Menuju konten utama

50 Soal PAT Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester 2 dan Jawaban

Contoh soal PAT Bahasa Indonesia kelas 4 semester 2 Kurikulum Merdeka dapat dijadikan bahan belajar siswa dan referensi guru.

50 Soal PAT Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester 2 dan Jawaban
Sejumlah siswa mengikuti ujian Penilaian Akhir Semester (PAS) di SDN Pondok Cina 1, Depok, Jawa Barat, Selasa (6/12/2022). ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/rwa.

tirto.id - Setiap akhir tahun ajaran, siswa sekolah akan mengikuti Penilaian Akhir Tahun (PAT). Pelaksanaannya disesuaikan dengan ketentuan masing-masing lembaga pendidikan, selama rentang Mei sampai awal Juni.

Materi yang diujikan dalam PAT meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan Kompetensi Dasar (KD) semester genap. Salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Akhir Semester (UAS) adalah Bahasa Indonesia.

Siswa kelas 4 yang telah mengikuti pembelajaran Kurikulum Merdeka diharapkan mempersiapkan diri dengan belajar. Selain memahami membaca buku, siswa dapat mengerjakan latihan soal PAT Bahasa Indonesia kelas 4 semester 2 Kurikulum Merdeka.

Di bawah ini akan disajikan kisi-kisi dan kumpulan contoh soalnya. Salah satu materi yang diujikan nanti mencakup soal teks narasi kelas 4 Kurikulum Merdeka.

Materi Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester 2

Sebelum belajar dan mengerjakan latihan soal, siswa mesti mencermati kisi-kisi materi yang akan diujikan. Merujuk buku Bahasa Indonesia Lihat Sekitar Edisi Revisi (2023), berikut materi soal UAS Bahasa Indonesia kelas 4 semester 2.

1. Bab 5 "Bertukar dan Membayar"

  • Memahami pesan dan informasi dalam teks
  • Menggunakan kaidah kebahasaan: penulisan nilai uang dengan angka dan huruf
  • Menulis teks prosedur

2. Bab 6 "Satu Titik"

  • Memahami kata-kata baru pada teks yang dibaca
  • Menggunakan kaidah bahasa kalimat efektif
  • Memahami maksud puisi
  • Menceritakan kembali informasi dari bacaan
  • Memahami kejadian dalam teks narasi

3. Bab 7 "Asal Usul"

  • Memahami pesan dan informasi dari teks narasi
  • Menggunakan kaidah bahasa kata penghubung antarkalimat

4. Bab 8 "Sehatlah Ragaku"

  • Memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari
  • Memahami teks narasi
  • Memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif dan narasi
  • Menulis informasi terkait lingkungan sekitar dengan kaidah kebahasaan yang baik

Contoh Soal PAT Kelas 4 Kurikulum Merdeka Bahasa Indonesia

Contoh soal soal PAT Bahasa Indonesia kelas 4 semester 2 Kurikulum Merdeka dapat dijadikan acuan oleh peserta didik untuk melatih penguasaan materi dan manajemen waktu. Terdapat dua kategori soal yang akan disajikan di bawah ini, yakni pilihan ganda dan esai. Semua pertanyaan sudah disertai dengan jawabannya.

A. Soal PAT Bahasa Indonesia kelas 4 semester 2 Kurikulum Merdeka pilihan ganda

Berikut kumpulan soal UAS Bahasa Indonesia kelas 4 semester 2 Kurikulum Merdeka kategori pilihan ganda beserta jawabannya.

1. Bagaimana penulisan angka 976 dalam huruf?

a. Sembilan tujuh enam

b. Tujuh puluh sembilan enam

c. Sembilan ratus tujuh puluh enam

d. Tujuh sembilan

Jawaban: A

Simak teks prosedur berikut untuk menjawab latihan soal Bahasa Indonesia kelas 4 semester 2 Kurikulum Merdeka nomor 2!

