Menuju konten utama

Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban Sulingjar 2025 Paket C

Simak kumpulan soal dan kunci jawaban sulingjar 2025 Paket C untuk satuan pendidikan PAUD, SD, SMP, SMA, dan sederajat, sesuai aturan Kemendikdasmen.

Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban Sulingjar 2025 Paket C
Ilustrasi Belajar Bahasa. foto/istockphoto

tirto.id - Salah satu bagian dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang bakal digelar oleh Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) adalah Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar).

Sulingjar memiliki maksud dan tujuan utama untuk memetakan kondisi lingkungan belajar yang ada di sekolah. Dari sini akan terlihat bagaimana cara mendukung peningkatan mutu pendidikan.

Ketika Sulingjar dilaksanakan, guru akan diminta mengisi deretan pertanyaan dengan beberapa pilihan jawaban. Jawaban akan diisi sesuai dengan pengalaman serta kondisi yang ada di lapangan.

Sulingjar 2025 disediakan di berbagai jenjang pendidikan, mulai dari tingkat PAUD, SD/MI/Sederajat, SMP, MTs, dan SMA/SMK/Sederajat. Survei yang satu ini dilakukan melalui daring dan bisa diakses tenaga pendidik melalui situs resmi Kemdikbudristek di dashboardslb.kemdikbud.go.id

Apabila ingin mengetahui seperti apa soal dan kunci jawaban Sulingjar Paket C, dapat melihat contohnya sebagai acuan di bawah ini:

Kumpulan Contoh Soal dan Kunci Jawaban Sulingjar Paket C

Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) memberikan petunjuk bahwa Sulingjar diisi melalui daring sejak tanggal 19 September sampai dengan 10 Oktober 2025. Dalam prakteknya, para guru harus masuk ke akun pakai NPSN, token, NIK, serta tanggal lahir untuk mengisi survei.

Di bawah ini merupakan contoh soal Paket C Sulingjar yang dapat menjadi acuan untuk para guru saat mengisinya. Setelah mengerjakan bisa dicocokkan dengan kunci jawaban. Meski begitu, jawaban dapat disesuaikan dengan kondisi sekolah atau guru masing-masing.

Berikut deretan kumpulan contoh soal Sulingjar lengkap dengan kunci jawaban.

1. Apakah Anda menemukan siswa yang melakukan hal-hal berikut? Siswa berani mengajak diskusi tentang cara mengajar Anda.

a. Tidak ada satupun siswa

b. Sebagian kecil siswa

c. Sebagian besar siswa

d. Seluruh siswa

Jawaban: Seluruh siswa

2. Apakah Anda menemukan siswa yang melakukan hal-hal berikut? Siswa jujur ketika merefleksi cara mengajar Anda.

a. Tidak ada satupun siswa

b. Sebagian kecil siswa

c. Sebagian besar siswa

d. Seluruh siswa

Jawaban: Seluruh siswa

3. Seberapa sering hal-hal berikut ini Anda lakukan saat diskusi kelas? Menegur siswa yang memberikan pendapat aneh.

a. Tidak pernah

b. Jarang

c. Sering

d. Selalu

Jawaban: Tidak pernah

4. Seberapa sering hal-hal berikut ini Anda lakukan saat diskusi kelas? Menegur siswa yang memberikan pendapat yang kontroversial.

a. Tidak pernah

b. Jarang

c. Sering

d. Selalu

Jawaban: Jarang

5. Selama Anda mengajar di kelas yang Anda ampu sekarang, seberapa sering Anda melakukan hal-hal berikut? Menetapkan tata tertib selama proses pembelajaran berdasarkan aturan sebelumnya.

a. Tidak pernah

b. Jarang

c. Sering

d. Selalu

Jawaban: Selalu

6. Selama Anda mengajar di kelas yang Anda ampu sekarang, seberapa sering Anda melakukan hal-hal berikut? Mendiskusikan dengan siswa jenis sanksi bagi pelanggar aturan belajar di kelas.

