tirto.id - Menjawab pertanyaan esai adalah salah satu tahapan dalam seleksi penerimaan Guru Penggerak Angkatan 11. Berikut ini contoh jawaban esai Guru Penggerak dalam bentuk dokumen.
Sebelum lebih jauh, tahukah Anda bahwa Guru Penggerak merupakan hasil dari Program Pendidikan Guru Penggerak yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).
Dalam program tersebut, para calon guru penggerak akan dididik tentang kepemimpinan selama 6 bulan dengan menjalankan berbagai kegiatan meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan.
Contoh Soal dan Jawaban Esai Guru Penggerak DOC dan PDF
Kemendikbudristek telah membuka pendaftaran seleksi Guru Penggerak Angkatan 11 pada 9-27 Oktober 2023 mendatang. Dalam proses pendaftaran tersebut, salah satu tahapan yang dilalui calon Guru Penggerak adalah Pengisian Esai.
Pengisian Esai harus dilakukan dengan baik oleh calon Guru Penggerak, sebab terdapat tahap Penilaian Esai pada 13-29 November 2023.
Maka dari itu, diperlukan contoh yang tepat dalam Pengisian Esai Seleksi Guru Penggerak Angkatan 11 tahun 2023. Berikut ini contoh soal dan jawaban Esai Guru Penggerak:
Apa yang memotivasi Anda menjadi Guru Penggerak? Apa yang Anda lakukan dalam mewujudkan motivasi tersebut?
Motivasi saya ikut Guru Penggerak dan apa yang saya lakukan dalam mewujudkan motivasi, yaitu 1. Saya ingin memiliki kompetensi sebagai guru karena kondisi riil di lapangan banyak guru yang hanya berfokus pada menyampaikan materi pelajaran tetapi mengabaikan kompetensi lain yaitu kepribadian dan sosial. 2. Saya ingin berpusat pada peserta didik dan dibutuhkan elemen-elemen penggerak dalam pendidikan guna mendorong guru menjadi ujung tombak dalam menyelesaikan persoalan. 3. Saya ingin menjadi penggerak bagi diri saya sendiri dan setelah itu menjadi penggerak bagi guru-guru yang lain supaya kompetensi diri meningkat oleh karena itu saya ingin meningkatkan interaksi lewat program ini. 4. Jujur saya ingin mengembangkan karir saya dari seorang guru honorer menjadi lebih baik lagi. 5. Motivasi saya ingin menjadi guru penggerak ialah guna mempersiapkan diri baik kemampuan, kepemimpinan, pembelajaran dan pedagogi supaya bisa menggerakkan komunitas belajar, baik di dalam maupun di luar sekolah. Nah itulah 5 (lima) yang saya miliki motivasi dalam mengikuti kegiatan.
Motivasi lainnya adalah saya ingin menjadi guru penggerak adalah untuk mempersiapkan bekal diri kemampuan kepemimpinan pembelajaran dan pedagogi berharap bisa menggerakkan komunitas belajar, baik di dalam maupun di luar sekolah. Guru penggerak merupakan teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila. Dalam mewujudkan motivasi tersebut saya mengikuti program guru penggerak dengan mendaftar di SIMPKB selain itu saya melakukan diskusi positif dan kolaborasi antara teman guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Kelebihan yang menurut saya dapat mendukung sebagai guru penggerak yakni kemampuan berliterasi, kualitas melek aksara dimana di dalamnya terdapat kemampuan membaca, menulis dan mengenali serta memahami ide-ide secara visual. Mampu mengembangkan materi pelajaran Bahasa inggris dengan kreatif menggunakan model pembelajaran yang aktif berpusat pada peserta didik sehingga bisa memberi pengetahuan dengan lebih luas. Mampu bertindak reflektif demi mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan. Mampu memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran Bahasa inggris. Dengan kelebihan tersebut diatas dan kemampuan m tersebut diharapkan bisa menghasilkan berbagai karya inovatif dalam bidangnya sebagai basis kualitas profesionalisme seorang guru.
Selanjutnya yang saya inginkan adalah yaitu Perubahan, inovasi, pemberdayaan, gerakan, atau lainnya yang memberikan dampak nyata yakni memproduksi buku antologi bersama masyarakat yang melek literasi. Menghasilkan karya tulisan siswa berbahasa inggris yang di share di aplikasi internet yakni paddlet. Inovasi pembuatan video pembelajaran Bahasa inggris untuk membantu peserta didik dalam memahami materi pelajaran. Hal itu dilakukan saat pandemi covid-19 dimana pembelajaran dilaksanakan secara daring dan penerapan sosial distancing jaga jarak yang mengharuskan setiap orang untuk tinggal di rumah. Dampaknya kita masih bisa berkreasi walau dalam keadaan pandemi. Upaya yang dilakukan agar inisiatif tersebut terlaksana, dengan membentuk beberapa komunitas literasi dan saya berperan sebagai pendamping dalam menghasilkan karya antologi.
Demikian jawaban saya tentang motivasi saya dalam mengikuti Calon Guru Penggerak angkatan 9 tahun 2023 dan mengenai apa yang Anda lakukan dalam mewujudkan motivasi tersebut Anda boleh menjawab: saya paham pola pelatihan dan pendidikan dalam waktu kurang lebih 6 bulan akan begitu padat. Saya paham pelatihan ini sangat berbeda dengan pelatihan- pelatihan yang pernah saya ikuti sebelumnya karena penuh dengan tantangan, tetapi saya akan mengikuti pelatihan sebaik-baiknya. Dengan mengikuti pelatihan dengan tekun saya berharap bisa menjadi pemimpin pembelajaran di masa yang akan datang. Selain mendapatkan pelatihan dan ilmu ketika mengikuti program pendidikan guru penggerak, sudah dapat dipastikan calon guru penggerak akan mendapatkan relasi dan kolega baru yang akan sangat menunjang karirnya.
Contoh soal dan jawaban esai Guru Penggerak secara lengkap dapat dilihat dan diunduh melalui link dokumen sebagai berikut:
LINK DOWNLOAD CONTOH SOAL DAN JAWABAN ESAI GURU PENGGERAK PDF
LINK DOWNLOAD CONTOH SOAL DAN JAWABAN ESAI GURU PENGGERAK WORD
Tujuan Program Pendidikan Guru Penggerak adalah supaya para guru mampu memimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya.
Tidak hanya itu, Guru Penggerak juga dituntun sanggup mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan. Berikut ini beberapa tugas Guru Penggerak setelah menyelesaikan Program Pendidikan Guru Penggerak:
- Menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya.
- Menjadi Pengajar Praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah.
- Mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah.
- Membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antar guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
- Menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being ekosistem pendidikan di sekolah.
Editor: Yulaika Ramadhani