Menuju konten utama

10 Contoh Wawancara CPP Guru Penggerak Angkatan 12 & Jawabannya

Wawancara CPP Guru Penggerak Angkatan 12 dimulai pada Rabu, 18 Spetember 2024. Simak 10 contoh wawancara lengkap beserta jawabannya.

10 Contoh Wawancara CPP Guru Penggerak Angkatan 12 & Jawabannya
Ilustrasi Wawancara. foto/IStockphoto

tirto.id - Proses wawancara seleksi CPP Guru Penggerak Angkatan 12 tahun 2024 dimulai hari ini, Rabu, 18 September, dan berakhir pada Kamis, 26 September 2024. Peserta dapat mempelajari kisi-kisi, contoh wawancara, dan jawabannya.

Menurut Pengumuman Rekrutmen Calon Pengajar Praktik (CPP) Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 12, proses rekrutmen CPP PGP dilaksanakan dalam beberapa tahap seleksi.

Tahap 1 berupa registrasi, pengisian dan penilaian portofolio, pengunggahan RPP, serta penilaian esai. Dilanjutkan tahap 2, yakni tes wawancara. Terakhir alias tahap 3 adalah pembekalan CPP.

CPP bertugas menjadi Pengajar Praktik. Ia mendampingi kurang lebih 5 Calon Guru Penggerak. Pengajar praktik akan melakukan pendampingan individu dengan mengunjungi setiap Calon Guru Penggerak setiap bulan. Kunjungan dilakukan satu kali selama empat jam pelajaran.

Agar bisa menjadi Pengajar Praktik, CPP harus melalui tahapan tes administrasi dan tes wawancara. Seleksi tersebut menjadi salah satu penilaian utama untuk menentukan CPP dinyatakan lulus atau tidak bisa menjadi Pengajar Praktik.

Jelang tes wawancara, peserta dapat mempelajari kisi-kisi soal wawancara CPP Guru Penggerak angkatan 12.

Kisi-Kisi Kompetensi Soal Wawancara CPP Guru Penggerak Angkatan 12

Tes cawancara CPP berlangsung kurang lebih 60 menit. Kandidat akan diwawancara 2 orang tim asesor pada saat bersamaan. Selama wawancara, peserta seleksi CPP diharapkan dapat memberikan jawaban berdasarkan pengalaman dan pengetahuan .

Berikut ini adalah kisi-kisi kompetensi soal wawancara CPP Guru Penggerak Angkatan 12 yang bisa dijadikan bahan persiapan:

1. Tujuan & Misi

Menjalani panggilan hidup sebagai fasilitator yang memberi dampak positif secara luas, baik bagi anak didik maupun lingkungan sekitar. Alhasil, terjadi proses transformasi yang menunjukkan kemajuan positif bagi anak didik peserta latih dan lingkungan sekitar.

2. Inisiatif Mengambil Tindakan

Sebagai fasilitator yang bertindak segera untuk mencapai tujuan, melakukan tindakan untuk meraih sasaran yang melampaui persyaratan minimum, serta bersikap proaktif dan mandiri.

3. Membangun Hubungan Positif

Mengembangkan dan menggunakan hubungan kolaboratif untuk memberikan fasilitasi pencapaian tujuan kerja sebagai fasilitator.

4. Pembelajaran Berkelanjutan

Sadar akan area kekuatan dan area yang perlu diperbaiki sebagai fasilitator. Lalu aktif menemukan cara-cara efektif untuk terus mengembangkan dan memperbaiki diri melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus-menerus.

5. Pembinaan & Pementoran

Melibatkan diri dan berkomitmen dalam proses mengembangkan perilaku, keterampilan, atau pengetahuan spesifik yang dibutuhkan coachee (rekan kerja, pengajar, atau orang lain). Kemudian memastikan munculnya sikap positif dari coachee yang kelak membantu dan menunjang keberhasilan di masa depan.

6. Orientasi Peserta Didik/Latih

Menempatkan prioritas yang tinggi terhadap perspektif anak didik/peserta latih dan mengimplementasikan pelayanan isesuaikan dengan kebutuhan anak didik/peserta latih.

7. Kematangan Etika

Kapasitas diri sebagai fasilitator yang menunjukkan kematangan emosi dalam berkarya melalui keterbukaan dan kejujuran, berperilaku dengan kebijaksanaan serta kasih sayang. Selaras antara perkataan dengan tindakan dan sesuai dengan petunjuk moral, spiritual, nilai, etika profesi, dan kebijakan yang ada.

Pengurangan jam KBM di bulan Ramadhan

Sejumlah siswa mengikuti proses kegiatan belajar mengajar (KBM) di SDN Percobaan Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Senin (18/3/2024). ANTARA FOTO/Auliya Rahman/Spt.

Kumpulan Contoh Pertanyaan Wawancara CPP Guru Penggerak Angkatan 12

Berikut ini kumpulan contoh pertanyaan wawancara CPP Guru Penggerak Angkatan 12 yang disesuaikan dengan kisi-kisi wawancara:

1. Apa motivasi Anda mengikuti seleksi CPP Guru Penggerak Angkatan 12?

Jawaban:

Saya ingin mendidik siswa sesuai dengan perkembangan zaman yang terus bergerak. Saya tidak ingin menjadi guru yang pasif, tidak berkembang, hanya diam saja. Saya juga ingin menjadi pribadi, serta guru yang lebih baik.

Jika saya tidak bergerak di era Revolusi 4.0, atau era digital seperti sekarang ini, maka saya pasti akan terlindas zaman. Pilihannya hanya berubah atau mati terlindas. Di era digital ini, yang dibutuhkan adalah guru yang kreatif, adaptif dan inovatif. Mau tidak mau saya harus siap menghadapi perubahan tersebut.