a. Tidak pernah

b. Jarang

c. Sering

d. Selalu

Jawaban: Selalu

7. Berikan penilaian Anda terkait pernyataan berikut ini! Disabilitas fisik merujuk pada gangguan atau keterbatasan yang memengaruhi mobilitas atau fungsi fisik pada siswa.

a. Salah

b. Benar

c. Tidak tahu

Jawaban: Benar

8. Berikan penilaian Anda terkait pernyataan berikut ini! Tidak mungkin bagi siswa dengan disabilitas fisik untuk berpartisipasi dalam olahraga atau kegiatan fisik di sekolah.

a. Salah

b. Benar

c. Tidak tahu

Jawaban: Salah

9. Berikan penilaian Anda terkait pernyataan berikut ini! Mendukung siswa yang memiliki disabilitas fisik juga termasuk memberikan pelatihan kepada siswa non disabilitas tentang kesadaran dan empati.

a. Salah

b. Benar

c. Tidak tahu

Jawaban: Benar

10. Bagaimana pendapat Anda tentang beberapa pernyataan berikut ini? Menangani siswa disabilitas dapat dilakukan dengan menyusun kurikulum adaptif.

a. Sangat tidak setuju

b. Tidak setuju

c. Setuju

d. Sangat setuju

Jawaban: Sangat setuju

11. Berikan penilaian Anda terkait pernyataan berikut ini! Mengajar siswa disabilitas dengan cara yang sama dengan siswa reguler dapat dilakukan tanpa guru pendamping.

a. Sangat tidak setuju

b. Tidak setuju

c. Setuju

d. Sangat setuju

Jawaban: Tidak setuju

12. Bagaimana Anda menyikapi pernyataan-pernyataan berikut ini? Saya percaya bahwa memberikan informasi tentang kelebihan dan kekurangan yang dimiliki siswa disabilitas dapat membantu mereka tumbuh dan berkembang.

a. Sangat tidak setuju

b. Tidak setuju

c. Setuju

d. Sangat setuju

Jawaban: Sangat setuju

13. Bagaimana Anda menyikapi pernyataan-pernyataan berikut ini? Saya yakin bahwa memberikan penguatan positif kepada siswa disabilitas dapat meningkatkan motivasi dan kemandirian mereka di dalam kelas.

a. Sangat tidak setuju

b. Tidak setuju

c. Setuju

d. Sangat setuju

Jawaban: Sangat setuju

14. Bagaimana Anda menyikapi pernyataan-pernyataan berikut ini? Saya yakin bahwa memberikan dukungan emosional kepada siswa disabilitas penting untuk kesejahteraan mereka di sekolah.

a. Sangat tidak setuju

b. Tidak setuju

c. Setuju

d. Sangat setuju

Jawaban: Sangat setuju

15. Bagaimana Anda menyikapi pernyataan-pernyataan berikut ini? Saya percaya bahwa membangun wawasan tentang disabilitas di antara siswa adalah tanggung jawab saya sebagai guru.

a. Sangat tidak setuju

b. Tidak setuju

c. Setuju

d. Sangat setuju

Jawaban: Sangat setuju

16. Jawablah pertanyaan berikut ini! Sebagai guru, Anda memiliki beberapa siswa dengan disabilitas di kelas. Salah satu siswa yang memiliki disabilitas fisik kesulitan menggapai lemari buku hingga terjatuh, lalu ditertawakan teman-temannya. Bagaimana sikap Anda?

a. Saya menyampaikan kepadanya untuk berhati-hati sembari meminta siswa lain membantunya berdiri.

b. Saya membiarkan siswa lain tertawa karena hal tersebut merupakan kesalahannya karena sudah bertindak ceroboh.

c. Saya membantunya secara langsung serta mengingatkan siswa lain untuk tidak menertawakannya.

d. Saya tidak bisa menjawab karena pertanyaan tidak relevan

Jawaban: Saya membantunya secara langsung serta mengingatkan siswa lain untuk tidak menertawakannya.