  1. Ambil dua lembar roti.
  2. Oleskan selai kacang di atas salah satu lembar roti.
  3. Ulek bawang putih dan bawang merah
  4. Tutup dengan satu lembar roti lagi.
2. Manakah langkah yang keliru dalam membuat sandwich?

a. Langkah 1

b. Langkah 2

c. Langkah 3

d. Langkah 4

Jawaban: B

3. Tulislah angka 6.596 dalam bentuk huruf!

a. Enam lima sembilan enam

b. Enam ribu lima ratus sekian

c. Enam ribu lima ratus sembilan puluh enam

d. Enam ribu lima ratus sembilan enam

Jawaban: C

Simak teks prosedur di bawah ini untuk menjawab soal nomor 4!

  1. Lipat kertas menjadi segitiga.
  2. Lipat kertas menjadi segitiga kecil.
  3. Lipat kedua sisi kertas ke tengah.
  4. Tarik kedua ujung atas ke bawah.
4. Manakah langkah yang pertama dilakukan dalam membuat origami burung?

a. Langkah 1

b. Langkah 2

c. Langkah 3

d. Langkah 4

Jawaban: D

5. Tulislah angka 85.060 dalam bentuk huruf!

a. Delapan lima nol enam nol

b. Lima delapan nol enam puluh

c. Delapan puluh lima ribu ditambah enam puluh

d. Delapan puluh lima ribu enam puluh

Jawaban: D

6. Berikut yang tidak termasuk ciri-ciri kalimat efektif adalah....

a. Hemat kata dan tidak bertele-tele

b. Memenuhi syarat kalimat, minimal subjek dan predikat

c. Mengikuti aturan ejaan bahasa Indonesia

d. Kalimatnya sangat panjang dan jelas

Jawaban: D

7. Manakah kalimat di bawah ini yang paling efektif dalam menyampaikan informasi?

a. "Pada hari Minggu, kami akan pergi ke taman bermain yang terletak di seberang jalan."

b. "Kami akan pergi ke taman bermain yang berada di seberang jalan pada Minggu."

c. "Kami berencana pergi ke taman bermain pada hari Minggu yang letaknya di seberang jalan."

d. "Taman bermain di seberang jalan adalah tempat tujuan kami pada hari Minggu."

Jawaban: B

8. Berikut yang termasuk contoh kalimat efektif tentang perasaan seseorang adalah....

a. "Dia sangat sedih karena tidak dapat menghadiri pesta ulang tahunnya."

b. "Ketika dia tahu dia tidak bisa hadir di pesta ulang tahunnya, dia sangat sedih."

c. "Sedihnya dia karena tidak bisa menghadiri pesta ulang tahunnya sangatlah besar."

d. "Saat mengetahui dia tidak bisa datang ke pesta ulang tahunnya, perasaannya sangat sedih."

Jawaban: A

9. Mana di antara kalimat-kalimat berikut yang paling efektif dalam teks prosedur?

a. "Untuk membuat kue, campurkan segala semua bahan dalam mangkuk dan aduk."

b. "Kamu harus mencampurkan semua bahan dalam mangkuk dan mengaduknya ketika membuat kue."

c. "Langkah pertama membuat kue adalah mencampurkan semua bahan dalam mangkuk, kemudian mengaduknya."

d. "Cara termudah untuk membuat kue adalah dengan mencampurkan semua bahan dalam mangkuk dan mengaduknya."

Jawaban: C

Simak penggalan puisi di bawah untuk menjawab soal UAS Bahasa Indonesia kelas 4 semester 2 Kurikulum Merdeka nomor 10 dan 11!

