.
Soal-soal latihan yang dipelajari dapat membantu pemahaman siswa akan berbagai materi di dalam PKN. Selain itu, siswa juga bisa membiasakan diri dengan format soal ujian sekolah dan melatih mereka memilih jawaban dengan tepat.
Perlu diingat, Ujian Sekolah bertujuan untuk menilai pencapaian peserta didik di setiap jenjang yang sesuai dengan standar kompetensi lulusan. Oleh karena itu, penting bagi siswa untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya agar dapat meraih hasil yang memuaskan
Kisi-Kisi Soal Ujian Sekolah PKN Kelas 9 SMP
Salah satu materi yang diujikan dalam ujian sekolah kelas 9 adalah PKN. Sebagai gambaran, berikut ini adalah kisi-kisi Ujian Sekolah PKN kelas 9 SMP tahun 2024:
- Perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
- Norma dan Keadilan
- Perumusan dan Pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
- Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Bhinneka Tunggal Ika
- Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan
- Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia
- Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila
- Menumbuhkan Kesadaran terhadap UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
- Memaknai Peraturan Perundang-undangan
- Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908
- Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika
- Memperkuat Komitmen Kebangsaan
- Dinamika Perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa
- Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
- Kedaulatan Negara Republik Indonesia
- Keberagaman Masyarakat Indonesia dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika
- Harmoni Keberagaman Masyarakat Indonesia
- Bela Negara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
Contoh Soal Ujian Sekolah Kelas 9 PKN
1. Perhatikan gagasan-gagasan mengenai dasar negara berikut ini !
(1) Peri kebangsaan
(2) Kesejahteraan rakyat
(3) Mufakat dan demokrasi
(4) Kebangsaan Indonesia
(5) Kesejahteraan sosial
Dalam proses perumusan dasar negara, gagasan yang dikemukakan oleh Mr. Moh. Yamin adalah ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
Jawaban: A
2. Apa tujuan utama ditetapkannya norma dalam kehidupan bermasyarakat adalah?
A.Menghindari adanya konflik
B.Membatasi hak-hak warga negara
C. Memberi sanksi bagi masyarakat
D. Mengatur tata kehidupan Masyarakat
Jawaban: D
3. Berikut ini adalah pengertian norma kesopanan, yaitu….
A. Sekumpulan peraturan yang mengatur tingkah manusia yang bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa
B. Sekumpulan peraturan yang mengatur tingkah manusia yang bersumber dari hati nurani
C. Sekumpulan peraturan hidup yang mengatur tingkah laku manusia yang bersumber dari tata pergaulan
D. Sekumpulan peraturan yang mengatur tingkah laku manusia yang bersumber dari adat istiadat
Jawaban: C
4. Janji Jepang untuk membentuk BPUPKI (Dokuritsu Zyunbi Tyoosakai) direalisasikan pada 1 Maret 1945. Dalam upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, BPUPKI mengadakan sidang resmi sebanyak dua kali dan sidang tidak resmi sekali. Sidang resmi kedua BPUPKI pada 10 – 16 Juli 1945 membahas tentang….
A.rancangan Undang-Undang Dasar
B. sistem pemerintahan Indonesia
C. semboyan Negara Indonesia
D. dasar negara Indonesia
Jawaban: A
5. Keberagaman dalam masyarakat menjadi tantangan karena tumbuhnya perasaan kedaerahan dan kesukuan yang berlebihan dapat mengancam keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu, upaya meningkatkan kerukunan antar suku, pemeluk agama, dan kelompok-kelompok sosial lainnya dapat dilakukan melalui dialog dan kerja sama dengan prinsip …
A.kebersamaan, kesetaraan, toleransi, dan saling menghormati
B. kesetaraan, kesejajaran, keadilan, dan mufakat
C. musyawarah mufakat, keadilan, dan kemandirian
D. kepercayaan, kedamaian, toleransi, dan kesetaraan
Jawaban: A
6. Pasal 33 ayat 1 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan "Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan". Artinya, dalam kegiatan usaha ekonomi, digunakan prinsip kerjasama dan saling membantu dalam suasana demokrasi ekonomi untuk mencapai kesejahteraan bersama secara adil. Salah satu bentuk kerjasama di bidang ekonomi yang diharapkan dalam pasal ini adalah …
A. Firma
B. BUMN
C. Koperasi
D. CV
Jawaban: C
7. Otonomi daerah adalah kewenangan daerah otonom untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan....
A. kehendak masyarakat dan para pejabat di daerah
B. aspirasi masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan
C. anjuran pemerintah pusat yang disesuaikan dengan kondisi daerah
D. kehendak para wakil rakyat dan pemerintah daerah
Jawaban: B
8. Dengan adanya otonomi daerah, potensi sumber daya alam dapat dikelola oleh sumber daya manusia yang dimiliki oleh daerah setempat supaya daerah dapat berkembang maju. Peran daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia antara lain....
A. meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam berbagai bidang kehidupan
B. meningkatkan pendapatan per kapita bagi masyarakat pedesaan
C. mengali sumber dana sebesar-besarnya untuk pembangunan di daerah
D. membantu pemerintah pusat dalam penarikan pajak untuk pembangunan nasional
Jawaban: A
9. Dalam suatu rapat, perbedaan pendapat dapat terjadi ketika masing-masing kelompok bersikukuh dengan pendapat sendirinya, sehingga rapat bisa menemui jalan buntu. Kondisi seperti itu dapat mendorong pemimpin rapat mengambil kebijakan untuk menunda rapat dan memanggil perwakilan dari masing-masing kelompok membahas permasalahan dalam rapat kecil. Sikap yang diambil pemimpin rapat ini sebagai bentuk perwujudan sila ke empat Pancasila.
Berdasarkan ilustrasi di atas, maka Pancasila sebagai pandangan hidup berfungsi …..
A. menunjukkan arah atau tujuan yang akan dicapai sesuai dengan cita-cita bangsa
B. menjadi pegangan dan pedoman dalam menyelesaikan masalah dan tantangan
C. menunjukkan gagasan-gagasan mengenai wujud kehidupan yang di cita-citakn
D. memberikan kemampuan untuk menyaring pengaruh-pengaruh yang negatif
Jawaban: C
10. Hubungan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dengan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah ….
A. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia lahir karena adanya Pembukaan Undang-Undang Dasar
B. Alinea pertama dalam pembukaan merupakan uraian singkat dari kalimat pertama proklamasi kemerdekaan
C. Alinea pertama, kedua dan ketiga dalam Pembukaan merupakan uraian rinci dari kalimat pertama proklamasi kemerdekaan
D. Alinea keempat dalam Pembukaan merupakan uraian rinci dari kalimat pertama proklamasi kemerdekaan.
Jawaban: A
11. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 memiliki sifat ...
A. Tertulis, memuat norma-norma/ataruan-aturan/ketentuan-ketentuan yang harus dilaksanakan secara konstitusional dan memuat aturan yang sangat terperinci.
B. Merupakan hukum positif yang tertinggi, memuat norma-norma/aturan-aturan/ketentuan-ketentuan yang harus dilaksanakan secara konstitusional dan memuat aturan yang sangat terperinci.
C. Tertulis, merupakan hukum positif yang tertinggi, dan memuat aturan yang sangat terperinci.
D. Tertulis, memuat norma-norma/ataruan-aturan/ketentuan-ketentuan yang harus dilaksanakan secara konstitusional dan merupakan hukum positif yang tertinggi.
Jawaban: D
12. Perilaku hukum warga negara ditunjukkan dalam bentuk menaati aturan-aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan masyarakat. Contoh perilaku hukum yang benar di lingkungan sekolah adalah ...
A. Mematuhi nasihat orang tua, bersikap sopan dan santun
B. Tekun belajar, menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya
C. Menjaga nama baik masyarakat dan menghormati tata cara adat kebiasaan setempat
D. Taat dan tepat membayar pajak, mengendarai kendaraan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
Jawaban: B
13. Salah seorang dokter lulusan STOVIA (Sekolah Kedokteran Jawa), yaitu dokter Wahidin Sudirohusodo, menyadari betapa terbelakang dan tertindasnya rakyat akibat penjajahan. Dokter Wahidin menggagas tentang pentingnya mendirikan organisasi yang bertujuan memajukan pendidikan dan meninggikan martabat bangsa. Gagasan ini disambut baik oleh para pelajar STOVIA, dan pada tanggal 20 Mei 1908 lahirlah Budi Utomo.