Motivasi saya mengikuti seleksi CPP memiliki sejumlah tujuan, yaitu:

  • Saya ingin menjadi katalis perubahan pendidikan
  • Saya ingin mengetahui kemampuan dan kelemahan dalam diri pribadi
  • Menggali potensi diri sebagai pengiring generasi
  • Mengembangkan kemampuan dan kemauan yang kuat sebagai pembelajar yang berkelanjutan
  • Menjadi bagian perubahan pendidikan seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi
  • Meningkatkan kualitas diri
  • Terakhir, saya ingin memperoleh pengalaman baru berkaitan dengan kegiatan guru penggerak.
2. Jika Anda lolos seleksi sebagai Guru Penggerak, hal apa yang akan Anda lakukan terhadap siswa maupun sekolah tempat Anda bertugas?

Jawaban:

Saya ingin tetap selalu menjadi katalis perubahan pendidikan. Caranya, saya akan terus menggali potensi diri sebagai pengiring generasi muda agar mereka mau menjadi bagian perubahan pendidikan seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi yang tak pernah berhenti seperti sekarang ini.

3. Siapa sajakah orang yang Anda libatkan dalam mengatasi kesulitan yang berhubungan dengan proses pembelajaran, bagaimana hasilnya?

Jawaban:

Saya mengajak rekan guru yang lain, serta para peserta didik untuk bersama-sama mengatasi kesulitan dalam proses pembelajaran yang kerap dihadapi.

Hasilnya cukup memuaskan, apalagi kami memiliki berbagai keterbatasan media pembelajaran. Namun, dengan keterlibatan semua pihak secara positif, saya dan rekan guru, serta para siswa dapat mengatasi keterbatasan tersebut. Pada akhirnya, perlahan tapi pasti, kami mampu mengatasi berbagai kesulitan pembelajaran yang kerap kami hadapi.

4. Bagaimana cara Anda mengembangkan diri?

Jawaban:

Dalam hal Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, saya terus memantau Portal Layanan Program GTK Kemendikbud sehingga saya bisa mengikuti program-program yang disampaikan lewat diklat maupun bimtek.

Disamping itu, selama proses pandemi, saya berusaha untuk menulis sebuah buku yang ber ISBN.

5. Apa yang sudah Anda lakukan untuk menciptakan perubahan?

Jawaban:

Secara khusus bagi peserta didik, saya menciptakan perubahan dalam proses pembelajaran yang berpusat pada murid atau peserta didik. Walaupun kami memiliki sarana prasarana teknologi yang cukup minim, saya tetap berusaha mengajak para murid untuk selalu melek teknologi, sehingga para murid tidak akan terlindas zaman/

Secara umum bagi diri pribadi juga para guru yang lain, saya sudah menciptakan sebuah sistem informasi yang bergerak, atau mendigitalkan berbagai informasi yang ada di sekolah. Tujuannya, bila sewaktu-waktu informasi tersebut dibutuhkan, maka informasi tersebut bisa dibuka dengan mudah, karena sudah terarsip secara rapi di dunia maya.

6. Apakah Anda pernah melaksanakan suatu program atau kegiatan yang melebihi dari target yang sudah ditentukan? Jika pernah, apa nama programnya dan apa kesulitan yang Anda hadapi, serta bagaimana cara Anda menyikapinya.

Jawaban:

Melihat kondisi dan lingkungan yang ada di sekolah, saya memberanikan diri untuk membuat program ekstra seni musik yang dilaksanakan setelah kegiatan PTS dan PAS.

Saya melihat banyak siswa yang senang bidang seni musik, namun tidak memiliki ruang untuk mengekspresikannya. Kesulitannya adalah sarana dan prasarana di sekolah cukup terbatas untuk mengadakan kegiatan seni musik. Walaupun demikian, karena kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari seluruh stakeholder di sekolah, kegiatan seni musik itu dapat berjalan dengan baik dan mampu memberi ruang kepada para siswa yang memiliki minat tinggi dalam bidang seni musik.

7. Apa potensi atau kelebihan yang Anda miliki?

Jawaban:

Secara pribadi, saya berkeinginan untuk selalu beristiqomah dalam belajar sehingga dapat menjadi bagian perubahan pendidikan seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi dengan meningkatkan kualitas diri dan terus menginformasikan program-program Kemendikbudristek melalui blog yang saya kelola.

8. Jelaskan tugas Anda di sekolah saat ini!

Jawaban:

Saya merencanakan dan melaksanakan pembelajaran. Kemudian melakukan evaluasi dan memberikan nilai hasil pembelajaran.

Tahap berikutnya, saya melakukan analisis hasil pembelajaran dan ditindaklanjuti dengan proses tindak lanjut hasil penilaian. Selain itu, saya juga ikut terlibat dalam tugas yang sesuai dengan fungsi utama sekolah.

9. Bagaimana pendapat Anda mengenai program Guru Penggerak?

Jawaban:

Guru Penggerak termasuk program yang mampu menciptakan seorang pemimpin pembelajaran. Pusat kegiatan adalah siswa. Guru Penggerak juga mampu menjadi katalis perubahan pendidikan di sekolah dan lingkungan sekitar.

10. Apa yang menjadi kelebihan Anda selama ini?

Jawaban:

Saya mempunyai semangat belajar yang cukup tinggi dan gemar mencoba hal yang bersifat masih baru. Saya juga bermodalkan kemampuan foto dan edit video lewat berbagai program maupun aplikasi yang kelak dapat dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran.

Baca juga artikel terkait GURU PENGGERAK 2024 atau tulisan lainnya dari Lucia Dianawuri

tirto.id - Edusains
Kontributor: Lucia Dianawuri
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Beni Jo & Yulaika Ramadhani