Jalan pikirnya bak jalanan ibu kota yang silang selimpat tak karuan

10. Maksud penggalan puisi di atas adalah....

a. Pikirannya panjang seperti jalanan

b. Sedang banyak pikiran

c. Sedang berpikir sedikit

d. Pikirannya jernih

Jawaban: B

11. Penggalan tersebut termasuk majas apa?

a. hiperbola

b. metafora

c. metadiksi

d. eufemisme

Jawaban: B

Simak bacaan berikut untuk menjawab soal teks narasi kelas 4 Kurikulum Merdeka nomor 12!

"Pada suatu pagi yang cerah, Rani bersama teman-temannya pergi ke taman bermain. Mereka bermain ayunan, jungkat-jungkit, dan meluncur di perosotan. Setelah lelah bermain, mereka duduk di bawah pohon besar dan makan bekal bersama."

12. Apa yang dilakukan Rani dan teman-temannya setelah lelah bermain?

a. Mereka bermain di perosotan.

b. Mereka bermain di ayunan.

c. Mereka duduk di bawah pohon dan makan bekal bersama.

d. Mereka pulang ke rumah.

Jawaban: C

Simak bacaan berikut untuk menjawab soal teks narasi kelas 4 Kurikulum Merdeka nomor 13!

"Ali adalah anak yang sangat suka membaca buku. Setiap hari setelah pulang sekolah, Ali langsung menuju perpustakaan untuk meminjam buku. Dia membaca buku cerita, buku pelajaran, dan buku tentang binatang. Waktu luangnya habis digunakan untuk membaca."

13. Apa yang dilakukan Ali setiap hari setelah pulang sekolah?

a. Dia pergi bermain ke taman.

b. Dia langsung tidur.

c. Dia menuju perpustakaan untuk meminjam buku.

d. Dia menonton televisi.

Jawaban: C

Bacalah teks narasi berikut untuk menjawab nomor 14!

"Hari ini adalah ulang tahun ibu. Ayah dan adik-adikku sudah merencanakan sebuah surprise party untuknya. Ketika ibu pulang kerja, kami menyanyikan lagu ulang tahun dan membawa kue berisi lilin. Ibu sangat senang dan tersenyum lebar."

14. Apa yang dilakukan keluarga Rani untuk merayakan ulang tahun ibunya?

a. Mereka pergi ke taman bermain.

b. Mereka makan malam di luar.

c. Mereka merencanakan surprise party dan membawa kue.

d. Mereka tidur sepanjang hari.

Jawaban: C

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal PAT Bahasa Indonesia kelas 4 semester 2 Kurikulum Merdeka nomor 15

"Di dalam hutan yang lebat, hiduplah seekor beruang bernama Bruno. Setiap hari, Bruno berjalan-jalan di hutan untuk mencari makanan. Kadang-kadang, dia bertemu dengan hewan-hewan lain seperti rusa, rubah, dan burung. Bruno sangat suka menjelajahi hutan."

15. Apa yang dilakukan Bruno setiap hari di hutan?

a. Dia tidur sepanjang hari.

b. Dia bermain dengan hewan-hewan lain.

c. Dia mencari makanan.

d. Dia pergi ke kota.

Jawaban: C

16. Kalimat perintah yang menggunakan kata sebaiknya dan seharusnya adalah kalimat perintah...

a. larangan

b. saran

c. ajakan

d. permintaan

Jawaban: B

17. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!

(1) Menggunakan partikel penghalus -lah.

(2) Memakai intonasi tanya.

(3) Kata kerja yang mendukung isi perintah itu biasanya merupakan kata dasar.

(4) Menggunakan imbuhan -kah.

Ciri-ciri kalimat perintah ditunjukkan oleh nomor ....

a. (1) dan (2)

b. (1) dan (3)

c. (2) dan (3)

d. (2) dan (4)

Jawaban: B

18. Jangan mencontek ketika sedang menjalani ujian!

Agar menajdi kalimat efektif, apa kata yang dihilangkan?

a. ketika

b. jangan

c. sedang

d. mencontek

Jawaban: C

19. Dengan hormat, kami mohon hadirin tenang!

Perintah lisan pada kalimat di atas merupakan kalimat ....

a. perintah biasa

b. larangan

c. ajakan

d. permintaan

Jawaban: D

20. Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini!

