tirto.id - Contoh soal IPAS kelas 4 semester 2 dapat dijadikan sebagai bahan latihan belajar sebelum siswa menghadapi ujian atau Penilaian Akhir Tahun (PAT) ajaran 2024 ini. Soal beserta kunci jawabannya di bawah ini juga dapat dimanfaatkan bagi guru sebagai referensi dan acuan pembuatan soal.
PAT merupakan singkatan dari Penilaian Akhir Tahun, yakni ujian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi siswa di Kurikulum Merdeka. Hasil penilaian ini akan dijadikan salah satu indikator pertimbangan kenaikan kelas siswa.
Berdasarkan kalender pendidikan, tahun ini, jadwal PAT akan berlangsung mulai 10-14 Juni 2024 di beberapa daerah di Indonesia. Sementara di wilayah Jawa Barat diperkirakan pada 10-22 Juni 2024.
Penamaan PAT baru diterapkan sejak Kurikulum Merdeka diberlakukan pada 2022 lalu.
Kurikulum merdeka telah diterapkan di satuan pendidikan jenjang SD, SMP sampai dengan SMA. Namun, fokus materinya tidak lagi per tahun melainkan per fase yang lebih panjang.
Pada jenjang SD, terdapat materi Ilmu Pendidikan Alam dan Sosial (IPAS) yang diujikan dalam PAT.
Kisi-Kisi Materi Soal UAS IPAS Kelas 4 Semester 2
Pada Kurikulum Merdeka, materi IPAS kelas 4 semester 2 terbagi menjadi empat bab, yaitu Cerita Tentang Daerahku, Indonesiaku Kaya Budaya, Bagaimana Mendapatkan Semua Keperluan Kita, serta Membangun Masyarakat yang Beradab.
Sehingga kisi-kisi soal IPAS kelas 4 semester 2 untuk PAT biasanya juga berdasarkan materi yang disebutkan di atas.
Pembagian keempat materi di atas, adalah sebagai berikut ini:
1. Cerita Tentang Daerahku
- Seperti Apa Daerah Tempat Tinggalku Dahulu?- Daerahku dan Kekayaan Alamnya
- Masyarakat di Daerahku
2. Indonesiaku Kaya Budaya
- Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku- Kekayaan Budaya Indonesia
- Manfaat Keberagaman dan Melestarikan Keberagaman Budaya
3. Bagaimana Mendapatkan Semua keperluan Kita
- Aku dan Kebutuhanku- Bagaimana Aku Memenuhi Kebutuhanku?
- Kegiatan Jual Beli Sebagai Salah Satu Pemenuhan Kebutuhan
4. Membangun Masyarakat yang Beradab
- Norma dalam Adat Istiadat Daerahku- Kini Aku Menjadi Lebih Tertib
- Awas! Kita Bisa Dihukum!
Contoh Soal PAT IPAS Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka dan Jawabannya
Berikut adalah contoh soal IPAS kelas 4 semester 2 kurikulum merdeka dan kunci jawabannya untuk PAT dalam bentuk pilihan ganda dan isian.