Keadaan ini perlu diterapkan kembali untuk membangun motivasi dan karakter harapan bangsa saat ini melalui kegiatan.…
A. melaksanakan kegiatan dan lomba yang melibatkan pemuda di seluruh wilayah RI secara rutin
B. mengingatkan lagi kepada generasi muda bahwa mereka adalah tunas dan harapan bangsa
C. bergaul dengan siapapun dan berusaha menghilangkan perbedaan dan karkteristik kedaerahan
D. menjaga sikap persatuan dengan meningkatkan nilai kejujuran, loyalitas dan tanggung jawab
Jawaban: D
14. Dr. Wahidin Soedirohusodo menggagas organisasi yang bertujuan memajukan pendidikan dan meninggikan martabat bangsa. Gagasan tersebut melahirkan organisasi ”Budi Utomo”, organisasi pertama pada zaman pergerakan nasional. Kegiatan yang perlu diteladani dari peristiwa tersebut dan dapat diterapkan untuk membangkitkan semangat generasi muda saat ini adalah....
A. meyakinkan kepada generasi muda bahwa mereka adalah penerus dan pejuang bangsa
B. menjaga sikap persatuan dengan meningkatkan nilai-nilai kejujuran, loyalitas dan tanggung jawab
C. berinterkasi dengan siapapun dengan menghilangkan perbedaan dan karkteristik kedaerahan
D. menyelenggarakan kegiatan terkait dengan kepemudaan di seluruh wilayah Indonesia secara rutin
Jawaban: B
15. Perjuangan untuk mewujudkan kemerdekaan telah dilakukan oleh para Pemuda Angkatan Tahun 1928 dengan terwujudnya ikrar ....
A.Proklamasi Kemerdekaan
B. Kongres Pemuda I
C. Sumpah Pemuda
D. Budi Utomo
Jawaban: C
16. Pengaruh Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 bagi perjuangan bangsa Indonesia adalah....
A. membangkitkan kesadaran nasional
B. memperkuat semangat dan tekat para pemuda untuk bersatu
C. Belanda bersikap lunak kepada pejuang Indonesia
D. mempercepat proses kemerdekaan Indonesia
Jawaban: B
17. Berikut ini merupakan salah satu contoh sikap pelajar yang mencerminkan keteladanan para tokoh perumus Pancasila, kecuali .....
A. hanya menghormati guru di sekolah
B. menghargai pedapat teman walaupun berbeda agama
C. membayar jajan di kantin dengan jujur
D. membantu teman yang berasal dari satu daerah
Jawaban: B
18. Perhatikan pernyataan berikut di bawah ini !
(1) Menjaga wilayah dan kekayaan tanah air Indonesia
(2) Kesiapan sosial budaya
(3) Menjaga kelestarian lingkungan
(4) Menciptakan ketahanan nasional
Sikap dan perilaku menjaga kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia ditunjukkan pada nomor... .
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (1) dan (4)
Jawaban: D
19. Berbagai peristiwa berikut, yang tidak pernah mengancam keberadaan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah .....
A. pemberontakan PKI di Madiun
B. gerakan reformasi pembangunan
C. pemberontakan DI/TII di Jawa Barat
D. gerakan 30 September/PKI
Jawaban: B
20. Perhatikan ciri-ciri ideologi berikut!
(1) nilai-nilai dan cita-citanya diambil dan dipaksakan dari luar, serta diciptakan oleh negara
(2) nilai dan cita citanya digali dari kekayaan rohani, moral dan budaya masyarakat itu sendiri.
(3) dasarnya ditemukan dalam masyarakat itu sendiri dan dari konsensus masyarakat itu sendiri,
(4) milik dari semua rakyat, dan masyarakat dapat menemukan dirinya di dalamnya.
(5) dibenarkan dan dibutuhkan oleh seluruh warga masyarakat
Ciri khas ideologi terbuka terbuka ditunjukkan pada nomor....
A. (1), (2), (3), dan (4)
B. (1), (2), (3), dan (5)
C. (1), (3), (4), dan (5)
D. (2), (3), (4), dan (5)
Jawaban: D
21. Kebhinnekaan yang ada pada bangsa Indonesia, di satu sisi adalah sebuah potensi dan modal dasar bagi pembangunan, namun di sisi lain juga dapat menjadi ancaman bagi keutuhan bangs Indonesia.
Keragaman pada bangsa ini, seperti keragaman suku, tradisi, seni, alat musik, tarian, makanan, agama dan lagu daerah membawa dampak positif bagi bangsa Indonesia, yaitu….
A. memperlihatkan kepada dunia luar bahwa Indonesia memiliki kekayaan budaya
B. masyarakat Indonesia lebih mudah mewujudkan tujuan nasionalnya
C. keragaman ini merupakan unsur yang dapat membangun rasa nasionalisme dan patriotisme
D. Indonesia menjadi bangsa yang disegani dan dihargai karena keragaman dan kebhinnekaannya
Jawban: D
22. Menurut Jean Bodin, kedaulatan adalah kekuasaan tertinggi untuk menentukan hukum dalam suatu negara. Kedaulatan memiliki empat sifat pokok, di antaranya adalah Permanen yang memiliki arti kekuasaan….