1) Anak-anak bermain di teras.

2) Riko suka buah apel.

3) Perlombaan futsal antardesa kemarin berakhir seri.

4) Setelah hujan tanah menjadi becek.

Berdasarkan kalimat di atas, kata-kata bergaris bawah yang menggunakan pelafalan ɛ ditunjukkan nomor ….

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4

Jawaban: D

21. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!

(1) Disampaikan dengan bahasa yang santun.

(2) Hanya mendengarkan secara saksama tanpa ikut berbicara

(3) Tidak menyela pembicaraan peserta diskusi lainnya.

(4) Saling memberikan kesempatan berbicara kepada semua anggota.

Cara menyampaikan pendapat secara lisan ditunjukkan oleh nomor ....

a. (1), (2), dan (3)

b. (2), (3), dan (4)

c. (1), (3), dan (4)

d. (1) dan (4)

Jawaban: C

22. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

(1) Mari saya bantu!

(2) Jangan membuat kegaduhan di kelas!

(3) Sebaiknya kamu pulang sekarang sebelum hujan!

(4) Hati-hati melewati jalan itu, di sana rawan begal!

Kalimat perintah ajakan ditunjukkan pada nomor ….

a. (1)

b. (2)

c. (3)

d. (4)

Jawaban: A

23. Bacalah kata berikut!

Elang

Pelafalan e pada kata tersebut menggunakan ....

a. E

b. ɛ

с. ə

d. e

Jawaban: C

24. Kata yang memiliki pelafalan ɛ adalah ….

a. ember

b. benang

c. beras

d. beda

Jawaban: A

25. Kata yang memiliki pelafalan ə adalah ….

a. bebek

b. becek

c. teras

d. benang

Jawaban: D

26. Apabila hendak menyampaikan pendapat dalam suatu diskusi, perlu dilakukan persiapan seperti yang tercantum pada pernyataan berikut ini, kecuali ....

a. Mempelajari masalah yang akan didiskusikan

b. Melengkapi pengetahuan kita mengenai masalah tersebut dengan membaca buku, surat kabar, majalah, dan berita di media elektronik

c. Membuat rangkuman tentang masalah yang dibicarakan dengan lengkap dalam urutan yang padat

d. Latihan vokal sebelum hadir di forum diskusi

Jawaban: D

27. Berikut ini merupakan contoh kalimat sanggahan adalah ....

a. Sebaiknya diskusi ini tidak usah dilanjutkan!

b. Sudahlah, kita jadi penonton saja dalam diskusi ini.

c. Sanggahan yang kamu kemukakan tadi memang tepat.

d. Maaf, pendapat saudara memang baik, tetapi kurang didukung oleh fakta yang akurat.

Jawaban: D

Perhatikan teks berikut untuk menjawab soal PAT Bahasa Indonesia kelas 4 semester 2 Kurikulum Merdeka nomor 28!

"Atraksi adu kuda merupakan warisan dari Kerajaan Muna. Dahulu atraksi tersebut ditampilkan pada saat ada tamu dari luar kerajaan. Walaupun Kerajaan Muna sudah runtuh, atraksi ini tetap berkembang. [...], atraksi ini telah menjadi objek wisata unggulan masyarakat Muna."

