Menuju konten utama

Iklan "Udah-udah" Grace Natalie Dinilai Kerek Elektabilitas PSI

Indikator Politik Indonesia mencatat elektabilitas PSI mengalami kenaikan dari 0,5 persen menjadi 1,3 persen.

Iklan
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie menyampaikan pidato politik saat hadir pada acara #Festival11 di Yogyakarta, Senin (11/2/2019). tirto.id/Irwan A. Syambudi

tirto.id - Hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia menunjukkan elektabilitas Partai Solidaritas Indonesia (PSI) meningkat menjadi 1,3 persen.

Dua survei Indikator sebelumnya menyimpulkan elektabilitas PSI masih di angka 0,5 persen dan 0,3 persen. Hal ini selaras dengan temuan sejumlah lembaga survei yang lain.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi menduga elektabilitas partai baru di Pemilu 2019 tersebut terkerek oleh iklan PSI yang belakangan kerap diperbincangkan warganet di media sosial.

Dalam sejumlah iklan tersebut, Ketua Umum PSI Grace Natalie sering mengucap "Udah? Udah?" di akhir pernyataannya.

"Mungkin berkat iklan 'udah, udah' itu. [....] Baru kali ini jami menemukan elektabilitas PSI di atas 1 persen," kata Burhanuddin di Cikini, Jakarta, Rabu (3/4/2019).

Di sisi lain, survei Indikator Politik juga menemukan elektabilitas partai lama seperti Demokrat naik menjadi 8,7 persen. Padahal, dalam survei lembaga itu sebelumnya, elektabilitas Demokrat hanya 6,4 persen.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan berterima kasih saat menanggapi hasil survei ini. Dia berharap elektabilitas Partai Demokrat bisa terkerek hingga dua digit.

"Kami yakin di 2 minggu terakhir ini bisa tembus sampai ke angka 15 persen itu. Itu kira-kira potret yang kami buat," kata Hinca di lokasi yang sama.

Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan lainnya dari Felix Nathaniel

tirto.id - Politik
Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Addi M Idhom