Menuju konten utama

Jadwal Guru Penggerak Angkatan 12 Tahun 2024 & Alur Seleksinya

Pendaftaran CGP telah dimulai pada 2 September 2024 dan ada beberapa tahapan seleksi bagi para pesertanya. Berikut jadwal selengkapnya.

Jadwal Guru Penggerak Angkatan 12 Tahun 2024 & Alur Seleksinya
Ilustrasi Guru Agama. foto/Istockphoto

tirto.id - Rekrutmen Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 12 telah dibuka. Pendaftaran CGP telah dimulai pada 2 September 2024 dan ada beberapa tahapan seleksi bagi para pesertanya.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali membuka program Pendidikan Guru Penggerak (PGP). Guru penggerak sendiri merupakan guru-guru yang akan menjadi pemimpin pembelajaran dalam penerapan merdeka belajar.

Guru Penggerak bertanggung jawab menggerakkan ekosistem pendidikan demi mewujudkan pembelajaran dan pendidikan yang berpusat pada peserta didik..

Program PGP digelar sebagai upaya menciptakan lebih banyak guru penggerak di semua wilayah Indonesia. PGP bertujuan membekali para guru dengan kemampuan kepemimpinan pembelajaran serta pedagogi agar dapat menggerakkan komunitas belajar di lingkungan sekolahnya masing-masing.

Program PGP akan berlangsung selama 6 bulan. Rekrutmen Calon Guru Penggerak Angkatan 12 dapat diikuti oleh para guru (ASN/non-ASN) dari sekolah formal, baik jenjang TK, SD, SMP, maupun kepala sekolah yang belum memiliki Nomor Registrasi Kepala Sekolah (NRKS).

Jadwal dan Tahapan Seleksi Guru Penggerak 2024 Angkatan 12

Ilustrasi Pengumuman CPNS

Ilustrasi Pengumuman CPNS. foto/freepik

Seleksi Guru Penggerak Angkatan 12 akan dilaksanakan dalam beberapa tahap dimulai dengan pendaftaran pada 2-16 September 2024. Berikut jadwal dan tahapan seleksi Guru Penggerak Angkatan 12:

  • Registrasi/Pendaftaran (Unggah Berkas, Pengisian Esai): 2 - 16 September 2024
  • Verifikasi, Validasi, Dan Penilaian Berkas: 18 - 24 September 2024
  • Penilaian Esai: 26 September - 7 Oktober 2024
  • Pengumuman Tahap 1: 16 Oktober 2024
  • Simulasi Mengajar dan Wawancara: 18 - 28 Oktober 2024
  • Pengumuman Tahap 2: 16 November 2024
  • Pendidikan Guru Penggerak Angkatan: Awal tahun 2025

Alur dan Mekanisme Seleksi Guru Penggerak Angkatan 12

Berdasarkan Surat Kemendikbudristek Nomor 2543/B3/GT.03.00/2024, rekrutmen dilaksanakan serentak di 85 kabupaten/kota di sejumlah provinsi, mulai dari Aceh hingga Papua.

Adapun mekanisme seleksi Guru Penggerak Angkatan 12 adalah sebagai berikut:

1. Hasil rekrutmen tersebut selanjutnya akan didistribusikan sesuai sasaran angkatan per kabupaten/kota.

2. Ditjen GTK menyiapkan laman dan SIM Aplikasi pendaftaran calon pendidikan guru penggerak.

3. Ditjen GTK menyosialisasikan Program Pendidikan Guru Penggerak kepada masyarakat dan pihak-pihak yang terkait.

4. Ditjen GTK mengumumkan pendaftaran calon peserta pendidikan guru penggerak secara daring melalui laman maupun surat kepada kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten/Kota.

5. Calon peserta seleksi Guru Penggerak Angkatan 12 mendaftar secara daring di laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak

6. Calon peserta mengisi pernyataan/pertanyaan dan mengunggah dokumen persyaratan yang sudah ditentukan. Dokumen persyaratan yang wajib diunggah antara lain:

  • Pas foto
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Ijazah S1/D4
  • Pakta Integritas
  • SK pembagian tugas mengajar terbaru yang memuat jumlah jam mengajar (bagi guru)
  • SK pengangkatan kepala sekolah definitif (bagi kepala sekolah)
  • Surat rekomendasi dari atasan langsung untuk mengikuti Program Guru Penggerak yang diketahui kepala dinas bidang pendidikan
  • Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/Modul Ajar.
7. Ditjen GTK akan melaksanakan dua tahap seleksi untuk calon guru penggerak sebelum mengikuti PGP. Dua tahap seleksi tersebut meliputi:

  • Seleksi Tahap 1: penilaian esai
  • Seleksi Tahap 2: simulasi mengajar dan wawancara
8. Ditjen GTK menetapkan dan mengumumkan calon guru penggerak yang memenuhi syarat secara daring sekaligus menyampaikan rekapitulasi kepada dinas pendidikan kabupaten/kota serta penyelenggara pendidikan guru penggerak (BBGP/BGP).

Langkah-Langkah Pendaftaran Guru Penggerak Angkatan 12

Guru atau kepala sekolah yang telah memenuhi syarat dapat mendaftar untuk mengikuti program PGP. Berikut tata cara pendaftaran Guru Penggerak Angkatan 12:

  1. Kunjungi laman https://kspstendik.kemdikbud.go.id/
  2. Buka menu Program Guru Penggerak
  3. Lakukan Registrasi Calon Guru Penggerak
  4. Ikuti tahapan seleksi calon peserta Pendidikan Guru Penggerak
  5. Melakukan ”ajuan” sebagai calon peserta Pendidikan Guru Penggerak.

Baca juga artikel terkait GURU PENGGERAK atau tulisan lainnya dari Erika Erilia

tirto.id - Edusains
Kontributor: Erika Erilia
Penulis: Erika Erilia
Editor: Yulaika Ramadhani