28. Konjungsi yang tepat untuk melengkapi teks di atas adalah ....

a. bahkan

b. sebaliknya

c. kemudian

d. sesungguhnya

Jawaban: A

29. Kata penghubung antarkalimat yang menyatakan akibat adalah ....

a. dengan demikian

b. oleh karena itu

c. namun

d. sesungguhnya

Jawaban: B

30. Dalam sebuah teks, Beno diceritakan sebagai sosok yang sombong dan jahat. Beno dalam hal ini berperan sebagai tokoh ....

a. protagonis

b. antagonis

c. tritagonis

d. figuran

Jawaban: B

31. Kisah Jaka Tingkir, Ramayana, Si Buta dari Gua Hantu merupakan jenis cerita fiksi yang termasuk dalam kategori ....

a. cerpen

b. novel

c. legenda

d. sage

Jawaban: D

32. Tokoh protagonis, antagonis, dan tritagonis merupakan pembagian tokoh berdasarkan ....

a. tema

b. watak

c. alur

d. jalannya cerita

Jawaban: B

33. Berikut ini bukan fungsi ilustrasi pada karya sastra adalah ....

a. mendorong imajinasi pembaca

b. menambah halaman

c. menambah nilai keindahan

d. memperjelas isi atau narasi dalam teks

Jawaban: C

34. Berikut ini yang termasuk kalimat opini adalah ....

a. Ayam dan burung termasuk dalam kategori binatang unggas yang berkembang biak dengan bertelur.

b. Sapi adalah hewan yang berkaki empat dan makhluk herbivora.

c. Soto Surabaya akan terasa lebih gurih jika ditambahkan dengan sedikit perasan air jeruk.

d. Matahari terbit di sebelah timur pada pagi hari dan terbenam di sebelah barat pada sore hari.

Jawaban: C

Perhatikan bacaan berikut untuk menjawab nomor 35!

(1) Udara di Bogor terasa dingin. (2) Kali ini dinginnya melebihi hari-hari sebelumnya. (3) Dinginnya suhu udara di Bogor mencapai 24°C. (4) Data tingkat suhu udara ini, terdapat di papan informasi pengukur suhu di jalan-jalan besar di kota Bogor.

35. Kalimat pendapat dalam bacaan tersebut ditunjukkan oleh nomor ....

a. (1) dan (2)

b. (2) dan (3)

c. (1) dan (3)

d. (3) dan (4)

Jawaban: A

B. Soal PAT Bahasa Indonesia kelas 4 semester 2 Kurikulum Merdeka kategori esai

Berikut kumpulan soal Bahasa Indonesia kelas 4 Kurikulum Merdeka semester 2 kategori esai beserta jawabannya.

36. Perhatikan kalimat berikut!

"Tolong untuk jangan bilang siapapun, ya!"

Perbaiki kalimat di atas hingga menjadi kalimat efektif!

Jawaban:

"Tolong jangan bilang siapa pun, ya!"

37. Pelafalan e pada kata lemari menggunakan pelafalan...

Jawaban:

ə

38. Kata yang digunakan untuk menghubungkan kalimat satu dengan kalimat lainnya adalah...

Jawaban:

Kata penghubung atau konjungsi

39. Perhatikan kalimat berikut!

"Nando bermain game hingga membuatnya tidur terlalu malam. ........ bangun kesiangan."

Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah...

Jawaban:

Akibatnya

40. Teks narasi disusun berdasarkan...

Jawaban:

Kronologi atau urutan waktu

41. "Irma memang cantik. Namun, sikapnya sangat kasar."

Kata penghubung pada kalimat di atas digunakan untuk menyatakan...

Jawaban:

Pertentangan

42. Teks yang menggabungkan tulisan dengan gambar yang dapat dilihat dengan mata disebut...

Jawaban:

Teks visual

43. Bacalah teks berikut!

(1) Sepertinya banyak yang menaruh harapan kepada ganda campuran untuk dapat meraih gelar juara di India Terbuka Super Series. (2) Ganda campuran sangat berambisi untuk bisa meraih gelar ketiga kalinya di India (3) Pada semi final kemarin, Aprilia harus kandas di tangan unggulan kedua asal Jerman. (4) Penonton mengakui kalau permainannya terlalu monoton dan sering terjadi kesalahan sendiri. (5) Pemain depan juga diduga melakukan banyak kesalahan seperti terburu-buru untuk mematikan bola.