I. Pilihan Ganda
1. Untuk dapat menghargai peninggalan sejarah, kita terlebih dahulu wajib memahami ….A. Guru sejarah
B. Kebenaran sejarah
C. Peristiwa sejarah
D. Mempercayai semua klaim sejarah
Jawaban: C
2. Ketika diangkat menjadi mahapatih, Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa yang berisi ….
A. Gajah Mada akan menyatukan wilayah Nusantara di bawah kekuasaan Majapahit
B. Gajah Mada bersumpah setia kepada Majapahit
C. Gajah Mada akan memeluk agama Islam
D. Gajah Mada akan setia kepada Hayam Wuruk
Jawaban: A
3. Puncak kejayaan Kerajaan Sriwijaya terjadi pada masa pemerintahan ….
A. Samaratungga
B. Balaputradewa
C. Syailendra
D. Gajah Mada
Jawaban: B
4. Kerajaan Islam pertama di wilayah Indonesia adalah ….
A. Kesultanan Jogja
B. Kesultanan Demak
D. Kutai
Jawaban: C
5. Menjaga kebersihan dan keutuhan benda bersejarah ketika mengunjunginya di museum, misalnya, termasuk perbuatan ….
A. Menghargai pekerja museum
B. Taat peraturan
C. Melestarikan benda sejarah
D. Meneliti benda sejarah
Jawaban: C
6. Masjid Sunan Ampel merupakan salah satu bentuk peninggalan masa Islam. Masjid itu terdapat di kota ….
A. Surabaya
B. Jogjakarta
C. Mojokerto
D. Demak
Jawaban: A
7. Bukti bahwa Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam adalah adanya ….
A. Swalayan penjual sayuran
B. Tempat pengeboran tambang
C. Gedung-gedung tinggi
D. Polusi kendaraan bermotor
Jawaban: B
8. Berapa jumlah persediaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui?
A. Tak terbatas, bebas ditambang
B. Sangat banyak
C. Tersedia cukup
D. Terbatas
Jawaban: D
9. Kondisi wilayah Indonesia sebagian besar merupakan daerah perairan, sehingga negara ini disebut sebagai ....
A. Negara Maritim
B. Negara Kepulauan
C. Negara Agraris
D. Negara Kesatuan
Jawaban: A
10. Yang tidak termasuk fungsi hutan adalah ….
A. Menyimpan cadangan air
B. Tempat hidup satwa liar
C. Tempat kelompok tradisional dan suku-suku pedalaman hidup
D. Lokasi eksploitasi tambang
Jawaban: D
11. Berikut ini yang bukan merupakan pemanfaatan daerah pegunungan adalah untuk ….
A. Pertanian
B. Pariwisata
C. Kehidupan orang desa
D. Pelabuhan
Jawaban: D
12. Kekayaan alam yang belum dimanfaatkan disebut ….
A. Sumber daya alam
C. Tambang
D. Kegunaan alam
Jawaban: B
13. Aspal merupakan salah satu hasil sumber daya alam tambang. Aspal dimanfaatkan manusia untuk ….
A. Bahan bakar kompor gas
B. Bahan baku pengerasan jalan
C. Bahan untuk menembok gedung
D. Bahan pembuat benda kerajinan
Jawaban: B
14. Salah satu dampak pudarnya kearifan lokal yang diakibatkan masuknya pengaruh buruk globalisasi adalah ….
A. Masyarakat makin tertib dan patuh pada aturan hukum yang berlaku
B. Pola hidup sederhana makin diminati dan diterapkan oleh masyarakat
C. Semangat gotong royong di lingkungan masyarakat semakin memudar
D. Mudah menjalin komunikasi via video call
Jawaban: C
15. Subak merupakan bentuk kearifan lokal dalam pengelolaan irigasi sawah yang dilakukan oleh masyarakat petani di daerah ….
A. NTT
B. Bali
C. Semarang
D. Jawa Barat
Jawaban: B
16. Masyarakat Baduy Dalam tinggal di lereng-lereng pegunungan dengan mata pencaharian sebagai peladang. Mereka melarang kelompoknya sendiri mengolah tanah dengan cangkul dan memelihara sapi atau kambing. Hal ini tergolong dalam tipe kearifan lokal yang berhubungan dengan ….
A. Makanan
B. Perumahan
C. Keegoisan
D. Keyakinan
Jawaban: D
17. Berbagai teknologi yang berkembang saat ini pada dasarnya memiliki potensi besar untuk merusak keseimbangan alam dan lingkungan. Hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir itu adalah ....
A. Tidak memedulikannya
B. Menolak mentah-mentah adanya teknologi
C. Budaya global
Jawaban: D
18. Rumah adat di daerah Kalimantan dibuat dalam bentuk panggung. Hal tersebut bertujuan untuk ….
A. Mencegah gangguan binatang buas
B. Agar punya nilai seni yang tinggi
C. Karena banyak kayu di sana
D. Agar lebih sombong karena rumahnya tinggi
Jawaban: A
19. Nama upacara adat beserta pengertiannya yang benar adalah ….
A. Ngaben, yaitu pembakaran mayat dalam agama Hindu di Yogyakarta.
B. Tindik talingan, yaitu memasang anting-anting ke daun telinga anak perempuan masyarakat Jawa.
C. Kasada, yaitu upacara mempersiapkan sesajen di Kawah Gunung Bromo.
D. Ngeuyeuk seureuh, yaitu upacara pernikahan adat Jawa Timur.
Jawaban: C
20. Para wisatawan dari luar negeri selalu kagum dengan budaya gotong royong dan sikap ramah penduduk Indonesia. Budaya gotong royong dan sikap ramah merupakan contoh dari ….
A. Keunggulan penduduk Indonesia
B. Kearifan lokal penduduk Indonesia
C. Cermin tingkah laku penduduk Indonesia
D. Daya Tarik penduduk Indonesia
Jawaban: B
21. Candi suci bercorak Buddha ditunjukkan pada candi ....
A. Prambanan
B. Borobudur
C. Sambisari
D. Kalasan
Jawaban: B
22. Kegiatan ekonomi seperti menangkap ikan, menjadi petani garam, dan budidaya hasil laut dilakukan masyarakat yang tinggal di daerah ....
A. pegunungan
B. pesisir
C. pedalaman
D. perkotaan
Jawaban: B
23. Rumah Bolon merupakan rumah adat suku ....
A. Batak
B. Toraja
C. Alor
D. Dayak
Jawaban: A
24. Kearifan lokal tidak muncul secara tiba-tiba, namun merupakan sebuah proses dari ....
A. hasil penelitian yang dilakukan secara berulang
B. cerminan dari kebiasaan masyarakat setempat
C. nilai tradisi yang menyatu dengan kehidupan masyarakat
D. nilai budaya yang telah ditinggalkan masyarakat
Jawaban: C
25. Kearifan lokal dapat digunakan untuk menjawab permasalahan sosial akibat adanya globalisasi. Kearifan lokal pada dasarnya bersifat ....