17. Salah satu siswa Anda merasa kesulitan memahami materi karena disabilitas pendengaran, terlihat frustrasi, dan menarik perhatian temannya. Apa yang Anda lakukan?

a. Saya mengingatkannya di depan kelas agar lebih tenang dan tidak mengganggu siswa lain.

b. Saya menawarkan bantuan kepadanya untuk memberikan pelajaran tambahan seusai kelas.

c. Saya memintanya dan siswa lain untuk saling membantu dalam memahami pelajaran di kelas.

d. Saya tidak bisa menjawab karena pertanyaan tidak relevan

Jawaban: Saya memintanya dan siswa lain untuk saling membantu dalam memahami pelajaran di kelas.

18. Seberapa sesuaikah pernyataan berikut ini dengan diri Anda? Saya memiliki kepercayaan diri dalam menyediakan pembelajaran yang inklusif bagi siswa disabilitas.

a. Sangat Tidak Sesuai

b. Tidak Sesuai

c. Sesuai

d. Sangat Sesuai

Jawaban: Sangat Sesuai

19. Seberapa sesuaikah pernyataan berikut ini dengan diri Anda? Saya meluangkan waktu untuk memahami kebutuhan individual siswa disabilitas di kelas saya.

a. Sangat Tidak Sesuai

b. Tidak Sesuai

c. Sesuai

d. Sangat Sesuai

Jawaban: Sangat Sesuai

20. Seberapa sesuaikah pernyataan berikut ini dengan diri Anda? Saya aktif untuk melibatkan siswa disabilitas dalam kegiatan kelas dan ekstrakurikuler.

a. Sangat Tidak Sesuai

b. Tidak Sesuai

c. Sesuai

d. Sangat Sesuai

Jawaban: Sangat Sesuai

21. Seberapa setuju Anda terhadap pernyataan-pernyataan berikut ini? Saya merasa kesulitan untuk menyesuaikan materi pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan siswa disabilitas.

a. Sangat tidak setuju

b. Tidak setuju

c. Setuju

d. Sangat setuju

Jawaban: Tidak setuju

22. Seberapa setuju Anda terhadap pernyataan-pernyataan berikut ini? Saya merasa nyaman ketika harus berinteraksi dengan siswa disabilitas karena cukupnya pemahaman saya tentang kondisi mereka.

a. Sangat tidak setuju

b. Tidak setuju

c. Setuju

d. Sangat setuju

Jawaban: Sangat setuju

23. Jawablah pertanyaan berikut ini! Salah seorang siswa di kelas Anda memiliki disabilitas pendengaran. Anda menyadari bahwa ia membutuhkan penyesuaian komunikasi, tetapi Anda belum mampu memfasilitasi sepenuhnya. Jika berada dalam situasi tersebut, apa yang Anda lakukan?

a. Saya akan mengembangkan cara dalam mengomunikasikan materi dan menyediakan diri untuk pembelajaran individual.

b. Saya meminta siswa tersebut menyesuaikan diri dengan siswa lain dan melanjutkan dengan metode komunikasi yang biasa digunakan.

c. Saya berupaya mengajari siswa tersebut untuk bisa terampil menggunakan metode komunikasi yang digunakan oleh siswa lain di kelas.

d. Saya tidak bisa menjawab karena pertanyaan tidak relevan.

Jawaban: Saya akan mengembangkan cara dalam mengomunikasikan materi dan menyediakan diri untuk pembelajaran individual.