A. Tidak dibatasi oleh kekuasaan lain
B. Tidak berasal dari kekuasaan lain yang lebih tinggi
C. Tetap ada sepanjang negara tetap berdiri walaupun pemerintah sudah berganti
D. Merupakan satu satunya dalam negara dan tidak dibagi kepada badan-badan lain
Jawaban: C
23. Konflik dapat mengganggu kerukunan masyarakat. Anggota masyarakat yang sebelumnya saling bertetangga bisa berubah menjadi tidak saling bertegur sapa, saling membenci dan saling berprasangka negatif. Hal ini merupakan salah satu akibat konflik, yaitu ….
A. perubahan kepribadian
B. perpecahan dalam masyarakat
C. kerugian harta benda dan korban manusia
D. kehancuran nilai-nilai dan norma sosial yang ada
Jawaban: B
24. Upaya dalam menyelesaikan konflik di masyarakat dapat dilakukan dengan ....
A. mengembangkan sikap menghargai dan menghormati berbagai keberagaman di masyarakat
B. mengembangkan sikap acuh tak acuh dalam keberagaman di lingkungan masyarakat
C. merendahkan kemampuan orang lain dalam kehidupan bermasyarakat
D. merasa paling benar sendiri dalam tata pergaulan Masyarakat
Jawaban: A
25. Makna penting yang terkandung dalam kegiatan bela negara adalah …
A.Selalu membanggakan sukunya
B. Menolak keberadaan budaya asing di Indonesia
C. Taat dan patuh pada peraturan yang dikeluarkan negara
D. Berusaha untuk mempertahankan NKRI dari segala ancaman
Jawaban: D
26. Salah satu potensi ancaman yang dihadapi NKRI dari dalam negeri antara lain penyalahgunaan narkoba. Berikut upaya penanggulangan penyebaran narkoba yang lebih efektif adalah .…
A. memberikan alternatif aktivitas yang bermanfaat dan penjelasan bahaya narkoba
B. penerapan hukuman mati bagi yang menggunakan maupun mengedarkan
C. memobilisasi semua pihak baik pemerintah maupun lembaga swadaya masyarakat
D. melibatkan dan memobilisasi komunitas lokal maupun pemerintah/apparat
Jawaban: A
27. Kemajuan teknologi memiliki dampak negatif di antaranya munculnya sifat egois dan individualisme, selain itu dalam hidup bermasyarakat generasi muda kurang memahami norma dan etika.
Usulan gagasan yang tepat untuk membangkitkan semangat bela negara generasi muda terkait dengan ilustrasi tersebut adalah....
A. menghargai dan mengenang pengorbanan pahlawan
B. memiliki sikap integritas yang tinggi terhadap asal usul
C. menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
D. menghidupkan karang taruna untuk pembinaan mental para pemuda
Jawaban: C
28. Kemerdekaan yang di capai oleh bangsa Indonesia adalah merupakan rahmat dan anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa, bangsa Indonesia menyadari bahwa tanpa rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa maka bangsa Indonesia tidak akan merdeka, kemerdekaan yang di capai tidak semata-mata hasil jerih payah perjuangan bangsa Indonesia tetapi atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa.
Makna ini terdapat dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945….
A. alinea 1
B. alinea 2
C. alinea 3
D. alinea 4
Jawaban: C
29. Pokok pikiran kedua pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah negara ....
A. melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia berdasar atas persatuan
B. hendak mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
C. yang berkedaulatan rakyat, berdasarkan atas kerakyatan dan permusyawaratan/ perwakilan
D. berdasarkan atas Ketuhanan Yang Maha Esa, menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab
Jawaban: D
30. Konflik dapat mengganggu kerukunan masyarakat. Anggota masyarakat yang sebelumnya saling bertetangga bisa berubah menjadi tidak saling bertegur sapa, saling membenci dan saling berprasangka negatif. Hal ini merupakan salah satu akibat dari konflik ….
A. perubahan kepribadian
B. perpecahan dalam masyarakat
C. kerugian harta benda dan korban manusia
D. kehancuran nilai-nilai dan norma sosial yang ada
Jawaban: B
Penulis: Ruhma Syifwatul Jinan
Editor: Ahmad Yasin & Yulaika Ramadhani