tirto.id - Buku saku adalah salah satu hal yang diperlukan dalam persiapan maupun pelaksanaan MPLS. Ada banyak contoh buku saku MPLS yang dapat digunakan peserta didik, orang tua hingga pihak sekolah.
Tahun ajaran baru bagi siswa di sekolah-sekolah akan dibuka dengan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Waktu pelaksanaan MPLS masing-masing provinsi dapat berbeda karena mengikuti jadwal yang ditetapkan dinas terkait.
Sebagai contoh, di Provinsi Banten, Kalimantan Timur, dan Jawa Barat, MPLS dijadwalkan mulai 14 Juli 2025. Sementara itu, di wilayah DKI Jakarta, MPLS direncanakan pada pekan kedua dan ketiga bulan Juli 2025.
Tujuan Buku Saku Pedoman MPLS
Sebagaimana telah disebutkan, buku saku atau buku pedoman MPLS penting untuk peserta didik, orang tua, maupun panitia pelaksana. Ada beberapa tujuan buku MPLS yang seyogianya diketahui sebagai berikut:
- Buku MPLS berguna untuk acuan standar bagi sekolah yang menyelenggarakan agar kegiatan agar sesuai peraturan berlaku.
- Buku saku MPLS menjauhkan kegiatan-kegiatan yang merujuk pada kekerasan, perundungan (bullying), perpeloncoan hingga diskriminasi.
- Buku saku membuat peserta didik lebih cepat paham dan menyesuaikan diri terhadap budaya, tata tertib, program sekolah hingga nilai-nilai karakter yang dikembangkan.
- Buku saku MPLS membuat kegiatan MPLS lebih transparansi dan akuntabilitas sehingga berbagai pihak terkait mudah untuk mengetahui kegiatan yang diselenggarakan.
Link Download Buku Saku Pedoman MPLS
Buku saku menjadi pegangan penting untuk peserta didik di samping buku terang MPLS atau buku penglihatan MPLS. Berikut ini contoh beberapa buku saku MPLS yang dapat diunduh:
LINK DOWNLOAD BUKU SAKU MPLS SMP
LINK DOWNLOAD BUKU SAKU MPLS TK DAN SD
LINK DOWNLOAD BUKU SAKU MPLS SMA DAN SMK
LINK DOWNLOAD BUKU SAKU MPLS SMP 2
LINK DOWNLOAD BUKU SAKU MPLS SMP 3
Isi Buku Saku Pedoman MPLS TK/PAUD hingga SMA/SMK
Isi dari buku saku MPLS dapat berbeda-beda antara satu instansi dengan lainnya. Namun, buku saku MPLS dapat disusun dengan lima bab sebagai berikut:
- BAB I: Pendahuluan
- BAB II: Pengertian, Tujuan, dan Ruang Lingkup
- BAB III: Pelaksanaan Kegiatan
- BAB IV: Peran Penyelenggara Kegiatan
- BAB V: Penutup.
- Mengenali potensi diri siswa baru.
- Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.
- Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru.
- Mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya.
- Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.
Masuk tirto.id






