Kalimat yang berisi fakta dari paragraf di atas ditunjukkan oleh nomor...

Jawaban:

(3) Pada semi final kemarin, Aprilia harus kandas di tangan unggulan kedua asal Jerman.

44. Perhatikan kalimat-kalimat berikut !

(1) Aku senang makan buah jeruk.

(2) Buah ini banyak mengandung vitamin C

(3) Buah jeruk cocok dinikmati saat musim kemarau.

Kalimat opini pada teks di atas ditunjukkan oleh nomor...

Jawaban:

(3) Buah jeruk cocok dinikmati saat musim kemarau.

45. Teks narasi yang dibuat berdasarkan fakta, pengalaman objektif, penelitian, atau analisis masalah disebut...

Jawaban:

Teks nonfiksi

46. Buatlah dua contoh kalimat perintah saran!

Jawaban:

Sebaiknya kamu belajar lebih giat lagi!

Seharusnya kamu tidak melakukan hal senekat itu!

47. Perhatikan kalimat berikut ini!

  1. Setiap hari Senin dilaksanakan apel pagi.
  2. Sabrina sangat suka jus apel.
Jelaskan pelafalan kata apel dari dua kalimat tersebut!

Jawaban:

  1. Pelafalan kata apel pada kalimat pertama adalah ɛ
  2. Pelafalan kata apel pada kalimat kedua adalah ə

48. Gabungkan kedua kalimat berikut ini dengan konjungsi antarkalimat yang tepat!

  1. Kelompok itu akan lebih dulu berangkat keberangkatannya menggunakan bus dari sekolah. - Tim kami yang akan menyusul.
  2. Ibu sudah berpesan jauh-jauh hari agar mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. - Ibu sudah membuat daftar barang yang akan dibawa.
  3. Pimpinan sudah hadir di ruangan. - Rapat bisa segera dimulai.
Jawaban:

  1. Kelompok itu akan lebih dulu berangkat keberangkatannya menggunakan bus dari sekolah. Setelah itu, tim kami yang akan menyusul
  2. Ibu sudah berpesan jauh-jauh hari agar mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Bahkan Ibu sudah membuat daftar barang yang akan dibawa.
  3. Pimpinan sudah hadir di ruangan. Dengan demikian rapat bisa segera dimulai.

49. Sebutkan urutan struktur teks narasi!

Jawaban:

Orientasi berisi pengenalan tokoh, penokohan, setting, latar. Komplikasi berisi pokok permasalahan atau konflik dalam cerita. Resolusi berisi jalan keluar atau penyelesaian masalah dari konflik. Koda berisi akhir cerita atau ending, dapat berupa akhir cerita sedih atau bahagia.

Simak bacaan berikut untuk menjawab soal PAT Bahasa Indonesia kelas 4 semester 2 Kurikulum Merdeka nomor 50.

"Aku bersekolah di SD Tunas Harapan. Lokasi sekolahku tepat berada di tengah-tengah sawah, sehingga membuat suasana sekolah tampak segar dan sejuk. Sekolahku mempunyai 3 gedung utama sebagai tempat pembelajaran siswa, yaitu Gedung A, B, dan C. Sekolahku juga memiliki aula besar. Semua lantai di gedung tersebut menggunakan keramik berwarna putih. Warna keramik ini memberi kesan bersih pada sekolahku."

50. Tuliskan kalimat yang berupa opini dan fakta dari teks di atas !

Jawaban:

Kalimat yang berupa opini: Lokasi sekolahku tepat berada di tengah-tengah sawah, sehingga membuat suasana sekolah tampak segar dan sejuk. Kalimat yang berupa fakta: Aku bersekolah di SD Tunas Harapan.

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL atau tulisan lainnya dari Nurul Azizah

tirto.id - Edusains
Kontributor: Nurul Azizah
Penulis: Nurul Azizah
Editor: Yulaika Ramadhani
Penyelaras: Fadli Nasrudin