tirto.id - Pengguna TikTok perlu tahu cara menambahkan keranjang kuning di TikTok agar bisa mendapatkan cuan lewat platform media sosial ini. Selain sebagai media sosial, TikTok memang berfungsi sebagai platform jual beli.
Nah, untuk bisa mendapatkan uang atau cuan di TikTok adalah dengan menjadi Affiliate TikTok dan mengaktifkan keranjang kuning. Lalu, apa itu sebenarnya keranjang kuning TikTok?
Keranjang kuning TikTok adalah fitur dalam aplikasi TikTok yang bentuknya seperti keranjang belanja pada umumnya yang ada di supermarket. Lewat keranjang kuning, pengguna TikTok bisa menampilkan produk atau barang yang dijual selama pengguna melakukan live TikTok.
Tapi, keranjang kuning TikTok ini tidak akan 'nongol' sendiri secara otomatis. Pengguna TikTok harus jadi Affiliate Tiktok agar keranjang kuning bisa aktif. Bagaimanakah syaratnya jadi Affiliate TikTok?

Syarat Jadi Affiliate TikTok untuk Aktifkan Keranjang Kuning
Agar bisa berjualan di TikTok, pengguna TikTok harus menjadi Affiliate TikTok terlebih dahulu. Berikut ini beberapa syarat untuk menjadi Affiliate TikTok atau bergabung dengan afiliasi TikTok:
- Memiliki akun TikTok.
- Mematuhi pedoman komunitas di TikTok.
- Memiliki sekurangnya 600 followers.
- Berusia minimal 18 tahun.
- Memposting video di TikTok dalam 28 hari terakhir.
Cara untuk bergabung menjadi TikTok Affiliate adalah berikut ini:
- Daftar dengan akun TikTok milik sendiri.
- Konfirmasi negara penjualan dan otorisasikan akun TikTok.
- Verifikasi dokumen untuk membuat toko online di TikTok.
- Tautkan toko online ke akun TikTok resmi.
- Buka kembali aplikasi TikTok dengan akun kreator TikTok.
- Klik ikon garis tiga di pojok kanan atas halaman profil dan pilih Alat Kreator
- Pada bagian Monetisasi, klik TikTok Shop for Creator.
- Klik Gabung untuk menjadi bagian dari TikTok Affiliate.
- Buka aplikasi TikTok, lalu arahkan ke halaman profil dengan menekan ikon avatar di ujung kanan bawah.
- Klik 'Shop' dan klik 'TikTok Shop'.
- Tambahkan produk untuk dijual yang ingin ditautkan pada keranjang kuning.

Cara Menambahkan Keranjang Kuning di TikTok
Setelah semua hal di atas sudah dilakukan, dan pengguna TikTok sudah resmi menjadi Affiliate TikTok, maka sekarang saatnya menambahkan keranjang kuning di TikTok agar segera bisa berjualan di media sosial ini.
Berikut ini beberapa langkah mudah menambahkan keranjang kuning di TikTok:
1. Live di TikTok
Agar bisa menambahkan keranjang kuning di TikTok, pengguna harus mengaktifkan mode live atau harus aktif di live TikTok. Live di TikTok ini adalah langkah awal bagi pengguna untuk menambahkan fitur keranjang kuning TikTok.2. Daftar Jadi Mitra TikTok Affiliate
Sekali lagi, sebelum live di TikTok dan menambahkan keranjang kungin, pengguna harus terdaftar dulu sebagai mitra TikTok Affiliate.Cara menjadi mitra TikTok Affiliate adalah:
- Kunjungi situs seller-id.tiktok.com/account/welcome.
- Masuk menggunakan akun kreator TikTok, atau daftarkan diri jika belum memiliki akun TikTok.
- Isi seluruh informasi yang diperlukan, dan ikuti semua instruksi yang diberikan. Tunggu konfirmasi pendaftaran via email.
- Jika sudah menerima konfirmasi pendaftaran via email, ikuti petunjuk yang ada, dan proses pendaftaran pun selesai.
3. Pilih Produk
Setelah terdaftar sebagai TikTok Affiliate, pengguna bisa mulai memilih produk apa aja yang hendak dijual. Produk yang hendak dijual itu bisa dimasukkan ke keranjang kuning selama live TikTok.4. Perhatikan Detail Produk yang Dijual
Jangan lupa untuk memastikan dan mengatur detail produk yang akan dijual dengan benar. Detail poduk itu seperti harga, deskripsi, dan foto produk yang benar dengan detail foto yang menarik.5. Live dan Promosikan Produk
Jika semua detail produk yang akan dijual sudah diisi dengan benar, pengguna TikTok bisa segera live TikTok. Nah, ketika live itu keranjang kuning yang sudah ditambahkan itu siap untuk dipromosikan kepada para penonton yang menonton live pengguna.
Demikian berbagai cara mudah, cepat dan praktis menambahkan keranjang kuning di TikTok. Dengan menambahkan keranjang kuning di TikTok, pengguna media sosial ini tidak sekadar berjejaring dengan pengguna TikTok yang lain, atau tidak sekadar membuat konten, namun pengguna juga bisa membuat konten yang dapat menghasilkan cuan.
Editor: Lucia Dianawuri & Yulaika Ramadhani
Masuk tirto.id


