24. Bagaimana penilaian Anda tentang beberapa pernyataan berikut? Saat seorang siswa tiba-tiba menangis di kelas maka saya menyerahkan pada Guru BK untuk menanganinya.

a. Sangat tidak setuju

b. Tidak setuju

c. Setuju

d. Sangat setuju

Jawaban: Sangat tidak setuju

25. Bagaimana penilaian Anda tentang beberapa pernyataan berikut? Saat seorang siswa terlihat tidak bersemangat di kelas maka saya akan memberikannya tugas tambahan.

a. Sangat tidak setuju

b. Tidak setuju

c. Setuju

d. Sangat setuju

Jawaban: Sangat tidak setuju

26. Bagaimana penilaian Anda tentang beberapa pernyataan berikut? Saat seorang siswa tiba-tiba marah di kelas, maka saya mendekati untuk menenangkannya.

a. Sangat tidak setuju

b. Tidak setuju

c. Setuju

d. Sangat setuju

Jawaban: Sangat setuju

27. Bagaimana penilaian Anda tentang beberapa pernyataan berikut? Pembinaan siswa yang memiliki masalah perilaku hanya menjadi tugas Guru BK.

a. Sangat tidak setuju

b. Tidak setuju

c. Setuju

d. Sangat setuju

Jawaban: Sangat tidak setuju

28. Bagaimana penilaian Anda tentang beberapa pernyataan berikut? Sekalipun pintar, siswa tetap membutuhkan bantuan guru menyelesaikan masalahnya.

a. Sangat tidak setuju

b. Tidak setuju

c. Setuju

d. Sangat setuju

Jawaban: Sangat setuju

29. Bagaimana penilaian Anda tentang beberapa pernyataan berikut? Guru memiliki tugas mengajar, bukan mendampingi siswa yang memiliki masalah.

a. Sangat tidak setuju

b. Tidak setuju

c. Setuju

d. Sangat setuju

Jawaban: Sangat tidak setuju

30. Bagaimana pendapat Anda mengenai pernyataan berikut ini? Keragaman budaya dari guru dan siswa merupakan hal biasa.

a. Sangat tidak setuju

b. Tidak setuju

c. Setuju

d. Sangat setuju

Jawaban: Sangat setuju

31. Bagaimana penilaian Anda tentang beberapa pernyataan berikut? Perbedaan budaya akan menyebabkan konflik pada siswa saat pentas seni.

a. Sangat tidak setuju

b. Tidak setuju

c. Setuju

d. Sangat setuju

Jawaban: Sangat tidak setuju

32. Bagaimana penilaian Anda tentang beberapa pernyataan berikut? Seluruh warga sekolah wajib memiliki toleransi yang tinggi.

a. Sangat tidak setuju

b. Tidak setuju

c. Setuju

d. Sangat setuju

Jawaban: Sangat setuju

33. Dalam proses belajar mengajar di dalam kelas, seberapa sering Anda menemukan situasi berikut ini? Hanya siswa-siswa tertentu yang mendapatkan kesempatan untuk berkembang.

a. Tidak pernah

b. Jarang

c. Sering

d. Selalu

Jawaban: Tidak pernah

34. Dalam proses belajar mengajar di dalam kelas, seberapa sering Anda menemukan situasi berikut ini? Siswa mengeluh karena diperlakukan secara berbeda oleh salah satu guru.

a. Tidak pernah

b. Jarang

c. Sering

d. Selalu

Jawaban: Tidak pernah

35. Seberapa sering Anda melakukan hal berikut jika siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan suatu latihan/tugas/pertanyaan? Saya mendorong siswa untuk menjelaskan pemikiran dasar mereka ketika menjawab pertanyaan dari teman dalam sesi diskusi.

a. Tidak pernah

b. Jarang

c. Sering

d. Selalu

Jawaban: Selalu

Pembaca yang ingin mengetahui berita terbaru atau informasi terkait ANBK dapat mengakses kumpulan artikel melalui link di bawah ini:

Link Kumpulan Artikel Tentang ANBK

Baca juga artikel terkait SULINGJAR atau tulisan lainnya dari Lita Candra

tirto.id - Edusains
Kontributor: Lita Candra
Penulis: Lita Candra
Editor: Wisnu Amri Hidayat