A. modern
B. tradisional
C. mistis
D. kompleks
Jawaban: B
26. Ritual tedhak sinten menunjukkan ritual yang diselenggarakan bagi anak yang akan belajar berjalan dan menginjak tanah untuk pertama kalinya. Ritual tersebut merupakan tradisi dari suku ....
A. Betawi
B. Jawa
C. Sunda
D. Bali
Jawaban: B
27. Nama upacara adat beserta pengertiannya yang benar adalah ....
A. Ngaben, yaitu pembakaran mayat dalam agama Hindu di Yogyakarta.
B. Tindik talingan, yaitu memasang anting-anting ke daun telinga anak perempuan masyarakat Jawa Tengah.
C. Kasada, yaitu upacara mempersiapkan sesajen di Kawah Gunung Bromo.
D. Ngeyeuk seureuh, yaitu upacara pernikahan adat Jawa Timur.
Jawaban: C
28. Era globalisasi membuat arus budaya dari berbagai belahan dunia dengan bebas masuk ke Indonesia. Salah satu kewajiban generasi muda dalam menghadapi tantangan budaya dari negara lain adalah ....
A. tidak peduli dengan budaya asing
B. melestarikan dan mengembangkan budaya daerah
C. mempelajari semua budaya asing karena lebih bagus
D. budaya kita lebih bagus jadi tidak perlu mempelajari budaya asing
Jawaban: B
29. Keragaman di Indonesia merupakan anugerah Tuhan yang luar biasa. Sebagai manusia yang beriman kita wajib menjaga dan melestarikan anugerah keragaman tersebut. Berikut ini yang termasuk cara dalam melestarikan keragaman tersebut adalah ....
A. menyelenggarakan festival budaya Nusantara
B. mengunjungi objek wisata terkenal dari berbagai daerah
C. tidak mengunggulkan budaya sendiri dan meremehkan budaya lain
D. melakukan pembangunan di daerah terluar, terdepan, dan tertinggal
Jawaban: A
30. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
(1) Bahasa daerah.
(2) Adat istiadat.
(3) Sistem kekerabatan.
(4) Kesenian daerah.
Bentuk kebudayaan bangsa Indonesia ditunjukkan nomor ....
A. (1), (2), (3), dan (4)
B. (1), (2), dan (3)
C. (1) dan (2)
D. (1)
Jawaban: A
II. Essay
1. Raja Kediri yang terkenal dengan ramalannya adalah ….Jawaban: Jayabaya
2. Kebanyakan prasasti yang ditemukan di Indonesia menggunakan bahasa ….
Jawaban: Sansekerta
3. Kegiatan mengunjungi makam merupakan tradisi peninggalan masa Islam. Kegiatan tersebut dikenal dengan istilah ….
Jawaban: Ziarah
4. Kearifan lokal dapat juga disebut dengan istilah ….
Jawaban: Local wisdom
5. Keragaman budaya yang terjadi di Indonesia dipengaruhi oleh kondisi ….
Jawaban: geografis
6. Budaya berasal dari kata buddayah yang artinya ...
Jawaban: budi atau akal
7. Jamu merupakan bentuk kearifan lokal pada masyarakat Jawa yang berkaitan dengan kegiatan ...
Jawaban: menanam tanaman obat dan menggunakannya untuk pengobatan sejak dahulu
8. Tradisi yang terkenal dari suku bangsa Nias adalah ...
Jawaban: Lompat batu
9. Keanekaragaman budaya di Indonesia dapat kita lihat miniaturnya di ...
Jawaban: Taman Mini Indonesia Indah
10. Wayang kulit adalah pertunjukan tradisional dari Jawa Tengah. Pertunjukan wayang kulit dilakukan oleh seorang ...
Jawaban: Dalang
11. Mengapa peninggalan sejarah perlu dilestarikan?
Jawaban: karena peninggalan sejarah banyak manfaatnya bagi bangsa Indonesia baik di masa sekarang dan yang akan datang.
12. Jelaskan perbedaan antara sumber daya alam yang dapat diperbarui dengan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui!
Jawaban: Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang tidak akan habis jumlahnya. Contoh tumbuhan, air, udara.
Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang suatu saat dapat habis jumlahnya. Contoh minyak bumi, batu bara
13. Jelaskan apa yang dimaksud dengann kearifan lokal!
Jawaban: Kearifan lokal adalah pandangan hidup dan pengetahuan serta berbagai strategi kehidupan yang berwujud aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat lokal.
14. Bagaimana seharusnya kita memandang keragaman budaya di Indonesia?
Jawaban: kita harus memandang keberagaman itu sebagai kekayaan dan keindahan yang dimiliki bangsa Indonesia. Oleh karena itu kita harus menghargai keberagaman di Indonesia karena hal tersebut dapat menjadi kekuatan bangsa kita.
15. Berilah contoh kegiatan yang dilakukan untuk melestarikan budaya daerah!
Jawaban: mempelajari tarian daerah, mengikuti lomba budaya daerah, mengikuti pentas seni di daerah
sekitar
Penulis: Aisyah Yuri Oktavania
Editor: Fadli Nasrudin
Penyelaras: Dhita Koesno